P. 1
Perang Dunia ll

Perang Dunia ll

|Views: 303|Likes:
Published by Tanpa Identitas

More info:

Published by: Tanpa Identitas on Oct 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/05/2010

pdf

text

original

A.

Perang Dunia ll

Perang Dunia ll secara resmi berlangsung sejaktanggal 1 September 1939-14 Agustus. Perangmelibatkan dari negara-negara Benua Eropa, Aasia, Afrika, Amerika, dan Australia. Faktor-faktor terjadinya perang Dunia 11 dapat di bedakan menjadi dua, yaitu penyebab langsung dan tidak langsung. Berikut paktor penyebab tidak langsung Perang Dunia ke 11.

1. Munculnya nasionalismesecara berlebihan di Jerman, Italia, dan Jepang. 2. Terjadinya perlomban persenjataan antar Negara Eropa. 3. Berkembangnya politik aliyasis yang memunculkan blok-blok antar Negara. 4. Timbulnya paham yang saling bertentangan, yaitu fasis, liberalis, dan komunis. 5. Berkembangnya politik peluas wilayah. 6. Tidak berpungsinya liga Bangsa-Bangsa (LBB)

Nasional berlebihan di Italia berupa klaim atas wilaya yang perna menjadi bagian dari kekaisaran Romawi (Italia Irrendeta ). Di Jerman berupa pengerjaran terhadap bangsa Yahudi dalam rangka pemumiyan ras Arya (ras bangsa Jerman). Di Jepang berupa klaim atas Asia sebagai kesultanan. Kawasan di bawa Jepang. Di beberapa negara berkembang doktrin-doktrin yang menunjang pelaksanaan politik peluwasan wilayah. Italia berdasarkan doktrin Mare Nostrum, Jerman berdasarkan doktrin Lebensraum, Jepang berdasarkan doktrin Hakko Icihiu. Politik ini erat kaitanya dengan upaya menguasai wilaya yang kaya bahan mentah industri, termasuk industri perang. Sebab perang langsung Dunia ke 11adalah serangan Jerman atas Polandia pada tangal 1 September 1939 dan serangan Jepang atas pangkalan laut Amerika Serikat di pearl Harbour, Hawaipada tangal 7 Desember 1941. Jatunya Pearl Harbaur menyebabkan terbentuknya kemungkinan untuk melakukan penyerangan kewilaya selatan (Filipina, Malaya, Indonesia, Australia, dan New Zealan). Munculnya aliansi antar Negara menyebabkan terbentuknya dua kubu negara yang saling berhadap-hadapan yaitu blok sentral dan sekutu terdiri atas Ingris,

Pertempuran di Asia dan Pasifik a. Amerika Serikat. Pertempuran di Laut Coral. 1. Port Moresby. Serangan Sekutu di Asia Pasifik Serangan terjadi pada tahun 1943-1945. dan afrika. Pertempuran-pertempuran itu sebagian berikut. Rusia. Peyerangan jepang Penyerangan Jepang pada tangal 14 Agustus 1945. RRC. Pasukan sekutu dengan gencar merebut tempat-tempat yang sebelumnya berhasil di duduki Jepang. Asia. Indonesia pada saat itu di kuasai Belanda.Prancis. Penyerbuan Jepang ke Hindia Belanda (Indonesia) Penyerangan dilakukan pada Tahun 1942. Midway. Tetapi dapat di gagalkan ole sekutu. d. Seperti kepulauan Solomon dan Asia Tengara. dan Guadalcanal Jepang menyerang Port Moresby. e. Penyerangan itu mengakibatkan terjadinya permusuan di antara kedua negara yang masing-masing di bantu ole negara sekutu. Pasukan Amerika berhasil menduduki Pulau Lwo Jima dan Okinawa sehinga wilaya Jepang berada dalam jangkauan serangan laut dan udara . Terjadinya pendudukan menyebabkan timbulnya konflik antar Jepang dengan Amerika Serikat dan Inggris. Jepang menduduki Indo-Cina Prancis (Sekarang Pietnam) Pendukungan ini berlansung pada Tahun 1940. Perang Dunia 11 berlangsung dalam beberapa medan pertempuran yang wilayanya meliputi Eropa. Serangan Jepang di lanjutkan ke Midway dan pulau Guadalcanal yang tentu tida di biarkan oleh pasukan Amerika dan Australia. Tujuan Jepang adalah mendapatkan karet dan minyak dari Indonesia. Australia. Polandia dan beberapa Negara kecil lainya. c. b. papua nugini pada tahun 1942.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->