DEFINISI & KLASIFIKASI

SIANA 9999 52 112 ZEFANYA PUSPITA 9999 52 123 DEWI 9999 52 119 CHRISTOPHER 9999 52 069

Definisi atau batasan arti banyak macamnya.DEFINISI Definisi adalah suatu pernyataan mengenai ciri-ciri penting suatu hal dan biasanya lebih kompleks dari arti. Definisi sangat penting bagi seseorang yang menginginkan sanggup berpikir dengan baik. sifat dan tujuannya. Jubilee adalah sekolah agama bagi orang kristen Definisi Nominal ada 6 macam. Definisi Nominal tidak memberikan penjelasan yang hakiki tentang sesuatu yang dijelaskan itu. Yang mana dapat disebut juga Definisi Nominal ialah penjelasan sebuah kata dengan kata lain yang lebih umum dimengerti. Ada berbagai jenis definisi. yang dibentuk dari kata benda µLogos¶. Ex. Definisi Nominal terutama dipakai pada permulaan sesuatu pembicaraan atau diskusi. kata. yaitu : 1. Definisi Etimologik Ex. Definisi Simbolik 3. Logika adalah istilah yang diambil dari kata Yunani ¶Logikos¶. salah satunya yang umum adalah definis perkataan dalam kamus (lexical definition) Definisi dapat dibagi menjadi tiga bagian besar. makna atau pengertian suatu hal. Akhir-akhir ini. bukan menjelaskan hal yang ditandai. Istilah definisi berasal dari bahasa latin µdifinition¶ yang berarti µpenentuan arti¶ atau µpembatasa¶. suatu pertimbangan akal. yakni : 1. percalapan¶ atau µungkapan lewat bahasa¶ . dua bagian ini harus ada jika btidak bukanlah suatu definisi. Kata atau ungkapan yang hendak dijelaskan di sebut definiendum. Jadi sekadar menjelaskan kata sebagai tanda.pernyataan sebagai suatu bentuk definisi harus terdiri atas dua bagian. Definisi Sinonim Ex. Definisi merupakan unsur atau bagian dari ilmu pengetahuan yang merumuskan dengan singkat dan tepat mengenai ibjek atau masalah. Hamba ialah budak tuannya 2. Definiendum dan Definiens. Definisi Nominal (Verbal) Definisi yang paling sederhana dan bersifat sementara. lingkungan. yang disesuaikandengan berbagai langkah. yang berarti µsesuatu yang di utarakan. definisi sering kali diartikan sebagai keterangan yang merupakan uraian atau penjelasan tentang arti suatu kata atau ungkapan yang membatasi makna suatu kata atau ungkapan tersebut. sedangkan bagian yang menjelaskan definiendum itu disebut definiens.

antara lain : i. 6. biasanya yang terdapat dalam kamus bahasa. Definisi Real mendefinisikan kata yang sudah umum digunakan. . ii. 5. yaitu : Definisi Nominal Umum Definisi yang pada umumnya diterima oleh semua orang. Bendaharawan adalah orang yang menggurus perbendaharaan secara materi dan non-materi untuk sebuah organisasi Definisi Denotatif Dalam membuat Definisi Nominalis ada 3 syarat yang perlu diperhatikan. Definisi Real Esensial Penjelasan dengan cara menguraikan bagian-bagian dasar yang menyusun suatu hal Definisi Real Esensial Fisik / Definisi Konotatif Penjelasan dengan cara menunjukkan isi dari suatu term yang terdiri atas genus dan diferensia. Definisi Real dapat dibedakan menjadi 2 bagian besar dan 4 bagian kecil. Ex. Definisi Semantik Definisi Stipulatif Ex.4. Definisi Real Genetic / Definisi Analatik Penjelasan dengan cara menunjukkan bagian-bagian sesuatu benda yang mewujudkan esensinya. Ungkapan ³Istri adalah wanita yang telah menikah´ Definisi Nominal Khusus Definisi yang bersifat relatif dan sering kali juga subjektif. yaitu : y y y Jika suatu kata mempunyai suatu arti tertentu harus selalu diikuti menurut arti dan pengertiannya yang sangat biasa Jangan menggunakan kata untuk mendefinisikan jika tidak tahu artinya secara tepat Jika arti dari suatu istilah menjadi objek pembicaraan maka harus tetap diakui oleh kedua pihak yang berdebat Definisi Nominal dibagi menjadi 2 bagian. - 2. yang memberi penjelasan tenang suatu kata atau ungkapan dengan sesuatu yang sesuai dengan pemahaman umum. Oleh karena itu tidak berlaku umum.

tidak bermegah diri. 4. Ex. yaitu : i. Definisi harus menghindarkan pernyataan yang memuat istilah yang didefinisikan Definisi sedapat mungkin harus dinyatakan dalam bentuk rumusan yang positif . Definisi harus menyatakan ciri-ciri hakiki dari apa yang didefinisikan Definisi harus merupakan suatu kesetaraan arti hal yang didefinisikan dengan yang untuk mendefinisikan. tidak lekas marah. - Dalam merumuskan definisi ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan supaya definisi yang dirumuskan itu baik dan betul-betul mengungkapkan pengertian yang didefinisikan secara jelas dan mudah dimengerti. tidak mementingkan diri sendiri. Definisi Praktis penjelasan tentang sesuatu hal ditinjau dari segi kegunaan atau tujuan. suka akan kebenaran. Definisi Real Esensial Deskriptif Kausal Penjelasan dengan cara menyatakan bagaimana sesuatu hal terjadi atau terwujud. Hal ini berarti juga memaparkan asal mula atau perkembangan dari hal-hal yang ditunjuk oleh suatu term. Definisi Persuasif pada hakikatnya merupakan alat untuk membujuk atau teknik untuk menganjurkan dilakukannya perbuatan tertentu. Kasih itu sabar. i. Definisi Operasional penjelasan suatu term dengan cara mengaskan langkah-langkah pengujian khusus yang haus dilaksanakan atau dengan metode pengukuran serta menunjukkan bagaimana hasil yang dapat diamati ii. Definisi Fungsional penjelasan sesuatu hal dengan cara menunjukkan kegunaan atau tujuannya. yaitu : 1. Definisi Real Deskriptif definisi ini menggunakan ciri khas sesuatu yang akan didefinisikan. 2.3. 3. Syarat-syarat defini secara umum dan sederhana ada 5. Ciri khas adalah ciri yang selalu dan tetap terdapa pada setiap benda yang tertentu. ii. kasih itu murah hati. tidak angkuh. Yang mana dibedakan atas 3 macan . iii. Definisi Real Deskriptif Aksidental Penjelasan dengan cara menunjukkan jenis dari halnya denga sifat-sifat khusus yang menyertai hal tersebut.

Definisi juga dapat memberikan suatu ari baru terhadap kata yang sudah lama. yaitu : 1. yaitu definisi yang biasa digunakan dalam bahasa mempunyai arti dan tujuan khusus atau tertentu. Tujuan membuat Definisi Dibawah ini ada beberapa Pakar atau ahli yang mendeskripsikan beberapa point dalam Tujuan Membuat Definisi. Definisi yang bersifat teoritis (Theoritical Definition) . Definisi harus dinyatakan secara singkat dan jelas terlepas dari rumusan yang kabur atau bahasan kiasan. yaitu definisi ini tidak saja merupakan penjelasan sederhana dari suatu kata tetapi juga merupakan suatu penjelasan yang bersifat teoritis yang didapat dari ilmu pengetahuan / penelitian dan juga kehidupan sehari-hari 2. beliau membagi tujuan membuat definisi menjadi dua. WHO. singkatan dari World Health Organization b. . Memfasilitasi komunikasi dengan membatu proses kominikasi yang berlangsung menjadi sederhana dan lebih tepat atau dengan kata lain mempersingkat ekspresi suatu pernyataan yang panjang dan komples sifatnya. Ex. antar lain : Menurut Nicholas Rescher. Definisi dibuat untuk memperkenalkan kata baru dalam bahasa c.5. Definisi adalah suatu cara yang terbaik dan paling efektif untuk menjamin ketepatan dan kebenaran dari penggunaan kata tersebut. contoh : kata Bibi. Tujuan Umum. Tujuan Khusus. antara lain : a. namun saat ini bisa mempunyai arti pembantu rumah tangga d. dahulu didefinisikan sebagai adik kandung ayah atau ibu perempuan. Dewasa adalah orang yang berusia 21 tahun keatas dan definisi ini berimplikasi atau mempunyai tujuan khusu pada penetapan hukuman dalam peradilan b. Ex. Definisi yang tepat (Precising Definition). antara lain : a.

beliau menjelaskan bahwa ada 5 tujuan dalam membuat definisi. perbuatan baik. yaitu : 1. perbuatan atau mengendalikan emosi seseorang Ex. Kejujuran adalah kelurusan hati. 4. Mempelajari arti suatu kata Dengan membuat definisi maka kita tidak akan ragu-ragu lagi dalam menggunakan kata yang bersangkutan sehingga argumen yang dikeluarkan akan tepat dan benar. CO2 adalah unsur kimia untuk Carbon-dioksida 5. O2 adalah unsur kimia untuk Oksigen Ex. 2.Menurut Irving M Copi. 3. Menjelaskan secara teoritis Definisi dibuat untuk menjelaskan teori yang didapat dari haris penelitian yang telah dilakukan. Mempengaruhi tingkah laku Sering definisi dibuat untuk mempengaruhi pikiran. Ex. Menambah perbendaharaan kata Karena bahasa merupakan suatu instrumen yang rumit dan terus berkembang maka dimungkinkan satu kata akan berkembang mempunyai ari baru atau suatu kejadian akan menimbulkan suatu istilah baru yang memperkaya perbendaharaan bahasa. Menghilangkan kerancuan atau ambiguitas Hal ini penting karena dengan mengunakan suatu kata yang rancu nantinya akan mengakibatkan argumen yang dikeluarkan juga menjadi rancu. Dengan membaca kata kejujuran orang dapat dipengaruhi untuk menjadi orang jujur .

Semarang. Ex. Yogyakarta dan Surabaya Kelemahan dari teknik ini adalah :  Kata yang tidak dapat kita temukan genrenya  Kata yang tidak dapat kita temukan differentianya  Kata yang tidak dapat ditangkap maksudnya kecuali bila dihubungkan dengan kata lain. Ostensive Definition Definisi dibuat untuk mengungkapkan perwakilan dari bagian kata yang didefinisikan Ex. Ex. 4. Mendefinisikan Bangunan Perunahan Mini. antara lain : 1. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang demi untuk mensejahterahkan bangsanya beliau rela mengorbankan waktu dan tenaga untuk mengajarkan walaupun harus mendapat imbalan yang sedikit. seperti : dan. mengemukakan ada 8 teknik dalam mendefinisikan sesuatu.Teknik Mendefinisikan Nicholas Rescher. yang  Karena memiliki sifat kesendirian yang tidak terbatas sehingga tidak ditemukan sifat pembedanya 2. seperti Ki Hajar Dewantara Dengan metode Genus dan Difference Definisi dengan memperhatikan genus dan difference. Constructive Definition Definisi yang dibuat dengan mengungkapkan instruksi atau perintah Ex. atau. Ex. penjelasan dapat diberikan dengan mengacu pada bangunan display tersebut dan brosur-brosur yang tersedia . Mawar Pink adalah hasil perkawinan silang antar mawar merah dan mawar putih. Genetic Definition Definisi dibuat dengan memaparkan organisasi atau unsur-unsur pembangun kata yang didefinisikan. Kota besar di Jawa adalah Jakarta. Enumerative Definition Suatu teknik pendefinisan dengan cara memberikan daftar lengkap dari setiap bagian kata yang di definisikan. Hewan adalah makhluk insting (makhluk adalah genus sedangkan insting adalah difference) 3. Bandung.

Kursi adalah tempat duduk yang terbuat dari kayu (terlalu sempit) 3. atau dengan kata lain apa yang didefinisikan tidak boleh masuk kedalam definisi Ex. harus menghindari kerancuan dan kesamar-samaran. Merpati adalah burung yang dapat terbang (terlalu luas) Ex. Kehidupan adalah sebuat permainan game 5. Operational Definition Definisi yang dibuat berdasarkan serangkaian percobaan yang dapat menetukan cicik atau tidaknya kata itu dalam kasusa yang khusus sifatnya. Ayam adalah alarm manusia dipagi hari . Definisi harus jelas. Definisi harus literal.6. Perempuan adalah wanita 7. IN adalah India. Ex. Abbreviative Definition Definisi yang dibuat dengan menjelaskan kepanjangan simbol dari definiendum Ex. CGK adalah Cengkareng 8. Ex. 4. Logika adalah ilmu yang menerangkan hukum logika 2. Definisi tidak boleh membentuk lingkaran. Definisi harus mengacu pada atribut esensial yang dimiliki atau terdapat dalam definiendum Ex. Aturan-aturan Definisi Definisi yang baik harus memenuhi syarat-syarat sebagi berikut : 1. SG adalah Singapore. Synonymous Definition Definisi yang dibuat dengan mengacu pada definiendum yang sama Ex. Sepatu tidak dapat didefinisikan hanya dengan menyebutkan bentuk dan bahan pembuatnya tetapi juga harus diungkapkan kegunaannya. Definisi tidak boleh terlalu luas dan terlalu sempit Ex. definisi yang diberikan biasanya tidak sesuai dengan definiendumnya kurang lengkap informasinya sehingga defiens tidak mencerminkan definiendum.

jadi bila Ramada adalah rumah yang tidak berdinding maka pengartianya menjadi tidak konsisten 9. Ex.6. ini ada kaitannya dengan ³Loaded´ defiition 8. Definisi harus dapat dibolak-balik dengan hal yang didefinisikan Ex. Perempuan adalah wanita dan wanita adalah perempuan . Definisi yang dibuat harus teoris konsisten dengan definisi yang sudah berlaku. Ramada adalah rumah yang tidak berdinding. sedangkan definisi rumah adalah bangunan kecil dan bangunan adalah struktur yang ditutup dengan dindingdan atao. Keindahan adalah suatu keadaan yang tidak jelek 7. Definisi harus dievaluasi senetral mungkin. Definisi tidak boleh dlama bentuk kalimat negatif Ex.

gagasan. sifat-sifat dan atribut-atribut yang dapat ditemukan dari bahan-bahan yang tengah diselidiki. kejadian-kejadian. Klasifikasi Artifisial (Artificial Classification) Klasifikasi bahan pustaka berdasarkan sifat-sifat yang secara kebetulan ada pada bahan pustaka tersebut Ex. Klasifikasi bergerak dari barang-barang. Hukum-hukum klasifikasi atau penggolongan yang sama intinya denga hukum analisis dapat dietentukan sebagai berikut : I.KLASIFIKASI Klasifikasi merupakan proses pengelompokan sifat. yaitu : 1. Suatu klasifikasi atau penggolongan harus sampai tuntas dan jelas III. Klasifikasi Fundamental (Fundamental Classification) Klasifikasi yang bahan pustakanya berdasarkan isi atau subjek buku. fakta-fakta atau proses-proses alam kodrat individual yang beraneka ragam coraknya. hubungan. Klasifikasi buatan ditentukan oleh sesuatu maksud yang praktis dari seseorang. Secara sederhana Klasifikasi dapat diartikan sebagai pengelompokkan yang sistematis pada sejumlah objek. maupun peranan masing-masing unsur yang terpisah dalam suatu keseluruhan untuk memaami sesuatu konsep universal. Perbedaan atara klasifikasi dan analisis adalah sebagai berikut : ‡ Analisis lebih erat hubungannya dengan proses yang semata-mata bersifat format ‡ Klasifikasi lebih bersifat empirik serta induktif Perbedaan klasifikasi didasarkan atas sifat bahan-bahan yang akan digolong-golongkan disebut dengan klasifikasi kodrati dan maksud yang dikandung orang yang mengadakan penggolongan disebt dengan klasifikasi buatan dan juga klasifikasi gabungan antara keduanya yang disebut dengan klasifikasi perantara atau klasifikasi diagnostik. yaitu sifat yang tetap pada bahan pustaka meskipun bergantibanti atau formatnya diubah . Unsur-unsur sebagai bagian untuk menyusun konsep universal harus jelas terpisah satu dengan yang lain Secara umum klasifikasi terbagi dalam 2 jenis. seperti untuk mempermudah penanganannya dan untuk mengheat waktu seta tenaga. buku atau benda-benda lain ke dalam kelas atau golongan tertentu berdasarkan ciri-ciri yang sama. menuju kearah keseluruhan yang sistematik dan bersifat umum. Warna buku atau Bentuk buku 2. Klasifikasi diagnostis merupakan gabungan yang tidak sepenuhnya kodrati dan juga tidak sepenuhnya buatan. Klasifikasi atau penggolongan harus hanya ada satu asaa terntentu II. Klasifikasi kodrati ditentukan oleh susunan kodrati.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful