P. 1
Cara Merangkai Dan Memodifikasi Pedal Distorsi Gitar Anda Sendiri

Cara Merangkai Dan Memodifikasi Pedal Distorsi Gitar Anda Sendiri

|Views: 474|Likes:
Published by Ferry Ricardo Dien

More info:

Published by: Ferry Ricardo Dien on Oct 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

CARA MERANGKAI DAN MEMODIFIKASI PEDAL DISTORSI GITAR ANDA SENDIRI Meningkatkan keuntungan menggunakan dioda Jika Anda

memiliki rangkaian seperti Jordan Bosstone atau MXR Distortion+ atau DOD overdrive 250 dan orang lain yang memiliki sepasang dioda menciptakan distorsi pada akhir sebuah sirkuit, Anda dapat meningkatkan tingkat output rangkaian dengan mengorbankan sedikit distorsi oleh meletakkan dua dioda di mana terdapat satu. Jadi, bukannya dari 2 dioda, Anda sekarang memiliki empat.

Modifikasi ini akan meningkatkan tingkat output dengan mengorbankan sedikit distorsi. Lebih dioda dalam rangkaian juga akan memberikan lingkup yang lebih luas dari sound clean ke dirty sound tetapi kurang terlalu terdistorsi saat rangkaiannya pada posisi maximal. Sesuatu yang perlu diperhatikan adalah bahwa sebuah dioda germanium akan "klip" di sekitar 3V dan sebuah dioda silikon akan "klip" di sekitar 6V, jadi Anda perlu kira-kira 2 dioda germanium untuk yang setara dengan satu dioda silikon. Multimeter yang baik akan memungkinkan anda untuk mengukur dioda dan mencari tahu apakah tegangan majunya terrsebut.LEDs akan memperpendek bahkan kemudian memberikan Anda jangkauan yang berlebih dari clean sound ke dirtysound nya. Melunakkan distorsi menggunakan sebuah kapasitor sekitar dioda Anda dapat meletakkan kapasitor secara paralel sekitar 2 dioda memasangkan dan memperlunak akhir yang tinggi ( high end) dari distorsi. Meningkatkan nilai kapasitor akan memotong lebih banyak distorsi dan mempertinggi suara high.

Mengubah nilai kapasitor akan mengubah berapa banyak pemotongan suara high dari distorsi. Mulailah dengan 100pf,kemudian cobalah 250pf, kemudian 470pf dll. Distorsi asimetris dengan dioda Dalam pasangan dioda,buat satu dioda germanium dan satu dioda silikon. secara bergantian,letakkan dua dioda di satu sisi dan satu dioda di sisi lain.

Dasarnya ketidaksesuaian dioda untuk mendapatkan ini. Gunakan multimeter yang dapat mengukur dioda untuk menemukan ketidaksesuaiannya itu. Rupanya beberapa orang merasa ini akan memberikan lebih distorsi yang mirip distorsi

Biasanya ukuran lebih kecil dari 01 UF akan mulai memotong bass. jadi ini berlaku terutama ketika Anda akan membangun pedal anda sendiri atau memodifikasi yang sudah ada dengan keterbatasan ruangnya. Menambahkan sebuah "kelembutan" atau clipping threshold control Anda dapat menempatkan sebuah potensio secara seri antara sinyal dan pasangan dioda untuk menyesuaikan batas kliping dioda. Ambil dua kapasitor setengah nilai kombinasi yang dikehendaki dan membuat satu kapasitor keramik dan kapasitor film untuk mendapatkan nada yang berbeda. kurangi nilai kapasitor input. Anda akan menempatkan lebih bass ke rangkaian distorsi. untuk kapasitor 1UF .1Uf kapasitor kombinasi. Beberapa orang merasa bahwa kapasitor keramik murahan terdengar lebih "open" dan lebih baik bagi distorsi pedal. Sebagai contoh. Jika Anda membuat input kapasitor sangat kecil yaitu .Seperti dijelaskan oleh R. coba kapasitor keramik murahan ini dan lihat apakah Anda dapat mendengar perbedaannya. Anda juga dapat mencoba kombinasi kapasitor.. Hal ini berguna dalam kedua dioda untuk menahan ground seperti yang ditunjukkan di atas dan juga dioda dalam feedback loop seperti Tube Screamer. Jika Anda mengubah output kapasitor nilai yang lebih besar. perbedaan antara kapasitor keramik dan kapasitor film ini secara keseluruhan adalah tingkat smooth suara yang dihasilkannya.005 UF dll . cobalah mengganti kapasitor film dengan kapasitor keramik yang ukurannya setara. Jika Anda ingin lebih mempersangar tone Anda. jadi secara subjektif. Jika Anda mengubah output kapasitor ke nilai yang lebih kecil. Ini bertindak seperti sebuah "pelunak/pelembut" kendali ( softness control ). Jika Anda mengubah input kapasitor ke nilai yang lebih besar.G. Beberapa pedal terbaik saya menggunakan kapasitor keramik murahan.01 UF. Penurunan respons bass input dan output dari distortion box Untuk mengurangi respon bass masuk ke bagian kliping dari pedal. Anda dapat mengganti kapasitor nilai yang lebih besar seperti 1 UF dan ini akan memberi lebih respon suara bass nya. Keen founding father nya pedal-pedal Visual Sound .tabung. Meningkatkan respons bass in dan out dari sebuah distortion box Jika box nya memiliki nilai yang kecil bagi input atau output kapasitor seperti . Cobalah mereka dalam rangkaian kontrol nada dan daerah-daerah kritis lainnya. tetapi akan mengurangi respons bass di ujung rangkaian. Anda akan memiliki tipe kliping yang sama. Anda pada dasarnya akan membuat pedal yang meningkatkan menjadi treble booster! Ubah jenis bahan kapasitor Sebuah perubahan kumulatif dapat Anda buat dengan mengganti kapasitor keramik dengan kapasito film yang setara. Pada dasarnya high pass filter di ujung pedal. Sayangnya kapasitor film biasanya lebih besar dari kapasitor keramik. Anda akan menampilkan lebih bass setelah distorsi. cobalah 047 keramik dan 047Uf film secara paralel untuk mendapatkan .

