P. 1
SISTEM PELUMASAN

SISTEM PELUMASAN

|Views: 1,328|Likes:
Published by alca_

More info:

Published by: alca_ on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2013

pdf

text

original

SISTEM PELUMASAN

Pengertian
• Gesekan antara logam yang bersinaggungan tidak dapat dihilangkan sama sekali tetapi dapat dikurangi dengan cara melapisi bagian yang bergesekan.

Tujuan
• Untuk menurunkan gesekan, pelumasan itu sendiri berarti memisahkan dua permukaan yang bergerak dengan memberikan selaput pelumas diantara dua permukaan tersebut.

Fungsi
• • • • • Untuk mengatasi terjadinya gesekan Menyerap panas komponen Membersihkan kotoran Merapatkan kelonggaran Meredam getaran dan kejutan pada sambungan karena gerakan tenaga yang selalu berubah,seperti terjadi pada bantalan jalandan duduk,pin piston,dan bushing poros nok.

. Sistem percik Sistem ini memanfaatkan gerak putar engkol yang mana pada ujung engkol diberi sendok (taji) yang berguna untuk mengambil pelumas sewaktu engkol diatas. 2.sistem ini biasanya digunakan pada motor bensin yang kecil mengingat pelumasannya kurang sempurna. Sistem tetes Sistem ini dipakai pada saat melumasi batang pengungkit.batang penekan.nokeas mengingat gerakan dari peralatan tersebut relatif lambat.Macam-macam cara Sistem Pelumasan Cara sistem pelumasan dibagi menjadi 4 bagian: 1.

Pelumas Cair (Liquid Lubricant) Pelumas yang mencair pada suatu suhu ruangan dengan kandungankandungan yang dimiliki didalamnya berupa zat cair.Syarat yang harus dipenuhi pada sistem ini adalah bagian yang dilumasi harus tercelup pelumas. Sistem tekan Sistem ini yang paling baik dari semua sistem yang ada. 4. contoh. pelumas tersebut bisa dituangkan dari satu wadah ke wadah lain. Sistem celup Sistem ini biasanya dipakai untuk melumasi poros enkol. Ka i ca bur mp ur ato dg r be nsi n Kar bel gas Po mp a oli T Klassifikasi Minyak Pelumas Pada umumnya pelumas dibagi menjadi empat macam jenis yang berdasarkan dari material pelumas tersebut. .bantalan.roda gigi dan sebagainya. semua jenis oli adalah pelumas cair.Pelumas ini tidak mempunyai bentuk melainkan akan mengisi bentuk wadahnya.3.karena minyak pelumas disalurkan ke bagian yang dilumasi dengan memakai pompa sehinnga pelumasannya akan lebih merata dan sempurna.

akibatnya celah-celah mesin yang semoit tidak dapat terjangkau system pelumasan. Gemuk (Grease). dan sebaliknya akan menjadi kental jika temperatur turun. Pelumas Padat (Solid Lubricant) Pelumas padat seringkali berbentuk bubuk atau butiran-butiran. contoh yang sering kita lihat adalah pada kunci impact.akibatnya mesin cepat panas dan cepat mati  Oli sudah terlalu lama.Umumnya pelumas ini digunakan pada daerah yang sangat dingin dimana oli akan membeku. ingat bahwa tujuan utama pelumas adalah untuk memisahkan dua buah benda yang berhadapan dan bergerak. dan pada tempat yang panas dimana oli akan terbakar.Pelumas yang semi padat (Semi solid Lubricant) Pelumas semi padat ciri khasnya adalah. • Gangguan-gangguan pada sistem pelumasan:  Oli kurang.akibatnya mesin cepat panas dan cepat aus  Oli terlalu kental. disamping gas sebagai pengatur tenaga sebenarnya gas sebagai pemisah gigi didalam kunci impact tersebut. akan menjadi cair manakala suhu naik. Contohnya. Pelumas Gas (Gases) Kedengarannya jenis pelumas ini asing bagi kita bahwa sebuah gas bisa digunakan berfungsi sebagai pelumas.sehingga menyebabkan mesin rusak .

.SISTEM PENDINGINAN Pengertian • Suatu usaha untuk mengurangi atau menghilangkan kalor pada suhu yang sangat tinggi yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar sehingga bahan/material tidak cepat rusak dan dapat tahan lama. Tujuan • Untuk menurunkan/menyerap panas yang berada pada mesin.sehingga mesin tidak cepat rusak dan tidak cepat panas.

Pompa ini biasanya jenis impeler (pusingan) yang digerakkan oleh motor itu sendiri/motor lainnya c.selanjutnya panas diserap oleh udara yang menyinggung plat tersebut. Pada sistem pendingin air mempunyai peralatan pelengkap.pipa yang pipih.misal bila motor masih dalam keadaan dingin maka air pendingin tidak dapat bersikulasi keluar tetapi setelah cukup panas maka thermostat akan membuka sehingga air dapat bersikulasi keluar. Kipas.berguna untuk mendinginkan air yang telah panas b.pipa ini ditempeli plat tipis yang berfungsi untuk menyerap panas dari dalam pipa dan memberikan panas ke luar.berguna untuk menghisap udara melalui radiator sehingga akan terjadi pendinginan antara udara dan air.Pada kendaraan bermotor juag memakai sistem pendingin ini. . 2) PENDINGIN UDARA Pendingin udara merupakan pendingin yang kurang baik karena daya serapnya sekitar ¼ dari daya serap air dan juga memerlukan volume yang besar. Termostat.sehingga pendinginan dapat lebih baik.seperti: a. Radiator. Pompa air.berguna untuk mensirkulasikan air pendingin dari luar kedalam motor dan sebaliknya.1 kkal panas tiap C.itu terlihat pada silinder dan kepala silinder yang diberi sirip-sirip yang berfungsi untuk memperluas bidang kontak dengan pendingin.berguna untuk mengatur suhu air pendingin.Air yang panas masuk ke radiator yaitu di dalam pipa. d.Fungsi • • • Mengurangi panas Menstabilkan suhu mesin pada motor Mencegah mesin cepat rusak dan mesin lebih awet Macam-macam sistem pendinginan Sistem pendinginan di bagi menjadi 2: 1) PENDINGIN AIR Pendingin air adalah merupakan pendingin yang baik karena daya serap panasnya besar.biasanya pendingin ini dipakai pada pesawat terbang karena lebih praktis.Pendingin air banyak sekali dipakai untuk motor bensin dari tenaga yang kecil sampai tenaga yang besar untuk motor stationer maupun yang tidak stationer.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->