SOAL BAB CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP NAMA : I.

Silanglah pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
1. Berikut ini beberapa kegiatan makhluk hidup. 1. Bernapas 2. Tumbuh 3. Berpindah tempat 4. Beradaptasi 5. Berevolusi 6. Berkembang biak Kegiatan di atas yang termasuk ciri-ciri makhluk hidup adalah . a. 1, 2 dan5 b. 2, 4 dan 6 c. 2, 3 dan 6 d. 4, 5 dan6 2. Makhluk hidup selalu bernapas. Bernapas adalah . a. menghirup dan menghembuskan karbon dioksida b. menghirup dan menghembuskan oksigen c. menghirup karbondioksida dari udara dan menghembuskan oksigen d. menghirup oksigen dari udara dan menghembuskan karbon dioksida 3. Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Kemampuan seperti itu disebut . a. Adaptasi b. Oksidasi c. Fotosintesis d. Oksidasi biologis 4. Tujuan makhluk beradaptasi adalah untuk . a. mempertahankan hidup b. memperoleh tempat tinggal c. mengasingkan diri d. mengalahkan musuh 5. Contoh adaptasi yang dilakukan tumbuhan adalah . a. dalam waktu tertentu tumbuhan mengeluarkan bunga yang akan menjadi buah. b. stomata pada tumbuhan digunakan untuk bernapas c. tumbuhan yang hidup di daerah banyak air mempunyai daun yang lebar d. daun berwarna hijau dan bila terlepas dari tangkai akan kering 6. Hewan yang mempunyai kemampuan mengubah warna kulit sesuai dengan warna sekitarnya yaitu... a. Tokek b. Bunglon c. Kadal d. Kelelawar 7. Adaptasi fisiologis adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan yang berhubungan dengan .. a. tingkah laku b. tempat hidupnya c. fungsi alat-alat tubuh d. bentuk atau alat tubuh 8. Kaki bangau berukuran panjang sehingga memungkinkan bangau berdiri di tanah rawa. Bentuk kaki seperti itu termasuk adaptasi a. morfologi b. tingkah laku c. Fisiologi d. lingkungan 9. Kemampuan kelelawar untuk menentukan keadaan di sekitarnya menggunakan bunyi pantul disebut . a. ekolokasi b. iritabilita c. adaptasi d. mimikri 10. Makhuk hidup yang mempunyai kaki beralur parallel dan lengket merayap pada dinding adalah . a. cicak dan tokek b. cicak dan bunglon c. tokek dan iguana d. tokek dan kadal

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. Apa yang dimaksud dengan ekolokasi ? Apa fungsi punuk pada unta ? Apa isi dari punuk unta ? Sebutkan ciri khusus lemur ? Sebutkan 2 contoh binatang yang mencari makan pada malam hari ! Di mana tempat hidup ikan gelodok ? Bagaimana cara armadilo melindungi dirinya ? Bagaimana cara jerapah berlari ? Bagian mana dari tubuh laba-laba yang menghasilkan jaring ? Sebutkan tiga ciri khusus bebek ! Apa fungsi daun yang bundar dan lebar pada teratai ? Mengapa venus flytrap menarik perhatian serangga ? Cairan apa yang dikeluarkan kantong semar untuk mencerna serangga ? Dimana tempat hidup kaktus ? Mengapa tusam dapat hidup di berbagai iklim ? Apa fungsi akar yang panjang pada tumbuhan kaktus ? Bunga apa yang berbau paling busuk ? Mengapa kelapa dapat dibawa ombak selama berbulan-bulan tanpa busuk ? Tumbuhan apa yang paling cepat tumbuh ? Mengapa ? 20. Berapa buah buku yang terdapat pada tunas rebung ?

3. 7. 13. memiliki bentuk paruh yang pipih dan lebar. Karena daunnya dipenuhi dengan cairan nektar. Melangkah dengan kaki bagian kiri dahulu baru kaki bagian kanan Alat antih yang terdapat dalam abdomen (perut) Memiliki kaki yang pendek. 12. 20. 2. 14. 5. Untuk menyimpan makanan dan minuman Lemak yang dapat dipecah menjadi makanan dan air Memiliki ekor yang panjang dan mata yang dapat memantulkan cahaya pada malam hari. 8. Kemampuan untuk mengetahui mangsa dengan menggunakan gelombang bunyi. 9. 19. 10. 11. 4. 15. 16. Cairan asam Di gurun pasir atau daerah yang kering dan gersang Karena memiliki epidermis yang tebal Untuk menyerap air sebanyak-banyaknya pada saat turun hujan. Kelelawar dan burung hantu Di daerah air payau dan hutan bakau Dengan menggulung badannya seperti bola Dengan cara menggerakkan kepalanya ke depan dan belakang serta menggulung ekornya. 6.Jawaban 1. Untuk berfotosistesis dan meningkatkan transpirasi. 18. 17. Bunga Bangkai Arum Kuda Mati Karena buah kelapa terlindung oleh sabut kelapa yang tebal dan ringan. memiliki selaput tipis pada kaki. 60 buku . Bambu karena pada setiap bukunya terdapat jaringan meristem.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful