SONY

1.1 PENDAHULUAN Sony mulai sebagai tokoh reparasi radio, yang didirikan oleh Masuru Ikura dan Akio Morita setelah Perang Dunia II. Perusahaan memulai sejarah panjangnya dari memproduksi elektronik konsumen yang kompak (kecil) pada tahun 1975, ketika ia untuk pertama kali di dunia memperkenalkan radio yang serba transistor berukuran kantong. Nama perusahaan, Sony, diambil dari sonus, kata latin untuk “suara”. Sony terus melakukan investasi rangkaian TV berbasis transistor dan perekam kaset audio yang semakin kecil. Pada tahun 1979, Sony Walkman memperkenalkan kepada dunia cara baru mendengarkan musik dengan alat yang bisa ditenteng. Sony menjadi pemimpin dunia dalam elektronika konsumen dan merupakan perusahaan jepang pertama yang memiliki saham yang diperdagangkan di Bursa Efek New York. Pada akhir 1980-an, Sony mulai mengembangkan sayapnya ke bidang media, membeli perusahaan rekaman AS. (CBS Record dengan harga $22 miliar pada tahun 1988) dan studio terkemuka Hollywood (Columbia Pictures seharga $4,9 miliar pada tahun 1989). Pembelian itu membuat Sony menjadi kekuatan besar dalam industri hiburan. Pentingnya pemasaran pada Sony dimulai dengan Akio Morita, yang mengatakan bahwa supaya berhasil, perusahaan harus memiliki tiga jenis kreativitas untuk melakukan penemuan, kreativitas produksi dan perencanaan produk, dan aktivitas pemasaran. Kreativitas pemasaran pada Sony berarti tidak hanya sekedar iklan yang cerdas, melainkan kajian mendalam tentang pelanggannya. Sebagai contoh, Sony mengetahui bahwa pelanggan PlayStation-nya suka menemukan petunjuk dan mendekodekan apa saja. Maka iklan Sony untuk PlayStation 2, separti ”Signs” menonjolkan seorang pria muda melewati jalan kota di mana dia bertemu dengan berbagai tanda (signs) yang membayangi peristiwa – peristiwa itu. Mannequin tampil di jendela toko, lengan direntangkan, dan menunjuk begitu saja ke sesuatu yang akan terjadi. ” Pameran utamnya hampir berada di petunjuk – petunjuk untuk menyelamatkan pmeran wanitanya,” kata Sandrew House wakil dirut eksekutif pemasaran Sony. Dalam iklan, ”kami pada hakikatnya menciba memanfaatkan kisaran emosi yang kami anggap bisa kami berikan dalam permainan itu intrik, ramalan, kegembiraan, rasa panik, kelegaan dan pencapaian pada akhirnya” pemasaran Sony juga mencakup ukuran yang cermat dari setiap evektivitas kampanye. Sebagai contoh, Sony menjalankan iklan 30 detik untuk PlayStation sebagai bagian dari tinjauan terhadap lebih dari 1.800 teater dan pada 8.000 layar film. Iklan itu muncul sebelum pemutaran film – film tersebut sebagai ”Kucing dalam

” Contoh pengukuran lainnya adalah upaya pemasaran orang muda Generasi Y Sony. Perusahaan yakin bahwa pengaruhnya terhadap elektronik konsumen. versus spanduk statis. dirut Sony Kunitake Ando mengatakan bahwa masa depan terletak dalam membuat keseluruhan kisaran alat itu menjadi lebih bermafaat dengan menghubungkannya dengan sistem home-entertainment berjaringan. semuanya di dalam satu paket. digabungkan itu dengan cara yang memadai. . Produk. ”Program online mempromosikan NetMD. Sony mengharapkan bahwa terobosan besar berikut tidak akan muncul dari alat elektronik tunggal yang baru.” kata Ami Blaire. Director of Media and Internet Strategy. dan mendapat kajian tentang khalayak sasaran. Sony Electronics. ”Alasan mengapa kita setia pada bioskop setiap yahun adalah ingatan yang muncul dengan sendirinya yang ditunjukkan oleh riset kita sendiri dan penelusuran iklan Communicus-commisioned. Iklan bioskop telah menjadi sangat efektif bagi kami. Sony Computrr Entertainmentr America telah menjalankan iklan film itu selama enam tahun.topi”. direktur pemasaran produk.” kata Serge Dei Groso. kampanye. Sesungguhnya Sony bahkan pernah mengembangkan satu solusi pemasaran langsung yang ia jual kepada perusahaan lain yang mengukur efektivitas pemasaran. Sebaliknya. dan kami menemukan bahwa 70 persen dari clickthroughs yang dipacu oleh iklan media yang kaya via Wyeblaster. ATRAC CD Walkman and Cybershot U30 yang berlangsung tanggal 1 juli sampai 30 september 2003. yang disebut eBridge[TM].

.untuk kamus pribadi agan sekalian. Vaio adalah singkatan dari Visual Audio Intelligence Organiservaio sendiri mempunya jajarn laptop canggih semacam seri Z.dan bravia engine sbagai mesin grafisnya.motionflow (memperhalus gerakan).dan 10-bit colour.EX. untuk kamus pribadi agan .2 Analisis SONY Dalam dunia pemasarannya Sony electronic memproduksi berbagai macam produk yang di kenal oleh semua orang.dan AW. BRAVIA adalah singkatan dari Best Resolution Audio Visual Integrated Architecture.usb slot.(tetapi kebanyakan bravia dengan spek canggih ini cuma ada di seri tertentu. Komputer VAIO adalah seri komputer dari Sony. Televisi Sony memiliki jajaran televisi BRAVIA yang memiliki fitur – fitur canggih.ZX.layar led triluminos. seperti seri X.jajaran komputer tersebut sudah memiliki spesifikasi tinggi yang dibutuhkan pengguna untuk mengakses berbagai macam aplikasi dan media yang berat.1. (contoh komputer VAIO) .dan W. antara lain adalah : 1. (contoh TV Bravia) 2. seperti Full hHD1080p definition.agan.hdmi.FW.

Game Console Sekarang playstation sendiri sudah sampai ke generasi 3.support bluray movies.5 (ps3 slim) hardisk sampai 120 gb. Music Player Sony juga memiliki jajaran musik player.music player lagendaris (sebelum akhirnya tahta raja music player jatuh ke ipod) sebenarnya walkman sendiri mempunya seri "ultimate-nya" yaitu walkman seri X.3. (Contoh WALKMAN) 4.dan mempunyai kapasitas penyimpanan sampai 16 dan 32 gb. walkman seri x sudah memakai layar oled touchscreen.wifi dan tentunya sudah full hd (hanya untuk ps3). . yang bernama WALKMAN.

Itu adalah sukses komersial di seluruh dunia. sebuah karakter kartun yang diciptakan oleh Fuyuhiko Okabe. termasuk Kanada. Itu untuk TR-6 bahwa Sony untuk pertama kalinya dikontrak "Atchan". Australia. Sementara kebanyakan perusahaan-perusahaan Amerika meneliti transistor untuk aplikasi militer. Tahun berikutnya. Pada bulan Agustus 1955.3 Rumusan Masalah 1. Teknik Telekomunikasi Tokyo keluar dengan TR-63 model. untuk menjadi karakter iklannya. Ia yakinkan Bell untuk lisensi teknologi transistor ke perusahaan Jepang. Rekomendasi apa yang harus Anda berikan kepada eksekutif pemasarn senior yang ingin terus maju? Apa yang harus mereka lakukan dengan pemasarnnya? 1. Ibuka pergi ke Amerika Serikat dan mendengar tentang 'penemuan transistor Bell Labs. sebuah produk yang memenangkan mendukung baik di dalam Jepang dan di pasar ekspor. yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris = Tokyo Telecommunications Engineering Corporation. Teknik Telekomunikasi Tokyo merilis Sony TR-55. . tahun berikutnya. Pada bulan Mei 1956. maka terkecil (112 × 71 × 32 mm) radio transistor produksi komersial.1.4 Pembahasan Pada akhir 1945. Dimana letak kerentanan Sony? Apa yang harus diawasi? 3. Masaru Ibuka memulai sebuah toko perbaikan radio di sebuah departemen toko bangunan di Nihonbashi Tokyo. Perusahaan pertama di Jepang yang membuat tape recorder yang disebut Tipe-G. Mereka mengikuti sampai pada bulan Desember tahun yang sama dengan merilis Sony TR-72. karakter pertama kali muncul dalam iklan kartun memegang TR-6 ke telinganya. Ibuka dan Morita memandang menerapkannya untuk komunikasi. transisitor radio pertama yang diproduksi secara massal. tetapi melanjutkan untuk mewakili perusahaan dalam iklan untuk berbagai produk dengan baik ke dalam pertengahan tahun enam puluhan. Meskipun perusahaan-perusahaan Amerika dan Texas Instruments Kabupaten membangun radio transistor pertama. ia bergabung dengan rekannya Akio Morita dan mereka mendirikan sebuah perusahaan bernama Tokyo Tsushin Kogyo KK. Apa yang merupakan faktor – faktor kunci keberhasilan ”Sony” ? 2. TR-72 terus menjadi penjual populer ke awal 60-an. yang menampilkan desain ramping yang inovatif dan kualitas suara yang mampu menyaingi tabung radio portabel. itu Ibuka perusahaan yang membuat mereka sukses secara komersial untuk pertama kalinya. Menampilkan enam transistor. Pada awal tahun 1950. perusahaan merilis TR-6. push-pull output dan sangat meningkatkan kualitas suara. Belanda dan Jerman. Kini dikenal sebagai "Sony Boy". 1957. setelah Perang Dunia II.

Hal yang istimewa terjadi pada Sony Vaio dimana ia masih bisa mengenakan harga premium pada setiap produk yang ditawarkannya. Rahasia disini adalah target pemasaran untuk menemukan konsumen yang mampu menilai produk yang Anda hasilkan. Pemasaran Sony Vaio berfokus pada majalah-majalah serta media yang bertemakan lifestyle. bank yang merupakan sponsor TTK saat itu. TR-63 tahun 1957 menembus pasar AS dan meluncurkan konsumen industri baru mikroelektronika.tapi radio transistor mereka adalah yang paling berhasil.000 unit di tahun 1955 untuk 5.000 unit pada akhir 1968 markas sony pindah ke Minato. Akhirnya. "Sony bukan yang pertama. Tetapi pendirian Akio Morita tetap teguh.. Dan pada 1958 perusahaan mulai secara formal mengadopsi nama " Sony Corporation " sebagai nama perusahaan. Preferensi merek telah berubah menuju kemampuan untuk membuat produk lebih bernilai. Ph. sang Ketua Bandai dan Presiden Masaru Ibuka memberikan persetujuannya. Salah satu kelemahan adalah aspek pemasaran Sony Vaio memainkan biaya yang cukup besar terhadap keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk tersebut. kalangan tim pemasaran memiliki cara guna mengurangi . apalagi penggunaan aksara fonetis yang digunakan dalam penulisan bahasa Jepang (daripada menggunakan aksara Tionghoa). " Pada pertengahan tahun 1950-an.University of Arizona profesor Michael Brian Schiffer. Mitsui mempunyai perasaan yang kuat terhadap nama tersebut. Sebagai contoh peluncuran produk UX. Langkah ini mendapatkan tentangan. Namun.D. mengatakan. remaja Amerika telah mulai membeli radio transistor portabel dalam jumlah besar. Tokyo sekitar akhir tahun 2006. Hal ini telah menciptakan hallo effect dimana produk ini akan terlihat lebih memiliki teknologi yang leebih tinggi dibandingkan kompetitor lainnya. Sony Vaio merupakan sebuah produk yang unik dengan volume penjualan yang rendah serta design dan fitur yang unik. karena dia tidak ingin nama perusahaannya terkait dengan industri apapun juga. Pada saat itu. Sony Vaio juga membangun sasaran demografis konsumen dimana memetakan para konsumen berdasarkan pengeluaran keseharian mereka. sangatlah aneh bagi sebuah perusahaan Jepang untuk menggunakan huruf Roman untuk mengeja namanya. atau Sony Teletech. dimana ini merupakan produk Windows PC dengan skala penuh pada bagian monitor yang jarang diberikan oleh PC lainnya.000. Hal ini dikarenakan Sony diposisikan sebagai sebuah merek dimana merupakan pemimpin dalam bidang PC serta laptop dengan brand yang sudah mendunia. Tokyo dari Shinagawa. membantu untuk menggerakkan industri masih muda dari sekitar 100. Mereka menginginkan nama seperti Sony Electronic Industries.

Manakala memperkenalkan sebuah produk. Demikianlah berbagai rahasia dari Sony Vaio yang telah membuat produk ini cukup marak dipasaran. salah satu trik yang dilakukan adalah melakukan positioning produk tepat sasaran pada konsumen yang diinginkan. Salah satu kesulitan yang dihadapi adalah menciptakan pengertian dikalangan konsumen bahwa PC bukanlah sebuah produk komoditas dan sebuah produk dibeli berdasarkan aspek kualitas bukanlah harga. . hal yang dilakukan adalah melakukan identifikasi calon konsumen yang akan ditarik. Melakukan penyesuaian antara fitur dengan harga terhadap aspek demografis juga merupakan cara pemasaran produk baru tersebut.biaya pemasaran. Team pemasaran Sony Vaio menginginkan para konsumen menganggap produk yang dikeluarkan sebagai bagian dari gaya hidup sehingga bersedia membayarkan lebih bagi setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan.

“Dia tahu bahwa perusahaannya mempunyai dua jenis pelanggan. Mereka kemudian memberikan otorisasi pembayaran. yaitu korporat dan konsumen. Layanan adalah bagian lainnya. Karena komputernya dibuat berdasarkan pesanan. kecepatan hanyalah satu bagian dari persamaan (equation) Dell. Dengan menggunakan premier Dell. Pembeli konsumen membeli banyak karena alasan harga.situs dapat diakses diseluruh dunia oleh cabang perusahaan manapun. Pelanggan dapat mengeklik situs Dell untuk melihat semua jenis informasi tentang keinginan dan kebutuhan mereka .webpage pelanggan yang disesuaikan . dengan menjauhi model bisnisnya yang sukses. Pada tahun 1993. dell system biasanya dapat dapat menginstal perangkat lunak . Namun. terutama karena setiap orang adalah pengecer. Di pabriknya di austin . Dell juga menginstal perangkat lunak dan menjaga jalur inventori pelanggan bisnis bagi mereka. Pembeli masuk ke situs web dell dan merancang komputer mereka sendiri. yang berarti bahwa dell menerima uang muka dan dapat menggunakan dana itu untuk membayar pasokan yang dibutuhkan untuk membuat.perusahaan telah menciptakan sebuah sistem entri 24 jam. Pelanggan tidak puas karena layanan eceran yang jelek.texas.1 Pendahuluan Dell sangat responsif. Dell justru menemukan pentingya layanan pelanggan. Sesungguhnya. sehingga Dell kemudian mengabaikan saluran eceran. Yang paling penting.dan perusahan mengelola rekening korporatnya dengan satu tim penjualan nomor wahid. Pelanggan korporat membentuk sekitar 80% bisnis Dell. Seperti halnya perusahaan – perusahaan yang paling berhasil. Dell memanfaatkan sebagian besar sumber dayanya untuk hubungan dengan para pelanggannya yang paling mampu menghasilkan laba. sedangkan pembeli korporat membutuhkan hubungan yang cermat. dell mendapatkan keunggulan perusahaan dengan inventori empat hari. Ia mendapat pengiriman komponen hanya dalam hitungan menit sebelum komponen itu di butuhkan. di uji dan dikemas dalam delapan jam. Praktek yang lazim pada perusahaan adalah “buat-untuk-stok.com. Michael Dell memutuskan bahwa ada lebih banyak hal yang harus dilakukan selain membuat komputer pribadi (PC). perusahaan mulai menjual kepada pengecer.” Ini merupakan merupakan semacam permainan tebak – tebakan dan perusahaan sering .DELL 1. Biaya dell yang lebih rendah memungkinkan dia menetapkan harga komputernya lebih rendah daripada harga pesaing kalau dia mau. dan memilih komputer yang sesuai dengan satu kebijakan yang diotomatisasikan.

