P. 1
MAKALAH KWU

MAKALAH KWU

|Views: 2,154|Likes:
Published by Sendoh Fcb

More info:

Published by: Sendoh Fcb on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

MAKALAH

MEMBANGUN VISI DAN MISI PERUSAHAAN
Diajukan untuk memenuhi Tugas mata pelajaran kewirausahaan

Oleh : Erni Listiani Erwin M. Iqbal Fikri Nurfadilah Gunawan

sehingga kami dapat menye esaikan Makalah tentang Membangun Visi Dan Misi Perusahaan. Penyusun ¢¡¦ ¥ ¥ ¢¤ £¢¡    .Kata Pengantar Puji dan syukur kami panjatkan ke adirat Tuhan Yang Maha Esa atas petujuk dan hidayah-Nya. Makalah Visi Dan Misi Perusahaan ini bertujuan agar pembaca lebih memahami dan lebih megerti tentang pentingnya membangun visi dan misi perusahaan agar perusahaan tersebut mempunyai tujuan yang pasti. Dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian pembuatan makalah ini sehingga kami dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini. Daftar Isi Kata Pengantar Daftar Isi BAB 1 Mengetahui Visi Dan Misi Perusahaan Pengertian visi dan misi perusahaan Persyaratan dan tujuan visi perusahaan Merumuskan visi perusahaan Pengertian misi perusahaan Merumuskan misi perusahaan BAB 2 Menyusun Rencana Kegiatan Sesuai Visi Dan Misi Perusahaan Prinsip merencanakan kegiatan perusahaan Keuntungan dan sasaran visi dan misi BAB 3 Menjalan an Visi Dan Misi Dalam Kegiatan Magang Memahami magang pada kegiatan usaha Harapan dari hasil magang Kompoen dan manfaat visi dan misi dalam magang 1 1 2 2 3 3 3 4 5 5 6 8 8 9 9 1 ¢¡¡¨¡ ¤§ Me b Vs Misi Pe s  © Hormat kami.

Sony Ericson ingin dipandang oleh para customernya sebagai perusahaan yang berkualitas yang merupakan produsen. Pengertian visi perusahaan Ada beberapa pakar manajemenusaha yang meyatakan bahwa visi itu adalah suatu keinginan terhadap keadaan usaha pada masa mendatang yang dicita-citakan oleh seluruh personel perusahaan. Cita-cita usaha pada masa mendatang yang ada dibeak wirausahawanyang mewakili seluruh anggotaperusahaan disebut visi. mempunyai pandangan kedepan tentang apa yang hendak ia lakukan dan apa yang ingin ia capai. 2 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan . Melalui visi ini. supplier. Visi perusahaa sebenarnya merupakan gambaran masa depan perusahaan yang akan dipilih dan diwujudkan pada suatu saat yang sudah ditentukan (Strategic Planning and Management. meyakinkan. serta mengandung daya tarik tersendiri. sedangka yang disebut misi adlah beberapa penjabaran secara tertulis mengenai makna visiyang terkesan sulit dimengerti dan harus diusahaka agar seluruh staf perusahaan menjadi paham dan jelas. Denganadanya visi perusahaan. Visi perusahaan yang dibangun wirausahawan haruslah perspektif. Whittaker). dan partner bisnis elektronik yang berkualitas tinggi di Asia yang memberikan pelayanan kelas satu kepada pelanggan . serta bagaimana car mewujudkan impian tersebut. Visi perusahaan menunjuka suatu kondisi ideal tentang masa depan usahanya yang realistis. dapat dipercaya. contoh VISI : Visi dari PT.B. seorang wirausahawan menyatakan bagaimana keinginannya terhadap masa depa pribadinya. J. berartiwirausahawan itu mempunyai pandangan jauh kedepan guna mencapai keberhasilan dalam usahanya.BAB 1 Mengetahui Visi Dan misi Perusahaan 1.

2. d. g. terfokus pada permasalahan utama instansi perusahaan agar dapat beroperasi. CEO Colgate). memberikan arah dan focus strategi perusahaan yang jelas. e. menimbulkan komitmen bagi seluruh jajaran dalam lingkungan organisasi perusahaan. e. Dalam littlatur penetapan dan perumusan visi bisnis (Business Vision) penting sekali untuk memberikan arah kemana perusahaan akan dibawa. d. b. b. berwawasan jangka panjang dan tidak megabaikan zaman. 3. dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran anggota organisasi perusahaan. Tujuan visi perusahaan : a. f. mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan. Persyaratan dan tujuan visi perusahaan Persayaratan visi perusahaan : a. menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan. 4. harus dapat membangkitakn emosi. Perumusan visi itu adalah formulasi tujuan yang sangat luas. dapat dikomunikasikan dan dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan. dan inklusif. memungkinkan untuk dapat dicapai. umum. maka misi dapat diartikan sebagaitindakan untuk memenuhi semua tindakan 3 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan . Karen avisi perusahaan harus mengakomodasi semua kelompok kepentingan yang terkait. Pengertian misi perusahaan Misi perusahaan adalah tindakan untuk merealisasikan visi perusahaan. c. menjadi perekat dan menyatukan berbagai gagasan strategi perusahaan. memiliki orientasi untuk masa depan perusahaan. c. Merumus an visi perusahaan Perumusan visi perusahaan yang baik. ambisi. h. mencerminkan apa yang ingin dicapai oleh organisasi perusahaan. dan semangat (Ruben Mark. f. memiliki nilai yang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan.

kelompok kepentingan. maka wirausahawan harus : a. b. Peter Ducker. yaitu : a. para pembeli.am merumuskan misi bisa panjang bisa juga pendek. 5. Kepentingan internal perusahaan. b. Kepentingan misi internal perusahaan menyangkut masalah kepentingan pemegang saham. b. Berdasarkan penjelasan materi diatas. dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian misi perusahaan adalah sebagai berikut : a. pemerintah. diharapkan misi itu dapat dikomunikasikan kepada para karyawan. c. sesuatu yang harus dibuat dan dilaksanakan oleh organisasi perusahaan agar tujuannya berhasil dengan baik. jika wirausahawan sudah berhasil merumuskan misi perusahaannya. menciptakan motto misi dan menempelkanya dimana-mana. serta dibagikan kepada para karyawan perusahaan. pernyataan yang ingin dicapai perusahaan. artikulasi kemampuan perusahaan untuk dapat melakukan tugas berbagai pihak yang terkait dengan perusahaan. para pesaing. seorang pakar manajemen perusahaan menyatakan bahwa misi dari setiap perusahaan harus difokuskan untuk mencari dan membin para pelanggan. Merumus an misi perusahaan Dalam merumuskan misi perusahaan. Da. dan masyarakat. Kepentingan eksternal perusahaan. asosiaso. dewan direksi. ada dua kepentingan dan yang menjadi bahan pertimbangan. dan para karyawan. tindakan untuk merealisasikan visi perusahaan. para eksekutif. menguraika misi perusahaa dan diperbanyak. Adapun kepentingan eksternal perusahaan meliputi kepentingan para konsumen. d. para pemasok. Untuk mengupayakan komunikasi yang efektif dari adanya misi perusahaan. Selanjutnya. 4 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan .

Mencapai keberahasilan dalam mengelola dan mengembangkan perusahaan. d. e. Prinsip merencanakan kegiatan perusahaan Untuk mencapai tujuan visi dan misi perusahaan yang diharapkan. Apakah produk dan pelayanan jasa itu memang dibutuhkan oleh masyarakat. Menjamin adanya focus. b. apakah misi organisasi perusahaan tidak bertentangan secara internal dan eksternal. Kualitas produk dan jasa. Hal yang perlu diperhatikan oleh para wirausahawan dalam menyusun perumusan misi perusahaan. Mengatur dan membentuk kerjasama dengan perusahaan lain. yaitu : a. c. c. b. para wirausahawan perlu merencanakan prinsip-prinsip usahanya yaitu berusaha 5 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan . c. Menyelesaikan proses utama dengan sumber daya yang ada untuk memungkinkan perusahaan dapat melaksanakan kegiatannya dengan baik dan dengan biaya seefesien mungkin. b. Melakukan merger dengan perusahaan lain. d. serta pelayanan apa yang diinginkan pada masa mendatangyang berhubunga dengan manfaat dan keuntungan masyarakat. Sasaran publik mana yang akan dilayani perusahaan. Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan. BAB 2 MENYUSUN RENCANA KEGIATAN SESUAI DENGAN VISI DAN MISI PERUSAHAAN 1. Memiliki lingkungan yang sangat berguna untuk menentukan. tujuan dari berbagai personil yang ada didalam perusahaan. Mengundang orang-orang yang mempunyai keahlian dalam bekerja sama. Maksud dari wirausahawan menyusun perumusan misi perusahaan adalah sebagai berikut : a.Adapun cara merumuskan misi perusahaan dapat dilakukan dengan cara : a. Produk apa yang akan dihasilkan dan ditawarkan.

d. yaitu sebagai berikut : a. 2. Primacy activity. b. b. manajemeni arus produksi. produksi. c. perluasan usaha. dan sebagainya. penjualan produk. Melaksanakan kegiatan-kegiatanya secara teratur dan produktif. memasarkan produksi dan jasa. disini rencana kegiatan perusahaan yang baik harus dapat membantu tercapainya visi dan misi perusahaan. yaitu : 1) Aspek-aspek bisnis. Meyusun rencana kegiatan perusahaan yang sesuai dengan visi dan misi terdapat dalam dua macam kegiatan. disini rencana kegiatan perusahaan harus merupakan kegiatan pertama dari seluruh manajemen perusahaan. keuangan usaha. disini rencana kegiatan prusahaan harus mempunyai nilai-nilai efisien yaitu adnya penghematan dan kerapihan dalam melaksanakan kegiatannya. pengacara. disempurnakan. pemasaran produk. dan orang-orang yang membantu dalam aspek-aspek financial dan hukum. peralatan.melaksanakan pengorbanan dengan sedikit atau sekecil mungkin dan diharapkan keuntungan sebesar-besarnya. Prinsip-prinsip menyusun rencana kegiatan perusahaan yang sesuai dengan visi dan misi yaitu sebagai berikut : a. Efficiency. seperti memonitor dan meremisi anggaran. Pada umumnya menyusun rencana kegiatan perusahaan yang sesuai dengan visi dan misi adalah mengatur tentang proses kegiatan usaha atau bisnis. 2) Kegiatan bisnis. seperti mengadakan kontak dengan para banker. Keuntungan dan sasaran visi dan misi Adapun keuntungan yagn didapat oleh wirausahawan dari prinsip-prinsip penyusunan rencana kegiatan perusahaan yang sesuai dengan visi dan misi. Fleksibilitas. Memberikan suatu pedoman untuk mengadakan pengawasan dalam perusahaan. 6 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan . dan disesuaikan dengan situasi serta kondisi yang berubah -ubah. tenaga kerja. Contributier. disini rencana kegiatan perusahaan harus mudah diperbaiki. akuntan.

Keuntungan perusahaan. f. W = Weakness. Maksud utama menyusun rencana kegiatan perusahaan yang sesuai dengan visi dan misi ialah agar wirausahawan mudah mendapatkan informasi dan waktu yang tepat. Meningkatkan sasara peralatan yang diperlukan. Dengan menggunakan analisis SWOT wirausahawan antinya akan mengetahui peta kontret dimana perusahaanya berada dan peluangnya. antara lain sebagai berikut : a. Proses produksi perusahaan. artinya kelemahan dalam perusahaannya. d. Dalam menyusun rencana kegiatan perusahaan yang sesuai dengan visi dan misi . T = Threat. 7 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan . Meningkatakan sasaran perusahaan seluas-luasnya. e. Adapun sasaran menyusun rencana kegiatan perusahaan yang sesuai dengan visi danmisi. artinya ancaman dalam perusahaannya. Menggunakan fasilitas-fasilitas dan alat-alat secara efektif dan efisien. g. begitu pula ancaman terhadap perusahaannya. Mudah mendapatkan dana usaha perusahaan. Memberikan gambaran yang jelas sehingga pekerjaannya menjadi produktif. Aspek-aspek yang berhubungan dengan prinsip-prinsip dalam menyusun rencana kegiatan yang sesuai dengan visi dan misi antaralain : a. artinya kekuatan dalam perusahaannya. c. O = Opportunity. Menjamin kelangsungan hidup perusahaan. d. b. b. artinya peluang dalam perusahaannya. Memberikan gambaran yang lengkap dan jelas mengenai seluruh kegiatan perusahaannya.c. yaitu : S = Strenght. Mendapatkan suatu keuntungan untuk perusahaan. e. Meningkatkan sasaran para karyawan perusahaan. Menjamin pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. sehingga wirausahawan dapat megambil keputusan yang benar. sebaiknya para wirausahawan menganalisisnya dengan menggunakan analisis SWOT.

d. Mengadakan observasi dan penelitian rencana kegiatan perusahaan. Sikap perjuangan yang tinggi. Lokasi usaha perusahaan. d. Menetapkan metode membuat rencana kegiatan perusahaan. g. Mengadakan alternative penyelesaian menyusun rencana kegiatan perusahaan. d. Dengan kata lain magang adalah ikut belajar kerja dalam kegiatan usaha yang diakui berstandar tinggi dalam suatu perusahaan. Sikap mental yang baik dan kuat. c. e. Menentukan kebutuhan yang akan dicapai pada perusahaan. Tindakan-tindakan wirausahawan dalam menyusun rencana kegiatan yang sesuai dengan visi dan misi antara lain : a.c. e. Menetapkan pelaksanaan rencana kegiatan perusahaan. Etos kerja yang tinggi. Mengadakan evaluasi berdasarkan pengalaman kerjanya. Memahami magang pada kegiatan usaha Magang adalah kegiatan ikut belajar kerja diunit sekolah produksi yang ada di sekolah atau di luar sekolah. f. Setelah selesai magang diharapkan para siswa memiliki : a. b. e. b. Pemasaran dan penjualan produk perusahaan. Keuangan perusahaan. 8 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan . c. Keterampilan dan keahlian. f. Moral yang tinggi. BAB 3 MENJALANKA VISI DAN MISI DALAM KEGIATAN MAGANG 1. Kepekaan terhadap lingkungan. Meningkatkan sasaran peralatan yang diperlukan dan yang akan dipergunakan.

para siswa secar lebih rinci akan : a. Perjuangan dan berkorban dalam kegiatan magangnya. h. b. 3. Kejujuran dalam magang. Inisiatif dalam magang. Kerja pantang menyerah dan ulet. Kehadiran dalam magang. Kesabaran dan ketabahan. c. diharapkan bekerja keras. Pemanfaatan waktu dalam magang. Harapan dari hasil magang Para siswa yang menjalankan visi dan misi kegiatan magang. d. Bisa meningkatkan mutu hasil kerjanya. Bisa menigkatkan komitmen tinggi dalam bekerja. h. b. dan memiliki : a. Bisa meningkatkan kepercayaan diri. Semangat kerja dan tahan uji dari setiap tantangan. e. ulet. g. e. pantang menyerah. Bisa meningkatkan kreativitas kerjanya. Kualitas pekerjaan di perusahaan. Manfaat menjalankan visi dan misi dalam magang : a. f. Mempunyai visi dan misi kedepan. d.2. Bisa meningkatakna kreatifitas dan inovasi. c. g. Tanggung jawab dalam magang. b. Kerja sama dengan orang lain. Dapat meningkatkan keuletan dalam bekerja. f. Dapat belajar bagaimana cara pembuatan visi dan misi. Berahklak baik dan jujur dalam bekerja. Sikap dalam magang. Selanjutnya. 9 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan . Komponen dan manfaat visi dan misi dalam magang Adapun komponen data visi dan misi dalam magang itu terdiri atas : a. dengan menjalankan visi dan misi kegiatan magang. c. d.

Memberikan standar etika perusahaan. f. Memberikan pedoman bagi penyusunan tolak ukur kinerja perusahaan. Dapat bekerja sama dengan orang lain. b. Cepat mengenal dunia kerja dan lingkungan. Dapat mengembangkan pribadinya yang dinamis dan kreatif. 10 Membangun Visi Dan Misi Perusahaan . c.b. Dapat bekerja diberbagai bidang pekerjaan. Dapat belajar berpikir secara ilmiah. Mampu memecahkan permasalahan yang actual. g. e. Adapun manfaat secara singkat dari visi dan misi magang dalam unit usaha/unit produksi atau dalam perusahaan milik wirausahawan adalah : a. d.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->