P. 1
Makalah EKO - arsitektur

Makalah EKO - arsitektur

|Views: 2,457|Likes:
Published by Yusuf Muhammad

More info:

Published by: Yusuf Muhammad on Oct 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/09/2013

pdf

text

original

Makalah EKO ± Arsitektur

DISUSUN OLEH:

NAMA Nim FAKULTAS Jurusan

: MUHAMMAD YUSUF : 60100110044 : saiNtek : tehnik arsitektur

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN

Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman -teman yang lain. yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.di perhatikan oleh penulis Penyusun juga mengucapkan terima kasih banyak kepada dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini. Muhammad Yusuf i . Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. oleh sebab itu penulis sangat mengaharapkan kritik dan saran yang membangun. Penulis . Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan makalah ini dengan baik.Makalah tentang EKO-ARSITEKTUR KATA PENGANTAR Segala puji syukur bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. dan dukungan dari semua pihak yang peduli akan bangunan yang berwawasan lingkungan. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Makalah ini memuat tentang ³EKO-Arsitektur adalah konsep bangunan yang berwawasan lingkungan dalam kehidupan manusia. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan. Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui EKO-Arsitektur adalah konsep bangunan yang berwawasan lingkungan dalam kehidupan manusia.yang memang dipilih secara langsung oleh Dosen untuk di cermati.namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.

Latar Belakang«««««««««««««««««««««««««..Daftar isi Kata pengantar«««««««««««««««««««««««««««««i Daftar isi«««««««««««««««««««««««««««««««.1 B.. D... C. 2 Dasar-dasar Eko Arsitektur«««««««««««««««««««««.ii BAB I .. B.. F.3 Info lingkungan«««««««««««««««««««««««««.4 Cara membangun bangunan yang menghemat energi dan bahan baku««««. E. Pengertian Arsitektur«««««««««««««««««««««««.. PEMBAHASAN A..«««««««.7 Pencahayaan dan Warna««««««««««««««««««««««. Tujuan«««««««««««««««««««««««««««««.8 BAB III. Saran DAFTAR PUSTAKA ii . Kesimpulan B.4 Hipotesis Gaia««««««««««««««««««. PENUTUP Kesimpulan dan saran A. PENDAHULUAN A.1 BAB II.

BAB I . Teknik timbul dan muncul dimana ada kekurangan. Ada dua arus yang mempengaruhi kehidupan manusia yaitu teknik dan alam. baik yang biologis. Kelangsungan hidup lingkungan alam sangat terancam karena kita sebagai akibat perkembangan industri yang merusak hubungan-hubungan kebersatuan alam. khususnya para mahasiswa jurusan Tehnik Arsitektur. Tujuan Tulisan ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca. Latar Belakang Eko-arsitektur adalah dimensi ekologis dalam arsitektur yang penuh perhatian kepada lingkungan alam dan sumber alam yang terbatas. fakultas Sains dan Tekhnologi Universitas Islam Alauddin agar nantinya dalam membuat rancangan bangunan harus memakai konsep Eko-Arsitektur yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan materi pembelajaran. Kita berada dalam zona bahaya mencabut dasar kehidupan kita sendiri karena kita kurang memperhatikan. dampak inilah yang merupakan imbalan dari kelebihan teknik yang dangkal dan berjangka pendek. akibatnya atas tindakan kita terhadap lingkungan alam yang kompleks. psikologis maupun yang ekologis.Teknik selalu merupakan alat bantu yang dengan cepat dapat diaplikasikan kalau proses biologis dirasa terlalu lemah dan lamban tapi penerapan teknik menimbulkan efek samping. PENDAHULUAN A. 1 . B.

Kurangnya respek masyarakat Indonesia terhadap arsitek. Tapi fenomena ini adalah suatu hal yang sangat wajar terjadi dalam negara berkembang. Karena pekerjaan arsitek didunia nyata mecakup lingkup furniture. lingkup komplek bangunan (urban design). Salah satu sikap seorang arsitek profesional. filsafat.000. Lihat saja dikoran. lingkup landscape. termasuk di dalamnya adalah matematika. sains. Arsitek harus tahu kapan dirinya harus jual mahal dan harus tahu juga kapan dirinya dibayar murah atau bahkan tidak dibayar sama sekali.istilah arsitek berasal dari sebutan untuk ketua tukang kayu yang memimpin suatu pembangunan. Ia pun menambahkan 2 bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik. Ahli dalam rancang bangun dan lingkungan binaan.BAB II PEMBAHASAN A. hingga ke level mikro yaitu desain bangunan. Banyak arsitek Indonesia tidak menghargai arsitektur tempat dia berasal. dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni´. indah tidaknya bangunan. Filsafat adalah . humaniora. Tapi apakah istilah itu relevan untuk masa ini? Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai ³perancang bangunan´ . Arsitek sesungguhnya memiliki cakupan yang jauh lebih luas daripada sekedar merancang bangunan. seni. Mengutip Vitruvius. Para arsitek pun bisa bernafas lega. desain perabot dan desain produk. pasti ada iklan yang berbunyi ³menerima jasa arsitek per meter Rp10. Dalam tahun-tahun terakhir ini geliat respek terhadap arsitek dan jasa nya mulai terasa. lingkup interior bangunan. dan dari bahasa Yunani: architekton (master pembangun). tukang kayu). Pengertian Arsitektur ³Arsitek´ berasal dari Latin architectus. toko dan sebagainya.. arkhi (ketua) + tekton (pembangun.per gambar´. arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan.000. Sehingga arsitek hanya dikait-kaitkan dengan masalah berdiri tidaknya. Sebagian besar arsitek Indonesia tidak menilai kemampuannya sendiri. Masyarakat Indonesia kurang menghargai jasa arsitek. teknologi. ³Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya. Arsitektur adalah bidang multi-dispilin. Rp10. mulai dari level makro yaitu perencanaan kota perancangan perkotaan arsitektur lansekap.-´ atau bahkan ada yang lebih ekstrim lagi ³melayani jasa rancang rumah tinggal. Ini kelihatan dari keengganan mereka untuk memakai jasa arsitek dalam pembangunan. hingga lingkup wilayah kota dan regional. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut. Bukan hanya sebagai tukang gambar. Jadi dari asal kata diatas. astronomi. jasa seorang arsitek cuma dihargai segitu. sejarah. Sudah saatnya kita melihat arsitek sebagai ³master of builder´. sedikit banyak disebabkan oleh arsitek itu sendiri. Dalam artian yang lebih luas. dan sebagainya. Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. dsb.

Bambang Suskiyatno Tebal : 182 hal. Seorang arsitek saat itu bukanlah seorang figur penting. post-strukturalisme. Buku ini berguna bagi para arsitek dan perencana untuk memperhatikan dan melestarikan lingkungan alam dalam pembangunan 3 . Dasar-dasar Eko Arsitektur Konsep arsitektur berwawasan lingkungan serta kualitas konstruksi dan bahan bangunan untuk rumah sehat dan dampaknya atas kesehatan manusia. Kemudian manusia menjadi lebih maju dan pengetahuan mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktekpraktek. empirisisme. yaitu perencanaan dan pembangunan rumah yang seimbang dengan alam. 1998. strukturalisme. Struktur dan konstruksi bangunan. B. Membangun kembali dan resikling. Perencanaan eko-arsitektur. atau peniruan sehingga menjadi hasil yang sukses. y y Penulis : Heinz Frick. Dilengkapi lampiran daftar kata2 dan daftar istilah penting. Pokok bahasan dari buku ini . sehingga kita bisa hidup selaras dengan alam. Buku ini menerangkan prinsip2 arsitektur yang ekologis secara keseluruhan. Arsitektur prasejarah dan primitif merupakan tahap awal dinamika ini. y y y y y y y Pengantar ekologi dan eko arsitektur. improvisasi.155 x 225 mm. FX. Radiasi teristis. Yogyakarta Ada 2 arus yang mempengaruhi kehidupan manusia : teknik dan alam. ia semata-mata melanjutkan tradisi. Pada tahap ini lah terdapat proses uji coba. Bahan bangunan dan rantai bahan. dan dekonstruktivisme adalah beberapa arahan dari filsafat yang mempengaruhi arsitektur. keamanan. Rasionalisme. fenomenologi. yang menyembuhkan badan manusia dan memberi tempat perlindungan bagi jiwa manusia. arsitektur berkembang menjadi ketrampilan. Kosmis dan teknis. dan cara (bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi).salah satu yang utama di dalam pendekatan arsitektur. uk. Arsitektur lahir dari dinamika antara kebutuhan (kebutuhan kondisi lingkungan yang kondusif. dsb).

Cara membangun yang menghemat energi dan bahan baku 1. o Intensitas energi baik yang terkandung dalam bahan bangunan yang digunakan saat pembangunan harus seminal mungkin. o Bagunan sedapat mungkin diarahkan menurut orientasi Timur-Barat dengan bagian Utara-Selatan menerima cahaya alam tanpa kesilauan. Apakah pengguna suatu bangunan merasa tertarik. atap sebuah gedung sesuai dengan tugasnya.C. Pola Perencanaan Eko-Arsitektur selalu memnfaatkan alam sebagai berikut : o Dinding. D. Kualitas arsitektur biasanya hanya memperhatikan bentuk bangunan dan konstruksinya. Kualitas arsitektur biasanya sulit diukur. Penggunaan bahan bangunan Memilih bahan bahan bangunan yang dapat dibudidayakan dan menurut penggunaan energi yang menghemat energi Minimalisasi penggunaan sumber bahan yang tidak dapat diperbaharui Pembangunan yang menghemat energi Sda Sda Menghemat sumber energi yang tidak dapat diperbaharui Sda Sda Sda Menghemat sumber bahan mentah yang tidak dapat diperbaharui Sda 4 . garis batas antara arsitektur yang bermutu dan yang tidak bermutu. Bangunan yang memperhatikan penyegaran udara secara alami bisa menghemat banyak energi. Daya serap panas dan tebalnya dinding sesuai dengan kebutuhan iklim/ suhu ruang di dalamnya. Dinding suatu bangunan harus dapat memberi perlindungan terhadap panas. angin dan hujan. Info lingkungan EKO-Arsitektur adalah konsep bangunan yang berwawasan lingkungan dalam kehidupan manusia. tetapi mengabaikan yang dirasakan sipengguna dan kualitas hidupnya. Subsitusi sumber energi yang Meminimalisasi penggunaan tidak dapat diperbaharui energi untuk alat pendingin Optimalisasi penggunaan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui Usaha memajukan penggunaan energi alternatif Penggunaan energi surya 3. Perhatian pada iklim setempat Penggunaan tumbuhan dan air sebagai pengatur iklim Orientasi terhadap sinar matahari dan angin Penyesuain pada perubahan suhu siang-malam 2. harus melidungi sinar panas.

iklim dan susunan kimia. Penggunaan teknologi tepat Memanfaatkan/ mengguanakan Menghemat hasil produk bahan guna yang manusiawi bahan bangunan bekas pakai. energi. Hipotesis ini kemudian dibuktikan karena organisme-organisme dan lingkungan fisik kimia dalam evolusinya yang berhubungan erat sehingga bumi papat dianggap sebagai machluk hidup. dan air Perhatian pada bahan mentah dan Sda sampah yang tercemar Perhatian pada peredaran air Sda bersih dan limbah air 5. Hipotesis Gaia Yang paling berpengaruh dasar perencanaan arsitektur masa depan adalah Hipotesis Gaia sebagai berikut : Kehidupan bukan menciptakan lingkungan menurut kebutuhannya. Menghemat sumberdaya alam utuh di antara peneyediaan dan dihindari sejauh mungkin (Udara. air limbah. air. melainkan sistim keseluruhan termasuk lingkungan dan kehidupan. sebagai organik yang mengatur suhu. dan kehidupan bukan faktor penentu. dan tanah) pembuangan bahan bangunan. Pembentukan peredaran yang Gas kotor. Mudah dirawat dan dipelihara Sda Produksi yang sesuai dengan Sda pertukangan E. Kerusakan bumi yang dikaibatkan oleh manusia di muka bumi ini akan menyakiti bumi sebgai Gaia dan akan menghancurkan dasar kehidupan manusia 5 . Cara kehidupan manusia sangat erat kaitannya dengan kehidupan machlukmachluk lainnya. bangunan. Perencanaan benda apapun yang dihasilkan melalui kecerdasan manusia adalah bagian mikrokosmos. sampah.Upaya memajukan penggunaan Sda energi alternatif Penggunaan kembali sisa-sisa Sda bangunan (limbah) Optimalisasi bahan bangunan Sda yang dapat dibudidayakan 4.

Makin jenuh atau kurang bercahaya suatu warna akan makin bergairah.6 . Untuk memenuhi tuntutan yang berlawanan ini maka sebaiknya sinar matahari tidak diterima langsung secara langsung melainkan dipantulkan terlebih dahulu ke dalam air kolam. Kenyamanan dan kretivitas dapat juga dipengaruhi oleh warna. maka pengaruhnya atas badan manusia menjadi berbeda pula. Pencahayaan alam mengandung efek penyembuhan dan meningkatkan kretivitas manusia.F. akan tetapi untuk ruang kerja ketentuan tersebut melawan kebutuhan cahaya untuk mata manusia. Pencahayaan mata hari di daerah tropis mengandung gejala sampingan dengan sinar panas. sebaliknya hawa nafsu dapat ditingkatkan dengan penambahan cahaya. epiphisis dan hipothalamus yang semuanya terdapat simultan dari cahaya. Berhubung pencahayaan buatan dengan bola lampu dan sebagainya mempegaruhi kesehatan manusia. Di alam pencahayaan selalu berasal dari atas yaitu matahari. Cahaya matahari memberi kesan vital dalam ruang. y y y y y y Warna ungu indigo memiliki frequensi tertinggi yaitu 750 Thz Warna biru memiliki frequensi tertinggi yaitu 670 Thz Warna hijau memiliki frequensi tertinggi yaitu 600 Thz Warna kuning memiliki frequensi tertinggi yaitu 550 Thz Warna oranye memiliki frequensi tertinggi yaitu 500 Thz Warna merah memiliki frequensi tertinggi yaitu 430 Thz Masing-masing warna memiliki ciri khusus yaitu sifat warna. warna dan bayangan dapat menciptakan suasana yang mendukung kehidupan lewat kelenjar hormon. maka dibutuhkan pencahayaan alam yang terang tanpa silau dan tanpa sinar panas. Contoh seperti pada gambar rumah disamping menunjukkan Bagian ruang yang tersinari dan yang dalam keadaan gelap akan menentukan nilai psikis yang berhubungan dengan ruang. Oleh sebab itu warna adalah salah satu cara untuk mempengaruhi ciri khas suatu ruang atau gedung. terutama jika cahaya matahari masuk dari jendela yang orientasinya terhadap mata angin. Pencahayaan dan Warna Pencahayaan dan pembayangan akan mempengaruhi orientasi dalam ruang. maka daerah tropis manusia menganggap ruang yang agak gelap sebagai kesejukan. sifat cahaya dan kejenuhan (intensitas sifat warna). lantai atau lewat langit-langit bangunan. Perpaduan antara cahaya.Setiap warna memiliki frequensi tertentu. Badan manusia bereaksi sangat sensitif terhadap rangsangan dari masing-masing warna.

sedang untuk berkesan luas diberi warna dingin seperti warna putih. ujung atas kepala (ungu). Pada praktek sehari-hari warna juga dapat dimanfaatkan untuk mengubah atau memperbaiki proporsi ruang secara visual demi peningaktan kenyamanan. solarplexus (kuning). y y y y y Langit-langit rumah yang terlalu tinggi dapat diturunkan dengan memberi warna hangat dan agak gelap. pangkal tenggorok (biru mudah). kemaluan (indigo).Alat vital manusia juga memiliki warna : Jantung (hijau) . sedang vertikal berkesan lebih tinggi. jika dinding bergaris horizontal ruang berkesan terlindung. ari-ari (merah). Dinding tidak seharusnya dari lantai diberi warna yang sama. Ruang yang agak sempit panjang dapat berkesan pendek dengan memberi warna hangat pada dinding bagian muka. Sebagai suatu kesimpulan dapat ditentukan bahwa keseragaman yang menoton adalah racun keindahan/ kenyamanan. Warna orange artinya penolak rasa takut Warana merah artinya penolak rasa tenteram Warna ungu artinya penolak rasa jahat. Warna aktif seperti merah. Warna juga memiliki arti antara lain : y y y y y y y y Warna kuning artinya penolak rasa mengantuk Warna biru artinya penolak rasa sakit/ penyakit Warna Hitam artinya penolak rasa lapar Warna Hijau artinya penolak rasa angkara murka (marah) Warna putih artinya penolak rasa birahi. Langit-langit yang agak rendah diberi warna putih atau cerah dan diikuti 20 cm dari dinding bagian paling atas diberi warna putih yang memberi kesan langit-langit seakan-akan melayang dengan suasana yang sejuk. . lambung (orange). orange pada bidang yang luas memberi kesan memperkecil ruang.

2. Adanya perencanaan yang matang untuk mahasiswa tentang pembelajaran EKO-Arsitektur ini. Saran 1. FX. sangat amat diharapkan saran dan kritikan yang membangun sipenulis baik dari dosen maupun dari mahasiswa lainya. Hipotesis Gaia. Pada intinya konsep bangunan yang berwawasan lingkungan dalam kehidupan manusia itu adalah EKO-arsitektur yang harus diketahui dan diterapkan oleh seorang Arsitektur B. Didalam merancang dan membangun bangunan diharapkan seorang arsitektur untuk memakai system Eko-arsitektur. Kesimpulan Berdasarkan uraian bahasan : 1. Pencahayaan dan Warna 3. Mandorkawat2009's Blog 7 .yang merangkup Cara membangun yang menghemat energi dan bahan baku.Diharapkan dosen mengenalkan dan melatihkan keterampilan konsep EKO .BAB III PENUTUP Kesimpulan dan saran A.Bambang Suskiyatno 1998. DAFTAR PUSTAKA y y Sumber : Heinz Frick.Arsitektur sebelum atau selama pembelajaran agar mahasiswa mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta dapat menumbuhkan dan mengembangkan tehnik membuat suatu rancangan. Dapat disimpulkan bahwa yang mempengaruhi kehidupan manusia itu ada dua yaitu teknik dan alam 2. serta pelatihan ± pelatihan yang menjerumus dengan pelajaran yang dimaksud 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->