P. 1
Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial

Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial

|Views: 3,313|Likes:
Published by Rizka Fauzana

More info:

Published by: Rizka Fauzana on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial

jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas . Jadi individu artinya tidak terbagi.MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU Individu berasal dari kata in dan devided. Dalam Bahasa Inggris in salah satunya mengandung pengertian tidak. atau satu kesatuan. Dalam bahasa latin individu berasal dari kata individium yang berarti yang tak terbagi. sedangkan devided artinya terbagi.

Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial. manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia. manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial. selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk. .MAANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat. juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain.

Hakekat masyarakat dan makna manusia sebagai makhluk social yang meliputi ‡ Pengertian society dan sosialisasi. ‡ Faktor-faktor penghambat hidup bermasyarakat. ‡ Faktor-faktor penyebab hidup bermasyarakat. ‡ Makna manusia sebagai makhluk social. .

Fungsi dan tugas Manusia sebagai Makhluk Sosial ‡ Fungsi manusia di masyarakat. ‡ Tugas keluarga membina individu sebagai makhluk social . ‡ Tugas manusia dalam kemasyarakatan. ‡ Masyarakat sebagai wadah pemanusiaan individu.

‡ Perubahan dan stratifikasi sosial. ‡ Sikap individu dalam setiap tatanan hidup kelompok sosial ‡ Peranan. ‡ Struktur dan system sosial. ‡ dilema pribadi antara kebutuhan individu dan masyarakat dalam realitas sosial . status kepemimpinan dan kelompok.Manusia hidup bermasyarakat dalam berbagai jenis kehidupan yang meliputi ‡ Jenis-jenis tatanan hidup berkelompok.

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. yaitu: ‡ Paham determinasi ‡ Paham posibilitas ‡ Paham optimis teknologi . Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar Ada 3 paham yang berkenaan hubungan antara manusia dengan alam. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial.

ciri-ciri masyarakat adalah: ‡ kumpulan orang. ‡ sudah terbentuk dengan lama. sikap dan perilaku yang dimiliki bersama .MASYARAKAT DAN CIRI-CIRINYA Menurut Krech. ‡ sudah memiliki system social atau struktur sosial tersendiri. ‡ memiliki kepercayaan.

MASYARAKAT DAN CIRI-CIRINYA 2 Menurut Crutchfield dan Ballachey (1975). ‡ kegiatannya terarah pada sejumlah tujuan yang sama. ciriciri masyarakat adalah: ‡ kolektivitas interaksi manusia yang terorganisasi. sikap. ‡ memiliki kecenderungan untuk memiliki keyakinan. dan bentuk yang sama .

dibandingkan dengan interaksi dengan penduduk di luar batas wilayahnya yang ditandai oleh suatu derajat hubungan sosial tertentu .MASYARAKAT SETEMPAT (COMMUNITY) Community adalah bagian masyarakat yang bertempat tinggal disuatu wilayah dengan batas-batas tertentu dimana faktor utama yang menjadi dasarnya adalah interaksi yang lebih besar diantara anggota.

yaitu: ‡ Seperasaan ‡ Sepenanggungan ‡ Saling memerlukan .Dasar-dasar community adalah : ‡ Lokalitas atau adanya wilayah. ‡ Perasaan saling ketergantungan atau saling membutuhkan. Setiap community memiliki unsur-unsur sbb.

MASYARAKAT DESA DAN KOTA Menurut Soerjono Soekamto. pandangan sekitarnya sangat mereka perhatikan . fungsi-fungsi yang lain diabaikan. masyarakat kota dan desa memiliki perhatian yang berbeda. Di desa. mereka melihat selain kebutuhan pokok. yang diutamakan adalah perhatian khusus terhadap keperluan pokok. Lain dengan pandangan orang kota. khususnya terhadap perhatian keperluan hidup. mereka melihat selain kebutuhan pokok.

Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Dikota tinggal orang-orang dengan aneka warna latar belakang sosial.Ciri-ciri Masyarakat Kota ‡ ‡ ‡ ‡ Kehidupan keagamaan berkurang bika dibandingkan dengan kehidupan agama di desa. Jalan kehidupan yang cepat di kota mengakibatkan pentingnya faktor waktu. karena kota terbuka dalam menerima pengaruh dari luar. Khusus warga kota tidak mungkin hidup sendiri. Pikiran rasional umumnya dianut masyarakat kota. Pembagian kerja diantara warga kota jug lebih tegas dan punya batas-batas nyata. Kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak/ lebih bervariatif dibandingkan di desa. pendidikan. ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Perubahan sosial tampak nyata di kota. yang menyebabkan individu dapat memperdalam suatu bidang kehidupan.

Ciri-ciri Masyarakat Desa ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Lingkungan dan Orientasi Terhadap Alam Dalam Segi Pekerjaan/Mata Pencaharian Ukuran Komunitas Kepadatan Penduduknya Diferensiasi Sosial Pelapisan Sosial Pengawasan Sosial Pola Kepemimpinan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->