Ini akan mengurangi output Anda . Cobalah berbagai type-type tersebut dalam rangkaian Anda. Berikut adalah penyaring lowpass mudah Anda yang dapat tambahkan. 1N914) membuat lebih garing (parau) Daripada germanium (1N34a). Anda dapat menempatkan sebuah potensio trimmer (bisa didapat di toko-toko elektronik dll ..) di tempatkan di salah satu dari bias resistor (misalnya di diferensial distorsi.( http://www. Mengubah jenis dioda Ubah kliping dioda menjadi berbagai jenis untuk mendapatkan "nuansa" distorsi yang berbeda. Pikirkan ini sebagai "kontrol volume" yang harmonik.visualsound. Ingat. Untuk menggunakan potensio sebagai variabel resistor. Anda dapat membuat satu dengan mengganti sebuah bias resistor dengan potensio trimmer atau potensio biasa. ikatkan salah satu lugs ke wiper lug (lug tengah). Cara Cepat dan mudah mengganti transistor Anda dapat memasang soket transistor di stompbox Anda sehingga Anda dapat mencampur dan mencocokkan transistor dengan mudah. Dioda Silicon (1N4148. memasukkan nilai kecil resistor secara seri dengan penggantian potensio untuk pengamanan. Menambah penyaring lowpass (lowpass filter) Banyak distorsi tidak memiliki kontrol tone nya. Setiap potensio dengan nilai sekurangkurangnya sama besar dengan nilai resistor asli bisa juga dibuat. Sekarang menghubungkan lug tengah ke salah satu ujung tempat resistor dan lug tidak terpakai yang lain ke sambungan resistor tersisa. Tambahkan bias potensio Salah satu cara untuk membuat distorsi Anda sedikit lebih fleksibel adalah menambahkan bias potensionya. LED memberikan suara yang lebih "crunchy" dan nge "buzz".net/index. Selain itu. Gunakan fungsi hFE multimeter Anda untuk mencampur dan mencocokkan transistor berbeda dengan berbagai keuntungan dan mendengar perbedaannya. Germanium. Anda dapat meletakkan kapasitor di sekitar dioda seperti yang disebutkan di atas dan juga dioda campuran (mismatch diode) jika diinginkan. Silicon. tanpa drive atau potensio bias di sirkuit).php/resources/rg_keen ) Ini bekerja dengan baik. FETs dan MOSFET transistor juga memiliki dioda di dalamnya yang dapat Anda gunakan sebagai pemotong sinyal (clipper). Anda juga dapat meletakkan ikatan resistor antara dioda dan ground.

. hal ini dapat langsung di lugs dari volume output panci. Anda juga dapat mengubah . menambahkan sebuah filter guna meng "cut" frekwensi low Berikut adalah menarik untuk mencoba. Anda harus bermain dengan nilai C2.01 UF). Mendapatkan lebih banyak distorsi dari sebuah pedal distorsi berbasis IC seperti seri TS kutipan dari Jack Orman's Son of Screamer Anda dapat meningkatkan nilai dari potensio drive dengan modifikasi cepat dan mudah yang akan memberikan Anda lebih banyak drive/distorsi. ini seharusnya tidak menjadi masalah.sedikit tetapi jika pedal distorsi Anda memiliki gain yang tinggi. ini akan lebih mem "bight" kan rangkaian ini. tone kontrol sedikit sekali pengaruhnya. Dalam rangka menjaga respon frekuensi yang sama. Mengubah nilai-nilai dari kapasitor akan membiarkan frekuensi yang berbeda melewatinya.dan ini akan meningkatkan gain dari rangkaian. Anda dapat menghapus salah satu dari mereka untuk menekan penurunan sinyal bahkan lebih. Buat sebuah band pass filter Sebuah filter lowpass diikuti oleh filter lowcut akan membuat sebuah band pass filter jika frekuensi lowpass lebih tinggi daripada frekuensi lowcut. penempatan lowcut jika Anda distorsi anda terlalu nge "bass". Jika pedal memiliki dua atau lebih dioda seri.05 uf). Variasi filter lowpass Buatlah satu nilai kapasitor pertama (misalnya: . hilangkan C4 (yang 22UF ke ground setelah resistor 1K).7K resistor R2. Jika Anda berpikir tentang hal ini. Gunakan trimmer kecil yang dipasang di potensio lug output bersama dengan kapasitor. Modifikasi lain yang dapat Anda lakukan adalah hanya mengurangi nilai dari 4. Ketika potensio terpasang. membuat potensio cukup besar ~ 500K. Anda juga dapat mengubah dioda jenis yang berbeda untuk berbagai "rasa" dari distorsi. Nilai potensio 500K. kapasitor kedua lain (. Untuk membuat rangkaian seri TS lebih bright.05 kapasitor yang terhubung ke Vr untuk 1UF atau lebih tinggi untuk respon bass dari unit ini.

Tone Sirkuit Big Muff Rangkaian tone ini diletakkan tepat sebelum kontrol volume.com/tsc/ bisa juga dipelajari disini.com/wpress/ ... Merancang Filter Big Muff Anda sendiri. check out : http://duncanamps.diystompboxes.: http://www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->