P. 1
Rancangan percobaan

Rancangan percobaan

|Views: 167|Likes:
Published by gus_pram

More info:

Published by: gus_pram on Oct 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2015

pdf

text

original

RANCANGAN PERCOBAAN

1. Perumusan masalah Tanah merupakan titik pemasukan sebagaian besar bahan ke dalm tubuh benda hidup. Melalui akar akarnya tumbuhan menyerap air, nitrat, fosfat, sulfat, aklium, tembaga, seng dan mineral esensial lainnya ( John W. Kimball 3,1991 :997). Suatu tanaman akan tumbuh dengan suburnya, apabila segala elemen yang dibutuhkannya ada tersedia cukup, lagi pula elemen itu ada di dalam bentuk yang sesuai untuk diserap tanaman ( D. Dwijosoputro, 1978 : 28). Berdasarkan landasan teori diatas perumusan masalah pada percobaan ini dirumuskan sebagai berikut : Perbedaan tumbuh kembang kacang hijau dengan tanam dan kapasitas cahaya yang berbeda . 2. Judul pengaruh media tanam dan kapasitas cahaya terhadap tumbuh kembang kacang hijau . 3. Tujuan Untuk mengetahui media tanam serta kapasitas pencahayaan yan sesuai dan baik untuk g tanaman kacang hijau 4. Hipotesis Terdapat perbedaan panjang batang tanaman kacang hijau apabila dalam penanamannya menggunakan media tanam dan pasitas yang berbeda. 5. Variabel a. Variabel bebas Variabel Bebas dalam percobaan ini adalah y Media tanam yang berbeda, antara lain : kapas dan tanah y Intensitas cahaya yang berbeda, antara lain : cahaya yang terang dan tidak ada cahay sama sekali (gelap). y Pengunaan air dalam percobaan. b. Variabel tergantung Variabel tergantung pada percobaan ini adalah panjang batang tanaman kacang hijau. 6. Alat dan Bahan Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini adalah : pot (kemasan air mineral @4buah), tanah, kapas, air, biji kacang hijau, penggaris. 7. Teknik percobaan a. 4 buah pot disiapkan, kemudian setiap 2 pot dimasukan tanah(A,a) dan kapas(B,b), masing masing pot ditandai dengan angka A, B, a dan b. b. Memilih 20 biji kacang hijau yang memiliki ukuran sama besar, kemudian ditempatkan pada masing pot sebanyak 5 buah/pot.

. d. Analisis Data Berupa grafik pertumbuhan batang tanaman kacang hijau. 2 3 4 5 Ket 6 1 9. 10. Setiap hari dilakukan pengamatan dan pengukuran panjang batang tanaman selama6 hari.. 8. Pot yang telah di isi dan dan di tandai di pisah menjadi 2 bagian dimana bagian (A. Tabel Pengamatan Nomor pot A B a b Panjang batang hari ke.b) diletakan di tempat yang ber intensitas cahaya rendah (gelap). panjang Hari ke. e.. Pot yang di letakan di tempat ber intensitas rendah di siram dengan jumlah air yang sama.B) diletakan di tempat yang intensitas cahayanya tinggi (terang ) dan bagian (a. Kesimpulan ...c.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->