P. 1
Jaringan LAN

Jaringan LAN

|Views: 67|Likes:
Published by Jusman

More info:

Published by: Jusman on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2010

pdf

text

original

Di dalam jaringan komputer secara umum terdapat komputer yang meminta / membutuhkan data (User) dan komputer

yang melayani permintaan data tersebut (Server). Jenis komunikasi data yang terjadi dapat berupa half duplex atau full duplex.
Meminta data Ke server
Chating Bla..bla..bla

Perlu data
Data Dikirim
Chating Bla..bla..bla

Komunikasi data dalam jaringan komputer, tergantung pada bentuk dan alat yang digunakan dalam berkomunikasi

Dilihat dari media yang digunakan, komunikasi data dalam jaringan komputer dpat dibedakan menjadi Jaringan Kabel dan Jaringan Nirkabel. Disamping adalah gambar jaringan kabel yang tentu saja terbatas pada jarak transmisi datanya.

Komunikasi Nirkabel memanfaatkan gelombang radiasi atau elektromagnetik, seperti VSAT atau gelombang radio. Komunikasi ini disebut juga komunikasi Wireless yang jangkauan datanya sangat luas. Tipe komunikasi ini umumnya digunakan untuk Internet.

Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan,

Luas area jangkauan berkisar 100 m ± 2 km. Kecepatan transfer data antara 1 ± 1000 Mbps atau 125.000 ± 125.000.000 karakter per detik.

LAN menggunakan Hub, yaitu sebuah repeater yang menerima data dari semua port (komputer) yang terhubung dan secara otomatis mentransmit data ke seluruh port lainnya. Ada 2 jenis HUB, yaitu Active Hub dan Passive Hub.

Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya

Jaringan ini memiliki radius 10 ± 50 km. Dibangun untuk jaringan komputer antar kantor cabang dalam suatu kota Menggunakan peripheral modem dan fasilitas telekomunikasi MODEM (Modulator ± Demodulator) berfungsi untuk menterjemahkan data atau informasi dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian menggabungkan dengan frekuensi pembawa pada sisi pengirim, sekaligus berfungsi untuk memisahkan data dari frekuensi pembawa dan menterjemahkan data dari sinyal analog menjadi sinyal digital pada sisi penerima.

WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.

Merupakan pengembangan jaringan MAN Infrastruktur utamanya adalah jaringan internet Kecepatan transfer data secara umum masih dibawah 2 Mbps

VSAT (Very Small Aperture Terminal) merupakan antena stasiun bumi kecil yang dapat melakukan pengiriman dengan kecepatan 2 Mbit/detik

Internet merupakan singkatan dari Interconected Networking, yang berarti suatu jaringan komputer yang terhubung secara luas dan bersifat global. Internet dikembangkan pertama kali oleh departemen pertahanan amerika serikat untuk keperluan militernya. Program internet bersifat rahasia dilaksanakan oleh Defence Advance Research Project Agency (DARPA) dengan program Advanced Research Project Agency Network (ARPANet).

Skema Internet

1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. 2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web â¼³ jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. 3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. 4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. 5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain 6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Topologi Jaringan
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Topologi jaringan dibedakan menjadi 2 macam yaitu : 1. Topologi Fisik : topologi aktual dengan perantara kabelkabel sebagai media jaringan. Contohnya bus, tokenring, star dan peer-to-peer network. 2. Topologi Logika : jaringan yang menggambarkan proses host-host saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Terbagi atas 2 yaitu topologi broatcast dan token passing.

Berdasarkan topologinya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
Komputer user

server

Komputer user

Komputer user

Komputer user server Jalur data BUS

Tugas Anda««
Keutungan dan kelemahan masing-masing tipe (topologi) jaringan tersebut««..

Pengertian
Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi.

Komponen Hardware
Secara Hardware, sebuah komputer otonom yang akan dihubungkan ke komputer lain atau ke suatu jaringan komputer, harus memiliki komponen hardware, seperti berikut :
192.168.100.153 192.168.100.152

‡ Pastikan bahwa pada tiap komputer terpasang Network Interface Card ‡ Lakukan setting pada IP Address masing-masing komputer ‡ Masukkan kabel LAN pada masing-masing CPU komputer, kemudian hubungkan pada HUB ‡ Nah sekarang, kedua komputer telah terhubung dan dapat bertukar data

Perangkat Keras Internet
Bekerja dengan internet memerlukan perangkat pendukung yang baik. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan tentu akan semakin baik. Artinya dengan spesifikasi pendukung hardware yang baik akan mempercepat proses akses. Komponen jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu komponen hardware dan komponen software.
HARDWARE SOFTWARE

Spesifikasi Minimum komponen hardware yang digunakan dalam berinternet yaitu ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Processor Minimal P. III 500 MHz RAM 64 MB VGA Card 4 MB Sound Card CD-Rom HDD minimal 10 GB Monitor Printer

HARDWARE 1. Modem (Modulator demodulator) Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.

Modem
Terdapat 2 macam Modem : ‡ Internal Modem
Terletak pada bagian dalam dari chasing CPU, biasanya dipasangkan ke slot PCI.

‡ Eksternal Modem
Terletak pada bagian luar dari chasing CPU, biasanya dipasangkan pada port com atau USB.

HUB ATAU SWITCHING
HUB ATAU SWITCHING berfungsi untuk menghubungan dua komputer atau lebih. Hub hanya dibutuhkan jika membangun jaringan dengan menggunakan kabel UTP. Kecepatan transmisi data saat ini sudah mencapai 100 Megabit/detik.

REPEATER
Repeater berfungsi untuk menjaga agar proses support (sinyal) berjalan stabil dan tidak mengalami degradasi dalam jarak tertentu.

BRIDGE
Bridge berfungsi untuk mengirimkan paket-paket data. Bridge mempunyai kemampuan yang lebih baik dari HUB karena mampu membagi traffic kesegmen-segmen dengan sistem filtering traffic.

ROUTER
Router berfungsi untuk routing atau memilih rute/jalur yang terbaik dalam jaringan. Dibanding dnegan bridge, maka router jauh lebih mahal karena fungsinya yang lebih kompleks dan dapat berfungsi sebagai gateway, sehingga router dapat mengkoneksikan jaringan-jaringan yang berbedabeda.

Kedudukan router dalam jaringan

Ada dua cara untuk menghubungkan LAN dengan LAN yaitu dengan BRIDGE atau dengan ROUTER. BRIDGE dipakai untuk menghubungkan dua LAN yang persis sama ROUTER dipakai untuk menghubungkan dua LAN yang sifatnya berbeda, juga antara satu LAN yang dikoneksi ke WAN. SWITCH bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN yang sama. GATEWAY bisa digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki protokol yang sangat berbeda, misalnya antara jaringan SNA dari IBM dengan jaringan NOVELL Netware.

Perbandingan HUB-Bridge-Switch

Komponen Software
Yang dimaksud dengan komponen software dalam sebuah jaringan komputer adalah sistem operasi dan protokol yang digunakan pada bagian server serta setting sistem dalam komputer user.
Protokol TCP / IP Protokol TCP / IP

Komponen software memungkinkan dua komputer dengan sistem operasi yang berbeda dapat saling bertukar data/informasi. Contoh sistem operasi jaringan komputer : Linux, Novell, Windows NT, dll.

Deskripsi Peran Internet Service Provider (ISP)
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.

Contoh Penyedia Jasa Internet Service Provider (ISP)
1. Asia pasifik internet company (http://www.apic.net.id) 2. Centrin Internet (http://www.centrin.net.id) 3. PT. Multimedia indonesia (http://www.metra.net.id) 4. PT. Indosat (http://www.indosat.net.id) 5. PT. Excel Comindo Pratama (http://www.indosat.net.id) 6. PT. Metrodata Elektronics Tbk (Http://Metro.net.id) 7. PT. Telekomunikasi Indonesia (http://www.telkom.net.id) 8. RADNET (http://www.rad.net.id)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ISP, yaitu:
1. Kapasitas Bandwidth : kemampuan mengirim dan menerima data sehingga proses tidak terhambat. 2. Kapasitas Jaringan : rasio jaringan yang disediakan dengan jumlah pelanggannya. 3. Akses Pulsa Lokal : biaya yang digunakan untuk mengakses internet. Biasanya pulsa lokal lebih murah dari pada pulsa interlokal. 4. Kehandalan dan keamanan jaringan : kemampuan jaringan untuk menghindari error jaringan (net down).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->