P. 1
Proposal Usaha

Proposal Usaha

|Views: 3,370|Likes:
Published by Denny Anugrah

More info:

Published by: Denny Anugrah on Oct 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

PROPOSAL USAHA KECIL BISNIS KUE, DONAT DAN COKELAT

DISUSUN OLEH : DATI RAISUCI PINANDITA DEDE MUHAMMAD ISNAENI DENNY ANUGRAH KARTIKA APRIYANTI RUDY PURBIANTO

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA 2010

kebutuhan sekaligus kepuasan konsumen (Nugroho J Setiadi .hal ini dilakukan untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal yang ternyata tidak menguntungkan (Suad Hasan. Beberapa aspek dalam riset pemasaran antara lain adalah riset harus memperhatikan masalah budaya setempat. ”Studi Kelayakan Proyek”. dengan demikian resiko kegagalan dapat ditekan seminimal mungkin. ”Perilaku Konsumen” Penerbit Prenada Media). pribadi dan juga aspek psikologis dari konsumen.ABSTRAK Usaha kecil menengah dalam pengembangnya diperlukan studi kelayakan proyek walau dalam skala kecil dan sederhana. Dengan memperhatikan studi kelayakan proyek dan riset pemasaranya maka kita dapat menentukan jenis usaha apa atau produk apa yang akan kita kerjakan. UPP AMP YKPN). sosial ekonomi. . Disamping studi kelayakan juga tak kalah penting adalah riset pemasaran hal ini dilakukan agar UKM tersebut dapat terbantu untuk mengetahui keinginan.Suwarsono Muhammad.

Usaha tersebut juga diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja potensial yang saat ini jumlahnya sangat melimpah baik. 1. Studi Kelayakan Proyek. 5.3.. Kue kering : 1. Harga telur : Rp. donat dan cokelat) maka omset yang diharapkan adalah Rp 450.000. Harga mentega : Rp.30. 10.-/hari.2. Omset tersebut dihitung atas dasar harga bahan mentah adalah Rp.1. 8. Dengan demikian tujuan dari pengembangan proyek itu sendiri ada dua yaitu dari aspek ekonomi dan dari aspek sosial. Dengan mengambil asumsi bahwa kalau usaha kue ini berjalan dimana pada tahap awal dapat menjual perhari adalah rata rata 100 buah (kue.000.itu angkatan kerja baru maupun angkatan kerja yang oleh karena kondisi perekonomian makro terpaksa harus menganggur akibat tidak adanya kesempatan bekerja atau terkena PHK.000. Keuntungan yang akan diperoleh per produk dimana faktor biaya dihitung sbb : A.000. aspek ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan sementara aspek sosial adalah untuk membantu masyarakat dalam mengatasi pengangguran. 1. 40.000.jauh lebih rendah dibandingkan dengan produk sejenis dari kue-kue yang sudah terkenal dengan harapan kita mampu menjadi pilihan yang pertama karena dari sisi harga sudah pasti menang. penuh perhitungan dan berorientasi pasar.000.- .-/kg 2. Harga tepung terigu : Rp.-/bks x 8 = Rp. kreatif. Tujuan Pengembangan Proyek Dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga pada saat krisis ekonomi yang berkepanjangan seperti saat ini diperlukan usaha usaha yang bersifat agresif.BAB I PENDAHULUAN 1.000.-/buah x 8 = Rp. Dari pengamatan langsung dan dari data jumlah mobil /sepeda motor yang melakukan parkir di sebuah toko kue yang sudah cukup terkenal di Jakarta dimana rata rata pengunjung setiap hari mencapai lebih dari 50 orang maka dapat diambil kesimpulan sementara bahwa kue-kue yang dijual cukup laris dan memasyarakat serta dari segi ekonomi layak untuk dijadikan produk yang akan dipasarkan.

15.-/buah x 3 = Rp 9. Harga dark cokelat : Rp.000.000. Donat : 1.-/bks 3.000.-/ltr 6.-/kg 2. 34.000.-/buah (Rp.-/1/2kg 5. 15.000. 20.000.-/buah x 10 = Rp.-) dikurangi total biaya sebesar Rp. 3. 6.-/btg Total Biaya : Rp.Total Biaya : Rp.000. Harga telur : Rp.4.4..000.000.-/kg 5.Dari 1 kg bahan bisa menjadi 45 buah donat.000.000..dengan demikian didapat Rp.-/btg 2.000. 3. 105.000. 35. 10. 5. Harga white cokelat : Rp.000.000.000.90. 45. 90. 15. Keuntungan bersih diperoleh dari harga jual sebesar Rp.000.Dari 1 kg bahan bisa menjadi 3 toples kue kering ukuran standart.000.000.000. 2.000.dengan demikian didapat Rp.-) dikurangi total biaya sebesar Rp.-/btg 3. Cokelat 1.000. C.-/toples (Rp. 10. . 90. Harga tepung terigu : Rp.-) dikurangi total biaya sebesar Rp.Total Biaya : Rp.000.000. 10. Harga mentega : Rp.-. 56. Dengan demikian ekspetasi return on equity yang akan diperoleh adalah sebesar 60% dihitung dari perbandingan keuntungan dan modal yang dikeluarkan.-.000.-. Harga coklat : Rp. 12.000.dengan demikian didapat Rp. 2. Harga susu : Rp. 15. Keuntungan bersih diperoleh dari harga jual sebesar Rp.4. Harga gula pasir : Rp. Dengan demikian ekspetasi return on equity yang akan diperoleh adalah sebesar 16% dihitung dari perbandingan keuntungan dan modal yang dikeluarkan.000. 60. Harga pewarna makanan : Rp. B. Biaya lainnya : Rp. 6. 56. Keuntungan bersih diperoleh dari harga jual sebesar Rp. Harga gula pasir : Rp.Dari 1 batang cokelat mentah bisa menjadi 10 buah cokelat kreasi (20 buah). Harga perasa : Rp.000.-/buah (Rp. 45. Dengan demikian ekspetasi return on equity yang akan diperoleh adalah sebesar 33% dihitung dari perbandingan keuntungan dan modal yang dikeluarkan. 15. 1.-/buah x 3 = Rp.000.000.

60% dan 33% maka kiranya proyek kue ini layak untuk dipertimbangkan. . donat dan cokelat serta tidak perlu memakai resep yang sulit juga hal yang perlu dipertimbangkan untuk mewujudkan produk ini. Faktor lain yang juga mendukung layaknya usulan proyek ini adalah ketersediaan bahan baku yang cukup melimpah di daerah Jakarta dan jekitarnya sehingga ada jaminan terhadap supply stock bahan baku dan kelangsungan dari usaha ini akan terjamin. Mudahnya membuat kue.3. Usulan Proyek.1. Dari studi kelayakan proyek yang telah dilakukan dimana ekspetasi return on equity berturut-turut diharapakan adalah 16 %.

3. Persiapan Produksi. nastar. tingkat pendidikan serta jenis kelaminnya. 2. Untuk donat setiap hari akan dibuat tanpa perlu adanya pemesanan. Setelah kita mengetahui keinginan konsumen-konsumen seperti apa maka tahap selanjutnya adalah persiapan produksi. Begitu juga halnya dengan cokelat kreasi. Uji Coba ini meliputi Taste atau rasa. yang paling utama adalah persiapan sumber daya manusia. serta memiliki karakteristik tersendiri. bahan baku utama.1. serta yang tidak kalah penting adalah higienesnya. Untuk konsepnya sendiri. Diperlukan minimal 15 Orang yang berbeda dari tingkat umur. Donat dan cokelat lebih dapat dikembangkan produknya. Setelah kita mampu membuat produk kue. donat dan cokelat. pasar tersendiri dan langganan atau costumer tersendiri pula. 2. Persiapan produksi akan meliputi beberapa aspek. Konsep Produk. Pengembangan Produk. pekerjaan. tempat produksi. Uji Produk. serta yang tak kalah penting adalah sumber pendanaan. Selain itu untuk kue kering (kastangel. alat pengolah. Untuk kue kering memiliki konsep pre order karena untuk menghindari tidak terjualnya produk. donat akan diberi toping yang menasrik seperti berbentuk smiley agar lebih menarik perhatian pembeli.BAB II PENGEMBANGAN PRODUK 2. maka produk ini perlu di uji coba ke para calon pelanggan untuk mengetahui kekurangannya. Pengembangan produk kedepan untuk produk kue kering agak sulit mengingat bahwa kue kering biasanya digunakan untuk event-event tertentu.4. . 2. Dengan demikian kita dapat mengukur kira kira produk kue seperti apa yang mereka inginkan. putrid salju dan lainnya) biasanya digunakan hanya untuk event-event tertentu saja.2. Tetapi berbeda halnya dengan donat dan cokelat. bahan baku tambahan.

mengenai bahan baku tambahan berupa bumbu bumbu dan alat pengolah kue walaupun kontribusi terhadap proses produksi relative kecil namun keberadaannya mutlak diperlukan.Sumber daya manusia dalam aspek produksi sangat penting perannya mengingat produk kue ini sebagian besar atau bahkan seluruhnya dikerjakan secara manual.000.adalah sekitar Rp.000.450.. sumber ini dapat diperoleh dari berbagai macam sumber bias dari kredit Bank atau dari simpanan pribadi. . modal yang diperlukan dengan perkiraan Omset per hari adalah Rp. Yang tak kalah penting adalah sumber pendanaan dari proyek kue ini.Namun apabila dirasa kurang dapat mengajukan permohonan kredit Bank dimana saat ini Bank berlomba lomba memberikan kredit tanpa agunan untuk skala kecil menengah. Mengingat jumlah dana yang diperlukan tidak terlalu besar maka sebaiknya sumber pendanaan akan lebih baik dari pribadi. 1.untuk itu tenaga yang terampil dalam mengolah kue mutlak diperlukan. Ketersediaan bahan baku utama yaitu tepung terigu mesti terjaga stock dan jumlahnya sebab kelangsungan produksi akan terjaga dengan terjaganya stock yang cukup.000.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->