P. 1
Klipping'

Klipping'

|Views: 524|Likes:
Published by Dida Alifia

More info:

Published by: Dida Alifia on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2013

pdf

text

original

KLIPING GEOgRAFI

(Bencana Alam Di Indonesia)

Di Susun Oleh:

Kandida Alifia Anandarto

Tentang Bencana Alam:

Bencana alam adalah konsekuensi dari kombinasi aktivitas alami (suatu peristiwa fisik, seperti letusan gunung, gempa bumi, tanah longsor) dan aktivitas manusia. Karena ketidakberdayaan manusia, akibat kurang baiknya manajemen keadaan darurat, sehingga menyebabkan kerugian dalam bidang keuangan dan struktural, bahkan sampai kematian. Kerugian yang dihasilkan tergantung pada kemampuan untuk mencegah atau menghindari bencana dan daya tahan mereka[1]. Pemahaman ini berhubungan dengan pernyataan: “bencana muncul bila ancaman bahaya bertemu dengan ketidakberdayaan”. Dengan demikian, aktivitas alam yang berbahaya tidak akan menjadi bencana alam di daerah tanpa ketidakberdayaan manusia, misalnya gempa bumi di wilayah tak berpenghuni. Konsekuensinya, pemakaian istilah “alam” juga ditentang karena peristiwa tersebut bukan hanya bahaya atau malapetaka tanpa keterlibatan manusia. Besarnya potensi kerugian juga tergantung pada bentuk bahayanya sendiri, mulai dari kebakaran, yang mengancam bangunan individual, sampai peristiwa tubrukan meteor besar yang berpotensi mengakhiri peradaban umat manusia.

Namun demikian pada daerah yang memiliki tingkat bahaya tinggi (hazard) serta memiliki kerentanan/kerawanan (vulnerability) yang juga tinggi tidak akan memberi dampak yang hebat/luas jika manusia yang berada disana memiliki ketahanan terhadap bencana (disaster resilience). Konsep ketahanan bencana merupakan valuasi kemampuan sistem dan infrastruktur-infrastruktur untuk mendeteksi, mencegah & menangani tantangan-tantangan serius yang hadir. Dengan demikian meskipun daerah tersebut rawan bencana dengan jumlah penduduk yang besar jika diimbangi dengan ketetahanan terhadap bencana yang cukup.

• Gempa bumi
a.) Penyebab Gempa Bumi

Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional.Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km.

terlihat gambar berikut ini.Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. seperti Dam Karibia di Zambia. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Afrika. gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal. Terakhir. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi. Beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. yaitu penyebab gempa bumi: .

sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan . Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik. yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. yaitu…: b 1. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut. Gempa bumi tektonik . getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi.b. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi. yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma. 2. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) . Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik.) Gempa Bumi di bagi 2 macam. Teori dari tectonic plate (lempeng tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan.

pukul 05. yang berdekatan dengan batas pertemuan lempeng tektonik.mengapung di lapisan seperti salju. Gempa bumi runtuhan . Contoh gempa vulkanik ialah seperti yang terjadi di Yogyakarta. gempabumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal. Gempa bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan. 27 Mei 2006 dini hari. 1. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik. kerangka teoretis tektonik lempeng merupakan postulat untuk menjelaskan fenomena gempa bumi tektonik yang melanda hampir seluruh kawasan.54 WIB. Indonesia pada Sabtu. Gempa bumi tumbukan . yakni mengikuti pola-pola pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menyusun kerak bumi. Gempa bumi ini diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi. . Peta penyebarannya mengikuti pola dan aturan yang khusus dan menyempit. jenis gempa bumi ini jarang terjadi 2. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Dalam ilmu kebumian (geologi).

 2 September 2009. Menyebabkan sedikitnya 1. Gempa ini terasa hingga Jakarta dan Bali.  12 Januari 2010.1 guncang biak city di indonesia * gempa 2. Gempa bumi dengan kekuatan 7.3. Gempa bumi buatan . negara-negara kepulauan di Pasifik dan Jepang dengan dampak ringan dan menengah. Tidak menimbulkan tsunami.2 guncang bandung gempa 7. Indonesia. 432 orang tewas (data 30 Maret 2010).000 orang dan 1. nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi. berpotensi tsunami. Gempa bumi di Chili dengan 8.000 orang.9 Skala Richter (BMG Amerika) mengguncang Padang-Pariaman.  . luka-luka 300. Gempa bumi Sumatera Barat merupakan gempa tektonik yang berasal dari pergeseran patahan Semangko. menimbulkan kerusakan fisik di beberapa daerah. 27 Februari 2010. Indonesia.000 kehilangan tempat tinggal. Gempa Tektonik 7.  30 September 2009. belum ada informasi korban jiwa.2 Skala Richter di Sumatera bagian Utara lainnya berpusat 60km dari Sinabang.9 getarkan lembang* 7 April 2010. Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia.3 Skala Richter mengguncang Tasikmalaya. Gempa bumi Haiti dengan episenter dekat kota Léogâne 7. Sejarah gempa bumi besar pada abad ke-20 dan 21  15 juni 2010 gempa 10. kepulauan Hawaii. Australia.000.100 orang tewas dan ribuan terperangkap dalam reruntuhan bangunan.8 Skala Richter. Mengakibatkan tsunami menyeberangi Samudera Pasifik yang menjangkau hingga Selandia Baru. gempa ini berkekuatan 7. Aceh. Korban jiwa masih belum diketahui jumlah pastinya karena terjadi Tanah longsor sehingga pengevakuasian warga terhambat. seperti peledakan dinamit.0 Skala Richter berdampak pada 3 juta penduduk.6 Skala Richter (BMG Indonesia) atau 7. perkiraan korban meninggal 230.

Kerusakan akibat gempa bumi di San Francisco pada tahun 1906 Sebagian jalan layang yang runtuh akibat gempa bumi Loma Prieta pada tahun 1989   3 Januari 2009 .5 Skala Richter .Gempa Bengkulu dengan kekuatan gempa 7.6 Skala Richter di Papua.Gempa bumi berkekuatan 7.9 Skala Richter   9 Agustus 2007 .Gempa bumi 7. 12 Mei 2008 .000 orang tewas dan jutaan warga kehilangan tempat tinggal. Menyebabkan sedikitnya 80.8 Skala Richter di Provinsi Sichuan. 12 September 2007 .Gempa bumi berkekuatan 7. China.

