Sebutkan & jelaskan fungsi hormon" yg berperan dlm pertumbuhan & perkembangan tanaman?

AUKSIN :
AUKSIN Peran Auksin pada tumbuhan: Berpengaruh terhadap pemanjangan sel, pembelahan sel,dan diferensiasai sel Merangsang aktivitas kambium dan pembentukan pembuluh floem dan xilem Menghambat rontoknya buah buah yang masih muda dan menghambat gugurnya daun Merangsang pembentukan akar dan mempertahankan sifat geotropisme batang Merangsang pembentukan bunga Merangsang pembuahan tanpa biji Pada beberapa tumbuhan, pembuahan tidak didahului proses penyerbukan. Dengan menyemprotkan hormon auksin pada kepala putik, bakal buah tumbuh menjadi buah tanpa biji yang disebut partenokarpi

ETILEN :
ETILEN Etilen merupakan hormon yang berupa gas. Meningkatnya kandungan auksin dalam tubuh tumbuhan akan menghambat pembentukan etilen, etilen berfungsi : Menghambat perkembangan akar Menghambat pembentukan bunga Meningkatkan proses pematangan buah Merangsang terjadinya epinasti (daun tumbuh menggulung atau menekuk)

GIBERELIN :
GIBERELIN Fungsi giberelin adalah sebagai berikut : Merangsang pertumbuhan batang dan daun sehingga dapat tumbuh sampai tiga kali ukuran normal. Tidak merangsang pembentukan akar pada konsentrasi rendah, tetapi pada konsentrasi tinggi merangsang pembentukan akar Menghilangkan sifat kerdil secara genetik pada tumbuhan Merangsang pembentukan bunga pada tumbuhan yang berbunga jika lama pencahayaan lebih dari 12 jam Merangsang pembelahan dan pemanjangan sel Merangsang perkecambahan dengan merangsang endosperma untuk mensintesis amilase dan enzim hidrolisa lainnya.

SITOKININ :
SITOKININ Sitokinin merupakan turunan dari senyawa purin yang dibentuk dalam akar dan diangkut ke seluruh tubuh tumbuhan melalui xilem. Fungsi sitokinin adalah ; Merangsang pembelahan sel dan merangsang pemanjangan titik tumbuh. Merangsang pembesaran akar dan batang serta merangsang pembentukan akar cabang. Merangsang pembentukan pucuk dan mampu merangsang berakhirnya dormansi biji. Merangsang pertumbuhan dan perkembangan embrio. Menghambat penuaan daun melalui peningkatan pengiriman garam mineral ke daun.

ASAM ABSISAT : ASAM ABSISAT Asam absisat mempercepat proses penuaan daun dan merangsang terjadinya gugur daun. Selain itu dapat menghambat pertumbuhan dan menghambat pembelahan sel sehingga menyebabkan pertumbuhan abnormal. dan merangsang perkembangan anteridium pada gametofit. Selain ke lima jenis hormon tersebut adapula vernalin merangsang pembungaan pad temperatur rendah. Rizokalin merangsang pembentukan akar dan traumalin merangsang pembentukan kalus pada bagian tubuh yang luka. Florigen di bentuk dalam daun yang selanjutnya diangkut ke pucuk untuk merangsang pembentukan bunga. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful