Judul

KESELARASAN

Mata Pelajaran : PPKn Kelas : I (Satu) Nomor Modul : PPKn.I.05

Penulis: Drs. Ahmad Masykur Penyunting Materi: Drs. Sarkadi, M.Si Penyunting Media: Dra. Asih Priati

1

DAFTAR ISI
IDENTITAS ..................................................................................................................... DAFTAR ISI ................................................................................................................... PENDAHULUAN ............................................................................................................ Kegiatan Belajar 1: TATA CARA PENGAMALAN SILA PERTAMA PANCASILA Tujuan ......................................................................................... Uraian Materi .............................................................................. A. Pengertian Keselarasan ....................................................... B. Prinsip tata Cara Pengamalan Sila Pertama Pancasila ....... C. pelaksanaan Ibadah Agama dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa .......................................................... D. Pelaksanaan Perintah Agama dan Larangan Agama ........... E. Keselarasan Pemanfaatan IPTEK dengan Pengamalan Sila Pertama ......................................................................... Latihan ........................................................................................ Tugas Kegiatan 1 ........................................................................ NILAI LUHUR TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA NILAI MORAL YANG TERSIRAT DALAM PERINTAH DAN LARANGAN Tujuan ......................................................................................... Uraian Materi .............................................................................. A. pengertian Nilai Moral Agama .......................................... B. Pandangan terhadap Nilai Moral yang Tersirat dalam Perintah dan Larangan Agama ............................................ C. Penampilan Diri sebagai Umat Beragama ........................... Tugas Kegiatan 2 ........................................................................ 1 2 3

5 5 5 6 7 10 12 13 15

Kegiatan Belajar 2:

17 17 17 17 19 21

PENUTUP ...................................................................................................................... 23 - Kunci Tugas .............................................................................................................. 24 DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................................... 25

2

2. Untuk lebih jelasnya Anda harus mempelajari Modul berikut ini yang terdiri dari 2 kegiatan: Kegiatan I : Membahas dan Mengkaji secara seksama Tata Cara pengamalan sila pertama Pancasila. silahkan Anda pelajari Modul 5 ini. 3 . didalamnya berisi ajaran-ajaran baik berupa perintah maupun larangan yang dapat membimbing umatnya kejalan mencapai ridha Tuhan. Apalagi agama adalah pedoman ketentuan-ketentuan Tuhan yang mempunyai nilai Agung. keseimbangan. dan persatuan serta kesatuan (prinsip gotong royong dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945)”. dalam prikehidupan. Seperti kita ketahui Pancasila memberikan tuntunan kepada bangsa Indonesia bahwa kebahagiaan hidup manusia akan tercapai apabila adanya keselarasan dalam seluruh aspek kehidupan. Modul 5 ini bertujuan mengantarkan Anda memahami tentang materi keselarasan.PENDAHULUAN Selamat atas keberhasilan Anda menyelesaikan modul 4 dan sekarang sudah siapkah Anda untuk mempelajari modul 5 ini? Pada modul 04 Anda sudah mengetahui tentang prinsip gotong royong. masyarakat. Untuk mengetahui hubungan gotong royong dan keselarasan. jiwa raga. Bacalah setiap penjelasan dengan benar dan tidak tergesa-gesa. dan Negara serta kepentingan Nasional maupun Internasional. individu. Pelajari kembali kegiatan demi kegiatan yang belum dipahami. 3. Semua manusia setelah hidup didunia pasti akan menuju kematian. Modul ini dapat Anda pelajari dalam waktu 10 jam oleh karena itu sebaiknya Anda mengikuti petunjuk berikut ini: 1. Jangan lewatkan mengerjakan latihan/tugas yang telah disediakan. penggabungan. begitu juga pendapat yang mengatakan bahwa agama tanpa ilmu pengetahuan akan lumpuh lalu bagaimana seharusnya agar hidup itu ada keselarasan. diantaranya: “dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong akan menimbulkan dan menciptakan suasana persaudaraan dan keharmonisan kerjasama. materiil dan spiritual. Suci dan Mulia. yang akhirnya akan bermuara kepada rasa penggalangan. Agamalah yang dapat memberikan petunjuk bagaimana supaya manusia dapat hidup berbahagia baik di dunia maupun di akherat. dengan menggunakan akal pasti akan bertanya apakah manusia setelah mati berarti berakhir segala urusan? Apakah tidak ada lagi kehidupan yang lain? Dua pertanyaan itu mungkin Anda tidak dapat menjawab baik itu dengan ilmu pengetahuan atau teknologi yang canggih sekalipun. antara kehidupan dunia dan akherat. Perlu Anda ketahui bahwa ilmu pengetahuan tanpa agama menjadi buta. Kegiatan II : Nilai moral Agama.

menghargai.Dengan mempelajari modul ini Anda akan dapat lebih memahami. serta berperilaku yang baik dan benar sesuai dengan tuntutan hidup baik menurut norma Pancasila maupun norma Agama. 4 . oleh sebab itu Anda harus bersungguh-sungguh belajarnya. mengerti. Selamat bejar semoga berhasil.

pengertian keselarasan. Keserasian Lingkungan (gambar linkungan suasana pedesaan) 5 . A. masyarakat dan negara serta kepentigan Nasional maupun Internasional. Keserasian dan Keseimbangan dalam seluruh aspek kehidupan meliputi antara lain: kehidupan dunia dan akherat. atau Sejalan. materiil dan spriritual. d. Pokok-pokok Materi a. Seirama. jiwa dan raga individu. e. b. pemahaman makna prinsip tata cara Pengamalan Sila Pertama Pancasila. Dengan kata lain keselarasan adalah situasi yang menggambarkan harus saling menumbuhkan ketentraman sesama. c.Kegiatan Belajar 1 TATA CARA PENGAMALAN SILA PERTAMA PANCASILA Kegiatan belajar ini akan menjelaskan kepada Anda mengenai pengertian dan prinsip tata cara Pengamalan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. keselarasan pemanfaatan IPTEK dengan Pengamalan Sila Pertama. Gambar 1. yang berarti: Searah. Pengertian Keselarasan. Pelaksanaan perintah agama dan larangan agama. c. Seiring. Pengertian Keselarasan Keselarasan berasal dari kata selaras. Kebahagiaan hidup manusia akan tercapai apabila didasarkan pada keselarasan. d. Coba masih Anda ingatkah apa pengertian keserasian dan keseimbangan ? Keselarasan. b. keserasian dan keseimbangan dalam seluruh aspek kehidupan. Prinsip tata cara Pengamalan Sila Pertama Pancasila. tentang: a. e. pelaksanaan Ibadah agama dan Kepercayaan terhadap Tuhan Ynag Maha Esa. Pelaksanaan Ibadah agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Ynag Maha Esa. memahami dan menyadari perintah dan larangan Agama. Setelah mempelajari modul ini Anda dapat menjelaskan dengan kata-kata sendiri. Keselarasan pemanfaatan IPTEK dengan pengamalan Sila Pertama.

Ibu. Cobalah Anda pahami prinsip tata cara Pengamalan Sila Pertama Pancasila berikut ini: 1.B. Agar tidak terjadi pertentangan antara pemeluk agama yang berbeda. Manusia selain merupakan mahluk ciptaan Tuhan juga merupakan mahluk sosial. Cobalah buka pintu ataupun jendela rumah Anda. menjalankan ibadahnya masing-masing dimana pemeluk melaksanakan ajaranNya sesuai dengan norma agamanya. misalnya orang tua Anda mengatakan “Nak janganlah kamu membantah perintah/nasehat Ayah dan Ibumu” nanti kamu bisa celaka ataupun durhaka. Ibu dan Anda di rumah. yang berarti bahwa manusia memerlukan pergaulan dengan manusia lainnya. 2. Hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dan penganutpenganut kepercayaan yang berbeda-beda. Negara menjamin kemerdekaan kepada penduduk untuk memeluk agama yang diyakininya. walaupun orang lain itu agamanya tidak sama dengan kita”. Mungkin Anda sendiri yang ditegurnya.Keserasian keluarga (gambar keluarga: Ayah. apa yang bisa Anda simpulkan? Gambar 2. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya. pada saat kedua orang tua Anda menegur kakak atau adik Anda. 4. sebab kebebasan agama itu langsung bersumberkan kepada martabat manusia sebagai mahluk Tuhan. Bangsa Indonesia yang beraneka agama. 3. Kebebasan memeluk agama adalah salah satu hak yang paling asasi diantara hak-hak asasi manusia. yang sedang berkumpul di suatu ruangan). Janganlah kamu suka menghina orang lain. Dalam batang tubuh UUD 1945 (Ps 29 UUD 1945) tersirat mengenai pengaturan dan ketentuan kehidupan agama bagi penduduk Indonesia. maka hendaknya dikembangkan sikap toleransi beragama. Lalu kita lihat lebih jauh lagi. dan anak. sikap menghormati kebebasan menjalankan ibadah 6 . Prinsip tata cara Pengamalan Sila Pertama Pancasila Marilah kita lihat sejenak apa yang dilakukan Ayah. lihatlah tetangga sebelah mungkin ada suara yang samar terdengar “Wahai Akri misalnya tetangga Anda anaknya bernama Akri. yaitu sikap hormat menghormati sesama pemeluk agama yang berbeda. Setiap manusia perlu bersosialisasi dengan anggota masyarakat lainnya. Bangsa Indonesia percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut kemanusiaan yang adil dan beradab. mengapa Polisi itu mengatur kendaraan yang sedang lewat di jalan raya? Dari beberapa contoh sederhana tadi. Tidak memaksakan sesuatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.

tetangga sebelah rumah atau mungkin Ayah dan Ibu Anda sendiri berbeda suku atau bangsa. UUD 1945 serta ketetapan MPR dan peraturan lainnya. Pelaksanaan Ibadah Agama dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Sebelum Anda membaca materi berikut ini cobalah Anda lihat di sekitar Anda dan renungkan sejenak! Mengapa teman Anda. Keserasian dalam Beribadah (tempat Ibadah dari semua agama) C. a. Latar belakang sejarah dan kehidupan masyarakat Indonesia b. bahasa serta agama? Tetapi mereka tetap merasa satu sebagai bangsa Indonesia. Ada beberapa faktor yang memberikan pengaruh adanya kehidupan yang selaras. walaupun berasal dari nenek moyang yang sama. walupun ada yang berbeda agama dan kepercayaan. mereka tetap bekerjasama saling membantu. Perhatikan gambar di bawah ini: 7 . Apalagi kalau kita lihat salah satu contoh tentang perikehidupan beragama di Indonesia. Oleh karena itu bangsa kita menjadi bangsa yang majemuk. Didasari unsur-unsur kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa maka dengan mudah dan damai bangsa kita menerima agama dari luar. dan sejak zaman dahulu bangsa Indonesia mempunyai keyakinan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa. tolong menolong tanpa melihat adanya perbedaan.sesuai ajaran agama masing-masing. Landasan moral/hukum yang meliputi: Pancasila. Tolenransi beragama tidak berarti bahwa ajaran agama yang satu bercampur aduk dengan ajaran agama lainnya. masing-masing memiliki ciri sendiri. serasi dan seimbang antara pemeluk agama diantaranya: a. Sebelum Anda melanjutkan membaca uraian berikut lengkapilah pertanyaan pada kolom di bawah ini. Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia tinggal dipulau yang berbeda. Gambar 3. adat istiadat. Latar belakang sejarah dan kehidupan masyarakat Indonesia dapat kita lihat dimana sejak dahulu keanekaragaman ada pada bangsa Indonesia. dan tidak boleh memaksakan suatu agama kepada orang lain.

. Kemudian isi kolom di bawah ini: Agama Disebarkan pada abad a... kasih sayang. Pasal 29 ayat (1) UUD 1945: Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.. b. Islam. c. dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan didasari oleh sila-sila lainnya. Budha.. 2. Alenea ke empat: Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa . Bangsa Indonesia sudah sejak dahulu kala mempunyai kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. persaudaraan dan perdamaian sesama manusia.toleran dan terbuka terhadap bangsa lain yang membawa ajaran agamanya. hal ini berlangsung terus menerus secara turun temurun sampai sekarang. Nenek moyang kita akhirnya memeluk salah satu agama sesuai dengan keyakinan masing-masing. 3. Landasan Moral/Hukum Bangsa Indonesia dalam melaksanakan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki landasan yang dapat menjamin kehidupan beragama. Kristen). diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Bangsa Indonesia memiliki sikap yang ramah . b. karena: 1. 2.Gambar 4. Kitab sucinya Tempat peribadatannya Macam-macam agama yang Anda tulis pada kolom di atas mudah diterima oleh bangsa Indonesia.. Pancasila. Ajaran agama itu semuanya mengajarkan manusia untuk berbuat baik. Macam-macam agama (orang melaksanakan ibadah Hindu. Pembukaan UUD 1945: pada alenea ke tiga: Atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan yang luhur. d. 8 .

Gambar 5.3. Dalam hal ibadah negara memberikan jaminan seluas-luasnya kepada semua umat beragama dan penganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. Agama adalah ajaran. 5. 9 . 3. Ketetapan MPR No IV/MPR/1999 tentang GBHN. Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Dari beberapa uraian di atas kita dapat menyimpulkan pelaksanaan Ibadah Agama dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa antara lain: 1. tentang perintah perintah dan larangan larangan Tuihan. 2. tetapi juga kepada sesama manusia dan alam sekitarnya. Setiap warga negara Indonesia harus percaya dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Suasana Ibadah (Masdjid dan suasana orang selesai ibadah). Dalam ketetapan tersebut dicantumkan bahwa salah satu arah kebijakan bidang agama adalah meningkatkan dan memantapkan kerukunan hidup antar umat beragama sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis dan saling menghormati dalam semangat kemajemukan melalui dialog antar umat beragama dan pelaksanaan pendidikan agama secara deskriptif yang tidak dogmatis untuk tingkat perguruan tinggi. 4. Kemudian pengertian Ibadah adalah perbuatan menghambakan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa yang didasari kekuatan mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Kita tidak boleh memaksakan seseorang untuk memeluk agama kita atau memaksa seseorang pindah dari satu agama ke agama yang lain. Jadi pengertian Ibadah tidak hanya melakukan kewajiban kepada Tuhan. Setiap agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa mengajarkan kepada pemeluk dan penganutnya. dengan sesama dan dengan alam sekitarnya berdasarkan suatu kitab suci. terutama didasarkan antara hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. bagaimana harus bersikap dan bertindak dalam hubungannya dengan Tuhan maupun dalam hubungannya dengan sesama manusia dan alam sekitarnya. Negara kita adalah negara yang berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Negara memberikan jaminan kebebasan kepada warga negara untuk memeluk salah satu agama atau kepercayaan sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Kita meyakini bahwa alam semesta beserta isinya diatur oleh Tuhan yang Maha Esa.Kita harus selalu menyembah Tuhan. Sumber penyatuan dalam melaksanakan pembangunan Nasional. Setiap Agama mengajarkan kepada umatnya tentang perintah dan larangan! Mengapa kita wajib menjalankan perintah Tuhan menurut agama dan kepercayaan kita masingmasing? Tentu saja Anda sudah mengerti. Bagi bangsa indonesia. Kita seharusnya menyadari betul bahwa negara kita mempunyai prinsip untuk mengatur rakyatnya.Dan Juga Tuhanlah yang memelihara alam semesta. yaitu dengan melaksanakan apa yang diperintahkan dan menjauhi laranganNya. Pelaksanaan Perintah Agama dan Larangan Agama Sudah mengertikah Anda. materi yang Anda baca tadi yakni tentang prinsip tata cara dan pelaksanaan ibadah? Apa pendapat Anda? Bila sudah memahami kalimat kalimat yang Anda baca. Baik. Kita sebagai bangsa Indonesia yang sudah yakin dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa itu berarti kita harus selalu berusaha menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. selanjutnya saya harap Anda lebih teliti lagi membaca tentang pelaksanaan perintah agama dan laranganNya. Agama sebagai sumber inspirasi. Agama di Indonesia dapat memberikan dorongan batin maupun moral atau akhlak yang baik bagi manusia. agama dapat menjadi sumber inspirasi dalam berbudaya baik yang berupa fisik maupun non fisik. . b. Dengan adanya kesamaan dalam katakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa maupun kebersamaan sebagai mahluk sosial. Sumber Moral. Fungsi Agama Agama mempunyai fungsi yang penting antara lain: a. . Pada kalimat di atas ada pertanyaan apakah selama ini Anda melaksanakan segala perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya? 10 . Pada gilirannya dapat pula mendorong tumbuhnya pembaharuan dan penyempurnaan. demikian juga seharusnya prinsip itu dimulai dari setiap individu bagaimana seharusnya individu itu berbuat sesuai dengan norma norma yang berlaku di masyarakat. c.6. . Agama dapat memberikan semangat dalam bekerja dan lebih kreatif serta produktif. timbul rasa persatuan sebagai makhluk sosial dengan demikian rasa persatuan sebagai bangsa Indonesia akan terjadi dengan sendirinya. Sumber Motovasi dan Inovasi. cobalah Anda renungkan sejenak. Pembangunan berjalan dengan baik karena dilakukan dengan semangat ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agama dapat mengintegrasikan/menyatukan dan menyerasikan segenap aktifitas manusia baik individual maupun sebagai anggota masyarakat. Kepercayaan dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa hendaknya diikuti oleh ketakwaan terhadapNya. Keyakinan itu diantaranya adalah sebagai berikut: . d.Kita meyakini Tuhan Yang Maha Esa karena Tuhanlah yang telah mengkaruniakan seluruh nikmat kepada setiap makhlukNya. D. karena Tuhanlah yang telah menciptakan kita beserta seluruh alam semesta.

.......................................... akan tetapi sesama manusiapun kita diperintahkan............................................. bukan semata mata beribadah kepada Tuhan saja.................... terutama dalam kehidupan beragama Mengapa umat beragama.................... Mengapa diantara umat beragama sering terjadi kasus pertengkaran? ................. Dengan demikian pelaksanaan perintah Tuhan Yang Maha Esa meliputi: a.... 11 ......... Dapat Anda kerjakan Secara Individu Maupun kelompok Coba Anda Renungkan! Banyak peristiwa di masyarakat dalam kehidupannya kurang selaras........................................................... menjaga lingkungan hidup/ pelestarian alam dan lain sebagainya...... disebut juga dengan Hablum Minanas hubungan dengan mahluk Tuhan terutama manusia dan alam sekitarnya......................................................... bahwa perbuatan untuk melaksanakan perintah agama dan menjauhi larangannya......................................... misalnya pil BK. akan tetapi merupakan kebutuhan dan kebanggaan. Megadon.. menurut agama Islam hal seperti ini disebut Hablum Minallah yaitu hubungan secara langsung dengan Tuhan Yang Maha Esa..... sedangkan untuk agama Kristen misalnya kebaktian..... Keihklasan untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya bagi umat beriman dan bertakwa bukan hanya kewajiban............. Tidak boleh minum/menelan obat-obat terlarang..... malak.......................... Nipam......................................................... Shabu-shabu dan lain sebagainya termasuk di dalamnya Narkotik atau Ganja...................... Perintah secara Horizontal............ Bagaimana dengan pertanyaan pertanyaan di atas? apakah Anda dapat menjawabnya? Kalau Anda belum dapat menjawabnya Anda dapat menyimak uraian jawaban di bawah ini........................................ Hal ini merupakan pernyataan rasa puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa............................. ..... b.................................................................................. .............. c................................... Sedangkan perintah Tuhan untuk menjauhi laranganNya anatara lain sebagai berikut: a................... dan lain lain......................... Perintah secara Vertikal...... Tidak boleh mencuri.......... Tidak boleh minum minuman keras/mabuk-mabukan........................Menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya berarti: kita melakukan perbuatan menghambakan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa yang didasari oleh keikhlasan untuk melakukannya.................. Nilai moral apa yang harus kita lakukan agar tercipta keselarasan? . merampok............................................................. banyak yang belum melaksankan perintah agamanya secara baik dan benar? ............. Ectasy....... menggarong............... ..... b.................... Namun perlu kita ketahui dan sadari.

dapat memenuhi kebutuhannya. terus mengembangkan akal dan kemampuannya. 2. E. Nilai nilai agama akan memberikan petunjuk dan arah dalam pengembangan dan pemanfaatan IPTEK. 3. Anda semakin pahamkan. yang membuat manusia cenderung terus berkembang. itulah uraian jawaban atas pertanyaan-pertanyaan latihan di atas. melainkan terciptanya keselarasan. kurangnya pemahaman ajaran agamanya. antara lain: 1. maupun dengan sesama manusia dan alam sekitarnya. Di samping itu. Oleh karena itu. dan keseimbangan antara lahiriah dan batiniah. tidak adanya keadilan dalam masyarakat. Adanya pengaruh lingkungan keluarga atau masyarakat yang kurang mendukung. karena manusia dibekali akal pikiran dan paling sempurna diantara makhluk lainnya. Kurangnya kesadaran akan ajaran agama tersebut. Dengan perkataan lain. 3. dan mampu mengatasi berbagai masalah dalam kehidupannya. adanya jaminan kepastian hukum. Kemudahan yang diperoleh dari peningkatan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi cenderung mengarah pada kemajuan lahiriah. 3. manusia mempunyai sifat ingin tahu dan memiliki rasa puas yang bersifat sementara. tidak boleh memaksakan kehendak. Pembangunan yang dilaksanakan di Indonesia tidak hanya mengejar kemajuan lahiriah saja. Apa saja yang sudah diketahuinya. Nah. Keselarasan Pemanfaatan IPTEK dengan Pengamalan Sila Pertama IPTEK merupakan kebutuhan pokok pembangunan. Dengan akal pikirannya manusia dapat berkehendak. meningkatkan iman dan taqwa kepda Tuhan Yang maha Esa. Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang tertinggi derajat dan martabatnya. terjalinnya hubungan yang baik dengan Tuhannya. Sedangkan untuk pertanyaan mengapa diantara umat beragama sering terjadi kasus pertengkaran? Hal ini disebabkan: 1. ingin dikembangkan atau ditingkatkan lagi. pengaruh lingkungan yang buruk. mengapa umat beragama banyak yang belum melaksanakan perintah agamanya secara baik dan benar hal ini disebabkan: 1. 4. penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi harus diimbangi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. 4.Untuk pertanyaan. 2. akan tetapi kita harus dapat memilih dan memanfaatkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mencapai tujuan pembangunan tanpa menimbulkan efek samping. Belum memahami ajaran agamanya. sedang IPTEK akan memberikan dukungan kepada manusia dalam usaha meningkatkan kesejahteraan hidupnya. 2. keserasian. ilmu pengetahuan dan Teknologi berkembang seirama dengan perkembangan manusia. Untuk pertanyaan nilai moral apa yang harus dilakukan agar tercipta keselarasan. Perubahan cara hidup masyarakat diikuti pula perubahan pengetahuan atau yang kini kenal dengan istilah Teknologi. 12 . adanya pihak pihak tertentu yang mengadudomba (Provokator).

........................................................................................ Bagaimana tingkat keimanan dan ketaqwaan kita terhadap agama yang kita anut? Seringkah kita melaksanakan ibadah? Seringkah kita melakukan hal yang dilarang agama? Adakah keinginan yang kuat untuk menjadi manusia yang taat beribadah? Tuliskan ciri sesorang yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa! ......................... Bagaimana dengan pertanyaan-pertanyaan itu? Dapatkah Anda menjawabnya? Baiklah kalau Anda belum dapat menjawabnya.............. ................................................................ Dengan demikian benarlah pendapat yang mengatakan bahwa agama tanpa Ilmu Pengetahuan akan lumpuh............................................................................... yaitu dengan ditemukannya alat kontrasepsi...................................... tidak bodoh dan terbelakang......... ............................................ Agama apapun menganjurkan agar umatnya dapat hidup maju............................................ ikutilah uraian jawaban di bawah ini........... 13 ..................... bahkan untuk menghancurkan manusia lain.................... pengembangan dan penguasaan IPTEK akan membawa peningkatan kesejahteraan umat manusia................. juga mempunyai dampak negatif yang dapat merugikan manusia............ Tuliskan lima contoh pemanfaatan iptek yang dapat menunjang kehidupan umat beragama di Indonesia! . Kemajuan di bidang informasi dalam penyebaran nilai nilai agama mengakibatkan kehidupan beragama dapat berjalan dengan baik dan lancar.................. sehingga keberhasilan dalam pemanfaatan....... Keselarasan pemanfataan IPTEK dengan nilai nilai agama harus diperhatikan dalam setiap aspek pembangunan Nasional................. Kita harus selalu waspada terhadap pengembangan dan pemanfataan IPTEK...Contoh seseorang yang mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tanpa dilandasi nilai nilai agama...................................... Dapat Anda kerjakan Secara Individu Maupun kelompok Coba Anda renungkan! Setelah Anda membaca uraian tentang “Keselarasan”...................................... ..................................... Penggunaan IPTEK diharapkan dapat menunjang proses pengembangan agama...................................... Mengapa diperlukan keselarasan penerapan iptek dengan nilai keagamaan ............. pemanfaatan....................................................... dimungkinkan usahanya itu hanya untuk memenuhi nafsunya saja.... Pemanfaatan IPTEK mengakibatkan pelaksanaan nilai nilai agama dapat berjalan dengan baik... Benar apabila dikatakan Ilmu Pengetahuan tanpa agama menjadi buta................................ segala anugerah yang dikaruniakan oleh Tuhan kepada kita harus dapat kita olah dan kita manfaatkan..................................................................................... karena hal tersebut di samping mempunyai dampak positif. Hal itu dapat disalahgunakan oleh orang-orang tertentu untuk berbuat zina........ misalnya kemajuan IPTEK di bidang kedokteran..dan penguasaan IPTEK hendaknya diperhatikan nilai nilai agama.................................. bukan merugikan atau menyengsarakan.................... Agar sesuatu dapat bermanfaat kita harus mengembangkan IPTEK............... Oleh karena itu perlu diingat bahwa dalam pengembangan..........................................................

contoh pemanfaatan IPTEK yang dapat menunjang kehidupan umat beragama di Indonesia antara lain: 1. menjaga lingkungan hidup. dan 4. Kendaraan ( Mobil. Pesawat.Untuk pertanyaan ciri ciri sesorang yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. tidak pernah berbohong. dll. Dan untuk pertanyaan lima. Teknisi 4. 5. Untuk mengetahui kemampuan pemahaman Anda tentang uraian materi tersebut kerjakanlah tugas mandiri seperti diuraikan di bawah ini. Komputer 3. itulah jawaban atas pertanyaan pertanyaan pada latihan di atas. 14 . dan sebaliknya Agama tanpa Ilmu Pengetahuan akan lumpuh. Kereta Api. 2.). melaksanakan perintah agama dan menjauhi larangannya. Telepon. karena Ilmu Pengetahuan tanpa Agama menjadi buta. Dari uraian uraian materi dan latihan latihan soal sebagaimana diuraikan di atas kiranya Anda dapat memahami betul tentang materi pada kegiatan belajar di atas. peduli terhadap orang lain. Sedangkan untuk pertanyaan mengapa diperlukan keselarasan penerapan IPTEK dengan nilai Keagamaan. Nah. Ilmu Kedokteran 2. bertindak adil dan jujur. ciri-cirinya adalah sebagai berikut: 1. 3.

Sebutkanlah sumber hukum bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berKetuhanan Yang Maha Esa! 3. Sebutkan tiga manfaat IPTEK bagi umat beragama! 5. Jelaskan tiga perbuatan tentang perintah dan larangan agama! 4.KEGIATAN 1 1. Jelaskan bahwa fungsi agama adalah sebagai sumber penyatuan bagi bangsa Indonesia! 15 . Jelaskan apakah yang dimaksud dengan keselarasan! 2.

16 .

Kegiatan Belajar 2 NILAI MORAL LUHUR TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA NILAI MORAL YANG TERSIRAT DALAM PERINTAH DAN LARANGAN Kegiatan belajar 2 ini akan menjelaskan kepada Anda mengenai pengertian nilai moral luhur toleransi antar umat beragama. b. Pandangan terhadap Nilai Moral yang tersirat dalam Perintah dan Larangan Agama 1. Nilai moral agama yang tersirat dalam contoh sehari-hari. Setelah mempelajari modul ini Anda dapat menjelaskan dengan kata kata sendiri mengenai: pengertian nilai moral agama. 4. mengaplikasikan/menerapkan nilai moral agama yang tersirat dalam contoh sehari-hari. Penampilan kehidupan diri sendiri. b. dan contoh sekaligus penampilan kehidupan diri sendiri. A. 5. Bila Anda beragama Islam bacalah surat Al Baqarah 256 mengenai hubungan antar umat dari berbagai agama. 2. Penampilan diri sebagai umat beragama. dimasyarakat dan di Era IPTEK. a. Penampilan di Era kehidupan IPTEK. Pandangan terhadap nilai moral yang tersirat dalam perintah dan larangan agama. 2. nilai moral yang tersirat dalam perintah dan larangan. sesuai dengan agama yang Anda percaya atau Anda yakini. 1. nilai moral yang tersirat dalam perintah dan larangan agama. contoh nilai moral luhur toleransi beragama. a. keanekaragaman perilaku dan adat 17 . Contohnya petunjuk dan pedoman bagi manusia dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. c. Nilai Moral Luhur Toleransi Antar Pemeluk Agama Sebagai bangsa yang mempunyai multi agama. Nilai moral luhur toleransi antar pemeluk agama. Pokok-pokok Materi 1. 3. Pengertian Nilai moral agama. Coba Anda baca kitab suci agama. Penampilan kehidupan bermasyarakat. B. Pengertian Nilai Moral Agama Nilai moral agama adalah segala sesuatu atau ketentuan yang mengandung petunjuk dan pedoman bagi manusia dalam hidupnya menurut moral agama. 3.

maka perbedaan agama bukanlah suatu hal yang merintangi dalam hidup bermasyarakat. sekolah maupun di masyarakat. Lingkungan alam sekitarnya. saling menghormati dan saling harga menghargai sesama pemeluk agama dan penganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. memberikan contoh dan teladan dalam melaksanakan ajaran agama yang kita anut. sanggup berkorban untuk kepentingan umum dan kemanusiaan. Menbina dan mengembangkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.istiadat membuat masyarakat Indonesia mempunyai watak yang dipengaruhi oleh agama yang mereka anut. menyayangi makhluk dan isi alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Menciptakan kerukunan hidup antara intern agama. b.antar sesama manusia. Sikap toleransi terus tumbuh dan berkembang dalam jiwa dan perilaku sehari hari. Oleh karena itu marilah kita pupuk dan kita kembangkan kerukunan hidup antar umat beragama yang berbeda-beda. Adanya kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran masing-masing. Dengan adanya sikap toleransi akan membina. guru dalam bentuk kebajikan sesuai dengan tuntunan agama. dan g. berbangsa dan bernegara. dan antar umat beragama dengan pemerintah. Kita berkewajiban menghormati kesucian ajaran agama yang bersumber Ketuhanan Yang Maha Esa serta mengembangkan sikap yang didasari iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan keluarga. Nilai Moral Agama yang Tersirat Dalam Contoh Sehari-hari Bangsa Indonesia menghendaki keselarasan hubungan antar manusia dengan Tuhannya. hidup rukun. d. antar umat beragama. Tidak terdapat adanya pemaksaan suatu agama tertentu kepada orang lain. e. 2. memupuk. Marilah kita bina dan kita kembangkan ajaran agama selaras dengan dasar negara. selalu mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat serta karunia yang diberikan kepada kita. 18 . b. c. Memupuk dan membina rasa kasih sayang sebagai insan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa c. agar terjalin persatuan yang kokoh. menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa. menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa dan menjauhi laranganNya dengan sungguh-sungguh. Sikap toleransi seperti itu mengandung nilai moral yang luhur seperti misalnya: a. dengan demikian masyarakat dan bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai nilai HAM. d. Tetapi karena bangsa Indonesia menyadari nilai nilai Bhineka Tunggal Ika dan nilai nilai Pancasila beserta penjabarannya dalam UUD 1945. Perilaku atau perwujudan sikap yang didasari iman dan taqwa dalam kehidupan sehari-hari antara lain: a. Sikap toleransi dijunjung tinggi sebagai rahmat dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. berbangsa dan bernegara. adalah bukti dan kenyataan yang ada dalam masyarakat. f. f. Yaitu Pancasila. e. Sikap saling hormat menghormati sesama pemeluk agama yang berbeda. mamatuhi nasehat orangtua.

Di masa pembangunan saat ini. bersyukur. f. Dalam hubungannya dengan alam sekitar. Kitapun harus mewujudkan kelancaran bergaul dengan siapa saja. Perintah dan larangan Tuhan adalah kewajiban yang selalu melekat pada diri manusia yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Dalam hubungannya dengan Tuhan: berdoa. Contoh sikap tingkah laku. Selalu melakukan kebaikan. bekerja dan lain lain. suka bekerja keras. maupun di Negara. d. 2. antara lain sebagai berikut: 1. 19 . Seseorang mungkin menganggap bahwa perintah dan larangan agama hanya membatasi perbuatan sesorang. tidur. baik di keluarga. dan mawasdiri. C. merawat kehidupan alam sekitar. Melakukan ibadah dengan tertib dan teratur. b. Penampilan Diri Sebagai Umat Beragama Sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. seseorang tidak akan merasakan demikian.hemat. menjaga dan tidak merusak alam beserta isinya. Keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa harus kita wujudkan dalam berbagai aspek kehidupan. Sikap hidup disiplin. Sebagai umat beragama kita harus dapat memberikan contoh suri tauladan dalam kehidupan bermasyarakat. Penampilan kehidupan diri sendiri. namun dengan kebesaran jiwa. kita harus mampu menempatkan diri dalam kehidupan sehari-hari. khususnya di negara Indonesia. yang perlu Anda sadari bahwa bersikap dan berbuat baik menunjukkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. berbangsa dan bernegara. kita perlu lebih mewujudkan kerukunan hidup beragama dan kepercayaan kepda Tuhan Yang Maha Esa. di lingkungan masyarakat. Berdoa sebelum dan sesudah makan. melestarikan alam. Sikap hidup sehat.Gambar 6. Dalam hubungannya dengan sesama manusia rela berkorban untuk kepentingan orang lain untuk beribadat sesuai dengan agama dan kepercayaannya. a. e. Selalu mengutamakan kebenaran. menjalankan perintah serta menjauhi laranganNya. 3. dan perbuatan yang dilandasi rasa iman dan taqwa dalam kehidupan antara lain sebagai berikut: 1. hemat dan suka bekerja keras. c. Melalui ajaran agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kita mendapatkan tuntunan tingkah laku yang baik. Usaha ini pemanfaatan bantuan kredit koperasi (usaha bengkel pertukangan).

f. a. d.2. Bersikap aktif dalam kegiatan kerohanian dan kemasyarakatan. 3. e. Penampilan kehidupan bermasyarakat. Membuka diri terhadap perubahan perubahan dan kemajuan zaman. Bersilaturahmi antar anggota masyarakat. bila perlu anda diskusikan dengan teman teman Anda. f. c. Rela berkorban dan tidak sombong. a. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi diperuntukkan mewujudkan kesejahteraan umat manusia. c. Sekali lagi selamat belajar semoga sukses dan jangan lupa pada pelajaran modul berikutnya. Setelah selesai Anda mempelajari pelajaran kegiatan 2. Marilah semua itu kita laksanakan dengan baik. dimana saja dan kapan saja. e. selanjutnya kerjakanlah tugas tugas mandiri Anda. d. Meningkatkan kerukunan antar pemeluk agama. Mendirikan organisasi-organisasi keagamaan. Demikianlah beberapa contoh sikap dan tingkah laku manusia Indonesia yang dilandasi oleh rasa iman dan taqwa dalam kehidupan pribadi. Bersyukur kepada Tuhan atas segala karunia yang diberikan kepada kita. Tidak melupakan kewajiban untuk beribadah. Penampilan di Era kehidupan IPTEK. Memiliki sikap menghormati dan menghargai orang lain. 20 . Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi diselaraskan dengan nilai nilai agama. Bersikap selektif terhadap pengaruh yang bersifat negatif. bermasyarakat dan dalam era ilmu pengetahuan dan teknologi. b. tidak perlu ragu ragu atau malu. b.

.. masyarakat! 4. Tuliskan 3 contoh prilaku yang harus dilaksanakan sebagai umat beragama di lingkungan keluarga .. Sebutkan 3 manfaat dengan adanya toleransi! 3.. sekolah . Jelaskan apakah pengaruh teknologi bagi kehidupan manusia terutama yang menyangkut nilai nilai keagamaan! 5. Berikan 3 contoh penerapan IPTEK untuk mewujudkan persatuan! 21 ...KEGIATAN 2 1 Apa yang dimaksud dengan nilai moral agama? 2.

22 .

orangtua atau teman Anda. tenggang rasa dan bekerja sama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga kerukunan hidup dapat selalu dibina. d. 3. Tuhan menciptakan manusia yang dilengkapi dengan potensi potensi kodrati (alamiah) agar manusia mampu berpikir dalam menjalankan kehidupannya. yaitu kewajiban saling hormat-menghormati. Kewajiban kepada sesama makhluk hidup. Kewajiban perintah agama (Tuhan Yang Maha Esa) adalah: a. Untuk mengukur keberhasilan Anda dalam belajar mintalah Tes Akhir Modul kepada Guru Bina. Agama sebagai sumber inspirasi. cobalah Anda tanyakan atau diskusikan kepada Guru Bina. Pancasila b. teutama kepada sesama manusia. kita harus melandaskan diri pada nilai nilai agama. dengan tujuan Anda menjadi lebih mengerti memahami dan menyadari bahwa kita harus menjadi umat beragama yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.PENUTUP Anda telah melakukan kegiatan mempelajari modul tentang keselarasan. baik tugas mandiri 1 ataupun mandiri 2. Landasan yang dapat menjamin kehidupan beragama diantaranya: a. 5. b. Sumber motivasi (pendorong) dan inovasi (ide ide baru). Dengan selesainya pokok bahasan mengenai keselarasan kita dapat menyimpulkan materi tersebut yaitu: 1. IPTEK harus dipergunakan untuk kesejahteraan umat manusia. c. Sumber moral. Apabila Anda mengerti atau memahami materi modul ini. Agama mempunyai kedudukan dan fungsi yang penting antara lain: a. b. dan diantara keduanya harus berjalan beriringan. Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945. akan tetapi saling berkaitan. disertai dengan mengerjakan tugas atau latihan soal. 4. Tuhan menciptakan manusia dengan dilengkapi oleh akal budinya. yaitu kewajiban berbakti serta mengabdi menurut peribadatan dan kepercayaan masing masing. Dalam memanfaatkan IPTEK. Kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sumber penyatuan dalam melaksanakan pembangunan. IPTEK dan agama bukanlah dua sisi yang saling bertentangan. c. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah hasil karya cipta dan karya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 2. IV/MPR/1999 tentang GBHN. 23 . Dalam Ketetapan MPR NO. saling percaya. cinta mencintai.

Sumber Hukum: a. Terjalin kerja sama yang baik antar umat beragama yang berbeda.. Nilai moral agama adalah segala sesuatu yang mengandung petunjuk dan pedoman bagi manusia dalam hidupnya. pasal 29 ayat 1. Di keluarga : menjaga nama baik keluarga. Menjaga lingkungan hidup. Terwujudnya persatuan dan kesatuan. Tiga manfaat dengan adanya toleransi: a. 4. KEGIATAN 2 1. Memperlancar penyebaran agama. Tiga manfaat IPTEK bagi umat beragama: a. Berzina 4. b. a. b. Tidak boleh mencuri.KEGIATAN 1 1. Mabuk-mabukan c. Keselarasan adalah situasi yang menggambarkan hubungan harus menumbuhkan ketentraman sesama. Tiga perbuatan perintah: a. Masyarakat : menjalin kerja sama/gotong royong. b. IV/MPR/1998 . 2. c. Alinea ke tiga.. Mewujudkan persatuan atau toleransi.. Ketetapan MPR No.. b. Mempermudah membaca Alquran. Fungsi agama adalah sebagai sumber pernyataan bangsa Indonesia karena adanya kesamaan ketaqwaan. c. Beribadah b. 3. Pengaruh teknologi bagi kehidupan manusia (nilai keagamaan). Sila Pertama. UUD 1945 . Terwujudnya toleransi. c. Meningkatkan kwalitas keimanan dan kataqwaan. 3. Mengerjakan sholat.. Melancarkan komunikasi. b. c. Pancasila . 24 . GBHN. 2. Di sekolah : tidak menbeda bedakan teman. 5.. c. Tiga perbuatan larangan: a. Tidak membedakan ras keturunan atau agama.

Pabean. Bandung: Penerbit PT. 1998. Bandung: Penerbit Angkasa. 2000. Lembaran kegiatan siswa PPKn I untuk SMU Kls.. PPKn untuk kelas I SMU. Menggunakan IPTEK tidak bertujuan memecah belah persatuan. Bandung: Penerbit Ganesa Exact. IPTEK dipergunakan untuk meningkatkan pendapatan rakyat. Drs. Jakarta: Penerbit PT. 1999. Suardi Abu Bakar DKK. Uki Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan I a... Drs. Drs. PPKn untuk SMU Kls. I. c. Remaja Rosda Karya. DKK.. Dra. M. Kegiatan Siswa PPKn I. Budiyanto. PPKn untuk SMU Kls.. Reny Ratnaningsih. Bandung: Penerbit Epsilon Group. Penerbit Grafindo Media Pratama. M. PPKn edisi 2 untuk Kls. Drs. 2000. 1998. 2000. I. Lembaran Kegiatan Siswa PPKn untuk SMU Kls. 25 . Ahmad Yunani.. I. Sri Puspita Murni. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.I. Jangan merusak lingkungan.5. Drs. Supita DKK. Drs. Empiris.Pd. 1999. Dasim Budimansyah. I.Si. Dra. DAFTAR PUSTAKA Aim Abdul Karim. Memahami PPKn untuk kelas I. Encang Iskandar DKK. a. b. Surakarta: Penerbit PT.. Jakarta: Penerbit Yudistira.. 1994. S..