PENGERTIAN SEJARAH PERADABAN ISLAM Makalah Sejarah Peradaban Islam

Kelompok I
Kelas C Semester I 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11.
Wiwik Erawati Muhammad Al Amin Ahmad Hafidz Renny Novia Putriani Muhammad Zulqornein Muhammad Saiful Amri Dewi Erminangsih Rizqi Muqoddimah Nur Rofikoh Mu’sodah Ahmad Faoyi Yudhoab (NIM. 2021210087) (NIM. 2021210088) (NIM. 2021210089) (NIM. 2021210090) (NIM. 2021210091) (NIM. 2021210092) (NIM. 2021210093) (NIM. 2021210094) (NIM. 2021210095) (NIM. 2021210096) (NIM. 2021210097)

Jurusan Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pekalongan 2010

Dalam bahasa asing lainnya. kata nadlarah (kemajuan). Kata history sendiri lebih popular untuk menyebut sejarah dalam ilmu pengetahuan. bahwa sejarah menunjukkan makna yang subjektif. historie atau geschiederis (Belanda) dan History (Inggris). dibedakan antara kata tsaqafah (kebudayaan). Ketiga konsep tersebut pada gilirannya perlu dipahami sebagai suatu kesatuan konsep “Sejarah dan Peradaban Islam”. bahkan dalam bahasa melayu istilah tamaddun dimaksudkan untuk menyebut keduanya. Demikian pula dalam bahasa Arab. B. . hal mana didalam proses pengkisahan itu terdapat kesan yang dirasakan oleh sejarawan berdasarkan pengalaman dan lingkungan. yakni istilah civilization untuk peradaban dan culture untuk kebudayaan. Pengertian “Sejarah” secara etimologis dapat di telkusuri dari asal kata sejarah yang sering dikatakan berasal dari kata Arab “syajarah” artinya “pohon kehidupan”. terdapat tiga konsep utama yang perlu di jelaskan terlebih dahulu. Akan tetapi dalam bahasa Inggris terdapat perbedaan pengertian antara kedua istilah tersebut. Adapun pemahaman atas konsep kedua. Pembahasan a. yaitu : “sejarah”. kata peradaban seringkali dipahami sama artinya dengan kebudayaan. geschicte (Jerman). dan kata tamaddun (peradaban). Konsep sejarah dengan pengertiannya yang pertama memberikan pemahaman akan arti objektif tentang masa lampau dan hendaknya dipahami sebagai suatu aktualitas atau sebagai peristiwa itu sendiri. sebab masa lampau itu telah menjadi sebuah kisah atau cerita. b. Pendahuluan Dalam pembahasan pengertian sejarah peradaban islam ini. “peradaban”. khususnya manusia yang bersifat kronologis. sebetulnya berasal dari bahasa Yunani (Istoria) yang berarti pengetahuan tentang gejala-gejala alam. peristilahan sejarah tersebut histore (Prancis). dan “islam”.A. Pengertian Pearadaban Dalam bahasa Indonesia.

Beberapa karya tentang sejarah (historiografi) umat islam yang ditulis oleh para ahli terdahulu menunjukkan model-model periodisasi sejarah islam yang berbeda-beda. Pertama kemajuan dan tingkat kecerdasan akal yang dihasilkan dalam suatu suatu periode kekuasaan islam. para ahli cenderung menyederhanakan periodisasinya menjadi tiga babakan utama yaitu : periode klasik. dalam karya lain seperti di tulis oleh Hasan Ibrahim Hasan. mulai dari periode Nabi Muhammad SAW. dan periode modern. periode pertengahan. M) Periode awal peradaban islam di Timur Tengah (abad VII-XII . membagi babakan sejarah dimaksud berdasarkan perkembangan islam pada masa Nabi dan para penguasa muslim melalui dinasti-dinasti islam. c. Islamic History and Culture (632-1986). Disini dapat pula dikemukakan makna peradaban islam dalam tiga pengertiannya yang berbeda-beda. Sejarah Peradaban Islam Sejarah peradaban islam diartikan sebagai perkembangan atau kemajuan kebudayaan islam dalam perspektif sejarahnya. ilmu pengetahuan. dan kesenian. Sejarah dan Kebudayaan Islam. Sampai perkembangan kekuasaan islam sekarang. ketiga kemajuan politik atau kekuasaan islam yang berperan melindungi pandangan hidup islam terutama dalam hubungannya dengan wadahwadah penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup bermasyarakat.. Diantaranya. disini yang layak penulis kembangkan adalah periodesasi yang dibuat oleh Ira M Lapidus dalam karyanya A History of Islamic Societis dengan pembabakan sebagai berikut : 1. Dalam karya-karya mutakhir tentang sejarah peradaban islam. kedua hasil-hasil yang dicapai oleh umat islam dalam lapangan kesusastraan.Peradaban dapat diartikan menjadi dua cara : (1) proses menjadi berkeadaban. Diantara karya-karya dimaksud. karya Ahmad Syalabi. dan (2) suatu masyarakat manusia yang sudah berkembang atau maju.

Yogyakarta. Periode perkembangan modern umat islam (abad XIX – XX Daftar Pustaka Siti Maryam dkk. d. Penutup Sejarah dan peradaban Islam sebagai suatu disiplin ilmu memiliki ciri khas yang membedakannya dari disiplin lain. Fak. Adab 2002. Sejarah Peradaban Islam dari masa klasik hingga modern. . M). Ilmu ini jelas berorientasi kepada masa lampau berdasarkan peristiwa-peristiwa penting diseputar umat islam.2. Ciri khususnya itu bahwa ia merupakan pengetahuan tentang keseluruhan aspek kemajuan ummat islam disepanjang sejarahnya. Periode penyebaran peradaban Islam Timur Tengah ke wilayah lain atau disebut juga era “Penyebaran Global Masyarakat Islam” (abad XIII – XIX M)” 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful