P. 1
Laporan Bio

Laporan Bio

|Views: 959|Likes:
Published by anazrul

More info:

Published by: anazrul on Oct 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI UMUM MENGAMATI SEL HIDUP DAN SEL MATI

Oleh: Kelompok 2 NASRULOH HADIS FITRI KARTIKA U. OKTAVIANDA K. ATIKA KUSDIANA P. SISKA SITI M. 100331400793 100331400815 100331400830 100331404538 100331404539

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI UMUM JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2010

sel prokarion. materi inti tersebar dalam sitoplasma (sel yang memiliki satu system membran. sel yang intinya memiliki membran. Kotak kecil tersebut dalam bahasa latin disebut cellulae. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah bakteri dan alga biru b. sel eukarion. Berdasarkan Keadaan Inti sel dibedakan menjadi dua yaitu a. Tahun 1829 oleh Hertwig diajukan teori protoplasma. sel yang intinya tidak memiliki membran. sel prokariotik mempunyai ribosom (tempat protein dibentuk) yang sangat banyak. Melalui pengamatannya terhadap gabus tutup botol tampak susunan kotak kecil yang teratur. Materi inti dibatasi oleh satu system membran terpisah dari sitoplasma. Struktur sel pertama kali diamati oleh seorang berkebangsaan Inggris yang bernama Robert Hooke (1635-1703). Mampu menyebutkan beberapa perbedaan antara sel mati dan sel hidup. Yang termasuk kelompok ini adalah semua makhluk hidup kecuali bakteri dan alga biru prokariotik lebih sederhana dibandingkan struktur sel eukariotik. Sel prokariotik dan sel eukariotik memiliki beberapa perbedaan sebagai berikut : Sel Prokariotik Tidak memiliki inti sel yang jelas karena tidak memiliki membran inti sel yang dinamakan nucleoid Organel-organelnya tidak dibatasi membran Membran sel tersusun atas senyawa peptidoglikan . Akan tetapi. 2.JUDUL: MENGAMATI SEL HIDUP DAN SEL MATI TUJUAN 1. DASAR TEORI Sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup. sel adalah kumpulan substansi hidup yang disebut protoplasma dengan di dalamnya mengandung inti yang disebut nukleus dan diluarnya dibatasi oleh dinding sel. Mahasiswa mampu menegetahui ciri-ciri sel mati dan sel hidup.

pengatur pembelahan sel dan pembawa informasi genetik. Selain itu terkadang terbentuk nukleolus. Di dalam nukleus terdapat nukleoplasma. Berikut adalah organel ± organel yang terdapat dalam sel: 1.- Mengandung 4 subunit RNA polymerase Susunan kromosomnya sirkuler Sel Eukariotik Memiliki inti sel yang dibatasi oleh membran inti dan dinamakan nucleus Organel-organelnya dibatasi membran Membran selnya tersusun atas fosfolipid Diameter selnya antara 10-100mm Mengandungbanyak subunit RNA polymerase Susunan kromosomnya linier Fungsi ± fungsi sel dilakukan oleh struktur ± struktur terspesialisasi yang dapat dibandingkan dengan organ ± organ dalam tubuh kita. RNA dan protein. 3. Dinding Sel Dinding sel hanya ditemukan pada sel tumbuhan. membran rangkap. Dinding sel tumbuhan banyak tersusun atas selulosa. Nukleus Merupakan organel terbesar. Sitoplasma Tersusun atas cairan yang berupa sitosol dan padatan yang berupa organel-organel. 4. berfungsi sebagai pengendali seluruh aktivitas sel. menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak melawan gravitasi bumi. mengatur keluar masuknya zat dan sebagai penerima rangsang dari luar sel. Adanya dinding sel yang kuat. yang terdiri atas benang µkromatin¶ yang tersusun atas DNA. berbentuk bulat. karenanya. sehingga sel tumbuhan bersifat kokoh dan kaku atau tidak lentur seperti sel hewan. mempertahankan bentuknya serta mencegah kehilangan air secara berlebihan. struktur ± struktur tersebut dinamai organel. . 2. Fungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel. suatu polisakarida yang terdiri atas polimer glukan (polimer glukosa). Dinding sel tumbuhan berfungsi untuk melindungi.berfungsi untuk melindungi sel. Membran Plasma Tersusun atas lemak (lipid) dan protein (lipoprotein).

tdk mempunyai membran. . Mitokondria Mitokondria adalah tempat di mana fungsi respirasi pada makhluk hidup berlangsung. Terjadi terutama pada sel-sel kelenjar kantung kecil tersebut. Membentuk dinding sel tumbuhan Fungsi lain ialah dapat membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur dan pembentukan lisosom. Untuk menyortir dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel. Organel ini akan memisah satu sama lain untuk membentuk gelendong pembelahan pada saat terjadi pembelahan sel. 6. Ribosom Tersusun atas protein dan RNA. Organel ini berisi enzim hidrolitik. Kantung atau membran golgi sama seperti membran plasma. Membentuk membran plasma. Untuk membentuk lisosom. misalnya ginjal. berfungsi tempat berlangsungnya sintesis protein. mitokondria adalah ³pembangkit tenaga´ bagi sel. misalnya lipase dan protease Organel ini berfungsi dalam proses pencernaan intraseluler. Tempat untuk memodifikasi protein. Sentriol Merupakan organel tak bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. Kantung yang dilepaskan dapat menjadi bagian dari membran plasma. 8. Dengan demikian. sedangkan sel tumbuhan memiliki hingga ratusan badan Golgi. Badan Golgi pada tumbuhan biasanya disebut diktiosombeberapa fungsi badan golgi antara lain : Membentuk kantung (vesikula) untuk sekresi. Lisosom Lisosom merupakan organel sel bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. 9. Respirasi merupakan proses perombakan atau katabolisme untuk menghasilkan energi atau tenaga bagi berlangsungnya proses hidup. Organel ini berukuran kecil . Setiap sel hewan memiliki 10 hingga 20 badan Golgi.5. berisi enzim dan bahan-bahan lain. Kompleks Golgi adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel. 7. dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. jumlahnya sepasang dan letaknya dekat membrane inti dalam posisi tegak lurus antar keduanya. Organel ini terdapat hampir di semua sel eukariotik dan banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi .

RE membentuk jaringan bersambungyang membentang dari membran sel sampai ke membran nukleus. Retikulum Endoplasma Adalah serangkaian saluran bermembran yang melintang didalam sitoplasma kebanyakan sel eukariotik. penyimpanan hasil sintesa berupa glikogen. RE sarkoplasmik adalah jenis khusus dari RE halus. dll. Berfungsi untuk punyusun spindel. 11. ada tiga macam plastida. sentriol. kecuali pada hewan uniseluler tingkat rendah. 13. terdiri dari : klorofil a dan b (untuk fotosintesis). silia & flagela. Cairan ini adalah air dan berbagai zat yang terlarut di dalamnya. Berfungsi dalam pergerakan sel. fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein. 12.fungsi vakuola adalah : memelihara tekanan osmotik sel. RE sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot. Vakuola merupakan ruang dalam sel yang berisi cairan (cell sap dalam bahasa Inggris). Ada tiga jenis retikulum endoplasma:RE kasar Di permukaan RE kasar. Vakuola ditemukan pada semua sel tumbuhan namun tidak dijumpai pada sel hewan dan bakteri. dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel. RE sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. xantofil. metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium. sitoplasma. Plastida Plastida adalah organel sel yang menghasilkan warna pada sel tumbuhan. Mikrotubulus Tersusun atas protein tubulin. mengadakan sirkulasi zat dalam sel. . detoksifikasi obat-obatan. RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid. Mikrofilamen Tersusun atas protein aktin. RE halus tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya. yaitu : leukoplast : plastida yang berbentuk amilum(tepung) kloroplast : plastida yang umumnya berwarna hijau. kontraksi otot & pembelahan sel. dan karoten kromoplast : plastida yang banyak mengandung karoten 14. terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom. fenol.10. RE sarkoplasmik ini ditemukan pada otot licin dan otot lurik.

Alat a. c. Meletakan sayatan pada preparat kaca dan ditetesi air d. Tisu 2. Mengambil sayatan epidermis menggunakan jarum pentul.ALAT DAN BAHAN : 1. Mengamati preparat menggunakan mikroskop e. Menggunakan silet untuk menyayat bawang merah secara melitang pada epidermis.Menggambar hasil pengamatan dan menentukan bagian -bagiannya . Preparat kaca c.Kaca penutup e. Mikroskop Cahaya b. SAYATAN EPIDERMIS ALLIUM CEPA: a. Daun Hidryla d. b. Epitel pipi c. Empulur ketela pohon CARA KERJA 1. Silet d. Bahan a.Jarum pentul f. Tusuk gigi g. Bawang Merah b.

Menyayat empulur ketela pohon b. Meletakan sayatan pada preparat kaca dan ditetesi air c. Mengamati preparat menggunakan mikroskop d. b. PREPARAT KEROKAN EPITEL PIPI a. Meletakan daun hydrilla pada preparat kaca dan ditetesi air c. Menggambar hasil pengamatan dan menentukan bagian -bagiannya 3. PENAMPANG MELINTANG EMPULUR KETELA POHON a. PREPARAT DAUN HYDRILLA VERTICILLATA a. Mengerok epitel pipi dengan tusuk gigi. e.2. Menetesinya dengan etilen blue d. Meletakan epitel pipi pada preparat kaca c. Mengambil satu daun hydrilla b.Menggambar hasil pengamatan dan menentukan bagian ±bagiannya PEMBAHASAN a) Allium Cepa . Mengamati preparat menggunakan mikroskop. Mengamati preparat menggunakan mikroskop d. Menggambar hasil pengamatan dan menentukan bagian -bagiannya 4.

Pada Alli C a t dapat di di sel membran sel sit plasma dan inti sel Inti Sel Sit plasma Dinding Sel Membran Sel b) Ketela pohon Terdapat membran sel dan sitoplasma kosong. . Membran Sel Sitoplasma Kosong c) Daun Hydrila Terdapat dinding sel sitoplasma dan inti sel.

Dinding sel tumbuhan lebih besar dari membran plasma yaitu berkisar antara 0. Membran sel atau membran plasma tersusun atas molekul lemak dan protein.mempertahankan bentuknya dan mencegah penghisapan air secara berlebihan. dan inti sel. Fungsinya sebagai pelindung molekuler sel (mempertahankan isi sel). Membran Sel Sitoplasma Inti Sel Dinding sel berfungsi untuk melindungi sel tumbuhan.Dinding Sel Inti Sel Sitoplasma d) Preparat kerokan epitel pipi Terdapat membran sel sitoplasma.1µm hingga beberapa µm. Dinding sel tersus atas polisakarida un dan dibentuk oleh diktiosom. mengatur keluar masuknya molekul molekul (bersifat semipermeabel: ada zat zat tertentu yang dapat melewati .

protein. dan ion-ion).Istamar. Dinding sel Membran sel Sitoplasma Inti sel Pembeda Sel hidup Ada Ada Ada Ada Sel mati Ada Ada Ada (kosong) Tidak ada KESIMPULAN Sel hidup terdiri dari dinding sel.vitamin. Biologi untuk SMA kelas XI Semester 1. 2007. sebagai tempat berlangsungnya pembongkaran dan penyusunan zat-zat melalui reaksi-reaksi kimia. . Di dalam inti sel terdapat matriks. nukleotida. membran sel. menerima rangsangan dari luar sel (sebagai reseptor). DAFTAR PUSTAKA Campbell. 2.asam amino. Fungsi nukleus mengendalikan seluruh kegiatan sel.dkk. Malang: Erlangga. 3.sitoplasma. dan inti sel. Sitoplasma tersusun atas cairan dan padatan. Sel mati terdiri dari dinding sel.asam lemak. dan sitoplasma yang kosong. Syamsuri. dan mengatur pembelahan sel. Padatan sitoplasma terdiri atas organel-organel. Nukleus atau inti sel merupakan organel terbesar yang berada di dalam sel. 2002. Jakarta: Erlangga. Cairan sitoplasma disebut sitosol (tersusun atas air. No 1.membran dan ada pula yang tidak). 4. Fungsi sitoplasma sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan kimia yang penting untuk metabolisme sel.gula.membran sel. Biologi Edisi Kelima Jilid 1.dkk. Sitoplasma meliputi isi sel kecuali nukleus.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->