6 Maret 2007 .171 nyawa.Gempa bumi kuat di Bam.  17 Agustus 1999 .  27 Mei 2006 .  26 Desember 2003 .000 orang.  . Gempa bumi tersebut berkekuatan 5.5 pada skala Richter dan menyebabkan lebih dari 41.000 nyawa.6 skala Richter di Asia Selatan.Gempa bumi tektonik mengguncang provinsi Sumatera Barat.0 skala Richter mengguncang Aceh dan Sumatera Utarasekaligus menimbulkan gelombang tsunami di samudera Hindia.  21 September 1999 . Pakistan. menyebabkan 2.4 pada skala Richter dan merenggut 17. barat daya Iran berukuran 6. United States Geological Survey melaporkan 6.0 pada skala Richter dan menewaskan 1.000 nyawa.000 orang tewas. Laporan terakhir menyatakan 79 orang tewas [1].  25 Januari 1999 .000 keluarga kehilangan tempat tinggal. lebih dari 1.Barat Colombia.000 orang.9 pada skala Richter menyebabkan sekitar 5.Gempa bumi tektonik kuat yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 27 Mei 2006 kurang lebih pukul 05. berukuran 7.000 orang tewas. Bencana alam ini telah merenggut lebih dari 220.  17 Januari 1995 .  26 Januari 2001 .Di utara Afganistan dan Tajikistan dengan ukuran 6.2 skala Richter dan merenggut 6.Gempa bumi besar berkekuatan 7. India dengan ukuran 6.000 orang tewas. berukuran 5.Di utara Afganistan.  26 Desember 2004 .500 ada juga yang mengatakan jumlah korban mencapai 13.Gempa bumi dahsyat berkekuatan 9.000 jiwa. dan lebih dari 300.India.Di Latur. berukuran 7.500 orang tewas.barat Turki.  30 September 1993 . berukuran 7. pada magnitudo 6 dan merenggut 1.000 orang tewas. Jepang dengan ukuran 7.Di Kobe.  8 Oktober 2005 . Indonesia.Taiwan. berpusat di Kashmir.  21 Mei 2002 .  30 Mei 1998 .400 korban tewas.55 WIB selama 57 detik.2 pada skala Richter.8 pada skala Richter dan menyebabkan lebih dari 1.9 pada skala Richter.6 pada skala Richter. lebih dari 6.9 pada skala Richter dan menewaskan 2.

berukuran 7.000 orang tewas.4 SR. Turki pada ukuran 7.000 kematian.Di Quetta. merengut 50. berukuran 7.Barat laut Armenia.9 pada skala richter dan menewaskan 2.Di Chillan. diantaranya seorang aktor Rumania Toma Caragiu.570 korban jiwa. berukuran 7. dengan besar 7.  29 Februari 1960 .000 nyawa.  31 Mei 1935 .3 pada skala Richter.  1 September 1923 .Di Flores.Di barat laut Iran.  28 Juli 1976 . meragut lebih dari 9.12 Desember 1992 . menyebabkan kira-kira 12.  16 September 1978 .  26 Desember 1939 . juga menghancurkan sebagian besar dari ibu kota Rumania.1 pada Skala Richter.Di barat daya pesisir pantai Atlantik di Maghribi pada ukuran 5. berukuran 6.  7 Desember 1988 .000 orang.3 skala Richter dan merenggut sedikitnya 140. India pada ukuran 7. berukuran 7. Jepang pada ukuran 8.Di Yokohama.  24 Januari 1939 . menelan sekitar 1. Bukares (Bucureşti).7 skala Richter.000 kematian.000 kematian.500 nyawa. Cina.Di timur laut Iran.Di Mexico Tengah dan berukuran 8.5 pada skala Richter dan menyebabkan 22. timur Rumania.9 pada skala Richter dan menyebabkan 25.000 kematian dan memusnahkan seluruh kota Agadir.  .000 nyawa.  4 Februari 1976 .Di Guatemala.  19 September 1985 .3 pada skala Richter.8 pada skala Richter dan menyebabkan 240.  4 Maret 1977 .778 terbunuh.000 orang terbunuh. Chili dengan ukuran 8.5 skala Richter dan menewaskan 50.Tangshan.500 orang.Vrancea. Indonesia berukuran 7.  21 Juni 1990 .7 pada skala Richter dan menyebabkan 25. dan menyebabkan 33.Wilayah Erzincan.9. 28.

Setara dengan kecepatan pesawat terbang.• Gelombang Tsunami a. kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam. Dengan demikian. tsu = pelabuhan. letusan gunung berapi bawah laut. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. nami = gelombang. secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut.) Pengertian Tsunami Tsunami (bahasa Jepang: 津波. namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. atau atau hantaman meteordi laut. gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga . Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. longsor bawah laut. Ketika mendekati pantai. Di laut dalam.

pengetahuan mengenai penyebab tsunami masih sangat minim. yang menyebabkan beberapa pulau dapat tenggelam . dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan. dan air bersih. Wilayah di sekeliling Samudra Pasifik memiliki Pacific Tsunami Warning Centre (PTWC) yang mengeluarkan peringatan jika terdapat ancaman tsunami pada wilayah ini. Ketika badai ini mencapai daratan. Sejarawan Yunani bernama Thucydides merupakan orang pertama yang mengaitkan tsunami dengan gempa bawah lain.puluhan kilometer dari bibir pantai. Wilayah di sekeliling Samudera Hindia sedang membangun Indian Ocean Tsunami Warning System (IOTWS) yang akan berpusat di Indonesia. tanah. Teks-teks geologi. Bukti-bukti historis menunjukkan bahwa megatsunami mungkin saja terjadi. seperti badai tropis. Penelitian masih terus dilakukan untuk memahami penyebab tsunami. pencemaran air asin lahan pertanian. dapat menyebabkan gelombang badai yang disebut sebagai meteor tsunami yang ketinggiannya beberapa meter diatas gelombang laut normal. Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Beberapa kondisi meteorologis. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami. Gelombangnya bisa menggenangi daratan. meski sebenarnya bukan tsunami. dan oseanografi di masa lalu menyebut tsunami sebagai "gelombang laut seismik". geografi. Bangunan. bentuknya bisa menyerupai tsunami. Namun hingga abad ke-20. Gelombang badai ini pernah menggenangi Burma (Myanmar) pada Mei 2008. tumbuh-tumbuhan.

yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami. 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau. Namun. seperti letusan gunung api.) Penyebab terjadinya Gelombang Tsunami Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air. dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba. Gerakan vertikal pada kerak bumi.b. Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi.longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus. gempa bumi. dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per . yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang berada di atasnya.

Gempa yang menyebabkan tsunami    Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (0 . kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya. Tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air laut yang dapat menghasilkan tsunami.5 Skala Richter Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun Berikut adalah gambaran terjadinya Gelombang Tsunami : . Gempa yang menyebabkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. namun saat mencapai pantai tinggi gelombangnya bisa mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan masa air. Demikian pula halnya dengan benda kosmis atau meteor yang jatuh dari atas. dasar laut naik-turun secara tiba-tiba sehingga keseimbangan air laut yang berada di atasnya terganggu.30 km) Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6. Saat mencapai pantai tsunami akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa beberapa kilometer. dimana lempeng samudera menelusup ke bawah lempeng benua. Jika ukuran meteor atau longsor ini cukup besar.jam. Akibatnya. Di tengah laut tinggi gelombang tsunami hanya beberapa cm hingga beberapa meter. Gempa bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi. Bila tsunami mencapai pantai. Gerakan vertikal ini dapat terjadi pada patahan bumi atau sesar. dapat terjadi megatsunami yang tingginya mencapai ratusan meter.

Memakan korban jiwa 3 orang.Pada tanggal 25-26 Desember 2004. Ketinggian tsunami 35 m.17 Juli. ibu kota Portugal. Chili .000 jiwa. letusan gunung Krakatau dan tsunami menewaskan lebih dari 36. Memakan korban jiwa lebih dari 500 orang.12 September.000 korban jiwa.c. Dan berasal dari selatan kota Ciamis  2007 . dan setinggi maksimum ditemukan 21 meter di Pulau Nusakambangan.  1883 . Santiago. Bengkulu.  2006 . Ketinggian tsunami 3-4 m.Tsunami menghancurkan Lisboa.000 di Asia Selatan. Gempa yang menyebabkan tsunami terjadi di selatan pulau Jawa.  2004 .27 Februari.   2010 . Asia Tenggara dan Afrika.) Sejarah Gelombang Tsunami 1 November 1755 .Pada tanggal 26 Agustus. gempa besar yang menimbulkan tsunami menelan korban jiwa lebih dari 250. dan menelan 60. Indonesia.

) Penyebab Banjir Curah hujan dalam jangka waktu panjang. .• BANJIR a.

hingga sumber saluran-saluran air tersumbat. · Buruknya penanganan sampah. paving atau aspal. mengakibatkan banjir kiriman atau banjir bandang. hingga tidak ada resapan air.) Cara menanggulangi banjir ? CARA-CARA MENGATASI BANJIR .· Erosi tanah menyisakan batuan. · Di daerah bebatuan daya serap air sangat kurang. hingga daya serap air hujan tidak ada. hingga tidak menyerap air. · Bendungan dan saluran air rusak. · Pembangunan tempat permukiman dimana tanah kosong diubah menjadi jalan / tempat parkir. b. · Keadaan tanah tertutup semen. · Pembabatan hutan secara liar (Illegal logging).

sungai bukan sahaja menjadi dalam tetapi mampu mengalirkan jumlah air hujan dengan banyak. kini pengaliran telah berkurangan. Oleh itu pemeliharaan hutan merupakan cara yang baik untuk mengatasi masalah banjir. Hutan boleh dijadikan kawasan tadahan yang mampu menyerap air hujan daripada mengalir terus ke bumi. Apabila proses ini dilakukan. Hanya dengan ini sahaja pengurangan air hujan dapat dilakukan. Dengan ini air limpahan dan hujan dapat dialirkan dengan baik. Memelihara Hutan Kegiatan pembalakan di mana penerokaan di kawasan pinggir sungai digemari menyebabkan tanah terhakis dan runtuh ke sungai. Hutan mampu menyerap air hujan pada kadar 20%. Langkah untuk menangani masalah ini ialah dengan menjalankan proses pendalaman sungai dengan mengorek semua lumpur dan kekotoran yang terdapat di sungai. antaranya: Menyediakan Sistem Perparitan Parit-parit yang telah cetek akibat daripada bahan-bahan kumuhan hendaklah sentiasa dibersihkan. Hutan boleh berfungsi sebagai bunga karang (sponge) dengan menyerap air hujan dan mengalir dengan perlahan-lahan ke anak-anak sungai. Ini disebabkan proses pemendapan dan pembuangan bahan-bahan buangan. Kemudian air hujan ini dibebaskan kembali ke atmosfera melalui sejatan pemeluwapan. Ia juga bertindak sebagai penapis dalam menentukan kebersihan dan kejernihan air. Projek Pendalaman Sungai Kebanyakan kejadian banjir berlaku kerana kecetekan sungai. Jika dahulu sungai mampu mengalirkan sejumlah air yang banyak dalam sesuatu masa. Keadaan yang sama juga berlaku apabila aktiviti pembalakan yang giat dilakukan di lereng-lereng bukit. Mengawal Aktiviti Manusia .Pelbagai cara dijalankan.

Bagi menangani masalah ini. kesedaran kepada masyarakat perlu didedahkan supaya aktiviti negatif ini tidak terus dilakukan seperti mengadakan kempen mencintai sungai dan sebagainya. ) Dampak Banjir · Ancaman wabah penyakit pasca banjir menimbulkan parasit bakteri. Kejadian banjir merupakan malapetaka yang tidak dapat dielakkan terutamanya apabila membabitkan hujan lebat.Banjir kilat yang berlaku terutamanya di bandar disebabkan pembuangan samapah dan sisa industri ke sungai dan parit. Badan-badan tertentu juga harus bertanggungjawab menentukan sungai sentiasa bersih dan tidak dijadikan tempat pembuangan sampah. . Bagaimanapun usaha seharusnya dibuat untuk mengurangkan akibat banjir. c. virus. Manusia juga harus sentiasa berwaspada dengan kejadian ini.

7 hari. · Penyakit yang disebarkan oleh nyamuk / serangga. seperti yang terjadi pada Gunung Pinatubo di Filipina dan Gunung Krakatau di Propinsi Banten. tumpukan tekanan dan panas cairan magma. Indonesia. sedangkan lavanya bisa membanjiri daerah sekitarnya. kimia dan unsur-unsur • LETUSAN GUNUNG MERAPI a. Letusannya membawa abu dan batu yang menyembur dengan keras.) Penyebab Gunung Merapi Gunung api meletus akibat magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi atau karena gerakan lempeng bumi.dan bibit penyakit lainnya. Gunung api bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar pada wilayah radius ribuan kilometer dan bahkan bisa mempengaruhi putaran iklim di bumi ini.DampakHasil letusan gunung api Gas vulkanikLava dan aliran pasir serta batu panasLaharTanah longsorGempa bumiAbu letusan Awan panas (Piroklastik)Gas vulkanik adalah gas-gas yang dikeluarkan saat terjadi letusan gunung berapi. Lava encer mampu mengalir jauh dari sumbernya mengikuti sungai atau lembah yang ada. · Penyakit diare masa pertumbuhan antara 1 . Sulfur Dioksida (SO2) dan Nitrogen (N2) yang membahayakan bagi manusia. Hidrogen Sulfida (H2S). termasuk juga unsur-unsur kimia berbahaya. · Unsur-unsur kimia seperti pestisida. . pupuk dengan bahan dasar minyak. Malaria. sedangkan lava kental mengalir tidak jauh dari sumbernya. seperti Demam Berdarah.Lava adalah cairan magma bersuhu sangat tinggi yang mengalir ke permukaan melalui kawah gunung berapi. dan lain-lain. Karbon Dioksida (CO2). Gas-gas yang dikeluarkan antara lain Karbon Monoksida (CO).

Karena hembusan angin dampaknya bisa dirasakan ratusan kilometer jauhnya. mengalir turun dan akhirnya mengendap di dalam dan di sekitar sungai dan lembah. Lahar dingin atau lahar hujan terjadi karena percampuran material letusan dengan air hujan di sekitar gunung yang kemudian membuat lumpur kental dan mengalir dari lereng gunung.Lahar juga merupakan salah satu ancaman bagi masyarakat yang tinggal di lereng gunung berapi. Picture: . awan panas hembusan dan awan panas jatuhan. dimana air danau menjadi panas kemudian bercampur dengan material letusan dan keluar dari mulut gunung. ratusan bahkan ribuan kilometer dari puncak karena pengaruh hembusan angin. lengan. dan juga menyebabkan sesak napas sampai tidak bisa bernapas. Awan panas bisa berupa awan panas aliran. Awan panas dapat mengakibatkan luka bakar pada bagian tubuh yang terbuka seperti kepala. Awan panas adalah hasil letusan gunung api yang paling berbahaya karena tidak ada cara untuk menyelamatkan diri dari awan panas tersebut kecuali melakukan evakuasi sebelum gunung meletus. Awan panas aliran adalah awan dari material letusan besar yang panas. Lahar panas berasal dari letusan gunung api yang memiliki danau kawah. Awan panas hembusan adalah awan dari material letusan kecil yang panas.Abu letusan gunung berapi adalah material letusan yang sangat halus. Lahar dapat berupa lahar panas atau lahar dingin. Lumpur ini bisa panas atau dingin. Lahar adalah banjir bandang di lereng gunung yang terdiri dari campuran bahan vulkanik berukuran lempung sampai bongkah. Awan panas jatuhan adalah awan dari material letusan panas besar dan kecil yang dilontarkan ke atas oleh kekuatan letusan yang besar. leher atau kaki. Material berukuran besar akan jatuh di sekitar puncak sedangkan yang halus akan jatuh mencapai puluhan. dihembuskan angin dengan kecepatan mencapai 90 km per jam.

) Akibat Letusan Gunung Merapi .b.

Sampai hari Kamis (24/11) sore. yakni RSUP dr Sardjito. Dengan tambahan ini. Kamis . "Masih ada yang di dalam. Kepastian kepulangan para pengungsi korban letusan Gunung Merapi ke rumah masing-masing. R Widagdo. Jadi itu orang yang jauh. Jangka waktu ini diperlukan guna menunggu masa kritis gunung yang secara teori biasanya baru berakhir sekitar seminggu. empat di antaranya meninggal secara berturut-turut hari Kamis dinihari sampai sore hari di rumah sakit. Karena memang selain sulit. RS Panti Rapih. Jakarta. Kecamatan Pakem. Satu korban lagi ditemukan tewas di sekitar sungai Boyong. Keempat korban itu adalah Prawiroharjo. Siaga penuh Sebagai langkah pengamanan. jadi masih ada sekitar 100-200 itu masih ada di dalam. Wali Kotamadya Yogyakarta. Sedang yang masih dirawat di empat rumah sakit. Jum’at. maka jumlah korban tewas seluruhnya menjadi 32 orang. dan Suwartono. Ny Ngalimin. Sementara itu Menteri Kesehatan Sujudi kepada wartawan usai bertemu Presiden Soeharto di Istana Merdeka. Rabu sore. korban tewas akibat amukan awan panas Gunung Merapi bertambah lima orang. tercatat 45 orang. yang kita belum berani masuk. Panasnya itu kan bisa mencapai 600 derajat. Ny Jinten. karena berada di lokasi yang sulit dijangkau.(Informasi: Kompas. 25 November 1994) Yogyakarta. RS Bethesda. Kompas Sampai Kamis kemarin (24/11) lebih dari 4." kata Menkes. Kamis (24/11) mengungkapkan.000 pengungsi maasih tersebar di tempat-tempat penampungan di wilayah Kabupaten Sleman (DIY) dan Magelang. ditentukan hari Selasa (29/11) pekan depan. diperkirakan masih ada sekitar 100-200 korban letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah yang hingga saat ini belum bisa diselematkana. Jawa Tengah. dan karena awan panas yang bisa mencapai 600 derajat Calsius. juga panas. dan RS PKU Muhammadiyah.

00 WIB Kamis kemarin.siang (24/11) memerintahkan seluruh camat dan lurah di sepanjang aliran Sungai Code yang merupakan bagian hilir Sungai Boyong. bersikap sabar menunggu sampai ada perintah dari Tim Satkorlak (Satuan Koordinasi Pelaksa) PBA (Penanggulangan Bencana Alam) yang memutuskan keadaan aman yang mengizinkan mereka kembali ke desa-desa mereka. Sebelumnya ia juga melihat kondisi Merapi dari gardu pemandangan Turgo. Dalam pertemuan yang berlangsung di Balai Kota tersebut Widagdo memerintahkan agar para lurah mengumpulkan semua RT dan RW di wilayah masing-masing untuk bersiap-siap menghadapi kemungkinan bahaya banjir lahar dingin akibar curah hujan. Azwar Anas dalam Rapat Koordinasi di Pemda DIY mengingatkan agar penduduk yang daerahnya dinyatakan terlarang. Direktorat Geologi sejak Oktober . Sejak pukul 15. Mentamben IB Sujana mengatakan. Sehubungan musibah Merapi.00 hingga 06.00 sebagian kota Yogya juga diguyur hujan. Mensos Ny Inten Soeweno bersama Menko Kesra Azwar Anas. hari Kamis menghadiri rapat instansi terkait di kantor Pemda DIY.00 kemarin tercatat 40 kali getaran dari Gunung Merapi. disisi timur perbukitan Dusun Turgo. Menkokersra juga menjelaskan sejak Kamis (24/11) pukul 02. daerah Plawangan. diteruskan peninjauan ke barak pengungsi Pakembinangun dan Purwobinanagun. turun hujan dalam jumlah relatif kecil. Ini berarti ada penurunan aktivitas Merapi dibanding sepanjang hari Raabu (23/11) yang tercatat 103 kali getaran. dalama kondisi "siaga penuh". dan sekitar pukul 17. Di Jakarta.

terutama karena saat ini tidak diketahui arah gerak awan panas. tanggal 4 November lalu. "Kemarin saya melihat di sana dan kubah dari lava itu sekarang ini besarnya 11 juta meter kubik. Kemudian. di mengatakan. Kecamatan Pakem. Kabupaten Sleman. Jadi silahkan saja saudara cek disana. "Saya mengharapkan sekaligus mengimbau agar pers dapat menyebarkan berita yang bermanfaat buat rakyat." katanya. Seraya menyatakan ikut prihaatin. diharapkan. Walau begitu." katanya. Masih berbahaya Ketika ditemui Kompas di barak penampungan pengungsi Pakembinangun. Bahkan masalah ini sudah dijelaskan sesuai prosedur. Diperkirakan wilayah tersebut masih mengalami masa kritis sekitar 7-10 hari." katanya. pihak Direktorat Vulkanologi bersama Kantor Seksi PGM (Penyelidikan Gunung Merapi) di Yogyakarta terus memantau kondisi gunung . batas waktu seminggu tersebut adalah minimal. kepedulian kita kepada rakyat yang hidup jauh ini harus betul-betul diperhatikan. Adjat Sudradjat menjelaskan. Dr Ir Adjad Sudradjat mengatakan. dikirim peringatan kepada instansi berwenang terutama di daerah-daerah rawan. karena keadaan cukup gawat.1993 telah melaporkan peningkatan kegiatan Gunung Merapi. instansi berwenang benar-benar menggiring masyarakat ke tempat yanag aman. Tolonglah hal-hal yang memerlukan perhatian rakyat kita sebarkan. Departemen Pertambangan daan Energi. hari Kamis (24/11) Dirjen Vulkanologi dan Sumber Daya Mineral. "Tapi entah kenapa kok ini tidak diumumkan kepada rakyat.

Pengamatan secara visual menunjukkan. Emisi gas SO2 yang ke luar dari puncak rata-rata masih 54 ton per hari. . dan sejam sebelumnya masih Siaga Merapi". pencarian terhadap korban hilang sampai hari Kamis belum bisa dilakukan.2 km pada pukul 04. maupun rumah sakit. meski luncuran awan panas tak sepanjang hari Selasa (22/11) tutur Adjat.baik secara visual maupun elektromagnetik. dan hanya terjadi satu kali awan panas dengan jarak luncur 1.00. Kepala Desa Purwobinangun Sunaryo mencatat. kondisi gunung masih membahayakan. bahwa Merapi masih terselimuti kabut.24 WIB dengan arah luncuran menuju ke sungai Krasak (arah barat daya). status gunung masih "Awas Merapi" seperti sejak hari Selasa pukul 14. Status terendah untuk Merapi adalah "Aktip Normal". Status sebelumnyaa adalah "Siap Merapi" padaa pukul 11. "Kesimpulannya.25. delapan penduduknya tidak ditemukan di barak pengungsian. Hasil pengamtan demikian membuahkan kesimpulan. Karena gunung masih dianggap berbahaya.

Ancaman tanah longsor biasanya terjadi pada bulan November.• Tanah longsor a.) Penyebab Tanah Longsor Pada prinsipnya tanah longsor terjadi bila gaya pendorong pada lereng lebih besar dari gaya penahan. air. Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. beban serta berat jenis tanah batuan. Musim kering yang panjang menyebabkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah . karena meningkatnya intensitas curah hujan. Sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng.

karena melalui tanah yang merekah air akan masuk dan terakumulasi di bagian dasar lereng. Lereng atau tebing yang terjal terbentuk akan memperbesar gaya pendorong. yang mengakibatkan terjadinya retakan dan rekahan permukaan tanah. karena air akan diserap oleh tumbuhan dan akar tumbuhan juga akan berfungsi mengikat tanah. Hujan lebat yang turun pada awal musim dapat menimbulkan longsor.besar. . Kebanyakan sudut lereng yang menyebabkan longsor adalah 180 derajat. apabila ujung lerengnya terjal dan bidang longsorannya mendatar. Pada waktu turun hujan. Pada awal musim hujan dan intensitas hujan yang tinggi biasanya sering terjadi kandungan air pada tanah menjadi jenuh dalam waktu singkat. air akan menyusup ke bagian tanah yang retak sehingga dengan cepat tanah akan mengembang kembali. sehingga mengakibatkan munculnya pori-pori atau rongga-rongga dalam tanah. sehingga menimbulkan gerakan lateral. Dengan adanya vegetasi di permukaannya akan mencegah terjadinya tanah longsor.

b.) Akibat tanah longsor  Pohon.pohon tumbang  Banyak korban tewas karena kejadia tanah longsor  Daerah resapan air (hutan) sebagian berkurang • ANGIN PUTING BELIUNG .

Angin yang bertiup mengandung oksiden/carbon inilah yang ditangkap oleh .a. Kenapa ? Angin yang bertiup biasanya ditahan oleh pepohonan / ranting / cabang dan dedaunan. namun pohon" besar tersebut sudah menjadi sasaran empuk cukong ilegal loging. Karena kedua angin memiliki power yang sama dan tidak ada yang mengalah akhirnya pertemuan angin didorong angin yang dari belakang membentuk putaran -> puntir. Di Indonesia dapat terjadi karena angin yang bertiup tidak ada yang menahannya.) Penyebab Angin Puting Beliung Dikarenakan adanya pertemuan arus angin / air streaming misalnya angin dari utara bertemu di suatu titik dengan angin yang bertiup dari arah selatan.

Australia Barat dan Tenggara. Oklahoma City. Sioux Falls. Denver. Kawasan-kawasan lain yang umumnya terjadi angin tornado antara lainKanada Selatan bagian tengan. Kansas City. Italia. tetapi umumnya berbentuk corong kondensasi dengan ujung tornado yang menyempit yang menyentuh tanah. Asia Timur dan Selatanbagian tengah . Tornado muncul dalam banyak bentuk. Di Indonesia.Wichita.6 km) dan dapat melaju di permukaan tanah hingga 100 km. Meskipun angin tornado telah diamati oleh para ilmuwan di setiap benua (kecuali Antartika). sebagian besar angin tornado terjadi di Amerika Serikat. . Tornado umumnya terjadi pada siang hingga sore hari (malam hari dalam beberapa kejadian). namun jika pepohonannya tidak ada siapa yang menahan angin b. Di Amerika Serikat kebanyakan tornado terjadi diAmerika Barat-Tengah di wilayah Lorong Tornado (Tornado Alley) yang meliputi kota-kota seperti Minneapolis. Sebuah pusaran angin dapat dianggap sebagai tornado jika pusaran angin tersebut menyentuh tanah dari dasar awan comulunimbus. dengan ketinggian kurang lebih 250 kaki (75 m) dan menempuh jarak bermil-mil sebelum menghilang. Di Amerika Serikat tornado terjadi antara pukul 15 – 21.) lainnya… Tornado adalah suatu kolom udara yang berputar dengan kencang yang timbul dari dasar awan comulunimbus atau cumulus (dalam beberapa kejadian) dan sering (tidak selalu) tampak seperti “corong awan”. danSelandia Baru. Karena tidak ada perbedaan yang jelas antara mesosiklon (sirkulasi badai guntur induk) di permukaan dengan tornado lemah yang besar. Amerika Selatan bagian timur dan tengah. Afrika Selatan. Eropa Tengah dan Barat Laut. tornado lebih banyak terjadi disekitarSumatera dan Jawa. Sebagian besar angin tornado memiliki kecepatan angin mencapai 110 mph (175 km/jam) atau lebih. Ahli meteorologi belum menemukan cara yang mudah untuk mengklasifikasi dan mendefinisikan tornado. yang jangkauan anginnya lebih dari 1 mil (1. Akan tetapi sebagaian besar angin tornado dapat mencapai kecepatan lebih dari 300 mph (480 km/jam). Seringkali terdapat gumpalan-gumpalan awanyang mengelilingi bagian tornado yang menyentuh atau hampir menyentuh tanah. dan Dallas.tumbuh"an selama perjalanan angin. Amarillo.

Akan tetapi. Di Indonesia. Kematian yang diakibatkan tornado lemah kurang dari 5% dari keseluruhan kematian yang disebabkan tornado. Proses ini dikenal dengan “putaran terjadinya tornado”. Beberapa julukan dari angin ini adalah “twister”. Sebagian besar tornado menghasilkan angin yang kuat pada permukaan tanah dan corong kondensasi akan terbentuk dengan jelas. Istilah tornado lebih mengarah kepada pusaran angin daripada kondensasiawan. “willy-willy”. Kebanyakan tonado lemah memiliki ukuran kecil (tetapi tidak semuanya). Tornado lemah hanya terjadi dalam waktu singkat antara kurang dari 1 sampai 10 menit atau lebih. Tornado ini umumnya berskala F0 – F1. Kata “Tornado” diambil dari bahasa Spanyol “Tronada” yang berarti badai petir. tidak semua corong awan berubah menjadi tornado. Tornado yang dihasilkan dari badai yang sama dikenal sebagai “keluarga tornado”. Akan Tetapi banyak tornado diawali dengan corong awan yang berputar di permukaan tanah. ornado Lemah (Weak Tornado) Tornado lemah umumnya mencakup 88% dari jumlah keseluruhan kejadian tornado. Kata ini juga diambil dari bahasa Latin “Tonare” yang berarti bergemuruh. tekanan pada bagian bawah yang disebabkan oleh kecepatan angin yang tinggi dan kecepatan berputar tornado umumnya menyebabkan uap air di udara mengembun menjadi corong kondensasi yang terlihat jelas. Sehingga sulit bagi kita untuk dapat mengetahui perbedaan antara corong awan dan tornado dari kejauhan. Menurut cerita. Kadang-kadang tornado yang dihasilkan badai terjadi secara bersamaan. Tornado sering juga disebut dengan Twister. Di Samping itu. Tornado Kuat (Strong Tornado) . Tronado dapat dikategorikan lemah jika kecepatan angin kurang dari 112 mph. Dan ini disebabkan oleh perbedaan tekanan serta suhu udara yang drastis. Namun. tornado sering disebut “Angin Puting Beliung” atau “Angin Lesus” namun hanya memiliki intensitas ringan F0 dan F1. ♣ Corong awan: merupakan kondensasi yang membentuk corong dan dapat terlihat jelas.♣ Corong Kordenasi : Tornado tidak selalu terlihat begitu jelas. ♣ Kadang kadang sebuah Badai mampu menghsailkan banyak tornado. kata Tornado diambil dari kombinasi antara kata Tronada dan Tornar dalam bahasa Spanyol.

Kecepatan angin lebih dari 205 mph dalam beberapa kejadian kecepatan anginnya mencapai 300 mph. Picture: ♣ Info Bencana Paling Ekstrim . Skala tornado ini adalah yang paling besar yaitu F4 – F5. Walaupun jarang terjadi. Ukuran tornado ini umumnya tidak terlalu besar atau kurang lebih 10 m.Tornado kuat mencakup 11% dari jumlah keseluruhan kejadian tornado. Sekali terjadi tornado ini dapat terjadi cukup lama melebihi 1 jam dan dapat melintasi bermil-mil sebelum menghilang. Tornado Sangat Kuat (Violent Tornado) Tornado jenis ini sangat jarang terjadi. Tornado kuat memikili durasi 20 menit atau bahkan lebih. kematian yang diakibatkan tornado ini mencapai 70% kematian dari keseluruhan. Tornadi jenis ini berskala F2 – F3. Kematian yang diakibatkan tornado ini mencakup 30% kematian dari keseluruhan. Kecepatan angin tornado kuat antara 113 – 206 mph. Tornado kuat mencakup 1% dari jumlah keseluruhan kejadian tornado.

Terjangan anginnya sangat kuat. paling lama juga tidak lebih dari beberapa jam. kerap akan merobohkan rumah. skala terjangannya kecil. diameter Tornado umumnya berkisar antara puluhan hingga ratusan meter. dan membentuk tiang air. tempat yang dilalui angin Tornado. Jika Tornado melewati permukaan air. kecepatan angin di sekitar pusat dapat mencapai 100200 meter/jam. ia dapat menarik air ke atas. .TORNADO Angin Tornado adalah suatu angin pusaran kuat skala menengah dari kumpulan arus kuat awan gelap yang merentang ke permukaan bumi. dengan disertai badai angin dan hujan. Daya perusaknya sangat kuat. bahkan menarik manusia. menumbangkan tiang listrik. Jika melewati daratan. dan sebagian besar muncul pada sore hari hingga menjelang malam. kerap disertai dengan satu atau beberapa pilar awan berbentuk corong seperti “belalai gajah” dari dasar awan dan menjulur ke bawah. menghancurkan bangunan dan sebagainya. Angin Tornado kerap terjadi pada saat hujan disertai petir di musim panas. kerap akan membuat pohon-pohon yang dilaluinya tercabut dari akarnya. Waktu berlangsungnya Tornado biasanya hanya beberapa menit. petir atau rambun (batu es). menjungkir balikan mobil. terkadang menarik pergi manusia. ternak atau benda-benda lain ke dalam pusarannya dan dibawa ketempat lain. Saat muncul angin Tornado. berdekatan dengan awan.

maka hanya digolongkan dalam urutan terakhir. namun rata-rata berkisar ratusan meter. terutama di daerah tropis. tempat yang dilaluinya akan menyapu segala macam benda. ketepatan ramalan cuaca meningkat drastis. Jangkauan dampak yang diakibatkannya. Sebagian besar Tornado di belahan bumi utara berpusar berlawanan dengan jarum jam. Saat ia mengadakan kontak dengan permukaan bumi. jika muncul pemandangan serupa disebut Tornado laut. sebaliknya di belahan bumi selatan berpusar searah jarum jam. dari beberapa meter hingga puluhan kilometer bahkan ratusan kilometer. umumnya mengganggap berhubungan dengan aktivitas atmosfer. Mekanisme yang persis terjadinya Tornado saat ini masih dalam penelitian. Di atas samudera. Meski angin Tornado merupakan angin dengan kecepatan angin tertinggi dan perusak terkuat. Sejak dari abad ke 19.Secara umum. diameternya berlainan dari beberapa meter hingga 1 km. namun karena jangkauan perusaknya terbatas. angin Tornado merupakan suatu Siklon (pusaran angin). radar cuaca dapat memprediksi angin Tornado. THYPOON (TOPAN) . Thypoon (Taufan) dan berbagai badai perusak lainnya.

10-11 tingkat disebut badai angin tropis kuat.Sistem siklon (pusaran angin) daerah tropis yang agak kuat yang terjadi di perairan laut selatan dan Samudera Pasifik barat. World Meteorological Organization (WMO) menetapkan. Ditinjau dari kejadian rata-rata bertahun-tahun. bahwa menurut ukuran rata-rata kekuatan angin terkuat di sekitar pusat pusaran angin daerah tropis. badai angin tropis kuat dan Taufan. samudera atlantik disebut Thypoon. 8-9 tingkat disebut badai angin tropis. samudera pasifik timur. maka ia digolongkan dalam urutan ke-4. September paling sering terjadi Thypoon. 12 atau di atas 12 tingkat disebut Taufan. namun karena dampaknya luas. pusaran angin daerah tropis dibagi 4 kategori yaitu tekanan rendah tropis. terutama awal Agustus. badai angin tropis. Pada 1989 silam. GEMPA BUMI (EARTHQUAKE) . Pusaran angin tropis dengan kekuatan angin di bawah 8 tingkat disebut tekanan rendah tropis. Thypoon di belahan bumi utara sebagian besar terjadi pada Juli-Oktober. Meski daya perusak Thypoon tidak sehebat Tornado. Namun tahun yang tidak sama bisa berselisih cukup besar. Pusaran angin tropis dengan kekuatan angin 12 tingkat atau di atas 12 tingkat di sekitar pusat Australia. disebut Thypoon.

kekuatan sebarannya sangat kuat. Lapisan batuan dalam kerak bumi. jadi saat terjadi gempa. sehingga energi yang terakumulasi dalam jangka waktu panjang tibatiba dilepaskan. orang-orang yang berada di pusat gempa akan merasa terguncang. akan terjadi kemiringan dan lekukan. saat demikian. Berdasarkan sebab terjadinya gempa bumi dapat dibagi dua jenis : gempa bumi tektonik dan gempa bumi vulkanik. Gempa bumi tektonik dampaknya paling luas pada manusia. sehingga menyebabkan perubahan struktural bumi. . Dua pola penyebaran Gelombang gempa: Gelombang bujur (longitudinal) dan gelombang lintang (tranversal). Pertama lebih dulu mencapai permukaan bumi. Terjadinya gempa bumi ini karena tegangan bagian dalam bumi.Gempa bumi. yaitu getaran cepat litosfer. tanah merekah. sehingga terjadi getaran di permukaan bumi. Kecepatan penyebaran gelombang bujur sangat cepat. Selanjutnya gelombang lintang tiba. dimana dibawah efek tegangan bumi dalam jangka panjang. maka akan terjadi kesalahan letak dan retakan secara tiba-tiba di daerah lapisan batuan yang lemah. akan mengakibatkan rumah roboh. saat tegangan bumi yang terakumulasi melampaui batas maksimum yang dapat ditahan lapisan batuan. kemudian bumi mulai goyang. dan menyebar ke 4 penjuru dalam bentuk gelombang gempa. bila parah. jalan raya berubah bentuk (retak).

Semakin besar energi yang dilepaskan gempa.Besar kecilnya gempa umumnya menggunakan tingkat gempa untuk menentukan skalanya. Gempa bumi adalah suatu fenomena alam yang umum. dan rata-rata terjadi 5 juta kali setiap tahun. yang secara langsung menimbulkan bencana hebat pada manusia. maka energinya juga akan meningkat kurang lebih 30 kali lipat. menghancurkan jembatan. Setiap bertambah satu tingkat. sedang gempa keras di atas 7 pada skala richter rata-rata kurang dari 20 kali. Gempa bumi desktruktif yang kuat dalam waktu singkat dapat merobohkan rumah. waduk dan bangunan. kebakaran. Tsunami. Rata-rata setiap hari di atas bumi ada gempa bumi. TSUNAMI . maka skalanya juga semakin tinggi. Bahkan dapat mengakibatkan bencana banjir. Karena itu digolongkan dalam urutan ke-3. di antaranya gempa bumi yang terasa kurang lebih 50.000 kali. zat beracun dan dan bencana sekunder lainnya.

sehingga Tsunami di golongkan dalam urutan ke-2. Karena kedahsyatannya yang berdampak luas. Karena sebab di atas. maka “Dinding air” akan menerjang ke daratan. “Goncangan” ini tidak sama dengan gelombang yang biasa kita jumpai. Gelombang laut umumnya hanya naik di sekitar permukaan. energi yang terkandung didalamnya sangat mengejutkan. sebagian stratum naik atau tenggelam secara tiba-tiba. . stratum (lapisan) dasar laut mengalami keretakan. dan inilah yang mengakibatkan segenap lapisan dari dasar laut hingga ke permukaan mengalami “goncangan” keras. Selain itu. Gelombang dahsyat menjulang tinggi saat Tsunami. membentuk “dinding air”. Aktivitas bumi seperti gempa bawah laut. tingkat kedalamannya tidak besar. jika Tsunami mencapai pesisir pantai. letusan gunung berapi atau tanah longsor dan sebagainya kemungkinan juga akan mengakibatkan Tsunami. ketinggiannya bisa mencapai lebih dari puluhan meter. dan menimbulkan ancaman serius terhadap jiwa dan harta benda manusia.Tsunami adalah suatu gelombang laut yang memiliki daya perusak yang kuat. Ketika terjadi gempa. gelombang panjang Tsunami sangat besar. Sedang “goncangan” air laut yang disebabkan gempa adalah fluktuasi segenap sistem air dari permukaan laut ke permukaan. bisa menyebar ribuan km dengan pengikisan energi yang sangat kecil.

Saat batuan lumer akan mengembang dan perlu ruang yang lebih luas. maka laharnya akan meluncur ke permukaan dengan deras. jika bertemu dengan daerah yang agak tipis dan bercelah. dan lahar yang bukan main panasnya menyembur deras dari bawah tanah. tingginya suhu cukup melumerkan sebagian besar batuan. seperti pembentukan gunung . di kedalaman sekitar 20 mil. Saat gunung berapi meletus. sekitar puluhan mil lingkungan tersebut diselimuti dalam sehamparan kabut tebal. pemandangan akan tampak sangat menakjubkan. karena itu. daerah yang semakin dalam. Karena suhunya yang tinggi. Bahkan terkadang. Terjadinya gunung berapi adalah di bawah permukaan bumi. dan dalam sekejab mata.LETUSAN GUNUNG BERAPI Gunung berapi bukan gunung yang menyemburkan “api”. menelan segala yang benda di sekelilingnya. dan mendapat tekanan kuat dari kerak bumi. yang disemburkannya adalah suatu zat kental bersuhu tinggi. akan diiringi dengan gemuruh yang menggetarkan bumi. Saat tekanan lahar lebih besar dari tekanan batuan di permukaannya. dan zat ini disebut magma (lahar). karena letusan gunung berapi. dapat membuat tanah datar dalam sekejab membentuk sebuah gunung besar yang menjulang tinggi. maka suhunya juga akan semakin tinggi. Materi yang dilumerkan oleh suhu tinggi ini akan naik menelusuri celah. batu-batuan beterbangan. Ketika gunung berapi meletus. akan meletus dan membentuk sebuah gunung berapi.

gunung berapi digolongkan dalam urutan pertama dan memang pantas mendapat sebutan penghancur ekstrem. Karena itu. bisa juga dalam sekejab menelan segenap desa dan kota kabupaten. seperti kota Longbei misalnya. Letusan gunung berapi yang keras bukan saja dapat menghancurkan kota kabupaten.Kilimanjaro di dekat khatulistiwa dan gunung ke tuo pa ke xi. Terkadang. bahkan bisa mengubah sebagian besar atau bahkan iklim sedunia. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->