P. 1
Sterilisasi alat

Sterilisasi alat

|Views: 860|Likes:

More info:

Published by: Yulia Estmirar Tanjov on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2012

pdf

text

original

Yulia Estmirar Tanjov 230110090009 Perikanan A

9. Jelaskan apa yang saudara ketahui mengenai sterilisasi peralatan budidaya perikanan? Sterilisasi merupakan suatu proses untuk mematikan semua organisme yang teradapat pada suatu benda.Alat yang biasa dipakai untuk sterilisasi adalah oven yang biasa dipakai untuk mensterilkan alat-alat gelas seperti erlenmeyer, petri dish, tabung reaksi dan alat gelas lainnya. Bahan yang mengandung cairan tidak dapat disterilkan dengan oven tetapi melalui sterilisasi degan uap air panas. Awalnya sterilisasi dilakukan dengan alatnya adalah Arnold Steam Sterilizer pada suhu 100°C dalam keadaan lembab atau dengan dandang. Mula-mula bahan disterilkan pada suhu 100°C selama 30 menit untuk membunuh sel vegetatif mikroba. Kemudian ketika disimpan pada suhu kamar selama 24 jam terdapat kesempatan spora tumbuh menjadi sel vegetatif. Lalu dipanaskan lagi 100°C selama 30 menit dan diinkubasi selama 24 jam dan disterilkan lagi. Banyak bakteri berspora belum mati dengan sterilisasi uap panas, sehingga dikembangkan sterilisasi uap bertekanan. Alat yang diguanakan adalah autoclave. Ada beberapa tipe autoclave : 1. Autoclave sederhana menggunakan sumber uap dari pemanasan air yang ditambahkan dalam autoclave. Pemanasan menggunakan kompor atau api bunsen. Temperatur dan tekanan diatur dengan jumlah panas dari api. Kelemahannya bahwa perlu penjagaan dan pengaturan panas secara manual selama proses. Keuntungannya sederhana, harga relatif murah, tidak tergantung listrik dan prosesnya lebih cepat.

2. Autoclave yang lebih komplit menggunakan sumber energi dari listrik, dilengkapi timer dan thermostat sehingga lebih otomatis. Kelemahannya jika sistem tidak berjalan maka pekerjaan menjadi sia-sia bahkan dapat menyebabkan kerusakan total pada autoclave.

Sterilisasi autoclave menggunakan panas dan tekanan dari uap air. Temperatur biasanya 121°C dan tekanan 1 atm. Lama proses sterilisasi tergantung volume dan jenis bahan. Alat dan air disterilkan selama 1 jam. Untuk sterilisasi media pembiakan mikroorganisme biasanya disterilkan selama 20-40 menit tergantung volume. Sterilisasi media yang terlalu lama menyebabkan penguraian gula, degradasi vitamin dan asam amino, inaktivasi sitokinin zeatin riboside dan perubahan pH yang berakibat depolimerisasi agar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->