P. 1
Seni Kriya Yang Terkenal Dari Kalimantan

Seni Kriya Yang Terkenal Dari Kalimantan

|Views: 1,853|Likes:
Published by khaerulnaim

More info:

Published by: khaerulnaim on Oct 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2011

pdf

text

original

Seni Kriya yang Terkenal dari Kalimantan

Perisai/ Kelembit/ Keliau

Merupakan alat penangkis dalam peperangan melawan musuh. Perisai terbuat dari kayu yang ringan tapi tidak mudah pecah. Bagian depan perisai dihiasi dengan ukiran, namun sekarang ini kebanyakan dihiasi dengan lukisan yang menggunakan warna hitam putih atau merah putih. Selain sebagai alat pelindung diri dari serangan musuh, perisai juga berfungsi sebagai: - Alat penolong sewaktu kebakaran / melindungi diri dari nyala api - Perlengkapan menari dalam tari perang - Alat untuk melerai perkelahian - Perlengkapan untuk upacara Belian Kini perisai banyak dijual sebagai souvenir / penghias dekorasi rumah tangga. Ulap Doyo

kopiah.Kain dari serat daun doyo ini merupakan hasil kerajinan yang hanya dibuat oleh wanitawanita suku Dayak Benuaq yang tinggal di Tanjung Isuy. Alat ini terbuat dari kayu yang biasanya dihiasi dengan ukiran atau dilapisi dengan sulaman manik-manik serta uang logam. Kini banyak diolah seraong-seraong ukuran kecil untuk hiasan rumah tangga. Tenunan doyo ini kemudian sering diolah menjadi pakaian. tas. Anjat biasanya digunakan untuk menaruh barang-barang bawaan ketika bepergian. Tanaman doyo yang menyerupai pandan tumbuh dengan subur di Tanjung Isuy. . hiasan dinding dan lain sebagainya. Seraong Topi berbentuk lebar yang biasa digunakan untuk bekerja di ladang atau untuk menahan sinar matahari dan hujan. dompet. ujungnya dan juga dilengkapi dengan anak sumpitan beserta wadahnya (selup). Serat daunnya kuat dan dapat dijadikan benang untuk ditenun. Anjat Alat berbentuk seperti tas yang terbuat dari anyaman rotan dan memiliki dua atau tiga sangkutan. Bening Aban Alat untuk memanggul anak yang hanya terdapat pada masyarakat suku Dayak Kenyah.

. Mandau terbuat dari besi dengan gagang terbuat dari kayu atau tulang.Mandau Merupakan senjata tradisional khas suku Dayak yang menyerupai pedang. terlebih dahulu dilakukan upacara adat sesuai dengan tradisi dari masing-masing suku Dayak. Sebelum pembuatan dimulai.

7. 4. Membuat krawang dengan alat solder apabila krawang tidak dibuat langsung dengan mesin bordir. Membuat bordiran sesuai dengan motif pada kain. menentukan dan memasang benang bordir pada mesin bordir. 9. pakaian. dsb. . Menyediakan dan menyiapkan alat-alat yang diperlukan dalam bordir baju. 2. Menyetrika hasil bordiran (baju bordir. desain bordir) agar kelihatan bagus. Menyiapkan dan membuat desain motif. dll. Memindah atau menjiplak desain motif pada kain yang hendak dibordir. Membersihkan sisa-sisa benang bordir yang melekat dibalik permukaan kain yang sudah dibordir. 5.SENI KRIYA Seni Bordir Tahap pekerjaan secara garis besar dibagi menjadi 10 macam : 1. 6. 8. Memilih. 3. memeriksa dan menggerakkan mesin bordir yang hendak kita pakai dalam desain bordir baju. pakaian. Menyiapkan. 10. Memasang kain yang sudah diberi motif pada ring.

menghilangkan lilin malam dari kain tersebut dengan cara meletakkan kain tersebut dengan air panas diatas tungku. 7. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna. Langkah pertama adalah membuat desain batik yang biasa disebut molani. 5. Tahap selanjutnya. Dalam penentuan motif. proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup oleh lilin dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu . kembali melakukan proses pembatikan yaitu melukis dengan lilin malam menggunakan canting untuk menutup bagian yang akan tetap dipertahankan pada pewarnaan yang pertama. 6. Gawangan (tempat untuk m enyampirkan kain) Lilin (malam) yang dicairkan Panci dan kompor kecil untuk memanaskan Larutan pewarna Adapun tahapan-tahapan dalam proses pembutan batik tulis ini: 1. Setelah selesai melakukan molani.BATIK alat dan bahan yang harus disiapkan untuk membuat batik tulis : o o o o o o Kain mori (bisa terbuat dari sutra atau katun) Canting sebagai alat pembentuk motif. 9. dapat dilakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan lilin (menggunakan alat canting)untuk menahan warna pertama dan kedua. bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri. Motif yang kerap dipakai di Indonesia sendiri adalah batik yang terbagi menjadi 2 : batik klasik. Tahap berikutnya. 2. . yang banyak bermain dengan simbol-simbol. Setelah kering. 8. Setelah dicelupkan. Proses berikutnya. menutupi dengan lilin malam bagian-bagian yang akan tetap berwarna putih (tidak berwarna). Kemudian. 4. Proses membuka dan menutup lilin malam dapat dilakukan berulangkali sesuai dengan banyaknya warna dan kompleksitas motif yang diinginkan. atau kuas untuk bagian berukuran besar. biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. dilanjutkan dengan proses pencelupan warna yang kedua. Setelah kain bersih dari lilin dan kering. langkah kedua adalah melukis dengan (lilin) malam menggunakan canting (dikandangi/dicantangi) dengan mengikuti pola tersebut. dan batik pesisiran dengan ciri khas natural seperti gambar bunga dan kupu-kupu. Membuat design atau motif ini dapat menggunakan pensil. 10. 3. kain tersebut di jemur dan dikeringkan. namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada. Canting untuk bagian halus.

. Anda tidak perlu kuatir. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin. Proses selanjutnya adalah nglorot. maka batik tersebut telah siap untuk digunakan.11. pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah Anda gambar terkena warna. karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur). sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Proses terakhir adalah mencuci kain batik tersebut dan kemudian mengeringkannya dengan menjemurnya sebelum dapat digunakan dan dipakai. dimana kain yang telah berubah warna direbus air panas. Setelah selesai. 12.

Sepatu Kanvas Polos. dan yg sedang untuk bidang yang agak luas. 2. * Pallet : untuk mencampur warna. * Pensil untuk sketsa di sepatu.Sepatu lukis Bahan yang diperlukan : 1. * Obyek design. * Kuas : harus tersedia yag kecil untuk membuat outline. anda juga bisa mencoba jenis cat lainnya.tempat cuci kuas. Ide bisa didapat dari majalah. yang banyak di pasaran kebannyakan putih dan hitam. * Peralatan lain ( penghapus. internet atau kreasi sendiri. Alat Lukis/gambar : * Cat : Yang praktis adalah akrilik dengan pengencer air. lap dll) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->