P. 1
1. Materi PTK

1. Materi PTK

|Views: 353|Likes:
Published by Dhenox Endel

More info:

Published by: Dhenox Endel on Oct 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

Materi Penelitian

Harus diangkat dari masalah-masalah yang dialami dalam pembelajaran Jangan Salah pemahaman Misal: Model pembelajaran SEQIP Metode Portofolio Satu tahun saja

Komponen dan Kaitannya Latar Belakang Masalah Kajian Teori ! ! ! ! Metode Penelitian Tujuan Penelitian .

Latar Belakang dan Rumusan Masalah Diambil dari permasalahan nyata di kelas Sertakan data pendukung Harus tampak potensi untuk perbaikan pembelajaran Masalah tidak terlalu luas (Rumusan harus fokus) Menggambarkan alasan pemilihan alternatif pemecahan Rumusan masalah mencerminkan adanya tindakan dan gambaran perubahan prilaku Analisis Permasalahan Harus Tajam .

Tujuan dan Manfaat Rumusan tujuan jelas/fokus Rumusan tujuan mengarah pada penyelesaian permasalahan atau pada peningkatan/perbaikan kualitas pembelajaran Menggambarkan manfaat penelitian bagi mahasiswa/siswa. dosen/guru dan program studi/sekolah Tujuan dan Manfaat Jelas .

Kajian Pustaka Harus relevan dengan permasalahan Harus relevan dengan alternatif pemecahan masalah Juga mengungkap hasil-hasil penelitian yang relevan Kajian Pustaka Relevan dengan Masalah .

serta antara penelitian pengembangan dan penelitian tindakan (pengembangan yang di-action-kan) . Harus bisa membedakan antara penelitian pengembangan dan penelitian eksperimen (pengembangan yang dieksperimenkan).Metode Penelitian Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pemahaman terhadap PTK tepat (tidak rancu antara pengertian siklus dan tindakan Pada penelitian tindakan perlu ada gambaran tindakan yang direncanakan.

Prosedur Penelitian Penelitian Tindakan Kelas Pemahaman terhadap siklus jelas (Siklus jelas atau lengkap komponennya) Satu pertemuan tidak dianggap satu siklus. seperti adanya sampling dalam penentuan subjek. satu siklus Harus meliputi paling sedikit dua pertemuan Rancangan tidak rancu dengan penelitian lain. adanya kelompok kontrol Hubungan peran kolaboratif terinci dengan jelas Pemahaman PTK Masih Lemah .

. misal untuk mengukur keterampilan kerja ilmiah jangan digunakan tes tulis.Pengumpulan dan Analisis Data Jangan hanya difokuskan pada hasil belajar tapi juga proses harus diprioritaskan juga Pada PTK analisis data jangan mengandalkan pendekatan kuantitatif (Pokoknya statistik) Instrumen yang akan digunakan harus sesuai dengan data yang diinginkan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->