P. 1
kinematika

kinematika

|Views: 231|Likes:
Published by Randy Onlyy

More info:

Published by: Randy Onlyy on Oct 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2014

pdf

text

original

A. Kinematika 1.

Pengertian Kinematika
Dalam fisika, Kinematika adalah cabang dari mekanika yang membahas gerakan benda tanpa mempersoalkan gaya penyebab gerakan. Hal terakhir ini berbeda dari dinamika atau sering disebut dengan Kinetika, yang mempersoalkan gaya yang mempengaruhi gerakan. Dalam kinematika kita mempelajari: 1. jarak: panjang litasan yang dilalui oleh suatu benda dalam selang waktu tertentu. Jarak tidak selalu sama dengan perpindahan. 2. perpindahan: peubahan posisi benda dihitung dari posisi awal dalam selang waktu tertentu. 3. kecepatan: 4. percepatan yang akan kita bahas adalah ttg jarak dan perpindahan jarak adalah Karena relatif sederhana, kinematika biasanya diajarkan sebelum dinamika atau sebelum konsep mengenai gaya diperkenalkanlah berbagai macam gaya, yaitu:

1.Gerak Relatif
Dapat ditunjukkan dengan persamaan matematika vektor sederhana berikut yang memperlihatkan suatu penjumlahan vektor : gerak A relatif terhadap O sama dengan gerak relatif B terhadap O ditambah dengan gerak relatif A terhadap B :

y. Vektor posisi (atau ). vektor kecepatan dan vektor percepatan dalam sistem koordinat Cartesian digambarkan sebagai berikut : . yaitu: Sistem Koordinat Diam Pada sistem koordinat ini.Z adalah sebuah sumbu koordinat tetap / tak bergerak x. Umumnya adalah sebuah vektor satuan pada arah X.2.Gerakan Koordinat Salah satu persamaan dasar dalam kinematika adalah persamaan yang menggambarkan tentang turunan dari sebuah vektor yang berada dalam suatu sumbu koordinat bergerak. Yaitu : turunan terhadap waktu dari sebuah vektor relatif terhadap suatu koordinat diam. adalah sebuah vektor satuan pada arah Y. Dalam bentuk persamaan : dimana : r(t) adalah sebuah vektor X. Y.Y.z adalah sebuah sumbu koordinat berputar ω adalah kecepatan sudut perputaran koordinat Gerakan system koordinat terbagi atas 2. atauZ. sebuah vektor digambarkan sebagai suatu penjumlahan dari vektor-vektor yang searah dengan sumbu X. sama dengan turunan terhadap waktu vektor tersebut relatif terhadap koordinat bergerak ditambah dengan hasil perkalian silang dari kecepatan sudut koordinat bergerak dengan vektor itu. adalah sebuah vektor . dan satuan pada arah Z.

catatan : . sehingga secara vektor. Berbeda dengan sistem koordinat Cartesian diatas. fungsi kecepatan ini dituliskan sebagai maka fungsi kecepatan dapat dituliskan sebagai . Sistem Koordinat Bergerak 2 Dimensi Sistem koordinat ini hanya menggambarkan gerak bidang yang berbasis pada 3 vektor satuan orthogonal yaitu vektor satuan . atau Vektor Kecepatan Rata-Rata Kecepatan didefinisikan sebagai perubahan posisi setiap satuan waktu. dan putarnya. Persamaan gerak dalam dua dimensi digambarkan menggunakan fungsi dalam vektor.mengikuti gerakan dari benda atau partikel pada suatu benda yang diamati. misalnya vektor posisi digambarkan sebagai bagian dari koordinat X dan Y menjadi : Jika terdapat dua koordinat masing-masing dan maka vektor perpindahannya adalah dapat pula dinyatakan sebagai Perlu anda ingat bahwa perpindahan adalah perubahan posisi. dimana segala sesuatunya diukur relatif terhadap datum yang tetap dan diam tak berputar. datum dari koordinat-koordinat ini dapat berputar dan berpindah . dan vektor satuan sebagai sebuah bidang dimana suatu sebagai sumbu obyek benda berputar terletak/berada. Hubungan antara koordinat diam dan koordinat berputar dan bergerak ini dapat dilihat lebih rinci pada Transformasi Orthogonal.

fungsi menyatakan laju perubahan atau diferensial/ turunan. Kinematika gerak lurus terbagi ats dua.karena Fungsi di atas hanya digunakan untuk menentukan vektor kecepatan rata-rata Adapun Fungsi kecepatan sesaat dinyatakan menurut fungsi yang dapat pula dituliskan sebagai atau menyatakan komponen kecepatan pada sumbu X dan menyatakan komponen kecepatan pada sumbu Y. Gerak lurus berubah beraturan yaitu: Gerak benda pada lintasan lurus dengan percepatan tetap. . yaitu: Kinematika gerak lurus beraturan yaitu : Gerak benda padaa lintasabn lurus dengan kecepatan tetap. Pada GLB kecepatan sesaat sama dengan kecepatan rata-rata.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->