Tampaknya ada kesepakatan bahwa Dell bekerja dengan 50 pemasok utama untuk merakit sebuah komputer seharga $1000. industri mobil juga menghadapi dealer dan hambatan legislatif.000. mobil akan nongkrong tak terjual di tempat dealer selama 60 hari. Pabrik mobil telah mengundang Michael Dell untuk berbicara kepada mereka pada beberapa kesempatan. Dalam industri mobil. Tetapi sebuah pabrik mobil mungkin harus bekerja dengan 900 pemasok untuk merakit sebuah mobil seharga $20. . Mengapa perusahaan mobil dan perusahaan lain tidak beralih dari model produksi “Buat-untukstok” (Build-To-Stock) ke model Dell “Buat-sesuai-pesanan” (Build-to-order). selain tantangan teknis.kalah karena sering salah menebak. sehingga menahan modal kerja.

The New Optiplex 980 Edisi The New Optiplex 980 mempunyai kecanggihan dan keamanan yang tidak tertandingi. aman dan Dell DataSafe online otomatis cadangan melindungi dan membantu memulihkan bisnis-data penting. Bluetooth. Stay in Touch: Dengan webcam dan mikrofon yang terintegrasi. Vostro 3000 series dirancang untuk usaha kecil yang membutuhkan solusi komputasi mobile yang kuat. dengan pengelolaan efisiensi energy dalam bisnis desktop. d. e. g. yang memungkinkan dukungan teknologi-agen untuk memecahkan masalah dan membantu menyelesaikan masalah-masalah sistem jarak jauh. high-end graphics dan built-in keamanan. Menampilkan prosesor kuat. Lindungi Your Work: Simpan data penting Anda terkunci dengan pembaca sidik jari opsional dan penuh data-encrypted hard drive. "Set & Forget" Online Data Protection: Mudah. Cakupan Sekarang dan Nanti: Pengguna dapat memperluas dasar mereka Hardware Garansi Terbatas 1-3 tahun untuk tetap tertutup ke masa depan. Memori untuk Spare: Jalankan Windows ® 7 susah payah ketika melakukan tugas sehari-hari dengan cepat dengan dukungan hingga 6GB dari DDR3 SDRAM memori. Vostro 3000 Series Dell menawarkan lebih banyak pilihan dengan gaya Vostro 3000 series kisaran tipis baru. Selalu Jadilah Connected: Pengguna dapat pergi nirkabel dengan konektivitas lengkap pilihan: 802. dan WWAN mobile broadband. pengguna dapat membuat panggilan Internet.2 Analisis 1. b. Kelebihan dari Vostro 3000 series : a. melakukan konferensi video dan pertukaran file jarak jauh untuk membantu meningkatkan produktivitas. f. (contoh Dekstop Dell) 2. c. ringan dan tahan lama laptop.11g / n LAN nirkabel.1. . Remote On-Call Support: Usaha kecil bisa mendapatkan bantuan ketika mereka membutuhkannya dengan DellConnect.

h. (Contoh Vastro 3000 series) . ProSupport untuk Menyederhanakan TI: Perusahaan dapat memilih sendiri tingkat dukungan TI 24x7 dengan opsional Dell ™ ProSupport layanan.

Kedua eksekutif puncak ini yakin bahwa kinerja perusahaan tak bakal terguncang oleh resesi yang menumbangkan banyak kampiun industri teknologi. Dell mengadakan pertemuan empat mata dengan Kevin B.4 Pembahasan Pada musim gugur 2001. sebagai pemilik saham mayoritas. punya kekuasaan besar itu tak segan mengakui keadaannya — suatu hal yang pasti sangat menyakitkan buat seorang yang sangat pemalu. Hasil survei pada musim panas sebelumnya. Ia mewajibkan semua anak buahnya memperhatikan setiap dime (seketip. Wawancara internal yang dilakukan mendapati bahwa para bawahan di Dell memandang Michael sang Pendiri sebagai orang yang impersonal. President dan COO Dell Inc. Rollins dinilai kelewat otokratik dan antagonistik. sesaat setelah pemangkasan pegawai yang PHK pertama dalam sejarah perusahaan. Tetapi. ada sesuatu yang salah — dan itu justru menyangkut diri mereka sebagai bos tertinggi. Di depan mereka.1. menunjukkan bahwa separuh SDM yang ada akan hengkang begitu dapat kesempatan. Rollins. Dell mengaku terus terang bahwa ia itu sangat pemalu sehingga kadang terkesan sombong dan tak bisa didekati. Dell juga selalu ambil tindakan cepat dan langsung begitu suatu masalah terungkap tidak ada kata maaf. 25 sen). Buat memastikan hal ini. dengan arif bos berusia 39 tahun ini menyampaikan self-critique. dalam bilangan minggu Dell mengumpulkan 20 manajer puncak. Pendek kata. Tak seperti kebanyakan bos industri teknologi.3 Rumusan Masalah 1. Ia berjanji akan berupaya membangun hubungan yang lebih erat dengan tim manajemen. Tak mau orang terbaiknya melakukan eksodus. Dell punya keyakinan bahwa setiap produk harus mendatangkan laba sejak diluncurkan. Yang tak kalah penting. siang itu CEO Michael S. Dimana letak kerentanan Dell? Apa yang harus diawasi? 3. Beberapa orang yang berada di ruang rapat itu shocked. Yang menjadi kejutan adalah Dell yang. cuma sedikit yang merasa punya loyalitas kuat kepada pemimpin perusahaan tersebut. 10 sen) yang dikeluarkan — dan dari setiap dime itu paling tidak dihasilkan satu quarter (setali. Sementara itu. Memang. mereka tahu dari hasil personality test terhadap beberapa eksekutif kunci bahwa Dell itu amat-sangat introvert. tak punya kedekatan emosional. mereka mafhum. Bagaimana tidak. ia mewajibkan setiap maju? Apa yang harus mereka lakukan dengan . Rekomendasi apa yang harus Anda berikan kepada eksekutif pemasaran senior yang ingin terus pemasarannya? 1. Apa yang merupakan faktor – faktor kunci keberhasilan Dell? 2.

tak memberikan ruang gerak cukup luas untuk pengembangan produk dan teknologi masa depan. ujar William M. Dell itu perusahaan hebat. Fiorina.3% dari revenue.manajernya menjadi database berjalan.? Mereka merasa cukup dengan membelanjakan US$455 juta atau 1. tak cukup hanya meraup laba tinggi atau tumbuh cepat. ujar CEO HP Carleton S.8%). di tengah resesi saja. Buat Dell. œMereka terbaik di dunia dalam apa yang mereka lakukan. Mereka cenderung membunuh suatu produk ketimbang menaruh komitmen investasi jangka panjang. Dell memang terobsesi oleh angka. Kesulitan buat memberikan kompensasi atas ketidaknyamanan ini mungkin menjadi salah satu faktor mengapa kepuasan kerja di Dell sulit didongkrak.75 miliar (5. bos bisnis server IBM. Kebijakan hemat biaya yang diterapkan membuat Dell Inc. Dell Inc. Masalah lain yang mesti diatasi adalah inovasi. seperti temuan pada survei musim panas lalu. Kelemahan Dell yang lain adalah mereka tak cukup sabar menggarap pasar baru. Artinya: satu produk harus dibandrol cukup rendah sehingga menarik minat pembeli. mampu memberikan info tentang semuanya mulai dari pertumbuhan tertinggi sampai jumlah rata-rata satu part mesti diganti dalam 30 hari pertama sejak satu komputer terjual.3 miliar (5. pada 2002. tapi mereka cuma punya satu jurus. kalau produk tersebut tak segera mendatangkan fulus. Zeitler. tidak mudah bagi orang luar untuk menyesuaikan diri dengan budaya Dell yang spartan — apalagi sekarang tak gampang menjanjikan stock option seperti era sebelum skandal Enron. . executive coach yang telah bekerja untuk Dell sejak 1995. Bayangkan. Mereka harus kerja keras untuk memberikan apresiasi kepada orangnya. tetapi tak kelewat rendah agar tak memberikan pengurangan laba yang tak perlu. Dan angka yang paling membuatnya terobsesi adalah ini: margin laba. Para eksekutifnya harus menghasilkan keduanya guna memaksimalkan profitabilitas jangka panjang. Itu sebabnya para pesaing yakin bahwa Dell bakal sulit berkembang ke luar bisnis PC. seperti yang dilakukan terhadap highend server.9% dari revenue) untuk R&D dan HP menggelontorkan US$3. IBM menebar US$4. ujar Kate Ludeman.

6) Program Pemasaran harus Membangun Ekuitas Pelanggan. Pasar baru. Keputusan strategi pada suatu saat adalah keputusan yang memutuskan apa akan dilakukan perusahaan dan strategi yang yang akan mengikutinya. Keputusan operasional yang merupakan keputusan jangka pendek untuk membantu pelaksanaan strategi akan dibutuhkan dalam pelaksanaan. 4) Setelah pengembangan rencana pemasaran. Denagn cara melakukan rencana pemasaran. 1. Ekuitas pelanggan adalah arus pendapatan yang diharapkan (keuntungan) dari pelanggan yang ada saat ini dan pelanggan yang prospektif bagi perusahaan selama beberapa periode waktu. Sedangkan rencana yang tidak bagus mungkin saja dapat dilaksanakan dengan bagus tetapi tidak menghasilkan laba.1. rencana pemasaran adalah pernyataan tertulis dari strategi pemasaran dan bagian-bagian yang berhubungan secara waktu untuk membuat strategi.6 Rekomendasi Penyelesaian Masalah Dell Rekomendasi penyelesaian masalah dengan membangun komunitas. 5) Program pemasaran memadukan semua rencana-rencana perusahaan kedalam sebuah rencana besar. 2) sumber daya apa yang ada dalam perusahaan (biaya) yang akan diperlukan. Bagianbagian itu adalah : 1) paduan pemasaran apa yang akan ditawarkan. Persaingan domestic dan asing mengancam perusahaan yang tidak dapat menyediakan nilai pelanggan yang tinggi dan menemukan cara yang lebih baik dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Mencari dan mengumpulkan data. Program perusahaan akan bermanfaat bagi perusahaan jika dapat meningkatkan ekuitas pelanggan. pelanggan baru dan cara baru dalam . Rencana yang sangat bagus mungkin saja tidak bagus dalam pelaksanaannya dan masih dapat keuntungan.5 Landasan Teori Landasan teori yang kami gunakan dalam membuat makalah ini adalah Teori Riset pemasaran. 7) Pentingnya Perencanaan Strategi Pemasaran. strategi pemasaran baru yang kian konvensional. 8) Perencanaan Strategi yang Kreatif Diperlukan untuk Bertahan. Perencanaan strategi yang kreatif menjadi semakin penting. manajer kemudian fokus dengan pelaksanaaan. Pelaksanaan adalah meletakkan rencana pemasaran kedalam opeerasi. kepada siapa (pasar target) dan berapa lama. tingkat kepuasan konsumen dan kesukaan. 3) hasil apa yang diharapkan (penjualan dan laba yang mungkin dalam setiap bulan atau setiap empat bulan. biasanya menentukan kesuksesan atau kegagalan.

Pengembangan produk berarti menawarkan produk baru dan produk yang telah ditingkatkan mutunya untuk pasar yang ada saat ini. Hal ini penting karena selalu ada para peniru yang ingin berbagi keuntungan dengan para innovator.Pengembangan pasar berarti mencoba meningkatkan penjualan dengan menjual produk yang ada saat ini diperusahaan pada pasar yang baru. Oleh karena itu perusahaan harus fokus pada penerapan yan terbaik untuk hasil yang lebih baik. 10) Proses Perencanaan Strategi Pemasaran Fokus pada Kesempatan-Kesempatan. Dunia menjadi lebih kecil dengan adanya peningkatan perdagangan internasional diseluruh dunia dan berkurangnya hambatan dalam perdagangan tersebut. perusahaan harus mencoba untuk memperoleh manfaat kompetisi untuk meningkatkan kesempatan memperoleh laba atau kelangsungan untuk bertahan. Bahkan dengan adanya e-commerce. Bantuan yang berguna untuk mengidentifikasi kriteria perlindungan yang relevan dan untuk membuat dari awal strategi yang memungkinkan untuk dibuat. Kesempatan yang berupa terobosan adalah kesempatan yang membantu para innovator mengembangkan hard-to-copy strategi pemasaran yang akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang. 11) Tipe-Tipe dari Kesempatan-Kesempatan untuk Dilakukan. kelemahan (weaknesses). kesempatan(opportunities) dan ancaman (threats) dari perusahaan. transportasi dan komunikasi membuat lebih mudah dan lebih murah untuk mencapai pelangan internasioanal. dibutuhkan SWOT analisis.Analisis SWOT yang baik membantu manajer fokus pada strategi yang membawa manfaat dari kesempatan dan kekuatan perusahaan dan juga mencegah kelemahan dan ancaman pada kesuksesan perusahaan. Diferensiasi berarti bahwa paduan pemasaran yang dimiliki berbeda dan yang lebih baik dari pada yang ada pada pesaing. 12) Kesempatan Internasional harus Dipertimbangkan. SWOT analisis yang mengidentifikasi dan mendaftar kekuatan (strengths). mungkin melalui paduan pemasaran yang lebih agresif. pasar baru dan bahkan tingkatan pada system produksi pemasaran. Manfaat kompetisi berarti bahwa perusahaan mempunyai paduan pemasaran yang mana pasar target melihat sebagai sesuatu yang lebih baik daripada paduan pemasaran pesaing. Penetrasi pasar berarti mencoba meningkatkan penjualan dari produk yang ada saat ini diperusahaan pada pasar yang ada saat ini. Jika tidak dapat menemukan kesempatan yang berupa terobosan.melaksanakan sesuatu harus ditemukan jika perusahaan ingin tetap beroperasi di masa yang akan dating dan menyumbang peran pada system pemasarn mikro. .Diversifikasi berarti perubahan secara keseluruhan garis usaha perusahaan melalui produk yang benar-benar baru. 9) Kesempatan yang Menarik.

manajer harus mempertimbangkan kesempatan internasional ini dengan tujuan dan sumber daya dari perusahaan.Kesempatan internasional harus dipertimbangkan pada proses perencanaan startegi. . tetapi tidak akan selalu menjadi yang menarik (dalam mencari keuntungan) untuk dimasukkan dalam strategi. Sebagaimana kesempatan didalam negeri. begltu juga dengan melihatkekuatan dan kelemahan perusahaan.

Sony Wonder .rekaman langka f. Bisnis musik a. Sony/ATV Music Publishing b. termasuk: b. Phoenix Pictures (kepemilikan yang tidak penuh) e. Epic Records .musik klasik g. TriStar Pictures c. Columbia Records . Columbia Pictures d. Columbia-Tri Star Home Video 2. Sony Pictures Entertainment.hiburan anak-anak dan keluarga 3. Sony Pictures Classics f. Sony Classical .SONY 1. Produksi film : a.musik populer d. Legacy Recordings . Sony Pictures Entertainment g.musik country h. Sony Nashville . Sony BMG Music Entertainment c. Bisnis Handphone Sony Ericsson 4. Permainan video dan online - Sony Computer Entertainment – PlayStation . Mandalay Entertainment (kepemilikan yang tidak penuh) d.musik populer e.

com Kotler. Edisi 12.L. 2007 Manajemen Pemasaran. Jakarta . Produk yang dihasilkan oleh Sony dan Dell bergerak dibidang Tekhnologi Informasi. P. terjemahan. Yang banyak diminati oleh para konsumen karena Sony dan Dell sudah berdiri sejak lama sehingga tidak ada keraguan untuk para konsumen memilih produk lainnya (factor kepercayaan mutu dan kualitas) 1.8 Sumber acuan referensi - www. Kesuksesan sebuah perusahaan dapat dicapai apabila perusahaan tersebut di bangun oleh System Manajemen yang baik serta dikelola secara Transparan dan Sistematis.Indeks.google. Penerbit PT. dan Keller. K.1.7 Kesimpulan Di era globalisasi seperti sekarang ini persaingan bisnis semakin ketat. siapa yang jeli melihat peluang dialah yang akan jadi pemenang.

1. 3.1.02. 5.02.03740 Aditya Persada 08.03736 Rizky Febria S 08. Kharisma Gigih 08.1.R 08. 4.02.03743 PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN 4 . 6.02.03737 Riantika Anjar 08.03839 Tri Noviandari 08.02. 2.03735 Ragil F.DASAR – DASAR PEMASARAN “ SONY DAN DELL “ Oleh : 1.1.SM 2 STIESIA SURABAYA 2010 .1.1.02.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful