P. 1
JURNAL BIOTEKNOLOGI 1

JURNAL BIOTEKNOLOGI 1

|Views: 1,156|Likes:
Published by AmaliaAndiNur

More info:

Published by: AmaliaAndiNur on Oct 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2013

pdf

text

original

I. A.

Latar Belakang Isolasi merupakan

PENDAHULUAN

langkah

pertama

pada

proses

screening

mikroorganisme untuk aplikasi industri. Beberapa kriteria penting dalam memilih mikroorganisme antara lain karakterisitik gizi dari organisme, suhu optimum dari organisme, reaksi dari organisme dengan peralatan yang dipakai dan kecocokan dari organisme terhadap tipe proses yang digunakan, stabilitas organisme serta produktivitas organisme. B. Tujuan Praktikum Tujuan dilakukannya praktikum ini adalah 1. Untuk mengetahui cara mengisolasi mikroba dengan baik dan benar. 2. Untuk mengetahui jenis mikroba yang tumbuh pada biakan. II. METODOLOGI PRAKTIKUM A. Waktu dan Tempat Praktikum Praktikum dengan judul Isolasi Mikroba dilaksakankan pada hari Rabu, tanggal 15 September 2010, pukul 11.00 WITA sampai selesai, bertempat di Laboratorium Mikrobiologi Pangan, Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar. B. Alat dan Bahan Praktikum Alat yang digunakan pada praktikum ini antara lain: tabung reaksi 7 buah pipet volume 1 buah cawan petri 1 buah laminar flow 1 unit

Diambil sampel sebanyak 1 mL. termasuk media MRA. Diamati dan dihitung jumlah koloni yang tampak. 2. Dipersiapkan semua alat dan bahan yang digunakan.- autoklaf 1 unit bunsen 1 buah labu erlenmeyer 1 buah penangas 1 unit - rak tabung 1 buah jarum ose 1 buah batang pengaduk 1 buah Bahan yang digunakan pada praktikum ini antara lain: C. Diinkubasi selama 24 jam dengan suhu 37OC. 6. 5. . 4. Dilakukan pengenceran hingga 10-7 pada ruangan inokulum. Dituangkan media MRA secukupnya ke dalam cawan petri. begitu seterusnya hingga tabung G. Diambil 1 mL cairan dari tabung reaksi G. 3. kemudian dimasukkan ke dalam cawan petri kemudian diratakan. kemudian dicampurkan ke dalam tabung reaksi A yang telah memiliki larutan aquadest 9 mL di dalamnya. 1. Cairan pada tabung reaksi A diambil 1 mL kemudian dituangkan ke dalam tabung reaksi B. yakult 1 botol aquadest media MRA kapas alluminium foil Prosedur Kerja Prosedur kerja yang dilakukan pada praktikum ini ialah sebagai berikut.

Maka jumlah Lactobacillus casei adalah    . Ditemukan 60 koloni yang terbentuk. Hasil Hasil yang diperoleh dari praktikum Isolasi Mikroba dapat dilihat pada tabel di bawah ini: Tabel 01. Hasil Pengamatan dan Perhitungan Mikroba dari bahan Yakult No Hasil Jenis Mikroba Keterangan 1. HASIL DAN PEMBAHASAN A. B. Hal ini sesuai dengan . Mikroorganisme yang terdapat pada media adalah Lactobacillus casei.III. Merupakan bakteri yang mampu mensintesis laktosa menjadi asam laktat sehingga baik untuk kesehatan saluran cerna manusia. 2010. Hal ini sesuai dengan Riadi (2007). Metode yang digunakan tergantung pada jenis mikroorganisme dan produk yang akan dihasilkan maka. bahwa metode submerged merupakan metode isolasi yang mikroorganisme dan substrat berada dalam media cair. metode seleksi yang digunakan adalah metode submerged. serta dalam keadaan teraduk untuk mikroorganisme seperti Lactobacillus. Lactobacillus casei Sumber: Data Hasil Praktikum Isolasi Mikroba. Pembahasan Metode maupun medium yang digunakan untuk isolasi harus menyediakan semua nutrien yang diperlukan oleh mikroorganisme untuk memperoleh energi pertumbuhan dan pembentukan metabolit.

Hal ini sesuai dengan Anonim (2009). karena bakteri jenis ini merupakan bakteri yang mampu mensintesis laktosa menjadi asam laktat. Hal ini sesuai dengan Yulinery (2006). bahwa susu skim merupakan substrat yang tepat untuk Lactobacillus casei. Yakult merupakan minuman prebiotik. Susu skim. Berhasil atau tidaknya suatu proses isolasi ditentukan oleh mikroorganisme yang dijadikan isolat. Suhu inkubator yang tidak sesuai dengan suhu optimum isolat juga akan berdampak tidak baik. kesterilan dari setiap proses harus senantiasa dipertahankan. bahwa keberhasilan suatu proses isolasi maupun fermentasi mikroorganisme bergantung pada seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan. Produksi asam laktatnya membuat lingkungannya bersifat asam dan mengganggu pertumbuhan beberapa bakteri merugikan. Isolat Lactobacillus casei ditumbuhkan pada media cair yang mengandung susu skim 10%. bakteri ini dapat ditemukan dalam sistem pencernaan. bahwa Lactobacillus casei masuk dalam kategori bakteri anaerobik fakultatif atau mikroaerofilik. Kebanyakan dari bakteri ini umum dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Dalam manusia.Anonim (2010). susu tanpa lemak namun kaya akan laktosa merupakan subsrat yang tepat karena Lactobacillus casei mampu mensintesis laktosa tersebut menjadi asam laktat. yaitu minuman yang mengandung mikroorganisme hidup yang secara aktif meningkatkan kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan flora usus jika dikonsumsi dalam keadaan hidup . proses isolasi yang dilakukan hingga pada tahapan inkubasi. Dapat merubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat. Kesterilan seluruh alat yang digunakan turut memegang peranan penting untuk menunjang keberhasilan.

3. Saran Saran untuk Laboratorium adalah hendaknya sirkulasi udara diperbaiki. B. 2.dalam jumlah yang memadai. . yaitu metode yang menggunakan media cair dan teraduk. 4. Lactobacillus casei mampu merubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat. IV. dan mengurangi jumlah bakteri yang merugikan. Kesimpulan Kesimpulan yang dapat ditarik dari praktikum ini antara lain: 1. Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan. Lactobacillus casei Shirota strain diisolasi dengan menggunakan metode submerged. Bakteri ini dapat menaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia. PENUTUP A. meningkatkan jumlah bakteri berguna. Media cair yang digunakan sebagai substrat mengandung susu skim 10%. Hal ini sesuai dengan Anonim (2008). agar ruangan menjadi lebih sejuk sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi kelancaran praktikum yang berlansung. Jenis mikroorganisme yang terdapat pada yakult adalah Lactobacillus casei Shirota strain. bahwa yakult dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 2007. Makassar. Lactobacillus. . Mar 8 yang Telah Dienkapsulasi dengan Menggunakan Spray Dryer untuk Menurunkan Kolesterol.id. Graha Ilmu. 2010. dkk.wikipedia.ptp2007.co. . Anonim. Diakses tanggal 21 September 2010. Makassar. Anonim. Yogyakarta. Bogor. Produk Yakult. Fermentasi. http://www. Uji Fisiologis Probiotik Lactobacillus sp. http://www.yakult. Teknologi Fermentasi.com. 2008. http://www. Riadi. 2006.wordpress. Makassar. Lieke. 2009. Yulinery.com. Diakses tanggal 26 September 2010. Diakses tanggal 21 September 2010. Titin.DAFTAR PUSTAKA Anonim.

JURNAL PRAKTIKUM APLIKASI BIOTEKNOLOGI PANGAN ISOLASI MIKROBA NAMA NIM KELOMPOK ASISTEN : ANDI NUR AMALIA A : G 611 08 290 : IV (EMPAT) : AYU PURNAMA SARI PROGRAM STUDI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2010 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->