Maria linggar pratiwi 0961050196

JENIS-JENIS BAKTERI

semua bakteri memiliki struktur sel yang relatif sederhana. Struktur bakteri yang paling penting adalah dinding sel. Bakteri dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu : 1.terdiri atas membran dan lapisan peptidoglikan yang tipis terletak pada periplasma (di antara lapisan luar dan membran sitoplasmik). Bakteri Gram negatif memiliki lapisan luar. .Seperti prokariota pada umumnya. lipopolisakarida . Bakteri Gram positif memiliki dinding sel yang terdiri atas lapisan peptidoglikan yang tebal dan asam teichoic 2.

Gram negatif aerob : kuman kuman enterik (E.bakteri negatif 1. beberapa sefalosporin. kombinasi amoksilin dengan asam klavulanat. vibrio. metronidazol.coli. Gram negatif anaerob : golongan bakteriodes dan fusobakterium. sigela. Klebsiela dan enterobakter) salmonela. . pseudomonas. linkosim dan klindamisin. hemofilus 2.

batang (korinebakteri). basilus. Gram positif aerob : kuman kuman koken (sterptokokus. C. botulinum. tetani. gas gangren . spiral (treponema dan leptospira). C. (saprofit). 2. Gram positif anaerob : yang paling penting disini kemungkinan adalah kuman-kuman batang positif. yakni klostridia. stafilokokus). misalnya C.Bakteri positif 1.

Pneumonia. kolera. Bordetella pertusis. Haemophillus influenzae.Penyakit akibat gram negatif  Neisseria Gonnorhoeae. tuberculosis. .

Penyakit akibat gram positif  bakteri gram positif yang dapat menyebabkan penyakit antara lain Bacillus Antrax. Clostridium tetani. Dll . Nocardiosis Asterides.

Berdasarkan bentuknya. jika bergerombol membentuk kubus o Staphylococcus. dan mempunyai beberapa variasi sebagai berikut: o Mikrococcus. jika bergerombol o Streptococcus. bakteri dibagi menjadi tiga golongan besar. jka bergandanya dua-dua o Tetracoccus. yaitu: 1. jika bergandengan empat dan membentuk bujursangkar o Sarcina. jika kecil dan tunggal o Diplococcus. Kokus (Coccus) adalah bakteri yang berbentuk bulat seperti bola. jika bergandengan membentuk rantai .

jika lengkung lebih dari setengah lingkaran . jika lengkung kurang dari setengah lingkaran o Spiral. jika hanya berbentuk satu batang o Diplobacillus. (bentuk koma). jika bergandengan membentuk rantai 3. Basil (Bacillus) adalah kelompok bakteri yang berbentuk batang atau silinder.2. jika bergandengan dua-dua o Streptobacillus. Spiril (Spirilum) adalah bakteri yang berbentuk lengkung dan mempunyai variasi sebagai berikut: o Vibrio. dan mempunyai variasi sebagai berikut: o Monobasil.

Streptococcus griceus. bakteri anaerob aerotolerans yang digunakan dalam proses pembuatan keju 5. Rhizobium. Bakteri tersebut antara lain : 1. pembuatan yoghurt . sebagai pembusuk makanan dalam usus dan menghasilkan vitamin K 2. Eschericia coli. Lactobacillus casei. dapat menghasilkan vitamin B 12 4. pada pembuatan nata de coco 6. menghasilkan antibiotik 8.gram positif maupun negatif yang menguntungkan. Actobacer xylinum. Acetobacer. dalam pembuatan asam cuka 7. Pseudomonas denitrificans. dapat menyuburkan tanah 3. Lactobacillus bulgaris.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful