Berita “LN” 2

(6). Benarkah bahwa membangun jalan beton semen relative lebih lama dari pada jalan aspal? ! Tidak benar. Dengan kemajuan peralatan konstruksi jalan beton semen yang ada; pelaksanaan konstruksi jalan beton tidak akan lebih lama daripada jalan aspal. (yang memerlukan subbase dan base). (7) Benarkan bahwa jalan beton semen selalu lebih “noisy” daripada jalan aspal ? ! Tidak benar; jalan beton semen yang dikerjakan dengan baik biasanya akan “bernoise” sekitar 0-4 desibel dari jalan aspal (beda sangat kecil) (8) Benarkah bahwa jalan beton semen sangat rawan terhadap retak ?
!

Dari Redaksi
Tidak benar; karena keretakan jalan beton sudah diantisipasi melalui pengadaan dan pemasangan secara starategis dari joint (sambungan), secara benar dan tepat waktu.

Menyongsong Ulang Tahun ke-31 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., 4 Agustus 1975 - 2006.
Susunan Pengurus :
1. Pelindung : b. Ir. Urip Timuryono 2. Pemimpin Umum : Ir. Sudaryanto 3. Pemimpin Redaksi : Ir. Mohamad Anas Aly 4. Anggota Redaksi : a. Dr. Ir. F.X. Supartono b. Ir. Abdul Basyit c . Ir. GN. Gunawan d. Dr. Prihadi Setyo Darmanto 5. Redaktur Pelaksana : Drs. Sunjoto, MMSI 6. Photografer : Eko Fridi Ismanto 7. Sirkulasi : Giyoto 8. Nara Sumber : “Terbuka” 9. Keuangan : Asmat Jahadi, SE
10. Periklanan & Sekretariat Redaksi : Drs. Sunyoto, MMSI & Sutji Widjajati

(9). Bagaimana perkembangan penerapan jalan beton semen di Canada dibandingkan dengan negara lain? ! Jalan beton semen di Canada saat ini sekitar < 30% sedangkan di USA > 30% (10) Bagaimana “riding comfort” jalan beton semen dibanding jalan aspal ? ! Tidak lebih jelek berdasarkan hasil tes pengukuran dilapangan sebagaimana Riding comfort indek concrete vs asphalt. (smoothness) tampak pada grafik dibawah ini. Riding comfort indek concrete vs asphalt. (smoothness)

alam rangka menyongsong ulang tahun ke-31 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., majalah WSBI pada penerbitan ini menyajikan lebih banyak mengenai perusahaan ini yang akan berulang tahun pada 4 Agustus 2006 dengan produk semen portland berbagai jenis termasuk semen putih dan sekilas perjalanan sejarah PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. sejak perusahaan berdiri. Untuk penerbitan WSBI tahun 2006, WSBI yang direncanakan terbit 4 kali hanya akan terbit 3 kali, karena pada penerbitan ke-4 diperkirakan baru akan dapat didistribusikan pada Januari 2007. Karenanya pada penerbitan ke-4 akan kami sebut sebagai Volume 5 No.1 2007 Atas ketidak-1engkapan penerbitan WSBI pada tahun 2006 tersebut, kami segenap jajaran WSBI memohon maaf kepada pembaca WSBI yang kita cintai dan harapan kami untuk tahun 2007 dan seterusnya penerbitan WSBI akan lebih lancar. Mulai dengan penerbitan no.2 tahun 2006, WSBI pada tiap penerbitan direncanakan untuk mengetengahkan berita pabrik-pabrik semen di Indonesia yang untuk penerbitan kali ini PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. yang menjadi topik utama. Pada penerbitan berikutnya PT Semen Gresik yang berulang tahun pada 7 Agustus 2006 akan menjadi topik utama. PT Semen Tonasa akan menjadi topik utama pada penerbitan Vol. 5 No.1 tahun 2007 yang akan terbit pada bulan Desember 2006. Tiap pabrik akan mendapat kesempatan untuk menjadi topik utama pada tiap penerbitan sehingga seluruh pabrik akan mendapatkan kesempatan muncul untuk memanfaatkan majalah ini sebagai ajang promosi perusahaan yang efektif Dengan penyajian seperti itu, diharapkan pabrik dapat merasa ikut memiliki majalah WSBI dan kami akan tetap terbuka dan sangat berterima kasih apabila ada kritik dan saran yang diajukan demi perbaikan/ penyempurnaan majalah kita bersama. Kami mengucapkan selamat atas ulang tahun ke-31 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. semoga Indocement tetap jaya dan sangat berterimakasih atas partisipasi dan dukungannya secara kontinyu demi kelangsungan majalah WSBI Majalah ini tetap akan menyajikan topik-topik yang berkenaan dengan perbetonan mengingat misi majalah ini adalah menyebar-luaskan informasi mengenai perbetonan disamping persemenen. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak di luar perusahaan semen yang telah menyumbangkan/membagi ilmunya melalui majalah ini dan kami masih sangat mengharapkan kelanjutan sumbangan naskah dari Bapak/Ibu. Sebagai manusia yang tak luput dari kesalahan, kami, segenap jajaran WSBI mohon maaf apabila dalam mengelola majalah WSBI terdapat kekurangan dan kesalahan atau kealpaan sehingga mengecewakan berbagai pihak. (Maa-Red)

Penutup
Dari ulasan-ulasan singkat di atas menunjukkan bahwa penerapan jalan beton semen telah menjadi “keputusan politis” (nasional) Departemen Transportasi sejak tahun 1995; dan secara umum menghasilkan banyak keuntungan baik secara teknik maupun ekonomi. Kondisi tersebut serupa dengan kondisi di Indonesia pada tahun 1985 di saat diluncurkannya program Regional City Urban Transport Project (RCUTP). Semoga artikel singkat di atas dapat dipakai sebagai “informasi pembanding” antara kasus Canada vs kasus Indonesia. Terima kasih (MAA).

11. Diterbitkan Oleh : Asosiasi Semen Indonesia & Institut Semen dan Beton Indonesia. Alamat : Gedung Graha Irama Lt. 11 Jl. Rasuna Said Blok XI Kav. 1-2 Telp. 5261105-106 Fax. 5261107-108 E-mail : info@asi.or.id Homepage : http://www.asi.or.id Jakarta 12. Dicetak Oleh : PRO Print Isi diluar tanggung jawab percetakan. Terbit per Triwulan.

52 ............................................................................................................... Vol 4 No. 2; 2006 - Warta Semen dan Beton Indonesia

Warta Semen dan Beton Indonesia - Vol 4 No. 2; 2006 ................................................................................................................... 1

Berita “LN” 2

Tajuk

SERBA SERBI PERKERASAN BETON SEMEN DI CANADA BETON CANADA
Oleh : Ir. Mohamad Anas Aly Disadur bebas dari website National Reseach Council of Canada
Pendahuluan.
Dalam artikel “LN 1” ini sekali lagi akan dimuat hasil saduran bebas dari web-site National Research Concil of Canada (NRCC) tentang pandangan Canada atas penerapan jalan beton semen yang diberi judul “Serba-serbi jalan beton semen di Canada”. NRCC pada tahun 1955 telah melakukan study analisis dampak ekonomis dari penerapan jalan beton semen sepanjang 3.500 km jaringan jalan beton semen dengan hasil yang cukup “mencengangkan” sebagaimana akan dikupas pada artikel singkat ini. Beberapa hasil study yang dimaksud antara lain adalah sebagai tertuang dalam ulasan singkat pada artikel ini.

JENIS PRODUK PABRIK SEMEN DI LINGKUNGAN ASI
Oleh : Pemred. WSBI (MAA)

Pendahuluan
Pabrik-pabrik semen di lingkungan ASI memproduksi semen portland; sebagian besar memproduksi Portland Cement type I s/d V dan semen type lain, yang antara lain semen putih, oil well cement, semen konstruksi sederhana, super masonry cement (SMC), portland composite cement, semen portland pozzoland. Pada penerbitan Warta Beton Semen Indonesia (WSBI) Vol. 4 No. 2 yang sedang anda baca ini tema dari terbitan tersebut adalah jenis produk semen pabrik-pabrik semen di lingkungan ASI. WSBI Vol 4 No. 2 yang terbit bertepatan dengan ulang tahun ke-31 dari PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., sengaja memuat beberapa artikel semen dari pabrik yang bersangkutan, yang kali ini memfokuskan produk semen putih atau white cement yang juga diproduksi oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (periksa Artikel Konstruksi 2). Pada penerbitan WSBI Vol 4 No. 2 dan Nomor-Nomor berikutnya; focus produk semen yang akan dibahas khusus akan dikaitkan dengan “event” pabrik semen yang lain, yang kebetulan bertepatan dengan waktu penerbitan WSBI yang bersangkutan.

Perubahan policy Departemen Transportasi.

Dari hasil study memberikan masukan bahwa untuk 5 tahun ke depan (1955-1960) penerapan jalan beton semen di Canada perlu diperluas. Objektitif yang diterapkan pada kurun waktu tersebut adalah : penerapan dalam bentuk system bukannya dalam bentuk proyek per proyek, penggunaan parameter analisis yang konsisten bervariabel lengkap; penerapan analisis yang transparan. Penanggulangan issue secara nasional tentang pentingnya menjaga ketangguhan jaringan jalan di bidang tingkat pelayanan yang prima dari jalan; melalui program pemeliharan dan peningkatan Sekitar 25 % jalan Nasional di Quebec telah diputuskan untuk menggunakan konstruksi jalan beton semen.

Proses penetapan policy dilakukan melalui diskusi terpadu yang melibatkan pihak industri semen dan industri aspal. Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan policy tersebut adalah diterapkannya tinjauan Life Cicle Cost (LCC); sebagaimana kita ketahui merupakan faktor keunggulan dari jalan beton semen terhadap jalan aspal. Analisis ekonomi dalam studi dilakukan dalam periode analisis selama 50 tahun. Beberapa dampak dari penerapan jalan beton semen di Canada. Penerapan jalan beton semen di Canada telah memberikan dampak nasional yang antara lain sebagai berikut :
! Peningkatan cukup banyak paket pekerjaan jalan

Perkenalan produk-produk semen di lingkungan ASI
1. Oil Well Cement (OWC) Beberapa produsen OWC adalah PT. Semen Padang Indonesia, PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. dan PT. Holcim Indonesia Tbk. OWC ini merupakan jenis semen yang mempunyai ketahanan terhadap sulfat cukup tinggi ( atau class G-HSR). OWC ini sangat diperlukan pada kegiatan

pengeboran minyak bumi dan gas bumi. Dengan kedalaman s/d 2.440 m; penggunaan untuk kedalaman yang lebih dalam (> 2.440 m) masih dimungkinkan dengan rekayasa penambahan additive tertentu; yang dalam hal ini disarankan untuk berkonsultasi dengan produsennya. OWC produk dari PT. Semen Padang Indonesia memenuhi persyaratan API Class G. (Brosure PT. Persero Semen Padang 1991)

(7,700) di Quebec. ! Peningkatan nilai pajak (material lokal) sebesar $ 170 juta.

50 ............................................................................................................... Vol 4 No. 2; 2006 - Warta Semen dan Beton Indonesia

Warta Semen dan Beton Indonesia - Vol 4 No. 2; 2006 .................................................................................................................. 3

... dan pendinginan terak........ konsumsi semen tumbuh sangat mengesankan selama 15 tahun terakhir dengan rata-rata 11% pertahun akan terus tumbuh dengan kecepatan yang lebih rendah yakni rata-rata sekitar 6% sampai dengan tahun 2010 mengingat negara ini berusaha mengurangi kecepatan pertumbuhan ekonominya agar tidak terjadi “overheated” Dengan konsumsi semen sebesar 857 juta ton pada tahun 2003 China menguasai 51% pasar dunia dan pangsa pasar ini diperkirakan akan tetap dikuasai oleh China sampai tahun 2010 Berdasarkan proyeksi pertumbuhan GDP per tahun ratarata 7% dan pendapatn per kapita mencapai US$ 1.................. ready mix & dry readymix concrete. menurunkan suhu campuran beton...... berketahan terhadap senyawa sulfat lebih baik................... permukaan acian dan beton lebih halus................. 2006 ............. Portland Pozzolan Cement (PPC) diproduksi oleh beberapa produsen semen di lingkungan ASI...... Holcim Indonesia juga mulai tahun 2005... dan oleh PT.... Cina......... pot hias dan lain-lain.. Perlambatan ini juga berkaitan dengan usaha pemerintah agar tidak terjadi over heated dibidang ekonomi......Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia ..2 % (dari basis Clinker) dan bebas dari senyawa minor lain seperti Mangan (Mn2O3)............. diperkirakan produksinya akan dapat mencapai 1................... lebih kedap air.... Produsen Semen Terbesar di Dunia .......... bangunan yang perlu pengurangan panas hidrasi seperti bangunan dam......... PT...... Jalan beton yang dikerjakan secara baik... tidak cepat kaku waktu pengecoran..... Rencana Pemberlakuan SNI Wajib Komoditi Semen dan Permasalahannya ..... berpanas hidrasi rendah........ Taiwan dan Korea HARGA Kenaikan konsumsi semen pada tahun 2004 telah menyebabkan kenaikan harga semen rata-rata 10% dari tahun sebelumnya... Berita “LN” 1 Meskipun kenaikan konsumsi semen pada tahun 2004 mencapai 18% naik 3% dibanding tahun 2003.........2 juta ton sebelum perlahan-lahan meningkat menjadi 7............ Tahun 2002 ekspor semen mencapai titik terendah 5...... harga eceran semen tertinggi yang pernah dicapai adalah CNY500 per ton atau setara dengan US$ 60.. 2006 Berita “LN” 2 ! Penurunan biaya BBM khususnya truck sebesar ! Dari Redaksi ......... Indocement Tunggal Prakarsa Tbk)............... 2........... Semen Putih (SP) /White Cement (Ir.. sedangkan untuk jalan aspal memerlukannya setelah bermasa pelayanan baru 7 tahun......... Penerapan Jalan Beton Semen di Sulawesi dan Kalimantan ............ (lebih gelap) 2 ....... 2.... Daftar Isi ....... PPC adalah semen hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak semen Portland gypsum dan bahan pozzolan.... (4)............. Bagaimana penampilan jalan beton semen di waktu malam : ! Memberikan pandangan yang lebih jelas kepada pengemudi di malam hari... Pengaruh Kenaikan Harga Material Terhadap Perkerasan Jalan ...... Jalan beton semen di Canada memerlukan perbaikan agak besar setelah bermasa pelayanan sekitar 12 tahun.. “Mengapa dan Bagaimana” Bagian I . Semen Khusus Konstruksi Sederhana (SKKS) atau Super Masonry Cement (SMC) (Zulkarnen ST..7 juta ton pada tahun 1997...... Pembuatan Tekstur Permukaan Pelat Beton Dari Jalan Beton Semen ........... Tujuan ekspor semen Cina ke Canada yang mencapai 35% dari total ekspor pada tahun 2004 menunjukkan kualitas semennya sudah mulai diterima dipasaran internasional.... workability lebih baik.......... perahu/kapal beton bangku taman....................... Pandangan tersebut telah sejalan dengan pandangan Bank Dunia (Word Bank) berdasakan hasil study yang Bank Dunia lakukan...... Jalan beton semen menghasilkan “stopping distance” lebih pendek (lebih aman) daripada jalan aspal.. Jalan beton semen sangat cocok (strategic) untuk investasi jangka panjang.... bisa mencapai besaran s/d K-400 maupun K-500.. Vol 4 No..... Indocement Tunggal Prakarsa Tbk atau Semen Tiga Roda mulai tahun 2005 (Syaiful Bahri ST................ Saat ini penggunaan semen putih sudah cukup luas diberbagai bidang antara lain..... 2006 . 2006 ............... lebih kedap air.. Harga semen berkualitas juga meningkat secara bertahap mengingat permintaan untuk semen ini meningkat dengan sangat tajam............. sedangkan jalan aspal telah menjadi pilihan ± 29 % responden (beton semen banyak pemilihnya)..... terrazzo tiles..... Semen Gresik.......... Jalan beton semen telah menjadi pilihan ± 39 % responden.... Bagaimana penampilan jalan beton semen pada lalu lintas commuters ? ! Mengurangi gangguan terhadap lalu-linats “commuters” karena jarang memerlukan kegiatan pemeliharaan......... Iklan Formulir Isian Berlangganan 1 1 2 ! ! ! 3 ! 5 ! 8 ! 13 ! 18 24 28 $ 59 juta. New Delhi.... 25% ke Asia dan sisanya 10% ke Afrika dan Amerika Selatan................ Semen Padang Indonesia..... Impor ini terjadi dengan negara tetangga saja seperti Jepang......................................... (lebih cerah) 39 43 46 50 Tampilan jalan aspal dimalam hari............Vol 4 No.. Sedangkan proses pembuatan semen putih agak berbeda dengan proses pembuatan semen “ordinary” khususnya pada tahap pembakaran............. Sebagai produsen semen terkenal di Indonesia adalah PT....2 juta ton pada tahun 1998 dan terus menurun menjadi 7.... 51 Tajuk 2...... Portland Composite Cement Portland Composite Cement (PCC) di Indonesia diproduksi oleh PT... Secara total...........36 per ton sampai US$38...................................... Beberapa kelebihan dari PCC dengan OPC (PC Jenis I) antara lain adalah berkelecakan lebih baik... Jumlah pabrik semen berskala besar akan mencapai 60% dari seluruh kapasitas produksi nasional...... September 2005 World Statistical Review..6 juta ton............ Semen Padang dan lain-lain..... Ketentuan Tentang Kegagalan Pekerjaan Konstruksi dan Kegagalan Bangunan ......... Impor tertinggi yang pernah dicapai adalah sebesar 2.................. Serba-serbi Perkerasan Beton Semen di Canada .. Mengendornya kebutuhan semen pada akhir tahun 2004 dan awal tahun 2005 telah mengendorkan tekanan terhadap penyediaan semen untuk permintaan semen berkualitas.......... 6th Edition. Tahun 2005 impor semen diperkirakan turun kesekitar 2 juta ton saja...... (5)......... 30% ekspor ditujukan ke Hongkong dan Taiwan.37 per ton di beberapa wilayah............4 juta ton pada tahun 2002 dan 2..... architectural concrete. Pada waktu konsumsi mencapai puncaknya........... PT Indocement Tunggal Prakarsa)... menjadi 2.. China International Cement Conference..................... Salah satu produsen SKKS atau SMC adalah PT........................... Apakah yang menjadi unggulan utama dari jalan beton semen: ! Kerataan permukaan menghasilkan penghematan biaya BBM dan mengurangi “emisi” lalu-lintas......... 49 .. Tahun-tahun berikutnya ekspor dari Cina turun menjadi 8..Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia ........................... Sri Purwaningsih MM... dan lain-lain............... Bahan baku yang digunakan untuk memproduksi semen putih adalah bahan baku yang bebas dari senyawa besi (Fe2CO3) atau < 0............ (MAA/RED). Beberapa catatan pengalaman penerapan jalan beton semen di Canada....... 2..... Ekspor tertinggi yang pernah dicapai adalah sebesar 11.. 4..... Dikenal ada 2 (dua) jenis PPC yaitu IP-U yang digunakan untuk bangunan umum seperti pada Portland Cement Jenis I dan IP-K yang digunakan untuk yang harus tahan terhadap “senyawa sulfat”......... 2005 The Chinese Cement Engineering Construction Industry and the role of Sinoma......Daftar Isi Vol 4 No.dari biaya penerangan jalan.. Spesifikasi dari PCC tersebut telah dicantumkan dalam SNI 15 – 7064 – 2004 yang penetapannya telah dilakukan Badan Standar (BSN)............. Pengertian umum Semen Khusus Konstruksi Sederhana (SKKS) dikenal pula dengan sebutan Super Masonry Cement (SMC) adalah semen yang diproduksi dalam rangka memenuhi kebutuhan semen pada konstruksi yang ringan (sederhana) yang tidak perlu membutuhkan persyaratan-persyaratan kekuatan tekan yang terlalu tinggi misalnya untuk konstruksi perumahan rakyat.5 miyar ton.. Jenis Produk Pabrik Semen Di Lingkungan ASI .......... jalan beton semen telah memberikan Jalan Canada lebiha baik....... Indocement Tunggal Prakarsa yang dikenal pula sebagai Semen Tiga Roda....... Semen Putih Tiga Roda (White Cement) ...... tahun 2005 diperkirakan konsumsinya masih tetap akan meningkat meskipun dengan kenaikan yang lebih kecil... August 2005 China Cement Industry: Operation and Trends of Industry Policy.......... Jalan beton semen rata-rata bermasa pelayanan 2 kali lipat daripada jalan aspal........................ paving stones...... Penghematan sebesar $ 939. mempunyai sifat pengerutan dan penyusutan yang lebih kecil.Vol 4 No. dry mortar........ (1).................................... 2..................000.....................8 juta ton pada tahun 1996 dan 11.................. Vol 4 No........... Chrome (Cr2O3) dan Vanadium (V2O5)............... China.. Beberapa ciri khusus dari SKKS atau SMC tersebut antara lain adalah lebih plastis dan workable.500 per kapita pada tahun 2010.... Penghematan sebesar $ 141 juta dalam 20 tahun akibat kemacetan jalan untuk Greater Montreal saja. masonry elements.... PT Persero Semen Padang). PT.. 32 36 Tampilan jalan beton semen dimalam hari. Beberapa hasil tanya jawab tentang jalan beton semen (vs aspal) di Canada......5 juta ton pada tahun 2003.......... Jalan beton semen lebih tahan terhadap “gejala rutting” akibat alur kendaraan berat........ Pandangan umum Canada terhadap jalan beton semen adalah cukup memadai baik dari sudut eviroment maupun ekonomi. meskipun harga semen curah masih sekitar US$29. Masalah kualitas semen yang kurang baik dari ekspor Cina menjadi kendala di pasaran internasional........8 juta ton tahun 1999. aplikasi seni.......... PERKIRAAN MASA MENDATANG China dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dan konsumsi semen perkapita yang rendah....... mempunyai pori-pori permukaan yang sangat kecil.. Tahun 2004 impor semen ke Cina naik sedikit 4 .... Pengadaan Semen Indonesia 2005 .................. dan lain-lain...... 2..................0 juta tahun 2005........ Pabrik-pabrik kecil yang menggunakan tungku tegak akan menghilang seluruhnya pada tahun 2020 Urbanisasi dan pembangunan di sektor-sektor yang berkaitan akan terus berlangsung dan hal ini akan mendorong kenaikan kebutuhan semen yang terus menerus... Berapa daya tahan rata-rata jalan beton semen? ! Daya tahan (masa pelayanan) cukup panjang (30 tahun atau lebih) (3).................... tidak akan menghasilkan “noise” berlebihan terhadap jalan aspal (hanya 2-4 desibel lebih tinggi)...... Semen Gresik Mei 2004).... .. Sejak 1990 China tidak pernah mengimpor semen dalam jumlah besar.. Bagaimana ketahanan jalan beton semen terhadap rutting beban berat ? ! Tahan terhadap gejala ruting sehingga mengurangi terjadinya “hidroplanning”............. antara lain PT. March 2006 IMPOR Grafik 3 : Impor Semen ke Cina 1990-2005P Penutup Produk Semen Portland type I s/d V dan jenis lainnya akan dibahas pada nomor penerbitan WSBI berikutnya................................ Beijing................... 5.......... CEMBUREAU............ India...... Untuk itu modernisasi dan konsolidasi pada industri semen harus dilakukan dalam rangka mempertahankan pembangunan industri yang berkelanjutan Sumber data : Global Cement Report.. Beton Dengan Bahan Agregat Dari Produk Daur Ulang ......... Susunan Pengurus ... INTERCEM-ASIA........ (2).39 per ton tergantung tipe semen yang dibutuhkan...... 3....... EKSPOR Grafik 4 : Ekspor Semen dari Cina 1990-2005P Sejak 1990 China tidak pernah mengekspor dalam jumlah besar........................ sekitar 11%. Beton Berkinerja Tinggi.. PPC ini memenuhi ketentuan SNI 15-03021999 Jenis IP-U dan Jenis IP-K serta ASTM C 59502 type IP (brosure PT.. 2006 ...... Kilasan Sejarah PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk......

...... 5 Berita “LN” 1 PROFIL PT. dibangun dan diresmikan pada 11 Maret 1981.. Dengan membangun pabrik semen yang berskala besar sekaligus dalam jumlah besar maka masalah pemenuhan kebutuhan semen yang terus meningkat akan dapat diatasi. Pabrik semen ini di mulai beroperasi tahun 1998 dan selanjutnya diakuisisi oleh Indocement pada tahun 2000.............. 35% diserap oleh infrastruktur... Produksi Semen Dunia 2005 (2.......... Diperkirakan urbanisasi ini akan meningkat melampaui 60% pada tahun 2010 dari 39% yang terjadi pada tahun 2003..... 46 .... Pada tahun ini pembangunan peralatan penagkap debu (Electrostatic Precipitator) di pabrik Citeureup dan pabrik Palimanan siap dioperasikan.8% per tahun dalam kurun waktu 15 tahun terakhir meskipun beberapa negara produsen semen utama diwilayah Asia ini terkena dampak krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Sunjoto MMSI PENDAHULUAN Pemain utama industri semen dunia pada sepuluh tahun terakhir masih dikuasai oleh Asia.... Tahun 1988 semen abu terbang (Fly ash Cement) mulai diproduksi... Djuhar Susanto....... Tahun 1987 produk semen sumur minyak (Oilwell Cement) memperoleh pengakuan mutu dari American Petroleum Institute (API). termasuk 486 pabrik modern yang menggunakan teknologi new suspension preheater (NSP)...000 ton semen per per tahun diresmikan pengoperasiannya pada 26 Juli 1985. PT Perkasa Inti Abadi Indonesia Cement Enterprise (PTPIAICE).....000 ton semen putih dan 50... Cirebon dengan kapasitas 1... Kimmerridge Enterprise Pte... pabrik ke-tujuh..... 10% pekerjaan umum dan sisanya.. Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham menyetujui untuk menjual usaha dan aktiva Divisi Bogasari Flour Mills kepada PT Indofood Sukses Makmur senilai Rp. peresmian pabrik pertama PT DICE dengan kapasitas produksi 500.....90 63. perekonomiannya tumbuh dengan sangat cepat. Sudwikatmono dan Ibrahim Risjad – sepakat untuk membangun industri semen.. China.... 48 ..Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia .4 juta ton setahun... Produsen Semen Terbesar di Dunia Oleh : Drs.... PT Mekar Perkasa (13.... Beberapa tahun yang lalu pabrik semen masih berjumlah sekitar 8000 pabrik.. Tahun 1989 Indocement memasuki era baru yang bersejarah....... 5 perusahaan semen terbesar di Cina yang memiliki 75 juta ton per tahun kapasitas pada tahun 2003. 2006 .. Cina mulai membangun pabrik semen buatan lokal dimulai dengan pengerjaan bagian-bagian pabrik yang berteknologi sederhana....000 ton semen per tahun diresmikan pada tanggal 16 Desember 1984....... pada HC Indocement Gmbh......Berita “LN” 1 Perkembangan produksi dari tahun 1990 sejumlah 210 juta sampai tahun 2005 yang berjumlah 1... Tidak hanya perkembangan industri semen yang sangat cepat.Vol 4 No........... INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk. Tahun 2003 Kimmerridge Enterprise Pte...... Hampir 100 juta penduduk bermigrasi ke kota-kota dikawasan zona ekonomi dari desa-desa di pedalaman. Jawa Barat....... Tidak ada yang dapat memastikan hasil apa yang akan diperoleh ketika memulai sebuah awal.. Penawaran umum ini Pangsa Pasar Semen Cina Sektor Konstruksi Perkembangan kapasitas produksi yang sangat cepat terjadi pada perusahaan-perusahaan besar. 7 . Meskipun produksi dari pabrik-pabrik semen kecil masih diperlukan.......9%) dan Publik (6%). jalan dan infrastruktur yang lainnya.... Pertumbuhan konsumsi semen yang luar biasa ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang juga sangat cepat. Indocement Tunggal prakarsa Tbk.7%)... konsumsi semen di Asia juga tumbuh dua kali lebih cepat dari pertumbuhan konsumsi semen dunia yang meningkat rata-rata 3... Tahun 1999 Indocement melakukan ekspansi pabriknya di Citeureup dengan kapasitas 2... Tabel di bawah menunjukkan 5 perusahaan semen terbesar di Cina......... Pada 24 September 2004.......... Tabel 2 : Lima Perusahaan Semen terbesar di Cina 2004 Nama Perusahaan Anhui Conch Huaxin (Hubei) Shang Shui (Shandong) Zhejiang Three Lions Hebei Jidong Jumlah Pabrik Kap Prod Clinker Kap Prod Cement (Kiln) (jutaan ton) (jutaan ton) 43 18 13 17 12 48. menjadi 15.......... Pemerintah Republik Indonesia melakukan penyertaan saham pada Indocement sebesar 35% untuk memperkokoh struktur permodalan perseroan...... 2006 ... 2. Pada bulan ini juga kepemilikan saham Indocement pada Distributor Tunggal. menyerahkan saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk....45 juta ton setahun........ PT Perkasa Indah Indonesia Cement Putih Enterprise (PTPIICE) yang memproduksi 150.. Palimanan dan Tarjun menerima sertifikat OHSAS 18001 atas keberhasilannya melaksanakan Occupational Health & Safety Assessment Series. PT Dian Abadi Perkasa (DAP) ditingkatkan menjadi 99.. Oleh karenanya sejak 10 tahun yang lalu dimulai membangun pabrik-pabrik semen buatan lokal dengan teknologi yang diadopsi dari Barat. Pada bulan Maret 1995 Indocement meraih sertifikat ISO 9002 dan pada tanggal 30 Juni 1995.....3 juta ton setahun. 30% perumahan....... 2... menjadikan negara ini tetap menjadi negara dengan konsumsi terbesar didunia jauh diatas India sebagai negara dengan konsumsi terbesar ke-2 didunia yang konsumsinya hanya sekitar 125 juta ton per tahun..65 juta ton dan menjadi pabrik yang dikelola satu manajemen terbesar di Indonesia..Vol 4 No...500.. Indocement mulai melakukan konversi energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke batubara....... dengan rata-rata 10% per tahun mendorong industri semennya maju dengan pesat.000 ton semen pada 1982 dan semen sumur minyak pada tahun 1988 Pabrik ke-enam.000 ton semen per tahun. PT Perkasa Abadi Mulia Indonesia Cement Enterprise (PTPAMICE)........ Tahun 2002 Terminal distribusi di Lombok mulai dioperasikan untuk memperlancar pendistribusian semen ke daerah Timur Indonesia. Dengan larangan ini pemasaran ready mix bisa mencapai 190 juta ton pada tahun 2008 Grafik 3 : Konsumsi Semen Cina 1990-2005P KONSUMSI Konsumsi semen Cina tahun 2005 diperkirakan akan melebihi 1 milyar ton... Kalimantan Selatan dengan kapasitas 2. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk............. 2006 ... Pabrik semen ke-delapan...... Semen putih mulai diproduksi di pabrik ini tahun diresmikan pada tanggal 5 September 1983....86 14.. sedang sisanya dimiliki oleh Pemerintah (16....... KILASAN SEJARAH PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk.. perusahaan semen terbesar di Cina bahkan di dunia adalah perusahaan milik negara yang bermaksud membangun pabriknya hingga mencapai kapasitas 100 juta ton per tahun pada tahun 2010...000 ton semen per tahun diresmikan.... Adanya larangan dari pemerintah Cina pada tahun 2004 untuk memproduksi beton di lokasi proyek telah meningkatkan pemasaran ready mix..9% dari semula 51%.1 milyar ton dapat dilihat pada grafik 2 dibawah ini.. Dengan demikian kapasitas produksi pabrik PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk........ Pada tanggal 16 Januari 1985 PT Indocement Tunggal Prakarsa (PTITP) didirikan untuk mengambil alih seluruh saham ke-delapan perusahaan semen di Citeureup dan mengelolanya dibawah satu manajemen terpadu. Jumlah peningkatan kebutuhan semen ini tidak mungkin dipenuhi dengan impor semen karena keterbatasan dari jumlah yang bisa diekspor dan sarana transportasinya.20 11......... 2....500... 2006 . 2..Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia .... Perkembangan ekonomi yang luar biasa selama 5 tahun terakhir telah mendorong peningkatan kebutuhan semen di dalam negeri rata-rata 12% telah menimbulkan masalah bagaimana ribuan pabrik-pabrik kecil dapat memenuhi perkembangan kebutuhan semen yang naik 50-100juta ton per tahun...... PT Perkasa Agung Utama Indonesia Cement Enterprise (PTPAUICE) dengan kapasitas produksi 1...30 10.... membangun pabrik semen di Tarjun.......3 juta ton per tahun.. menjadi pemegang saham mayoritas (61. satu demi satu pabrik baru didirikan sehingga pada tahun 2005 di Citeureup telah berdiri 10 pabrik semen dengan kapasitas 10.. Urbanisasi ini telah menyebabkan meningkatnya investasi disektor-sektor yang berkaitan seperti perumahan....500. Vol 4 No... 1..... Awal itu adalah tahun 1973..69 14.3 milyar ton) Bulan April......... Cina yang tidak terkena imbas krisis ekonomi. Pabrik semen ke-lima.. Tahun 1986 total quality Control (TQC) sebagai salah satu pola sistem manajemen partisipasi mulai diterapkan.. Pada tanggal 4 Agustus 1975.. serta mencacatkan 5% saham pendiri) dan sejak itu Indocement menjadi perusahaan publik.. Ltd....50 12. akan tetapi dalam jangka waktu tidak lama pabrik-pabrik yang masih ribuan jumlahnya ini akan ditutup dan digantikan dengan pabrik yang lebih effisien dan dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan....... Cina menduduki rangking kedua di dunia sesudah Amerika Serikat karena pertumbuhan sektor konstruksinya yang cepat. Grafik 1 : Pangsa Produksi Semen Cina terhadap Dunia 2005P INDUSTRI SEMEN CINA Cina dengan penduduk lebih dari 1....6 juta ton. pabrik kedua PT DICE dengan kapasitas 500.... 2001 Hiedelberger Cement melalui anak perusahaannya.... dengan kapasitas produksi 1...55 15.... Dengan demikian kapasitas produksi pabrik semen di Palimanan menjadi 2.. 45 kilometer di selatan kota Jakarta.36 17. 3000 pabrik diantaranya telah ditutup karena skalanya kecil (kapasitasnya kurang dari 300 ton per hari) dan teknologinya masih tradisional dengan kualitas produk yang kurang bagus dan masih sangat polutif.. Marubeni Corporation (1.......... Pertumbuhan sektor konstruksi ini didorong oleh urbanisasi besar-besaran ke kawasan pengembangan zona ekonomi yang berada di pantai timur........ 15% industri. Untuk dapat memenuhi kebutuhan semen yang terus meningkat maka saat ini Cina telah memiliki 5000 pabrik........... Sejak beroperasi pada tahun 1975 kapasitas produksi meningkat dari tahun ke tahun........ Ltd.......9%)....... Ide itu menjelma menjadi PT Distinct Indonesia Cement Enterprise (PT DICE) di Citeureup. Jumlah tersebut diatas akan sama dengan 25 sampai 50 pabrik dengan kapasitas 2 juta ton per tahun. Pada tahun 2004 kapasitas produksinya meningkat menjadi 125 juta ton per tahun atau dalam setahun perusahaan-perusahaan ini telah membangun 25 pabrik bila kapasitas prduksi pabrik yang dibangun rata-rata 2 juta ton per tahun... dengan kapasitas produksi juga 1....17 Konsumsi semen disektor konstruksi seperti terlihat pada garfik diatas... PT Pionirbeton Industri diakuisisi pada tahun ini juga. 10% diserap oleh sektor irigasi. Dimulai dengan kapasitas produksi setengah juta ton per tahun. Pada tahun 2005 wilayah ini masih berkembang dengan sangat pesat sehingga lebih dari 70% produksi semen dunia berada di wilayah ini.......... Tahun 1996 Indocement melakukan ekspansi pabriknya di Palimanan...3 milyar dan pertumbuhan ekonomi sekitar 9% pada tahun 2004 telah mendorong pembangunan infrastruktur dan bangunan dan berikutnya menyebabkan terjadinya peningkatan kebutuhan semen didalam negeri yang sangat besar.. Negara ini juga terbebas dari krisis moneter yang berlanjut menjadi krisis ekonomi yang melanda kawasan Asia Timur dan Tenggara..... Pada tanggal 4 Agustus 1976. 30% penjualan semen dalam bentuk curah dan tahun 2005 diperkirakan penjualan semen curah akan meningkat menjadi 45%. Oleh : Marketing Division PT. Pada tahun 2000 industri semen Asia masih berada pada tingkat kurang dari separo total produksi semen dunia... Anhui Conch......... 9 Juli 2004 Share sale & Purchase Agreement (SSPA) ditandatangani antara PT Dian Abadi Perkasa (PT DAP) dan dan PT Indomix Perkasa dengan pihak ketiga.... Grafik 2 : Produksi Semen Cina 1990-2005P Dari sektor industri konstruksi.....5%)....... Vol 4 No. ketika 4 sekawan pengusaha – Soedono Salim... menawarkan sahamnya kepada masyarakat melalui Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (penawaran umum 10% saham baru.74 13.. pabrik Citeureup......000 semen sumur minyak (oilwell cement). PROFIL PT.7 trilyun agar konsentrasi perseroan terpusat hanya di bisnis semen.

27 Nopember 1991 . kapasitas produksi itu naik dari 9 juta semen ton pertahun menjadi lebih dari 9.. 2.6% dan sektor konstruksi yang masih tumbuh diatas 7 % tidak mendorong pertumbuhan konsumsi semen nasional cukup signifikan di tahun 2004....... Cina meningkatkan investasinya dibidang research dan development dibidang teknologi persemenan dan pembuatan mesin-mesin pabrik semen..... Dengan mengimport teknologi dari Eropa... Oleh karenanya akan sangat baik apabila jangka waktu pelaksanaan pembangunan pabrik dapat lebih diperpendek.8 milyar.2 94 73....1 5. demam berdarah namun nampaknya hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja perekonomian selama tahun 2005. Nilai akusisi ini merupakan rekor dalam sejarah perusahaan Indonesia. Akan tetapi karena pabrik pabrik baru umumnya dibangun dekat pantai maka penutupan pabrik-pabrik kecil di pedalaman untuk digantikan dengan suplai dari pabrik-pabrik semen baru yang lebih modern akan mengalami kesulitan karena kendala prasarana transportasi... dan menjadi perusahaan publik peraih laba terbesar dibursa saham Indonesia pada tahun itu.50%)....Berkurangnya produksi klinker disebabkan oleh turunnya ekspor klinker sejumlah 1...07%).1 2003 2004 Jangka waktu pelaksanaan pembangunan pabrik juga menjadi faktor penting.... Produksi dan Pengadaan Semen 2005 Gelombang Tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 telah menyebabkan pabrik PT Semen Andalas Indonesia (PTSAI) yang dimiliki oleh Lafarge. flu burung. Yayasan Super Semar (1.. Ratusan pabrik lainnya sedang dibangun dan akan beroperasi dalam waktu dekat.... INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk. Cina telah berhasil membangun 300 pabrik semen dengan kapasitas antara 1.........7%. Perseroan juga tercatat sebagai perusahaan publik dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar...000 tpd 2 1............713..... Dalam kurun satu dekade... 1.. Dalam perusahaan ini Indocemet berpatungan dengan Nihon Cement Company Limited..300 tpd 5 3...000 dalam skala kecil-kecil dan menggunakan teknologi yang masih tradisional.. 2006 .... Pada tahun 2002.. Cold Milling Machine (CMM) Diamond Bids sebagai alat “pengupas” Hasil “kupasan” diamond bids pada permukaan beton...... Warta Semen dan Beton Indonesia .6% akibat kenaikan harga BBM rata-rata 126% pada 1 Oktober 2005 yang hampir dua kali lipat dan makin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap US Dollar (rata-rata RP. anak perusahaan yang khusus memproduksi semen stabilator tanah (Cleanset cement)......6 25 7... Kapasitas dan Produksi Semen/Klinker 2005 Lapisan open graded asphalt diatas pelat beton yang sudah licin ataupun terlalu kasar Pengalaman retexturing di Indonesia Metoda 1 belum pernah dilakukan karena kondisi eveness permukaan jalan beton semen yang kurang memadai.Warta Semen dan Beton Indonesia Berita “LN” 1 Cara ini masih memerlukan biaya mahal untuk membangun pabrik semen... Pada tahun ini juga dilakukan modifikasi dan perbaikan pabrik di Citeureup...2% atau turun separuh dari tahun 2004 yang mencapai 9. 9...... Indomix Perkasa... 2006 ...000 tpd 8. Tridaya Manunggal Perkasa Cement di Cirebon.2 milyar lembar saham (company listing) di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.....Vol 4 No.......4 1 2.000 4.. 8 ...... Dengan produksi semen nasional pada tahun 2005 sebesar 33...8 juta ton ditahun 2005 dari yang semula 43..800 tpd 10 7...500 2. antrax.. komposisi kepemilikan saham perseroan adalah sebagai berikut : PT Mekar Perkasa (43...5 3 9...... Secara umum stabilitas ekonomi dalam keseluruhan tahun 2004 tetap terkendali....05 trilyun..... Setelah penawaran umum tersebut...... Bogasari Flour Mills dan Wisma Indocement (efektif per 31 Juli 1992) 6 ....0 4 2........ Produksi semen juga meningkat dengan sangat cepat meskipun sudah ribuan pabrik-pabrik kecil yang tidak effisien dan sangat mengganggu lingkungan ditutup.... atau mencapai tingkat produksi seperti pabrik buatan Eropa..Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia . didirikan... Tahun ini di Citeureup dilakukan pemasangan 5 alat penangkap debu (electrostatic precipitators) tambahan untuk menjamin agar tingkat emisi debu tetap jauh di bawah ambang Pada Okober 1993 Indocement menyelesaikan pembangunan fasilisa konversi energi di pabrik Palimanan.3 juta ton di tahun 2004.. Cara untuk dapat memperpendeknya adalah dengan menyerahkan Oleh karenanya pemerintah Cina telah mencoba untuk menahan pertumbuhan industri semen dengan memperketat pemberian ijin investasi untuk industri ini......... Indocement mendirikan Stillwater Shipping Corporation berpatungan dengan Gearbulk Terminals & Projects Limited untuk untuk mengangkut semen curah dari Tanjung Priok Jakarta ke terminal distribusi di Surabaya. Karenanya ratusan pabrik dibangun untuk dapat memenuhi kebutuhan semen ini.3 juta ton..PROFIL PT... dan mendukung upaya pengembangan pasar modal Indonesia. Sudwikatmono (6.. Kenaikan harga BBM ini sebagai usaha untuk menekan subsidi BBM akibat kenaikan harga minyak mentah dipasaran internasional yang mencapai US$70 per barel dari sebelumnya yang sekitar US$ 40... Untuk itu.. 1 Mei 1991 ..000 tpd 4 6.... pekerjaan sipil dan pelaksanaan konstruksi... dari 220 juta ton tahun 1990 menjadi 1.....500 tpd 3 1. 20 Januari 1992 PT... 367... Kenaikan kebutuhan semen yang luar biasa ini juga dipicu oleh rencana pemerintah Cina untuk menyelenggarakan Olympiade pada tahun 2008 di Beijing.5 1.. Pada tahun 1994 laba bersih perseroan mencapai Rp...9 5 5. membantu pembiayaan modifikasi serta meningkatkan efisiensi pabrik.0 2..... Surabaya mulai dioperasikan.. meskipun di Indonesia terdapat beberapa buah cold milling machine yang dimiliki oleh beberapa kontraktor jalan.5 43 17..... Vol 4 No. Perkembangan ekonomi yang sangat pesat dengan pertumbuhan rata-rata 8% per tahun telah mendorong peningkatan kebutuhan semen yang lebih baik kualitasnya dan juga sangat cepat.....38%). Vol 4 No...... Sampai tahun 2004 telah dibangun 70 pabrik dengan kapasitas 5...... tanah longsor........2 27 10.......0 98 63....... Produksi pabrik semen ini akan terhenti untuk satu-dua tahun mendatang.. Dengan pengambil-alihan aktiva dan pasiva ini maka produksi total Indocement menjadi 9 juta semen ton pertahun. sehingga menambah kapasitas produksi perseroan sebesar 1.... PT Cibinong Tbk yang berganti nama menjadi PT Holcim Indonesia Tbk (PTHI) telah menghentikan produksi pabriknya di Cilacap yang berkapasitas 1. bertujuan untuk memperkuat struktur modal. Masih adanya kenaikan produksi meskipun terjadi penurunan kapasitas produksi nasional karena masih adanya peningkatan penjualan dalam negeri meskipun masih dibawah yang diharapkan....1 3.... Kapasitas produksi klinkernya menjadi 41.. mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga menyebabkan porak poranda...Vol 4 No.40%). yaitu RP.... Pemerintah Republik Indonesia (30.3 juta ton semen per tahun... Tahun 1994 Indocement bekerjasama dengan Kodeco dan Marubani Tabel 1 : Pabrik Semen Modern yang dibangun di Cina 2002 ... Semen tipe II.. Berkurangnya kapasitas produksi pabrik PTHI serta kerusakan pabrik PTSAI maka kapasitas produksi pabrik semen Indonesia berkurang menjadi 46 juta ton semen dari 47.000 tpd yang hasil 96% mesinnya buatan lokal dan pengoperasiannya lebih baik dari yang diharapkan....... Indo Cleanset Cement mulai melakukan produksi komersial.... Ibrahim Risyad (6.. Untuk tetap dapat mensuplai semen ke pasaran pabrik semen ini meng-impor semen dari pabrik semen yang juga milik Lafarge di Malaysia..........0 juta ton. 6 Juni 1991 ..000 tpd buatan lokal.. anak perusahaan yang memproduksi dan melayani kebutuhan beton siap pakai didirikan. Urip Timuryono Pendahuluan Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2005 yang mencapai 5.........-) menyebabkan peningkatan biaya produksi disatu pihak dan melemahnya daya beli masyarakat... Peningkatan laju inflasi pada tahun 2005 yang mencapai 17.... serta 51% saham perusahaan-perusahaan dalam group Indofood (efektif per 1 Januari 1992) dengan nilai akuisisi bruto RP.....07%) dan masyarakat (10%).. 45 . 2..9 juta ton dan klinker sebesar 34.... Tahun ini juga terminal semen di Tanjung Perak..... 2006 ..... Mega-proyek infrastruktur yang direncanakan oleh Pemerintah serta proyek pembangunan sejuta rumah setiap tahun sampai saat ini belum terlihat kemajuannya....000 tpd 39 11..1 3 5... 10...4 25 7.. Cina berhasil membangun 4 pabrik dengan kapasitas 5. Yayasan Dakab (1... Pada 26 September 1994 Indocement mencatat seluruh sahamnya sebanyak 1.............5 55 85.5 juta ton semen ditahun 2004.. Yayasan Dharmais (1.... Metoda 2 pernah diterapkan pada jalan tol (Pondok Indah – Kampung Rambutan) dengan menggunakan pelapisan frecseal dengan hasil yang cukup baik.... memberikan kesempatan kepada mayarakat untuk turut memiliki saham perseroan..07%)...2 milyar ton pada tahun 2005... KAPASITAS DAN PRODUKSI Kapasitas produksi naik dengan cepat.... Makin cepat jangka waktu pelaksanaan pembangunan pabrik maka akan makin cepat pabrik itu menghasilkan keuntungan.5 26 20.6 10 6.000 tpd sampai 5....5 juta ton semen pertahun..0 7 7...5 juta ton per tahun akibat kenaikan BBM yang tinggi dimana pabrik ini masih menggunakan BBM untuk pembangkit tenaga listriknya.. Tahun 1992 Indocement melakukan diversifikasi usaha dengan mengakuisisi kegiatan usaha dan aktiva PT..000 tpd masih menggunakan mesin dan peralatan Eropa dalam jumlah yang sangat terbatas dan dirasakan perlu agar pabrik dapat menghasilkan performance yang lebih baik Tabel dibawah menunjukkan jumlah pabrik semen dengan teknologi NSP yang dibangun sejak tahun 2002 sampai tahun 2004 dimana 240 pabrik telah dibangun sepanjang tahun 2004 pembangunan pabrik pada kontraktor yang kompeten yang dapat mengontrol pembangunan pabrik apabila memiliki semua sumber daya dalam suplai peralatan.. Tahun 1993 PT.. Kendala ini telah menyebabkan di beberapa wilayah telah terjadi ekses kapasitas produksi yang berlebihan. Disamping itu... Penutup Sekian dan terima kasih (MAA).......000 tpd 10. Dengan membangun pabrik buatan lokal biaya investasi bisa jauh lebih rendah dibandingkan pabrik semen buatan Barat dan sekaligus bisa puluhan pabrik dibangun................. dan pabrik ini tidak lagi dapat memproduksi semennya..... Pabrik-pabrik buatan lokal dengan kapasitas diatas 5..... Pada tahun 1990 jumlah pabrik masih sekitar 12. 47 Artikel Utama 1 Sayang Dilewatkan 2 PENGADAAN SEMEN INDONESIA 2005 Oleh : Ir..Indocement melakukan penandatanganan perjanjian pembelian aktiva dan pasiva PT.000 tpd dengan unjuk kerja diatas rata-rata dibanding buatan Eropa..3 6.51%)....000 tpd Total 2002 63 31..Indocement mengalihkan 6 juta lembar saham dengan nilai nominal kepada 125 unit koperasi.200 1... 2.... Cina mendapatkan lisensi untuk pembuatan mesin-mesin utama pabrik semen dan dengan demikian meningkatkan kemampuan teknologi dalam pembuatan pabrik semen yang seluruhnya buatan lokal... Tahun ini juga Semen cap Rumah diluncurkan dan melalui anak perusahaannya....... 2006 .. tipe V dan beton siap pakai mulai diproduksi..0 10 15.PT Indo Cleanset Cement..7 240 210...2004 Tahun Kap Clinker Jumlah Pabrik Kap MTY Jumlah Pabrik Kap MTY Jumlah Pabrik Kap MTY 1.. 2.... batas yang ditetapkan Pemerintah... Hal ini merupakan bagian antisipasi terhadap overheated economy yang mungkin terjadi dalam waktu dekat seteleh pertumbuhan ekonomi yang terus menerus meningkat dengan sangat cepat....... Ina International Corporation dan Kawasho Corporation dari Jepang.......000 2...... Para pelaku bursa saham dan pengamat pasar modal melihat Indocement sebagai salah satu perusahaan paling menguntungkan... Tahun 2005 ini Indonesia diguncang oleh berbagai musibah seperti banjir.. Tahun 2005 pertumbuhan konsumsi semen hanya mencapai 4.. polio.2 2..... produksi semen naik 2% sebaliknya produksi klinker turun 3 % dari tahun sebelumnya...... Cirebon.....071 trilyun..........

52 $42. Maluku dan Irian Jaya..7 juta ton (6%) berlokasi pada wilayah Indonesia lainnya yang mencakup area 59% dari total Indonesia.134 93% 3. Dari data Asosiasi Semen Indonesia..917 76% 31....338 PTSB 1.....50 $77.... bila ditinjau dari segi wilayah sebanding dengan jumlah penduduk yang ada.....130 208 1. baik biaya awal maupun biaya secara keseluruhan perkerasan beton sudah lebih rendah dibandingkan dengan perkerasan aspal. 43 Artikel Utama 1 Grafik : Harga Eceran Semen dalam kantong @ 50kg di DKI Jakarta Tahun 2005 Perkiraan Pengadaan Semen 2005 Tahun 2005 yang ditandai oleh muramnya perekonomian Indonesia akibat kenaikan harga minyak dunia yang telah menyebabkan harga BBM dalam negeri melonjak dan menyebabkan inflasi tinggi berakibat pula pada melesunya permintaan semen di dalam negeri terutama pada triwulan ke 4. 2006 ......5%) dan Bengkulu (51.. Jawa berkisar sekitar Rp........ tahun 2004 dan akhir tahun 2005 dapat dilihat sebagai berikut : 1. Nusa Tenggara.70 $66.......697 Sayang Dilewatkan 2 PEMBUATAN TEKSTUR PERMUKAAN PELAT BETON DARI JALAN BETON SEMEN Oleh : Komite Beton ASI (MAA) Skid resistance tersebut sangat diperlukan bagi manuver lalu-lintas khususnya dalam mengantisipasi gerakan-gerakan breaking.913 96% 7....... Pendahuluan Tekstur permukaan jalan beton semen dibuat agar jalan tersebut dapat memberikan friksi (kekesatan) antara permukaan jalan beton semen dengan roda kendaraan........472 3....... Dibandingkan sepuluh tahun yang lalu (1995) Jawa masih memiliki porsi 70%............ Friksi tersebut akan menimbulkan “skid resistance” antara roda lalu-lintas yang melewatinya.. Gorontalo.......... Maluku dan Irian Jaya.. 2006 ...11 $64.70 $52...9....657 PTSG 6.. Groover (penggaruk) Grafik 1 : Perbandingan konsumsi semen per wilayah tahun 1995 dan tahun 2005 Tahun 1995 Tahun 2005 Brusher (penyikat) 10 .....97 47.....125 0 0 0 0. Jawa Sumatera dan Sulawesi. ekspor dan impor dapat dilihat pada tabel di atas ini..00 $66.267 2..20 51. Kecuali bila terjadi perubahan yang positip yang tidak terduga yang dapat meningkatkan pertumbuhan konsumsi semen lebih baik...440 5.....2%) dan Nusa Tenggara Timur (-11.Warta Semen dan Beton Indonesia ....95 72. jauh lebih rendah dari perkiraan semula yang 10%.... Nusa Tenggara......50 55. Sedangkan 5 propinsi lainya mengalami penurunan (Sumatera Barat.. Nusa Tenggara Barat dan Irian Jaya)..689 72% 15....66 $52.500 dan pada bulan-bulan berikutnya harga bergeak naik dan mencapi titik tertinggi pada Rp.00 2005 (June) 64... mengalami kenaikan harga yang lebih besar..648 69% 4..41 $47.. suplai domestik.... Sebagai tambahan perbandingan.per ton pada saat nilai tukar rupiah pada tingkat Rp.......21 50.....480 2..203 1. sedangkan 2 pabrik lainnya dengan kapasitas produksi 2. accelerating............. Vol 4 No.. Vol 4 No..........8 Produksi semen dan klinker..95 62..800 949 53% 992 6 501 507 PTSK 300 62 21% 570 69 12% 69 0... Jawa tetap memiliki porsi terbesar (61%) diikuti oleh Sumatera (21%)...............10 48...11 $63.....47 $52. Jambi...400 0 1... dimana ada kenaikan harga BBM diatas 100% menyebabkan kenaikan harga-harga bahan bangunan meningkat drastis..635 68% 9..87 48. Sulawesi pada posisi berikutnya (6%) sedangkan sisanya (12%) terbagi antara Kalimantan.335 1. Pergeseran ini terjadi akibat krisis moneter yang menyebabkan turunnya konsumsi semen di pulau Jawa yang sangat tajam (35%) Perubahan perbandingan porsi masing-masing wilayah selama 10 tahun (1995-2005) dapat dilihat pada grafik 1 di bawah..... Lonjakan harga eceran semen dalam sak terjadi pada bulan Oktober pada tingkat US$ 84...100 4..4%).2juta ton yang seluruhnya disuplai ke daerah pemasaran pabrik ini...10 2002 $49.250 894 71% 895 0 0 0 PTITP 14. 41 flexible pavement concrete pavement ! 12 ...150 0 PTSP 5.5 juta ton. Dengan berkurangnya kapasitas produksi nasional yang terjadi pada PTSAI dan PTSC dan masih adanya pertumbuhan konsumsi semen. Dengan demikian terjadi pergeseran porsi konsumsi semen dari pulau Jawa yang semula 70% menurun menjadi 61%. pertumbuhan konsumsi semen diperkirakan hanya akan meningkat 2-4%....30.425 34...590 33... Pertumbuhan konsumsi semen domestik hanya naik 4.. sebagai berikut : 2 ...00 Kesimpulan Tahun 2005 adalah tahun dimana kondisi perekonomian Indonesia menunjukan terjadinya kelesuan khususnya pada triwulan terakhir.....52 41.407 6. utilisasi kapasitas produksi nasional meningkat dari 80% tahun 2004 menjadi 84% untuk klinker dan dari 70% tahun 2004 menjadi 76% di tahun 2005 untuk semen. Sayang Dilewatkan 1 Lo Price Hi Price Rigid Harga Eceran Semen 2005 Harga eceran semen diberbagai propinsi di Indonesia cenderung meningkat sepanjang tahun 2004.....023 102% 8.. hasil perhitungan perkerasan beton dengan perkerasan aspal yang dilakukan oleh PT Jasa Marga untuk Jalan Tol dengan umur rencana 20 tahun 4) pada tahun 2005.per sak karena kenaikan BBM yang rata-rata 162%...........4%)... pada bulan Januari harga tertinggi di P..........38 67... Sedangkan 2 propinsi di Kalimantan mengalami peningkatan diatas 20% (Kalimantan Selatan dan Tengah) dengan peningkatan konsumsi terbesar di NTT (56... 2... 2.. Impor semen PTSAI berjumlah 1.per ton karena anjloknya nilai rupah terhadap US Dollar....8 juta ton (94%) berada di ketiga wilayah ini....41 $37.58 48. baik dengan brushing maupun grooving. Baik biaya awal maupun biaya secara keseluruhan perkerasan beton lebih rendah dibandingkan dengan perkerasan aspal....... Bahkan perkiraan yang pesimistis akan menuju kearah pertumbuhan konsumsi semen yang negatif.004 84% 44.2% dibanding tahun 2003.. 2004 60..... Kelesuan sektor riil..10 2001 $46..83 40....200 878 73% 1.70 $77... akan tetapi biaya secara keseluruhan (life cycle cost) perkerasan beton lebih rendah dari perkerasan aspal . Peningkatan konsumsi secara nasional memperlihatkan bahwa perekonomian Indonesia masih tumbuh meskipun kurang lebih sama dari tahun sebelumnya.........08 0 0.650 10...883 81% 8.904 0 0 0 PTST 3..00 2003 61..08 Dlm ribuan ton Impor TOTAL 44. invstasi baru yang tidak kunjung kelihatan dan tertundanya pelaksanan proyek-proyek infrastruktur menyebabkan makin muramnya perekonomian Indonesia Dengan kondisi seperti tersebut diatas dan belum terlihatnya tanda-tanda akan membaiknya perekonomian maka perkiraan pertumbuhan konsumsi semen tahun 2006 hanya akan berkisar 2-4%... Sulawesi 5% sedangkan sisanya (7%) terbagi oleh Kalimantan.. Bank Indonesia AFCM data bank 2005 Warta Semen dan Beton Indonesia ...47 $51... Harga ini termasuk tertinggi bila dibandingkan dengan negaranegara ASEAN atau negara-negara Asia Pacific lainnya..... Aspal yang tergantung dari harga minyak....95 70.......409 82% 1...30 94... meningkat 4.877 1... biaya awal perkerasan beton lebih tinggi dari perkerasan fleksibel.... Konsumsi semen di 9 propinsi pada tahun 2005 menurun dengan penurunan pertumbuhan konsumsi terbesar di Riau (-13...200 5..482 155 568 723 PTSBM 1.500....... Harga eceran tertinggi umummya dimiliki oleh merek-merek yang dominan disuatu tempat dan harga terendah biasanya dimiliki oleh merek-merek pabrik lainnya atau pendatang baru Dengan bergejolaknya kurs Rupiah harga eceran semen perton ini juga bergejolak pada kisaran US$ 67..Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia .. 2006 ...112 94% 3....10 $52.....2% dari tahun lalu... Konsumsi Semen Dalam Negeri Konsumsi semen Indonesia tahun 2005 berjumlah 31......380 3.. Tahun 1987. Tabel : Perkembangan harga eceran semen per ton di beberapa negara ASEAN 2000-2005 NEGARA INDONESIA MALAYSIA PHILIPPINES SINGAPORE THAILAND VIETNAM BRUNEI 2000 $44...........300 5..40.. dalam US Dollar Dari ketiga grafik perbandingan yang didapat pada perhitungan evaluasi tahun 1987...... Tahun 2005 (Nopember)... Tahun 2004.11 $64.....37 $64. sehingga lalu-lintas dapat melaju dengan aman 1.....62 47.....per US$...88 54...710 1...... 2. Sulawesi Tenggara (-11.. dan anti centrifugaling....44 $69...... Tekstur dapat dibuat melintang ataupun memanjang....00 Berdasarkan keadaan tersebut..Vol 4 No..... ditahun 2006 perkiraan sektor konstruksi yang masih akan lesu..800 10.900 7...200 7.....00 56.. 2006 ....... 3 ....925 97% 5..... Penyebaran konsumsi semen...289 3.......Artikel Utama 1 Tabel 1: PENGADAAN PABRIK-PABRIK SEMEN INDONESIA 2005 Tahun 2004 Kap Prod Klinker PROD KLINKER Utilitas Kap Prod Klinker Kap Prod Semen PROD SEMEN Utilitas Kap Prod Semen SUPPLY DOMESTIK Ekspor Semen Ekspor Klinker TOTAL EKSPOR PTSAI 1...4%).. 2........Vol 4 No...20 $55.. Lokasi 7 pabrik semen dengan kapasitas produksi 44.... Sumber data: ! ! Asosiasi Semen Indonesia 2006 Laporan Perekonomian Indonesia 2005.. porsi Sumatera 18% ..07 67..470 PTSC 7.000....793 794 863 1....698 78% 2.

Warta Semen dan Beton Indonesia ...Vol 4 No...000 1.Vol 4 No. 280..850 7.000 91.916....544 1.197 5....942. PT Semen Kupang berada pada urutan terakhir dengan ekspornya sebesar 80 ton.......525/m2 Harga concrete pavement dengan tebal konstruksi 40 cm : Rp.000 6.5 mm sampai 3... Pada tahun ini ekspor terbesar adalah dari PTITP yang berjumlah 2.132..800....193...330 73 570.... Import semen pabrik ini sebagian besar berasal dari sesama anak perusahaan Lafarge yang ada di Malaysia dan sebagian lainnya berasal dari pabrik-pabrik lokal...818. Sejalan dengan kemajuan teknologi material... Anggapan/ persepsi yang menyatakan perkerasan beton lebih mahal belum banyak berubah. konsumsi semen lebih rendah dari pada semester II.630 10....912... 11 ... New Zealand dan Kepulauan Pasifik..... Metoda 1 : dengan “menggrinding” permukaan beton yang sudah licin dengan alat yang disebut cold milling machine. tiga pabrik (PTSP.. ekspor semen dan klinker sama dengan tahun sebelumnya (2004) yakni Asia (13 negara).000 1... murah dan hemat dibandingkan dengan perkerasan fleksibel/ aspal. Indocement Tunggal Prakarsa PT. Juli 1987 3 . 2006 .. Eropah (1 negara ) disamping Amerika Serikat.... SAI is still constructing a new 89 1.232..000 15........... 2..000 1..299 53 9..589 3...143 plant which operate in the year 2007 Penjualan ekspor dilaksanakan oleh enam pabrik semen. Dlm ribuan ton Tahun 2005 Ekspor Semen Ekspor Klinker TOTAL EKSPOR PTSAI 0 0 0 PTSP 1.710...134.000 1..900...75 mm Hasil texture depth yang diharapkan dari brushing atau grooving ± 2 mm dengan maksimum noise yang ditimbulkan ± 75 dbA Kapan tekstur permukaan jalan beton menjadi licin kembali ? Permukaan beton semen yang pelaksanaannya cukup baik (nilai IRI < 3M/km. Concrete International.550 70 47..250...000 4..... Perkembangan Terkini Perencanaan Jalan Tol...... diperkirakan jalan tersebut dapat mencapai umur 30 tahun..000 8...000 7. Pengadaan Semen Tahun 2005 Tahun 2005 penjualan semen domestik terbesar masih dipegang oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa (PTITP) sebesar 9. 2..250. Perlu waktu yang lama pada proses pengerasan dan curing 4 .. Kebijakan yang diambil pemerintah setempat belum sepenuhnya mendukung perkerasan yang lebih efektif dan berjangka panjang Tabel: Ekspor pabrik-pabrik semen Indonesia Tahun 2005 dan 2004 2 .....819.200.311 7.200. Biaya total (life cycle cost) beton sudah terlebih dahulu terbukti lebih rendah dari aspal.... Umur perkerasan beton yang makin panjang..470 PTSC 794 863 1.000 1.812 893... ekspor semennya 39% dan klinker Grafik diatas memperlihatkan perkembangan jumlah yang diekspor yang makin mengecil pada tujuan negaranegara di Afrika dan membesar pada tujuan negara-negara di Asia. Malaysia.331 80 1.. dan PTST) telah memanfaatkan kapasitas produksi klinkernya diatas 90%.....885. Disamping itu pada bulan lebaran selalu terjadi penurunan antara 20-30% dari tahun sebelumnya seperti terlihat pada grafik 2.. Indeks Perdagangan Besar. menunjang peningkatan kualitas perkerasan beton ! KENDALA DAN PERMASALAHAN Kendala yang dihadapi dalam pemilihan tipe perkerasan jalan terletak dalam hal : a.630 5..440.......338 PTSB 0 0 0 PTITP 1. Perkembangan teknologi material..800.... 2..195 5... sedangkan tempat kedua dipegang oleh PT Semen Cibinong dengan jumlah ekspor 1.499 65 3.. 2004 dan 2005 konsumsi semen terendah terjadi pada bulan Nopember dimana bulan tersebut adalah bulan lebaran untuk ketiga tahun tersebut.. Semen Gresik PT..2002 harga Permasalahan teknis yang dihadapi pada perkerasan beton yang seringkali dianggap sebagai kelemahan seperti : a........ Impor semennya berupa semen curah yang dikemas di terminal LhoNga dan Belawan yang tidak terkena dampak Tsunami. Belum dipahaminya keunggulan teknis dari perkerasan beton. 2005 Tahun 2004 Ekspor Semen Ekspor Klinker TOTAL EKSPOR PTSAI 58 0 58 PTSP 801 455 1. 2004 5 ....587 42 .883 3...000 34.. permasalahanpermasalahan teknis tersebut dapat diatasi.. Cara “build in” dengan finisher Pemanfaatan kapasitas produksi nasional menjadi 74% untuk semen dan 81% untuk klinker (tahun 2004 sebesar 70% untuk semen dan 80% untuk klinker).130 208 1.......000 570.. Ghana.. Urutan ketiga dipegang oleh PT Semen Cibinong dengan penjualan sebesar 4.480...4 juta ton klinker – turun 12% dari tahun 2004. 326. PTSC.710. Diperlukan sosialisasi yang lebih intensif agar perkerasan ini lebih memasyarakat.... ! Ekspor 2005 Tahun 2005 jumlah ekspor total dari semen dan klinker mencapai 6.064..112.... Kurang nyaman dan bising Artikel Utama 1 Grafik 2 : Perkembangan konsumsi semen Indonesia per bulan 2000-2004 61% dari total ekspor. b .2%).. Semen Tonasa PT.900.400.369 66 14..004...073 66 8.....193 70 1..000 300. Anas Aly.....203 1...800. padahal yang terjadi sudah sebaliknya karena perbandingan harga material sudah berubah total.5juta ton semen dan klinker...5 mm – 28 mm Ukuran pada jenis brusher : ! Panjang kawat 100 mm ! Jumlah baris 2 baris ! Jumlah kawat perbaris 32 batang ! Kedalaman “tusukan kawat” 0.... sehingga prosentase biaya perkerasan beton dibandingkan dengan perkerasan aspal semakin kecil..647....840.. metode pelaksanaan dan perawatan beton.. Pangsa pasar PTITP turun karena kebijaksanaan yang diambil perushaan ini adalah mempertahankan posisi sebagai price leader. Pemanfaatan kapasitas produksi klinker tertinggi terjadi di PTSP pada tingkat 102%..490.. Dari total ekspor.100.150.. M. Dari segi negara tujuan. Sedangkan impor dari non pabrik ditujukan ke propinsi Nanggroe Aceh Darussalan (400ton) dan Sumatera Utara (435 ton)...896 83 5...400.700. PTSAI tidak lagi mengekspor karena pabriknya tidak beroperasi dan PTSG yang pemanfaatan kapasitas produksinya mencapai 102% untuk klinker dan 97% untuk semen yang semuanya terserap didalam negeri yang harganya jauh lebih baik dari harga ekspor.7juta ton......023....673 7.407 6.000 2005 Production 4.. retak dan patah bisa dihindari dengan menjamin kestabilan badan jalan dan menjaga mutu beton..... Ir....000 808..Warta Semen dan Beton Indonesia Sayang Dilewatkan 1 Harga flexible pavement dengan tebal konstruksi 60 cm : Rp. Metoda ini bisa diterapkan bolaman “eveness” permukaan jalan beton semen cukup baik Metoda 2 dengan melapis permukaan beton semen yang sudah licin... PTITP.. Semen Andalas Indonesia *) PT.000 1..230.000 1.7 juta ton yang terdiri dari 3.000 2.. Ini berarti harga ekspor yang diperoleh akan lebih besar karena perbedaan jarak angkut.075.000 2..000 6....0 mm sampai 9.410....000 14... Perkembangan konsumsi semen bulan ke bulan masih tetap mengikuti pola lama dimana pada semester-I..200.........455 66 1.. Pada tahun 2003.480.......... Amerika Serikat...925... Pabrik-pabrik lainnya memanfaatkan produksinya antara 68% sampai 78%..... Evaluasi Biaya & Perwujudan Perkerasan Flexible vs Rigid pada Proyek Warung Buncit – Lingkar DKI..000 3.........638 PTSG 5 253 258 PTST 4 701 705 PTSBM 29 526 555 PTSK 6 0 6 Impor TOTAL 2... Holcim Indonesia PT.000 89..2% dari tahun sebelumnya. PTSP...974 34.302 68....000 914.........000 10. 1997.. dua pabrik (PTSB dan PTITP) diatas 70%.M Fodly Misbach.. Selain PTSB yang selama ini tidak mengekspor.. PTSBM dan PTSK.368/m2 Catatan : Perhitungan ini didasarkan pada umur rencana 20 tahun Data hasil hitungan PT Jasa Marga menunjukkan perkerasan beton memberikan biaya pembangunan awal yang lebih rendah dibandingkan dengan perkerasan aspal...914 4. Tabel di atas memperlihatkan perbandingan kapasitas produksi dan produksi semen/clinker per pabrik tahun 2004 dan tahun 2005 Impor semen meningkat sangat tajam dari 17ribu ton pada tahun 2004 menjadi 1. 2006 . Dengan additif kimiawi pencapaian kekuatan bisa lebih cepat.345 92 1. c.....697.. Dengan demikian pada tahun 2005 terjadi kenaikan porsi ekspor semen dibanding tahun sebelumnya sejumlah 375 ribu ton sebaliknya ekspor klinker turun 1.. Vol 4 No.0 mm ! Kedalaman “tusukan kawat” 1...1% tahun 2005.3% tahun 2004 menjadi 25.000 5.000 33.Sayang Dilewatkan 2 Kapan dan bagaimana pelaksanaan tektur dikerjakan ? Tekstur dilaksanakan finishing (perataan) selesai dikerjakan dan sebelum tahap curing akhir dikerjakan (sebelum curing compound disemprotkan).419..000 5.650. Semen Bosowa Maros Clinker Cement Clinker Cement Clinker Cement Clinker Cement Clinker Cement Clinker Cement Clinker Cement Clinker Cement Capacity 2004 Production Utility (%) Capacity 1.000 6... PTSG.... PT Semen Gresik (PTSG) berada dalam urutan kedua dengan jumlah penjualan domestik 7..100..9 juta ton (25..000 3......... 5 (lima) negara tujuan ekspor semen terbesar adalah Nigeria. kekuatan lentur dapat ditingkatkan....000 4... Pemanfaatan kapasitas produksi semen diatas 90% terjadi di PTSP dan PT SG dan yang terendah PTSK dengan pemanfaatan kapasitas produksi sebesar 12%.548 80 43. Sedangkan untuk ekspor klinker adalah Bangladesh.000 1.. 2.883. 2006 ..000 7. 9 44 .....262 33.......000 10...980 Utility (%) 97 94 73 71 72 68 81 69 102 96 93 78 82 53 21 12 81 74 Cara semi mekanis PT. Robert G... %-tase Pangsa Pasar Pabrik-Pabrik Semen Tahun 2004 .... artinya semakin panjang umurnya perkerasan beton lebih menguntungkan b .133 2......5 juta ton atau 4...800.440. sedang PTSK yang menyelesaikan modifikasi pabrik pada tahun 2003 hanya memanfaatkan 21% dari kapasitas produksi.....639. PENUTUP ! Hasil perhitungan menunjukkan perkerasan beton lebih efektif.323 62. dengan lapisan aspal open graded atau jenis “fricseal” lainnya....2005 Bagaimana cara retexturing permukaan jalan beton semen yang sudah menjadi licin? Terdapat 2 (dua) metoda dalam pengerjaan retexturing..... Pemanfaatan kapasitas produksi semen PTSBM hanya 53% turun dibanding tahun 2004 karena menurunnya penjualan....000 1.............3 juta ton (29.150...200.597 86 5.228 1.... Terjadinya retak dan bisa patah akibat beban diatasnya melebihi kekuatan lenturnya terutama bila badan jalan dibawahnya turun c. penjualan domestik tahun 2004 meningkat 2...697 REFERENSI 1.. August 1987.340... Secara keseluruhan.. Packard. Direktorat Jenderal Bina Marga..409. memberikan penghematan yang bertambah besar mengingat biaya pemeliharaan yang sangat kecil..689......990.. Vol 4 No.000 45. 49% berupa semen dan sisanya 51% berupa klinker.380.111 PTSC 783 855 1.000 41.300.284 78 8.....193 10..263 58 15.416 79 3... Kurang nyaman dan bising diatasi dengan mengukur tingkat kerataan perkerasan dengan alat khusus dan pembuatan alur/ groove yang lebih rapi dan halus... Cara manual Beberapa ukuran tekstur yang bisa diacu Ukuran pada jenid groover : ! Lebar kawat 3... Pelaksanaan tektur dapat dikerjakan secara manual maupun semi mekanis Artikel Utama 1 YEAR COMPANY PT....600. H.... pada umumnya masa “pelayanan” yang dihasilkan sekitar 7 – 10 tahun.....916 65 1..256 PTSB 0 0 0 PTITP 1.. Pavement Costs and Quality..235. Semen Baturaja PT...289 3.000 5.. Afrika (10 negara).. Perkembangan Pemakaian Jalan Beton di Jakarta ....657 PTSG 0 0 0 PTST 155 568 723 PTSBM 6 501 507 PTSK 0 0 0 Impor TOTAL 3.3 juta ton semen dan 3.....200.119 949. Pada tahun 2001 dan 2002 konsumsi semen terendah terjadi pada bulan Desember dimana bulan tersebut adalah bulan lebaran untuk kedua tahun tersebut. 2006 ...... PTST.. Semen Kupang Clinker Cement Clinker To t a l Cement Remark : *) PT.0 mm ! Jarak antara kawat 4. Australia. Umur perkerasan jalan beton di Indonesia tahun ini 21 tahun.650. Dari sembilan pabrik.. sedangkan tahun 2004. Mengamati kondisi yang dibuat tahun 1985 tersebut saat ini masih bagus. peralatan dan pelaksanaan.. Bambang Sulistyo ....8 juta ton (15.800.380...MM.Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia ..1%).338 23 300.440 877.. Badan Pusat Statistik...634..7% pangsa pasar).. Semen Padang PT..541 81 6..267 2... Dengan penjualan yang agresif PTSG berhasil meningkatkan pangsa pasarnya dari 24.PT Jasa Marga. Australia dan Srilanka.....628.. dan pabrik (PTSC dan PTSBM) memanfaatkan kapasitas produksinya diatas 80%.266 ribu ton. Pada tahun 2000 konsumsi semen terendah terjadi pada bulan Januari dan bulan Desember karena lebaran terjadi pada akhir awal tahun dan akhir tahun 2000..2juta ton bila import PT Semen Andalas Indonesia ikut diperhitungkan... Singapura dan Srilanka..000 8..... Mauritius.

.......... • Sertifikasi Kegiatan penilaian kesesuaian yang berkaitan dengan pemberian jaminan tertulis bahwa suatu produk.. Bahan bahan besi dan bahan yang tertanam dalam beton harus dipisahkan sebelum digiling.... termasuk penandaan (marking)....... a. di bawah ini penulis mencoba menyajikan hasil perbandingan hitungan biaya perkerasan beton dan aspal seiring dengan perkembangan harga .. • Ditetapkan oleh pihak yang memiliki kewenangan untuk melaksanakan koreksi dan penindakan terhadap pihak yang tidak mematuhi..... di Kalimantan... yang diterapkan secara nasional... Masalah kemampuan jalan menanggung beban aktual kendaraan yang melintas dimana hal ini erat kaitannya dengan desain perkerasan. # Persiapan regulasi teknis # Notifikasi – WTO. • Standar Nasional Indonesia (SNI) Standar tentang produk (barang.. 39 Artikel Utama 2 " Konstruksi 5 " Setelah pemberlakuan SNI wajib tidak dilakukan pengawasan pasar yang memadai. pedoman karakteristik kegiatan atau hasilnya yang dirumuskan melalui konsensus oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan ditetapkan oleh badan yang berwenang................ • Standar Dokumen berisi ketentuan....... Biaya Tahun 1987 Perkerasan Biaya Awal (Initial cost) Rp/m2 28.... • Akreditasi Kegiatan penilaian kesesuaian yang dilakukan oleh pihak yang memiliki kewenangan untuk menilai dan memberikan pengakuan formal bahwa suatu lembaga memiliki kompetensi serta berhak melaksanakan penilaian kesesuaian. • Lingkup Pengaturan " Koordinasi : # Departemen Teknis. Timbunan badan jalan........... asphalt... Akar masalah yang sebenarnya perlu diteliti secara komprehensif disamping hal diatas sehingga ke depan dapat direncanakan solusi berjangka panjang....... Pada beton mutu rendah.. Hal ini agar pengawasan pra pasar dari suatu regulasi teknis tidak menimbulkan hambatan perdagangan international yang berlebihan yang akan menimbulkan protes dan atau tindakan balasan......... importir)...100 25..... " Tidak memperhatikan perjanjian TBT – WTO dan di lingkungan ASEAN dan APEC..Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia . kaca serta bahan atap haruslah dicegah dan dilakukan secara hati hati. masalah pelaksanaan konstruksi yang harus disesuaikan dengan standar spesifikasi & kondisi pada saat pelaksanaan dan masalah pemeliharaan yang harus dilakukan pada waktunya merupakan beberapa faktor penting yang harus dikaji secara mendalam.. Umur rencana dan biaya pembangunan termasuk bahan pertimbangan dalam perencanaan... MT..... Di Jawa . baik jalan negara...... # Dengan pelaku usaha (produsen....... lingkup pengaturan dan aspek pengawasan Koordinasi dengan pelaku pasar Koordinasi pelaksanaan notifikasi Koordinasi pengawasan pasar ASEAN APEC Drafting SK Pemberlakuan SNI Wajib Penyiapan LPK Notifikasi Koordinasi Akhir Penetapan Pengawasan Pasar Mengingat perbedaan sifat penyerapan air dari agregat yang berasal dari daur ulang ini maka umumnya agregat halus bahan daur ulang masih harus dicampur dengan agregat alam untuk dijadikan beton....... dan/atau kompetensi personil telah memenuhi standar atau ketentuan lain yang telah ditetapkan.... Faktor anggaran pemeliharaan yang kecil seringkali dianggap menjadi penyebab semakin rusaknya jalan yang sudah ada walaupun diyakini hal ini bukan satusatunya faktor... hanya dapat diterbitkan oleh lembaga sertifikasi yang telah di akreditasi oleh KAN........ Dengan rekayasa ini maka harga beton menjadi semakin murah..... Market Development Division – PT.... crushing dan screening akan memisahkan agregat halus dari agregat kasarnya.. agar masalah serupa tidak muncul setiap tahun.. terutama dengan negara anggota WTO tentang TBT dan SPS...... sesuai dengan perjanjian regional maupun international yang telah diratifikasi atau telah disetujui oleh Pemerintah... setiap negara anggota WTO dianjurkan melakukan usaha membentuk kesepakatan saling pengakuan (MRA) dibidang penilaian kesesuaian baik secara bilateral maupun multilateral. jalan propinsi sampai ke jalan lokal..Jalur Lintas Timur (Jalintim). agar pihak yang terikat dapat mempersiapkan penerapannya... Penilaian Kesesuaian Penerapan SNI dilandaskan pada sistem Standardisasi Nasional berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No. 2006 . VI...Tbk... Sesuai perjanjian TBT dan SPS.. ASEAN................. 37 16 .Jalur Pantura.. Pembongkaran konstruksi beton menghasilkan besi beton yang dapat didaur ulang dan puing beton......... Dari sisi biaya pembangunan jalan dan umur yang telah dicapai... Apakah lembaga penilaian kesesuaian sudah siap (LPK)......Vol 4 No........... berdasarkan PP ini telah dibentuk Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang memiliki kewenangan untuk menilai kompetensi dan memberikan pengakuan formal kepada lembaga yang berhak melaksanakan sertifikasi... Indocement Tunggal Prakarsa.... dan hal lain yang berkaitan. • Memenuhi perjanjian international yang telah diratifikasi atau disepakati oleh Pemerintah.... proses dan sistem manajemen terhadap SNI tertentu........... PERHITUNGAN BIAYA Proyek yang menjadi studi kasus dalam tulisan ini adalah proyek Jalan Warung Buncit Jakarta Perhitungan biaya konstruksi dan pemeliharaan untuk 2 jenis perkerasan dalam proyek ini(dalam rupiah per m2) dengan umur rencana 20 tahun pada disajikan secara berturutan dalam uraian tabel dan grafik.. Di Indonesia pengumpulan besi beton hasil pemisahan beton bertulang umumnya sudah sangat berjalan dengan baik karena besi besi ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga masih merupakan komoditi yang cukup cepat laju perdagangannya dari tingkat pemulung sampai pabrik besi dan baja.... Kajian mengenai jenis perkerasan dalam desain sangat menentukan keberhasilan jangka panjang jalan yang akan dibuat atau diperbaiki akibat kerusakan. 2006 . PENDAHULUAN Dua bulan terakhir media massa nasional maupun daerah banyak sekali menyoroti kerusakan jalan........... khususnya koordinasi antara instansi. kelompok atau individu dengan konteks tujuan tertentu... Beton dan konstruksi bangunan berbasis semen lainnya merupakan bahan bahan yang ramah lingkungan karena bahan ini sesungguhnya tidak menimbulkan sisa karena selalu dapat didaur ulang untuk mendapatkan bahan bangunan yang baru........... proses.. sebagai acuan dalam kegunaan yang bersifat umum dan/ atau berulang untuk mencapai tingkat keteraturan optimum dalam konteks tertentu. • Penilaian kesesuaian Rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menilai kesesuian suatu produk proses. Vol 4 No......390 17...... 2006 .. PP ini menetapkan ketentuan tentang akreditasi dan sertifikasi untuk menilai kesesuaian suatu produk.... Perdagangan BSN.... proses dan sistem manajemen tersebut telah memiliki kesesuaian terhadap SNI tertentu... Pengaman tebing..... • Enquiry point Pusat pelayanan di lingkungan notification body yang berfungsi melayani pertanyaan dari negara-negara lain tentang hal-hal yang berkaitan dengan regulasi teknis yang menimbulkan hambatan perdagangan... • Semua ketentuan yang disyaratkan dapat dipenuhi oleh pihak yang terikat olehnya dalam kurun waktu yang wajar.... menurunkan kadar semen dalam beton sehingga sejalan dengan gerakan pembangunan yang berkelanjutan. • Notification body Instansi yang ditetapkan oleh Pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk melaksanakan notifikasi..WTO Revisi SNI Objective.......000 Pemeliharaan (Maintenance cost) Rp/m2 4....harga mulai era tahun 1987 sampai akhir tahun 2005......... 2006 .. maka sertifikasi yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi di negara lain dapat di-akui apabila lembaga sertifikasi tersebut telah di-akreditasi oleh lembaga akreditasi yang telah memiliki MRA dengan KAN... Dari beton mutu tinggi maka umumnya agregat kasar yang didapat merupakan agregat yang penyerapan airnya lebih tinggi dari agregat alam... Sementara agregat yang diperoleh dari puing beton ini diluar negeri banyak dipakai antara lain untuk : Warta Semen dan Beton Indonesia ........ Di Sumatera ... Proses daur ulang dari beton merupakan proses yang sangat sederhana.. APEC # Pengawasan pasar (LPK dan instansi terkait) • Prosedur persiapan SK pemberlakuan SNI wajib.. Regulasi teknis yang baik • Tujuan dari regulasi dapat di mengerti oleh pihak-pihak terkait......... 2... kayu........ • Dapat diberlakukan kepada semua pihak yang terkait sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan usaha yang kompetitif dan persaingan yang sehat. Sertifikasi yang merupakan jaminan tertulis menyatakan bahwa suatu produk.Artikel Utama 2 perilaku masyarakat.................. Proses sertifikasi diatas harus dipergunakan untuk pelaksanaan pengawasan pra-pasar.840 Biaya Total (Life cycle cost) Rp/m2 32... 102 Tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional.... tahun 2004 dan tahun 2005 (Nopember)........490 42... XI....... • Hambatan Umum.......Trans Kalimantan adalah contoh beberapa jalan yang mengalami kerusakan parah yang mendapat perhatian.. Walaupun dari sisi indusri semen pengurangan ini kelihatan seolah-olah “kurang menguntungkan” tetapi tidak dari kacamata kepentingan nasional....... jasa dan sistem)......Vol 4 No....... • World Trade Organization – WTO Suatu badan dunia yang dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan General Agreement on Tariff and Trade (GATT) V.. 2. Vol 4 No........ 2. : " Ketidakpastian tentang siapa yang memberlakukan wajib... • Notifikasi Penyampaian informasi tentang rencana pemberlakuan regulasi teknis yang berpotensi menimbulkan hambatan perdagangan international kepada negara-negara lain.. Secara hati-hati kontaminasi bahan bahan bangunan lain seperti gypsum.... proses sistem manajemen..... Persiapan SK dan Sarana Penunjang • Persiapan SK Pemberlakuan Koordinasi awal TBT ........ " Apakah pengawasan pasar-pasar sudah siap.. Harrys Napitupulu.840 Beton Aspal 14 .. Bahan bahan yang berasal dari puing beton yang tidak digiling umumnya hanya digunakan sebagai antara lain : ! ! ! • Persiapan sarana penunjang Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) Rekomendasi KAN Informasi LPK Sertifikat & Marking Produk Produsen Registrasi Informasi MRA Lembaga Akreditasi Asing Registrasi (RFCO) Pengawas Pasar LPK Asing Sertifikat & Marking Produk Produsen Sertifikat & Marking Inspeksi Inspeksi Pelabuhan Bahan pengurukan dengan volume besar. Pengawasan pra-pasar hanya efektif bagi pelaku usaha yang Sayang Dilewatkan 1 Pengaruh Kenaikan Harga Material Terhadap Perkerasan Jalan Ir........ sealent... Puing puing beton yang berasal dari konstruksi besar dapat dilakukan pemecahan kembali sehingga akan menghasilkan agregat kasar dan halus sesudah melewati proses pengayakan (screening)............ • Penetapan regulasi teknis memberi tenggang waktu yang cukup sebelum diberlakukan secara efektif... • Dapat ditegakkan baik melalui penyediaan prasarana yang memadai untuk memfasilitasi pihak-pihak yang mematuhi semua ketentuan yang diatur maupun melalui pengawasan pasar untuk mengkoreksi dan/atau menindak pihak yang tidak mematuhi.. sementara untuk agregat kasar dapat sepenuhnya dimanfaatkan. sistem manajemen.. Pembangunan dengan konstrusi beton menjadi semakin besar demikian pula jalan jalan berkwalitas tinggi dari beton semen semakin banyak dapat dibangun sehingga ekonomi nasional dapat tumbuh dengan baik.... sistem manajemen dan/atau kompetensi personel terhadap standar atau ketentuan lain yang telah ditetapkan.Warta Semen dan Beton Indonesia .l.... Suatu siklus penggunaan sumber daya alam yang dikelola dengan baik merupakan cermin bagaimana kita mensyukuri karunia Tuhan ini dengan cara yang bijaksana.... Perhitungan dan evaluasi biaya ini dilakukan pada tahun 1987 2 )... • SNI wajib SNI yang diberlakukan wajib secara nasional melalui regulasi teknis....... 2..

. dan tahapan yang menjadi acuan dalam melaksanakan perumusan penerapan.. tegel dan keramik dapat mengisi jalan beton sehingga volume beton yang dipakai menjadi semakin rendah. 2006 ...... APEC dan ASEAN lebih berfokus pada upaya memperlancar perdagangan antar negara........ yang sangat berpengaruh terhadap harga pelaksanaan proyek termasuk proyek jalan..... kerb.... 2.... Sesuai General Agreement Tariff and Trade (GATT) semua negara anggota harus menghindarkan penggunaan hambatan non-tariff dan menekan hambatan tarif serendah mungkin.800 Beton Aspal Dari perhitungan yang dilakukan untuk tahun 2005 (Nopember). 2. Tahun 2004.. • Meningkatkan efisiensi produksi.. • Pengawasan pasar harus direncanakan dengan baik... • Kesiapan lembaga sertifikasi merupakan aspek yang sangat penting karena merupakan prasarana untuk pelaksanaan pengawasan pra-pasar bagi pelaku usaha yang mematuhi regulasi teknis yang akan ditetapkan..... Suplementary Cementing Material for use in Concrete. Beton Aspal • Bertujuan meningkatkan kepastian. bagi produk yang telah disertifikasi dan telah diregistrasi namun ternyata tidak dapat mempertahankan kesesuaian produknya..... Bahan bongkaran dari konstruksi berbasis semen dengan skala kecil yang banyak terjadi di Indonesia.. sehingga penerapan disetiap negara perlu disesuaikan dengan kondisi dan kepentingan di negara masing-masing...l. Hal ini juga berpotensi menimbulkan hambatan transaksi perdagangan. pelaku usaha. Pecahan-pecahan bata dapat digunakan untuk meratakan dasar jalan sedangkan pecahan pecahan bahan yang keras seperti beton.... 2.........Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia .. oleh karena itu harus dilaksanakan secara berhati-hati dengan memperhatikan kemampuan produsen.. namun penerapan standar yang berbeda-beda berpotensi menjadi hambatan non-tarif. Kesimpulan : Beton semen adalah bahan konstruksi yang dengan rekayasa yang benar... terhadap kesesuiankeselarasan dengan standar international dan kesiapan penilaian kesesuaian... mematuhi regulasi teknis......... didapat biaya perkerasan beton : 69% dari biaya perkerasan fleksibel. efektif. kesepakatan diantara negara anggota GATT meletakkan Standardisasi menjadi faktor yang penting dalam perdagangan international.. Pemerintah melalui keputusan Menteri atau Kepala Lembaga Pemerintah dapat memberlakukan... Tentu saja sifat beton yang dihasilkan juga sangat tergantung dari bahan beton yang dijadikan bahan daur ulang.. • Kesiapan penilaian kesesuaian Tenggang waktu yang diperlukan oleh lembaga sertifikasi dan laboratorium penguji untuk melayani pelaku usaha. Dianjurkan setiap negara anggota melakukan harmonisasi standar nasionalnya dengan standar international mengembangkan saling pengakuan (Mutual Recognition Arrangement = MRA) dalam pelaksanaan penilaian kesesuaian. Sedangkan biaya total perkerasan (life cycle cost) untuk umur 20 tahun. bahu jalan.. " Tidak sesuai dengan Standar International tanpa alasan yang legistimate. X. " Pemberlakuannya tidak transparan dan tidak memberikan kesempatan bagi produsen/pemasok untuk menyesuaikan produknya.........Wilson... • Harus dimonitor dan dikaji ulang.. perlu direvisi atau diabolisi. Analisa ini ingin menunjukkan pengaruhnya terhadap harga konstruksi dengan perkerasan beton maupun perkerasan aspal. pertimbangan.... Pemanfaatan recycle agregat merupakan potensi yang harus dikembangkan di Indonesia.. telah dilakukan evaluasi biaya dengan memasukkan harga material............ Referensi : 1 .l.....100 250.. membentuk persaingan usaha yang sehat dan transparan............. memacu kemampuan inovasi..4% dari biaya awal perkerasan aspal.... Berdasarkan studi tersebut........ konsumen....000 242. slump dan w/c ratio yang sama dengan beton konvensional. pada pemakaian beton struktural.. 13 Konstruksi 5 ! Artikel Utama 2 Bongkaran dinding dan beton dapat dipisahkan dengan bahan besi dan bahan yang lunak seperti bata......... Tujuan Pemberlakuan SNI Wajib. Selanjutnya baru diberlakukan secara efektif setelah 6 bulan sejak ditetapkan...Vol 4 No..... " Pengawasan harus efektif sebab apabila tidak hanya menguntungkan pelaku pasar yang tidak patuh.. • Rancangan yang telah disempurnakan dikirim ke BSN sebagai Notifikation Body untuk TBT – WTO.... " Pengawasan pasar-pasar pada umumnya mahal dan memerlukan tenaga pengawas yang banyak... • Regulasi tehnis berpotensi menimbulkan intervensi pasar yang dapat menghambat perkembangan pelaku usaha..... Setelah langkahlangkah diatas berjalan dengan baik............ • Instansi pemrakarsa regulasi teknis harus mempersiapkan mekanisme pengawasan pasar yang dapat secara efektif mencegah pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab itu memasuki pasar yang akan mengakibatkan timbulnya persaingan tidak sehat bagi pelaku usaha yang telah mengeluarkan biaya dan tenaga untuk memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan. pemberlakuannya secara efektif dan pengawasan pasar....... Dengar pendapat publik (Publik Hearing) diperlukan agar para pihak yang akan terikat mendapat kesempatan memberikan tanggapan dan masukan. didapat biaya perkerasan beton : 76% dari biaya perkerasan aspal..600 Biaya Total Rp/m2 267.. Perencanaan regulasi teknis untuk pemberlakuan SNI wajib ! ! ! Beton untuk Jalan beton baru.... Vol 4 No. termasuk melaksanakan notifikasi kepada anggota.. • Persyaratan Pra-Pasar Bersifat preventif. 38 .... Lean concrete untuk dasar jalan beton...... Istilah dan definisi serta kelembagaan • Regulasi Ketentuan yang ditetapkan melalui Undang-undang atau peraturan yang diterbitkan berdasarkan kewenangan Pemerintah..... Beton struktur....... Struktur masing-masing perkerasan sebagai dasar untuk perhitungan di atas dapat dilihat pada sketsa berikut ini : Pedoman pemberlakuan menjabarkan pengertian. 2.... karena standar nasional yang harmonis dengan standar international dapat dijadikan referensi untuk memperlancar transaksi perdagangan antar negara......880 Biaya Pemeliharaan Rp/m2 47. kepentingan konsumen... Dengan cara/ metode perhitungan yang sama dengan diatas. Sisa bahan bangunan ini sebenarnya memiliki potensi untuk pembangunan jalan beton diperumahan dan desa yang lalu-lintasnya tidak berat.. VII..... pemberlakuan SNI secara wajib..300 155.. perencanaan regulasi teknis...Vol 4 No......... • Instansi pemrakarsa dapat meminta Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk melakukan kajian menilai validitas rencana SNI wajib dimaksud. kaidah. Biaya Total (Life Cycle Cost) 20 tahun : 53. Tahun 2005......... disarankan agar agregat ini dibasahi lebih dahulu sampai mendekati kondisi “sub surface dry “/ssd sebelum dicampur dalam batching plan untuk memperoleh beton dengan workability. Vol 4 No.. SNI wajib untuk komoditi semen baru pada taraf penyusunan draft regulasi teknis dan SK Menteri termasuk akan dinotifikasi kepada anggota WTO.. telah menyebabkan lonjakan harga-harga bahan bangunan yang cukup besar.. regulator dan para pakar terkait.. Bahan bahan tersebut dapat diayak untuk mendapatkan pasir dan kerikil. dengan tujuan mengatur 40 ............600 95.....anggota WTO lain apabila pemberlakuan standar wajib tersebut berpotensi menjadi hambatan perdagangan International...... laporan tentang beton di 11 negara bagian Amerika yang telah memanfatkan agregat daur ulang... SNI secara wajib. • Notifikasi WTO Salah satu kewajiban negara WTO yang diatur dalam perjanjian TBT dan SPS adalah menotifikasikan rencana regulasi teknis yang berpotensi menimbulkan hambatan perdagangan international selambat-lambatnya 60 hari sebelum ditetapkan. Dalam kurun waktu itulah negara anggota WTO dapat memberikan tanggapan.. II. pengawasan dan kaji ulang regulasi teknis yang berkaitan dengan pemberlakuan SNI wajib yang mencakup : istilah dan definisi....480 Barriers on Trade (TBT) dan Sanitary and Phyto Sanitary (SPS) yang pada prinsipnya mengakui hak setiap negara menentukan standar nasionalnya masing-masing. menyatakan bahwa beton dengan menggunaan agregat dari daur ulang menunjukkan perilaku yang sama dengan beton dengan menggunakan agregat alam... Untuk mendapatkan perbandingan yang paling optimal perlu dilakukan beberapa testing pendahuluan dengan menggunakan beberapa kombinasi campuran.. kelancaran dan efisiensi transaksi perdagangan di dalam negeri dan dengan dunia international..... Dengan kata lain lebih rendah dari perkerasan aspal.... masyarakat. Artikel Utama 2 RENCANA PEMBERLAKUAN SNI WAJIB KOMODITI SEMEN DAN PERMASALAHANNYA Oleh : Sudaryanto Tjokrosusastro I... Pengawasan • Pengawasan pra-pasar dan pengawasan pasar merupakan faktor yang sangat penting karena berkaitan dengan penegakan regulasi teknis yang telah diberlakukan secara efektif... Karena tingginya daya absorbsi air. efisien untuk mencegah pelaku pasar yang tidak mematuhi dan menimbulkan persaingan yang tidak sehat....6% dari biaya total perkerasan aspal... serta kesiapan sarana penunjang untuk menegakkan persyaratan pasar agar perkembangan persaingan pasar yang sehat dapat dijamin..... pembatas jalan...... 2006 .... Recycle aggregates for use in Concrete Internet Publication Portland Cement Association.... IX. • Pengawasan Pasca – Pasar " A. VIII. tergantung faktor : • Kesiapan pelaku usaha. Latar Belakang SNI adalah standar yang dirumuskan dan ditetapkan melalui Konsensus oleh unsur-unsur produsen........ agar akses pasar bagi pelaku pasar yang mematuhi regulasi teknis tidak terhambat....Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia .... III......... agregat halus yang didapat dari proses daur ulang hanya sekitar 10 – 20 % yang dapat bermanfaat.. dimana pada 1 Oktober 2005 terjadi kenaikan harga BBM 105%. 2006 . upah dan peralatan yang berlaku tahun 2004 di Jakarta... Memerlukan tenggang waktu tertentu. di forum ASIA European Meeting (ASEM) mengacu pada Best Regulatory Practices (BRP) yang prinsipnya tidak jauh beda.. Mengingat mutu beton bongkaran dari perumahan umumnya bukan berasal dari beton mutu tinggi maka kekerasan pecahannya memiliki kekuatan yang lebih rendah dari agregat alam........ Michael Thomas and Michele L.. Ruang Lingkup Pedoman Pemberlakuan SNI Wajib...... Disini perlunya sedini mungkin BSN dilibatkan...600 499.... Karena jumlahnya sangat sedikit maka tidak ekonomis untuk dibawa ke crushing plant sehingga umumnya hanya dimanfaatkan sebagai bahan timbunan saja.. Biaya perkerasan total (life cycle cost) untuk umur perkerasan 20 tahun..... bukan hanya dapat dibuat ramah lingkungan karena dapat memanfaatkan bermacam macam bahan sisa industri sebagai bahan tetapi juga dengan rekayasa teknologi beton dapat mendukung gerakan pembangunan yang berkelanjutan dengan menurunkan kadar semen sehingga secara tidak langsung akan berperilaku menghemat pemakaian sumber daya alam. maka didapatkan hasil seperti pada tabel dan grafik 5 di bawah ini : Biaya Tahun 2005 (Nopember) Perkerasan Biaya Awal Rp/m2 220.... kelestarian fungsi lingkungan hidup dan negara. 2. Agregat aspal beton.. dapat juga menggunakan jasa dari lembaga penilaian kesesuaian yang telah di akreditasi oleh KAN untuk dapat mengurangi timbulnya perbedaan penilaian yang dapat merugikan pelaku usaha.... baik antar produsen maupun antara produsen dan masyarakat....... sehingga apabila ada opsi kebijakan lain yang dapat diterapkan sebaiknya opsi lain tersebut lebih diutamakan......6% dari biaya awal perkerasan aspal.. Berdasarkan study FHWA...... Ditingkat Forum anggota APEC memakai acuan information Notes on Good Regulatory Practices (PRG).. biaya awal perkerasan beton sudah lebih rendah : 94% dari biaya awal perkerasan aspal.. serta meningkatkan kepastian usaha... Permasalahan : • Hambatan Perdagangan " Regulasi teknis melarang peredaran produk yang tidak memenuhi persyaratan tertentu.. Pemberlakuan regulasi teknis secara efektif. maka rancangan dapat ditetapkan.... apabila tenyata tidak efektif. memerlukan waktu yang cukup untuk penyesuaian tersebut.. Internet Publication Portland Cement Association... " Menerapkan persyaratan prapasar yang berkelebihan sehingga menimbulkan beban bagi produsen. 2006 ... • Meningkatkan perlindungan bagi konsumen.... saluran serta pondasi jembatan.. sehingga pengawasan pasar yang efektif sangat diperlukan untuk mengkoreksi dan menindak pelaku usaha yang tidak mematuhi.. Building Green with Concrete.. dan melaksanakan praktek yang baik dalam memberlakukan standar wajib (good regulatory practices)... Pelaku usaha harus melakukan langkahlangkah penyesuaian produk dan kegiatan produksi.. • Kecenderungan " Pemberlakuan SNI wajib akan meningkat karena a. Bagaimana di Indonesia........600 256. Biaya Tahun 2004 Perkerasan Biaya Awal Rp/m2 146.......750 Biaya Pemeliharaan Rp/m2 26...Sayang Dilewatkan 1 Dari tabel dapat dilihat...... • Rancangan regulasi tersebut diajukan kepada panitia antar departemen yang dibentuk oleh instansi pemrakarsa untuk dibahas dan disempurnakan. sesuai dengan Peraturan Pemerintah PP – 102 tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional........... • Pelaksanaan pengawasan pasar seluruhnya merupakan hak dan tanggung jawab instansi pemrakarsa regulasi teknis. penilaian kesesuaian...... • Perhitungan dalam menetapkan tenggang waktu pemberlakuan regulasi teknis..... Kesepakatan dalam forum WTO.. 15 .. seperti ditunjukkan pada tabel dan grafik didapat bahwa : Biaya awal (initial cost) perkerasan beton : 90..... Pemberlakuan suatu SNI secara wajib menjadikan ketentuan teknis yang ada dalam standar tersebut sebagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku pasar.. 3......... Anggota World Trade Organization (WTO) telah menyepakati perjanjian Technical Biaya awal (initial cost) perkerasan beton lebih tinggi 12... regulasi teknis yang baik.... keinginan produsen untuk meningkatkan persyaratan pasar agar tidak harus bersaing dengan produk murah berkualitas rendah (khususnya produk barang import).050 Biaya Total Rp/m2 171. IV. Indonesia telah membuat pedoman pemberlakuan SNI wajib (PSN 301-2003). Di Indonesia pembongkaran bangunan lama untuk dijadikan bangunan baru belumlah terjadi secara besar sehingga usaha crushing kembali puing puing ini belumlah berskala ekonomis yang besar.

... yaitu: ! Kekuatan tarik yang rendah sehingga mudah retak akibat beban kerja ! Perilaku yang getas (tidak daktail) ! Perilaku susut yang dapat mengakibatkan retak susut ! Seringkali tidak kedap air khususnya bila pemadatannya kurang baik Gambar 8. 2006 .. (3).... Pasal ini bernuansa “tanggung jawab renteng” dengan batas akhir............ 2006 .. Prancis [GTM Dumez] 20 ...... Yang perlu diwaspadai atas artikel di atas adalah bilamana bangunan sudah dimanfaatkan meskipun saat itu penyerahan akhir pekerjaan konstruksi belum dilakukan (kasus Jalan Tol Cipularang II ?)..... pelaksana konstruksi dan pengawas konstruksi. operasional tahun 1995.. maka perencana konstruksi hanya bertanggung jawab atas ganti rugi sebatas hasil perencanaannya yang belum/ tidak diubah.. Di antara bangunan-bangunan yang dibuat pada jaman Romawi......... 2... 35 Konstruksi 1 Konstruksi 4 UU No.. Penyedia jasa konstruksi diwajibkan menyimpan dan memelihara dokumen pelaksanaan konstruksi yang dapat dipakai sebagai alat pembuktian........... agar memperjelas tanggung jawab masing-masing pihak khususnya yang berkaitan dengan kegagalan bangunan. (2).. di mana penggunaan material limbah sebagai bahan campuran beton diharapkan dapat merupakan sumbangan yang positif bagi pelestarian lingkungan yang berkelanjutan... Apabila terjadi kegagalan bangunan yang disebabkan oleh kesalahan perencana konstruksi.... 2006 .............. (4).. sebaiknya dilampiri surat Berita Acara tentang persetujuan kedua belah pihak yang berkaitan dengan “serah terima akhir bertahap”........ Jasa Konstruksi diatas... 33 .... SUPARTONO. terutama di lingkungan air laut yang agresif...... Dengan perkembangan teknologi beton modern.. Pelaksana Konstruksi bebas dari kewajiban untuk mengganti atau memperbaiki kegagalan pekerjaan konstruksi sebagaimana dimaksud dalam pasal 31 yang dimaksud yang disebabkan oleh kesalahan pengguna jasa... dan beberapa contoh proporsi campurannya untuk beton berkinerja tinggi... PENDAHULUAN Beton telah banyak digunakan oleh manusia sejak jaman dulu untuk merealisasikan keinginan dalam membuat bangunan yang estetis......... Disamping itu... yang mempunyai panjang bentang 1624 meter dan tinggi menara 254 meter (merupakan yang tertinggi di dunia pada saat ini untuk menara beton dari jembatan gantung).......... Jembatan Normandie di Le Havre.. beton klasik mempunyai pula berbagai kelemahan teknis yang lain. dan lain sebagainya. tercatat banyak rumah ibadah dengan citra estetika yang tinggi. tentunya setelah penetapan yang tepat pengkatagorian keamblesan jalan Tol Cipularang II sebagai Kegagalan Pekerjaan Konstruksi atau Kegagalan Bangunan.. yang menunjukkan keindahan karya manusia pada jamannya. dengan maksimal lama pertanggungan selama 10 (sepuluh) tahun sejak dilakukan penyerahan terakhir hasil pekerjaan konstruksi..... operasional pada tahun 1998. Sipil Univ... Vol 4 No.... Abrams-Fxs....... 18/1999 pada ayat (1) s/d ayat (4) adalah kewajiban masing-masing pihak sangat ditentukan oleh sumber penyebab terjadinya kegagalan pekerjaan konstruksi.......... perencana konstruksi wajib menyatakan dengan jelas dan tegas tentang umur konstruksi yang direncanakan.... Partono Fondas Engineering Consultant Abstrak Makalah ini menyampaikan beberapa pandangan mengenai teknologi beton modern.. 18/ 1999 diatas.. baik secara keseluruhan maupun sebagian dari segi teknis. Lama waktu menyimpan dan memelihara dokumen pelaksanaan konstruksi adalah sesuai dengan jangka waktu pertanggungan.. Lektor Kepala pada Dept...... Direktur PT........... karena beberapa aspek kelemahannya sudah dapat diminimalkan. Pasal 34 UU No..... Penyedia jasa wajib mengganti atau memperbaiki kegagalan pekerjaan konstruksi sebagaimana dimaksud dalam pasal 31 yang disebabkan kesalahan penyedia jasa atas biaya sendiri... dan dilengkapi penjelasannya. teknologi beton modern dituntut untuk meminimalkan berbagai aspek kelemahan beton agar dapat mencapai kinerja yang lebih tinggi namun tetap memperhatikan aspek biaya...... menunjukkan keindahan interior yang sulit dimengerti bagaimana dapat dilaksanakan pada jaman itu [1]. FX.. Pasal 41 UU No.......... 18/1999 secara lengkap. serta materialnya mudah didapat secara alami (terdiri dari campuran batuan. Kata kunci: beton semen.. Gambar 1 dan 2 menunjukkan sepasang bangunan yang dibangun pada jaman yang sangat berbeda. 38/1999 tentang Kewajiban dan Tanggung Jawab Penyedia Jasa (2)...... jembatan Normandie di Prancis (cable stayed).. Sub penyedia jasa berbentuk orang perorangan dan atau badan usaha yang dinyatakan terkait dalam terjadinya kegagalan bangunan bertanggung jawab kepada penyedia jasa utama. atau pengawas konstruksi) Nuansa lain dari ke 4 (empat) ayat tersebut adalah setiap tanggung jawab keterbatasan tanggung jawab sesuai “kurun waktu” yang ada dalam lingkup mereka masing-masing.. Email: paf@centrin........... Denmark [J..... Pengawas konstruksi bebas dari kewajiban untuk mengganti atau memperbaiki kegagalan pekerjaan konstruksi sebagaimana dimaksud dalam pasal 31 yang dimaksud yang disebabkan oleh pengguna jasa. Keterangan-keterangan lain yang lebih rinci tentang kegagalan pekerjaan konstruksi dan kegagalan bangunan....... Dalam pada itu. Apabila terjadi kegagalan bangunan yang disebabkan oleh pelaksana konstruksi...... manfaat... operasional pada tahun 1997........... 18/1999 Tentang Kegagalan Bangunan Disebutkan dalam pasal 34 bahwa yang dimaksud dengan kegagalan bangunan merupakan keadaan bangunan yang tidak berfungsi... Terima kasih dan semoga artikel ini membawa “kecerahan” sedikit apapun.. perencana konstruksi. Sebagai dasar penetapan jangka waktu pertanggung jawaban.Vol 4 No.. beton sudah menjadi suatu material yang menarik untuk digunakan pada jembatan berbentang panjang.. Pada era 90-an.. di mana mereka berselisih 2000 tahun. Pantheon yang dibangun pada tahun 27 SM Harbour Bridge W | W 18 . Jembatan Golden Gate di San Francisco..... (3). Sebagai material konstruksi yang punya banyak keunggulan namun juga kelemahan..Vol 4 No.......... (1)......... adalah terkesan bahwa pengaturan kedua hal tersebut : ! ! ! ! 1. dengan panjang bentang 1377 meter yang menggunakan menara beton 80 MPa (Gambar 7)... Hal penting yang terkandung dalam pasal 32 UU No..... Virola] Disamping itu.. penerapan teknologi material berkelanjutan telah menjadi pula kecenderungan teknologi beton pada masa kini dan masa mendatang... Ini disebabkan karena beton merupakan bahan bangunan yang mudah dibuat dan dibentuk... Vol 4 No.. bilamana terjadi kegagalan bangunan...... abu terbang. 2.... 2......... 2006 . BETON BERKINERJA TINGGI “MENGAPA DAN BAGAIMANA” Bagian I Dr. Dalam kasus serupa ini.... dengan panjang bentang 856 meter dan menara beton setinggi 202 meter (Gambar 8)............. dalam dokumen perencanan dan dokumen lelang. dan pelaksana konstruksi (4). metal slag..Konstruksi 1 Konstruksi 4 Pasal 40 UU No........................ jembatan Tsing Ma di Hongkong...... Pasal 33 UU No.. Ditemui beberapa statement beberapa pihak yang “membingungkan” (menuai “konflik pandangan”) sebagai akibat ketidaklengkapan dalam pemahaman peraturan.id (1). Indonesia dan Tarumanagara..... seperti jembatan Great Belt East di Denmark (Gambar 6)... Jembatan Great Belt East di Korsor...... 18/1999 tentang kewajiban penyedia jasa konstruksi untuk menyimpan dan memelihara dokumen pelaksanaan konstruksi. 18/1999 Gambar 5. 18/1999 kewajiban Pemerintah untuk melindungi masyarakat umum yang di mungkinkan mengalami kerugian akibat kegagalan pekerjaan konstruksi : Pemerintah berwenang untuk mengambil tindakan tertentu apabila kegagalan pekerjaan konstruksi mengakibatkan kerugian dan atau gangguan terhadap keselamatan umum... Gambar 1... PP 28/2000 PP 29/2000 PP 30/2000 (2)...... keselamatan dan kesehatan kerja... Gambar 6.... maka tanggung jawab berupa sanksi dan ganti rugi dapat dikenakan pada usaha orang perseorangan dan atau badan usaha pelaksana konstruksi penandatangan kerja konstruksi......... dan air)... Memang pada jaman tersebut.. Apabila terjadi kegagalan bangunan yang disebabkan oleh pengawas konstruksi...........net.Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia .. dan atau keselamatan umum akibat kesalahan Penyedia Jasa dan atau Pengguna Jasa setelah penyerahan akhir pekerjaan konstruksi.. Jembatan Tsing Ma di Hongkong [Elkem] ! Dapat mudah terkorosi...... dan juga penempatannya yang cemerlang di dekat Pelabuhan Sydney yang berseSydney berangan dengan Cukup jelas dan rinci dan perlu pemahaman secara seksama Peraturan bernuansa kemitraan keterbukaan dan Beberapa peraturan bernuansa “tanggung jawab renteng” dengan batas akhir.... Ir. beton berkinerja tinggi. USA (1937) Gambar 7. rumah ibadah sering disebut sebagai jenis bangunan yang merupakan “karya seni”....... dapat disimak lebih lanjut dalam UU No..... telah dibangun berbagai jembatan berbentang panjang yang menggunakan menara beton dan sebagian gelagar beton. dan kekuatan serta kinerja lainnya ditingkatkan menjadi beton berkinerja tinggi. yang tidak bisa dipungkiri keindahan arsitekturnya............ Ketua II HAKI....Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia ......... maka tanggung jawab berupa sanksi dan ganti rugi dapat dikenakan pada usaha orang perorangan dan atau usaha pengawas konstruksi penanda-tangan kontrak kerja konstruksi... pelaksana konstruksi.. Gedung Opera Sydney (Gambar 2) merupakan bangunan yang dibangun pada masa kini.... PENUTUP Dari ulasan-ulasan beberapa pasal dan ayat tentang kegagalan pekerjaan konstruksi dan kegagalan bangunan yang diatur dalam UU No. Kasus amblesnya jalan Tol Cipularang II patut dikaji sehubungan dengan pasal 33 UU No.......... namun keduanya samasama menampilkan estetika yang tinggi.... silicafume.. 18/1999 tentang tanggung jawab Sub penyedia jasa. seperti Pantheon (Gambar 1) yang dibangun pada tahun 27 SM (sebelum Masehi). Pasal 42 UU No. 2....... bahan perekat hidraulis. baik alami maupun industrial... Ayat (1) s/d ayat (4) bernuansa pertanggung jawab yang sesuai dengan peranan masingmasing dalam kontrak kerja konstruksi yang bersangkutan (apakah sebagai perencana konstruksi...

... Beton semen dapat merupakan bahan bangunan yang mendukung upaya pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan apabila upaya upaya diatas sekaligus memanfaatkan secara besar besaran bahan yang merupakan limbah dari industri lain....... Di Indonesia menyuarakan yang semakin disikapi dengan mungkin dapat masih sedikit birokrat yang gerakan ini.......... kekakuannya baik.. memasuki lokasi tempat terjadinya kegagalan bangunan... • Rapat BSN tanggal 2 Pebruari 2006 membahas harmonisasi SNI tingkat ASEAN akan mencakup dari 11 sektor menjadi 15 sektor prioritas..... 18/1999 tentang kewenangan Peniai Ahli Tim Penilai Ahli berwenang untuk : ! Konstruksi 1 jembatan berbentang panjang mulai banyak dibangun di Amerika Serikat...... Tidak dipungkiri bahwa semen merupakan bahan bangunan yang harus diproduksi dengan energi yang tinggi. menetapkan tidak berfungsinya sebagian atau keseluruhan bangunan... 2.... 2.. Vol 4 No. tahun 1935).... 17 Konstruksi 4 Pasal 35 UU No... 7............... Pasal 36 UU No......... 5. Walaupun demikian.... • Pada tanggal 5 April 2002 ditanda tangani oleh Asean Economic Ministers (AEM) tentang Agreement on ASEAN sectoral MRA on Electrical and Electronic Equipment (ASEAN EE MRA)... Jembatan George Washington di New York.. 10... Gambar 3.. Dinegara lain yang secara ekonomi sudah berkecukupan gerakan gerakan untuk mendapatkan lingkungan yang semakin hemat pemakaian sumber daya alam merupakan gerakan yang dihargai tinggi. Pemerintah berwenang untuk mengambil tindakan tertentu apabila kegagalan bangunan mengakibatkan kerugian dan atau menimbulkan gangguan pada keselamatan umum.......... Ketiga ayat di atas perlu disimak oleh para pihak dalam kegiatan perjanjian kontrak bangunan... dibuat dengan sistem jembatan gantung yang menggunakan gelagar rangka baja dan menara baja.... Gambar 4... Diatur pula dalam pasal 38 ini bahwa penilai ahli berkewajiban untuk melaporkan hasil penilaiannya kepada pihak-pihak menunjukannya dan menyampaikan kepada lembaga dan instansi yang mengeluarkan izin membangun. 9............ mengingat sering dijumpainya “ketidak-lengkapan” keterangan-keterangan” yang berkaitan dengan ketiga ayat yang dimaksud dalam kontrak yang bersangkutan...000 ton baja... USA (1935) 34 .... 18/1999 tentang tugas Penilai Ahli Lingkup tugas Tim Penilai Ahli kegagalan bangunan bertugas antara lain : Menetapkan sebab-sebab terjadinya kegagalan bangunan. Pasal 39 UU No. walaupun struktur bangunan gedung ini menghabiskan 60........ • Rapat Ditjen. 3.....Vol 4 No... PSN No....... Empire State Building (Gambar 3).. Semen Portland Pozolan.......... yang mempunyai panjang bentang 1280 meter (merupakan rekor dunia pada saat itu hingga 1964). 36 . menggunakan baja sebagai rangka struktur utamanya. paling lambat 3 (tiga) bulan setelah melaksanakan tugasnya. proses penilaian.... Vol 4 No.. Demikian pula Golden Gate Bridge (Gambar 5) di kota San Francisco (tahun 1937).. Manhattan....... • Pada tanggal 9 Desember 2005 ditanda tangani oleh AEM tentang ASEAN Harmonized EEE Regulating Regime (ASEAN EEE Agreement) Harmonisasi ditingkat ASEAN tidak hanya menyangkut masalah standar dan sistem penilaian kesesuaian diacu oleh masing-masing negara tetapi juga harmonisasi sistem regulasi teknis.. 1............ Konsumsi energi termal specifik produksi klinker di Indonesia rata-rata masih sebesar 800 kal/kgklinker. Mulai dari pemakaian bahan bakar limbah sebagai bahan bakar alternatif pada produksi semen sampai menggalakkan daur ulang beton sebagai hasil akhir dari penggunaan semen...... yaitu dibuat dari batuan dan bahan perekat hidraulis (sekarang agregat dan pasta semen). pengelolaan sampah mahal di kota besar harusnya melihat peluang peluang lain yang secara nasional diintegrasikan.... 18/1999 tentang Jasa Konstruksi. 18/1999 tentang Jasa Konstruksi kita ini.. Laboratorium Penguji Direktorat PPMB.... Workshop ASI – BSN tanggal 15 Maret 2006 2.. 4.... Abdul Basyit Penilaian Kesesuaian Karakteristik Produk Penentuan Sampel Produk Penilaian Desain Produk Risiko Terjadi KetidakSesuaian dalam Produksi Pengujian/ Inspeksi Asesmen Proses Produksi Asesmen Sistem Mutu Sistem Manajemen Mutu Bila di negara lain yang lebih maju. Tim penilai ahli sebagaiman dimaksud dalam ayat (1) dipilih... PP No.. 18/1999 tentang Penilaian Kegagalan Bangunan Pada pasal ini tercantum 3 ayat yang berkaitan dengan penilaian kegagalan bangunan sebagai berikut : (1).. di mana bangunan tinggi dan (3).... dengan tenggang waktu sampai dengan 31 Desember 2010... sejak penyerahan terakhir pekerjaan konstruksi. Di Eropa.. menetapkan besarnya kerugian.... Perindustiran Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Baristan Industri dan Perdagangan Balai Besar Keramik Lokasi Jakarta Jakarta Bandung Palembang Bandung Status Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Dalam Proses Pustaka : 1.. melakukan pengujian yang diperlukan.....Konstruksi 5 Artikel Utama 2 • Persiapan sarana penunjang Sertifikasi Produk Persyaratan Acuan Produk Pembuktian Kesesuaian Produk Surveilan BETON DENGAN BAHAN AGREGAT DARI PRODUK DAUR ULANG Untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan Oleh : Ir.. 2.. meningkatkan kekuatan serta yang terpenting juga XII.. Indonesia masih terlena dengan kekayaan sumber daya alam sehingga energi dan potensi ini sering dihambur hamburkan secara royal.. Empire State Building. Penetapan umur canakan harus dinyatakan dalam serta disepakati konstruksi konstruksi yang dirensecara jelas dan tegas dokumen perencanaan.. USA (1931) Mengapa baja? Karena pada saat itu. Gedung Opera Sydney Kedua bangunan tersebut sama-sama dibuat dari “beton”..... 301 tahun 2003 3. No... Ayat (3) diatas menunjukan sifat atau azas keterbukaan dan kemitraan yang selalu dijunjung dalam UU No.... yang sebahagian besar berasal dari batubara.. 2006 . rupanya belum demikian halnya dengan negeri kita.. PT Sucofindo PT Semen Tonasa BPMBI Ciracas / Pasar Rebo Lokasi Banda Aceh Makassar Padang Bandung Padang Citeureup Gresik Makassar Makassar Jakarta Status Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Telah Diakreditasi Proses Proses LS Pro No..Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia ....... peraturan Pemerintah.. 2. Sekali lagi disini menunjukkan sifat atau azas keterbukaan dan kemitraan dari UU No.. termasuk sektor “Semen” (7 jenis semen yaitu : Semen Portland Putih.. (2)..... Disatu sisi upaya efisiensi peralataan di Pabrik semen dapat dilakukan untuk menekan nilai ini mendekati negara negara lain seperti Jerman yang rata rata sebesar 670 kg/kgklinker maka disisi lain akademisi berpacu menurunkan kadar semen dalam pemakaian beton. • LABORATORIUM PENGUJI DAN LEMBAGA SERTIFIKASI PRODUK (LS Pro) UNTUK KOMODITI SEMEN YANG TELAH DIAKREDITASI KAN Laboratorium Penguji Laboratorium Penguji Baristan Industri dan Perdagangan Baristan Industri dan Perdagangan Baristan Industri dan Perdagangan Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) PT Semen Padang Tbk. Sebagai contoh... Jangka waktu pertanggungan jawaban atas kegagalan bangunan harus dinyatakan dengan tegas dalam kontrak kerja konstruksi. menetapkan jangka waktu pembayaran kerugian. akan menimbulkan masalah bila nantinya timbul kasus kegagalan bangunan.. menetapkan pihak yang bertanggung jawab atas kegagalan bangunan serta tingkat dan sifat kesalahan yang dilakukan..... serta usulan besarnya ganti rugi yang harus dibayar oleh pihak-pihak yang melakukan kegagalan.... Bahan Rapat BSN tanggal 2 Pebruari 2006 tentang Program harmonisasi SNI 5. Dalam pasal ini diatur tentang jangka waktu pertanggungan jawab atas kegagalan bangunan sesuai dengan umur konstruksi yang direncanakan dengan maksimal 10 tahun... dan hasil kerja penilai ahli yang dibentuk dan disepakati oleh para pihak.. dalam kontrak kerja (3). PT Indocement Tunggal Prakarsa PT Semen Gresik (Persero) Tbk............ 19 .. Dep. 3... Namun demikian.. SK Menteri.... (2). Semen Portland.. tapi juga telah memakai 50........ 13-4-2006 tentang Kesiapan Lembaga Sertifikasi Produk (LS Pro) dan Laboratorium uji.. Kegagalan bangunan dinilai dan ditetapkan oleh 1 (satu) atau lebih penilai ahli yang professional dan kompeten dalam bidangnya serta bersifat independen dan mampu memberikan penilaian secara obyektif. yang telah di akreditasi KAN maupun masih dalam proses... yang melintasi sungai Hudson di kota New York.......... Upaya-upaya menurunkan kadar semen dalam beton dengan rekayasa teknologi beton akan membantu menuju tercapainya konsep pembangunan berkelanjutan karena upaya ini akan menghemat sumber sumber energi yang ada di Indonesia.... terutama untuk komponen-komponen yang membutuhkan keka-kuan struktural dan ketahanan terhadap api......Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia .. 18/19999 Tentang Jangka Waktu Pertanggungan Jawab (1).. untuk memperoleh keterangan yang diperlukan........... 6... Gambar 2. IAK tgl.... 4..... gedung tinggi pertama di dunia yang melampaui 100 lantai (102 lantai.. kosakata beton yang ramah lingkungan serta konsep pembangunan yang berkelanjutan merupakan isu yang sangat populer....000 m 3 beton. Semen Portland Campur.. Pasal 38 UU No. kekuatannya memadai (sekarang cenderung tinggi dan sangat tinggi).. jembatan pertama di dunia yang panjang bentangnya melampaui 1000 meter (1067 meter. Namun bila kita menengok kembali ke awal abad 20.. Dep. tahun 1931). teknologi beton memang belum memadai untuk membuat gelagar atau menara jembatan berbentang panjang...... ada ciri yang sama dari “beton” jaman dulu dan beton masa kini..... dan harganya ekonomis.... sehingga teknologinya pun sangat berbeda.... menggunakan gelagar dan menara baja..... namun dibangun pada jaman yang selisih 2000 tahun.... Semen Masonry... 8.... Ketidak-lengkapan yang diketahui belakangan.... khususnya di Manhattan New York........ Industri Agro Kimia tanggal 13 April 2006 membahas kesiapan Lembaga Sertifikasi Produk (LS Pro) dan Laboratorium Uji.. 18/1999 yang selalu dijunjung dalam UU No. 1. New York.... 2. tahan terhadap panas (lebih baik dari baja).......... memperoleh data yang diperlukan..... termasuk memberikan pendapat dalam penunjukkan... semua peraturan terkait undang-undang............ Semen Pemboran)...... yang harus dibentuk dalam waktu paling lambat 1 (satu) bulan sejak diterimanya laporan mengenai terjadinya kegagalan bangunan............ dan disepakati oleh penyedia jasa dan pengguna jasa......... Perdagangan Pusat Standardisasi. Bahan bahan seperti flyash dan silica fumes merupakan bahan limbah industri yang dapat meningkatkan kinerja beton. 2.... 2006 ..... Persiapan SNI Wajib Komoditi Semen : Harmonisasi SNI dan Saling Pengakuan (Mutual Recognition Arrangements = MRA) Asean memasuki babak baru. 5...... yang antara lain disebabkan: ! Kekuatan tekan beton relatif masih rendah ! Komponen strukturnya relatif berat ! Waktu pelaksanaannya relatif lama (proses pengerasan beton klasik). sehingga beton merupakan material yang disukai oleh para perencana bangunan.Vol 4 No.. Demikian pula George Washington Bridge (Gambar 4). 2006 .... mudah untuk dipasang atau dibentuk sesuai dengan kebutuhan arsitektur dan strukturnya................ Bahan Rapat Ditjen.. 102 tahun 2000 4. Semen Portland Komposit. pabrik semen yang membantu membakar sampah kota sebagai tambahan bahan bakar akan diberi insentif yang akan mengurangi biaya bahan bakar pabrik selain digunakan membiayai investasi peralatan tambahan untuk mengontrol mutu pembakaran. 2006 . ! ! ! menghubungi pihak-pihak terkait...... maka semua bangunan besar pada jaman itu menggunakan baja sebagai material utamanya........

.. Jembatan Teluk Balikpapan di Kalimantan Timur (Bentang 810 meter) [Partono Fondas] Melihat pada struktur lepas pantai (offshore platform). perlu mendapat dukungan yang sangat serius dari semua pihak yang berkompeten untuk perbaikan dan pembangunan jalan di Indonesia seperti Direktorat Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. Pertama-tama SP dipatenkan oleh Jerman Paten no.... karena adanya kebutuhan pada aspek struktural. harga maupun perkembangan jalan beton di Indonesia lewat media cetak maupun media elektronik tentu diharapkan akan meningkatkan kualitas dan kinerja dari pelaksanaan jalan beton semen agar dapat mengurangi retak atau kerusakan lainnya akibat kesalahan dalam pelaksanaan. Namun dengan telah di sosialisasikannya secara intensif tentang Jalan Beton Semen oleh Direktorat Jenderal Bina Marga. Penguapan air bebas pada temperatur 30-100 °C b .Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia . Penutup.. jauh lebih rendah dibandingkan dengan beton konvensional untuk tegangan hancur yang sama menggunakan semen lebih dari 500 kg per meter kubik beton. Pada umumnya pemeliharaan dan perbaikan jalan yang rusak tersebut dilaksanakan dengan menggunakan perkerasan aspal........ Saat ini untuk tahun anggaran 2006. kepadatan dan permeabilitasnya akan menentukan keawetannya. I.. Dalam industri Semen Putih warna merupakan faktor pengendalian mutu terpenting yang harus diperhatikan agar sesuai dengan yang diharapkan pelanggan.......... Penyebar luasan informasi teknis... Oleh karena itu... dan pada keadaan layan......... agar tidak terjadi kerusakan yang berulang secara cepat sehingga bisa menjamin kelancaran lalu lintas untuk angkutan barang maupun penumpang untuk menunjang produktivitas dan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat....... Cr2O3.. Demikian juga dengan PT. baik pada keadaan layan (service)... 2006 ...32 12.......000 ( lima milyar rupiah ) untuk konstruksi jalan beton semen.62 Km 29.... suatu syarat agar produk semen yang dihasilkan benar..benar putih warnanya....... kabupaten Sengkang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. Tuju Wali Wali ...324... atau < 0..93% Sedang 1........815 tahun 1899... Gambar 13............. II. Sri Purwaningsih MM... 2.. Umum Ketiga bahan baku dicampur dan digiling sehingga diperoleh tepung baku (Raw Mix).1450 °C Pendinginan terak (clinker) sampai temperatur 100 – 200 °C dilakukan diluar tanur putar. saat ini beton banyak dituntut sebagai material yang mempunyai kekuatan dan kinerja yang tinggi. Contoh Campuran beton mutu tinggi dengan tegangan hancur (compressive strength ) 550 kg/ cm2 dengan menggunakan fly ash.000. Chrome ( Cr2O3 ) dan Vanadium ( V2O5 )..2 % ( dari basis Clinker ) dan bebas senyawa minor lain seperti Mangan ( Mn2O3 ). Indonesia [Partono Fondas] Gambar 15..... dimana lokasi rotary cooler di bawah kiln (tanur putar) sehingga udara yang digunakan langsung terhisap ke dalam kiln secara counter flow cooling..... Demikian juga dengan beberapa daerah di Sulawesi yang terletak dipinggir pantai yang landai juga mempunyai kondisi tanah dasar yang sangat lunak ........60 Km 14....... Semen Putih ( SP ) pertama kali dibuat di Perancis dengan nama “ Tial White Cement “... Pemerintah daerah baik Propinsi maupun Kabupaten.500°C c ..........Vol 4 No. Vol 4 No.12 Km 36... keadaan batas (ultimate)... dan mudah dipompa hingga mencapai ketinggian 180 meter..47 Km 10.115.. akan dapat menekan juman lah penggunaan semen sampai 420 kg per meter kubik beton. 24 .. Kondisi alam Kalimantan yang umumnya terdiri dari tanah yang sangat lunak ........ Jembatan Grand Wisata di Bekasi.. Asosiasi profesi terkait dan juga produsen semen.... 29 .. Jakarta Utara [Partono Fondas] menggunakan beton berkinerja tinggi 65 – 70 MPa... Pada proses pembakaran ini bahan bakar yang digunakan adalah fuel yang bebas abu (ash free) Tahap-tahap proses pembakaran adalah sebagai berikut : a.. dan di AS dengan paten no.... maupun keawetannya (durability). Beberapa kendala yang dihadapi saat ini oleh pemerintah daerah antara lain kurangnya informasi yang memadai dalam membuat program jalan beton semen dan kurangnya kontraktor daerah yang mempunyai kemampuan teknis untuk melaksanakan jalan beton semen dengan baik dan juga peralatan yang memadai seperti Batching Plant untuk memproduksi beton mutu tinggi dan concrete cutter untuk membuat sambungan ( joint ) yang sangat penting untuk mengatasi retak pada waktu pelaksanaan........... TiO2 & MgO.Konstruksi 1 Konstruksi 3 sambungan ( window for sawing ) dibandingkan dengan campuran beton yang biasa jika panas hidrasi nya tinggi.. 2.Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia ............ Product Development Department PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.. sehingga SM ( silica modulus ) tepung bakunya tinggi yaitu 4 – 6.. Ditambah dengan kesulitan untuk memperoleh batu pecah dengan kualitas yang memenuhi persyaratan teknis untuk dipakai pada campuran beton semen maupun beton aspal........... pada jangka panjang......... Asosiasi Semen Indonesia maupun beberapa produsen semen ....... dan perilaku keretakan beton akibat beban kerja.. Penguraian MgCO3 dan CaCO3 pada temperatur 500 .... Campuran beton dengan tambahan fly ash atau campuran dengan menggunakan kadar semen yang lebih rendah akan dapt menunda perkembangan kekuatan awal ... Bahan baku yang digunakan adalah bahan baku yang bebas senyawa besi ( Fe2O3 ).... Bahan baku tersebut harus terbatas kandungan oksida pewarnanya. Pangkep .. merupakan tantangan bagi perancang dan pelaksana pembangunan jalan untuk menentukan desain jalan yang paling tepat dan ekonomis......79% Sedang 1. kohesif. Pembentukan komponen clinker dan fas cair pada temperatur 900 ..... Tepung baku yang diperoleh selanjutnya dikeringkan dalam prapemanas sebelum dimasukkan kedalam tanur putar ( Rotary Kiln ). 31 Konstruksi 2 Konstruksi 3 Data kondisi jalan Nasional di Kalimantan ( sumber : website PU ) Baik 2.... karena teknologi beton sudah dapat memproduksi beton berkinerja tinggi yang mempunyai ketahanan terhadap korosi air laut.. Vol 4 No.......... Semen Putih termasuk semen portland. Selama proses pemanasan dan pembakaran terjadi perubahan – perubahan fisika dan kimia secara bertahap.... saat ini sudah banyak pula dibuat dari beton...Vol 4 No... Pemerintah daerah sering mempunyai masalah dengan lembaga pemeriksa pembangunan seperti BPKP dan Inspektorat akibat hilangnya perkerasan jalan yang tidak tahan terhadap banjir yang sering melanda daerah tersebut... kekuatan dan daktilitasnya akan menentukan ketahanan struktur.... Sengkang . Gambar 16 (a) dan (b) menunjukkan menara ladang minyak dan gas Gullfaks C di Laut Utara dengan ketinggian mencapai 180 meter (tahun 1989). jalan propinsi maupun jalan Kabupaten sudah mulai menggunakan jalan beton semen sebagai alternatif perbaikan maupun II.... Yasa Patria Perkasa.... spray water dan udara pendingin....77% Rusak Ringan 718. khususnya perilaku beton segar yang plastis. 2006 . 5.900 °C e ......10 Km Data kondisi jalan Nasional di Sulawesi ( sumber : website PU ) Baik 2...... 2006 .... yaitu : Fe2O3............. Terak yang keluar dialirkan kedalam rotary cooler yang dilengkapi dengan filter.. Secara umum pelaksanaan jalan beton tersebut cukup baik..... lendutan...874... Proses Pembuatan Semen Bahan baku utama SP adalah : batu kapur sebagai sumber CaCO3 ( 98 % CaCO3 )...05 Km 56..........64% Rusak Berat 543. Beton semen yang menggunakan agregat kasar ( coarse aggregate ) dari granit dan limestone ( batu kapur ) kurang peka/sensitive terhadap temperatur dibandingkan dengan beton dengan agregat kasar dari batu kali karena granit dan limestone mempunyai koefisien muai akibat panas yang lebih rendah dibandingkan batu kali.....29 Km SEMEN PUTIH TIGA RODA ( WHITE CEMENT ) oleh : Ir. MnO2...... Gambar 6 : contoh retak dan kurang sempurna permukaan jalan beton III.baik dari segi teknis maupun harga – maka beberapa jalan Nasional.49 Km 13.. Dalam tanur putar tepung baku dibakar dengan proses kering... Perubahan struktur silica mineral pada temperatur 500 d....... serta kemudahan pemompaan beton..61% Rusak Ringan 690..... yang 22 ...45 Km 45....74% Total 5. High Range Water Reducer A ( HRWRA ) dan ( WRA ) sebagai berikut : ! Data campuran beton : ! Portland cement type I : ! Fly ash kelas C : ! Water-cementitious mat ratio : ! Slump : ! Air content : ! HRWRA : ! WRA : Water Reducer A 1 m3 420 kg 85 kg 0.. Pada keadaan batas...000. Penerapan jalan beton semenan di Kalimantan dan Sulawesi... Pelepasan air kristal dari kaolin pada temperatur 100 .. Kinerja beton yang dibutuhkan di sini adalah kekuatan tinggi.............5 cm 4–7% 900 ml/100 kg semen 400 ml/100 kg semen (a) (b) Gambar 12... Barru.... Jembatan Sakata Mirai di Jepang yang menggunakan beton bermutu ultra tinggi 180 MPa [Otsuka] Dengan menambah fly ash dan aditive lainnya. sudah beberapa daerah kabupaten di Sulawesi dan Kalimantan yang sudah melaksanakan konstruksi jalan beton semen antara lain Luwu Utara ......... Pemerintah kota Makassar dan Kabupaten Kutai Kartanegara..... Untuk mendapatkan kualitas batu pecah ( aggregate ) yang baik ....861....498. maka kontraktor seringa harus mendatangkan material dengan harga yang cukup mahal dari daerah lain...... 2.... 2. walaupun dengan menggunakan peralatan sederhana seperti pada proyek pembangunan Jalan Masamba – Malangke sepanjang 18 km yang dikerjakan oleh kontraktor yang sudah mempunyai pengalaman yang cukup banyak untuk membangun jalan beton semen yaitu PT. Sampai saat ini .. Warna dari semen putih tergantung dari bahan baku dan proses pembuatannya..... Maros ..... Untuk itu ..... terbitnya majalah Warta Semen dan Beton Indonesia ( WSBI ) merupakan awal yang cukup baik untuk menyampaikan informasi yang tepat antara lain mengenai teknik perencanaan untuk menentukan tebal perkerasan jalan beton semen yang sederhana dengan menggunakan tabel...... Gambar 14.... BETON BERKINERJA TINGGI Dalam perkembangan konstruksi beton modern... V2O5...... ketahanan terhadap korosi sulfat dan penetrasi klorida... 2. karena memiliki sifat yang sama kecuali dalam hal warna....... 4038 tahun 1879. 223........ pembangunan jalan.... dengan menggunakan peralatan yang sangat canggih dapat menghasilkan jalan beton semen yang sangat baik di Kutai Kartanegara dengan panjang total 14 km (seperti sudah kami uraikan secara detail pada terbitan WSBI sebelumnya)...99% Total 6.... Kaolin sebagai sumber Al2O3 dan pasir silica sebagai sumber SiO2..... seperti Palu yang mempunyai sumber batuan dan stone crusher ( mesin pemecah batu ) yang cukup banyak. 2006 .......... Jembatan Megamal di Pluit... teknik pelaksanaan di lapangan dan juga mengenai kualitas semen..20% Rusak Berat 657..52 Km 12. salah satu alternatif yang sedang dikembangkan untuk mengatasi kerusakan berulang dan menghemat penggunaan material agregat yang mahal adalah dengan menggunakan kontruksi jalan beton semen...061... perlu diperhatikan pula aspek kekakuan. Perkembangangan pelaksanaan jalan beton semen yang cukup menggembirakan di Sulawesi dan Kalimantan.

2.. Biasanya di Indonesia waktu paling cepat dimulai pemotongan sekitar jam ke 4 sampai jam ke 6 dan dan waktu selesai pemotongan paling lambat sekitar jam ke 18 sampai jam ke 20 setelah selesai pengecoran.. sudah semestinya tidak boleh dibiarkan berkepanjangan untuk menghindari “ketidak-sehatan” atas masalah tersebut khususnya bagi masyarakat industri konstruksi yang bersangkutan...... Waktu pemotongan paling cepat dimulai pada saat beton yang dihampar telah mempunyai kekuatan yang cukup .....................Vol 4 No................. adalah merupakan cara yang klasik...... melainkan bisa saja sesuai dengan jenis pekerjaannya..... Beton mutu tinggi mempunyai kecendrungan perkembangan kekuatan yang cepat sehingga rentang waktu yang lebih singkat untuk pemotongan tightness) ! Ketahanan terhadap abrasi (abrasion resistance) ! Ketahanan terhadap korosi sulfat (sulphate resistance) ! Penetrasi klorida yang rendah (low chloride penetration) ! Susut dan rangkak yang rendah (low hardened shrinkage and low creep) ! Keawetan jangka panjang (durability)........ tinggi 254 meter... Yang menarik dalam ulasan-ulasan tersebut adalah “kesimpang-siuran” para nara sumber dalam memberikan ulasannya.Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia ..... Demikian pula untuk jembatan Teluk Balikpapan (dalam perencanaan). khususnya disyaratkan berkinerja pemadatan Gambar 10. sambungan (a) (b) Gambar 16........... Gambar 5 : sawing window terkendali............... 4 dan 5. rangkak.... Perencana Konstruksi bebas dari kewajiban untuk mengganti atau memperbaiki kegagalan pekerjaan konstruksi sebagaimana dimaksud dalam pasal 31 yang disebabkan oleh kesalahan pengguna jasa... 4. Hal senada harus terus dilakukan mengingat Indonesia saat ini tengah disibukkan oleh pembangunan bidang konstruksi.. sehingga diharapkan “konflik pemahaman” diatas segera berakhir... diperlukan beberapa kinerja khusus yang mendukung tercapainya tujuan pekerjaan tersebut secara optimal Cara yang pertama....... 3.... pengertian beton berkinerja tinggi tidak selalu mengharuskan semua kinerja tersebut dipunyai sekaligus.... dengan mengurangi jumlah air dalam adukan beton. Mohamad Anas Aly Gambar 9.. 28/2000.... Kondisi (simpang-siur) di atas. metal slag....Vol 4 No...... Rentang waktu antara pemotongan paling cepat dan pemotongan paling lambat disebut sawing window 2........... yaitu: 1............... dan kegiatan pembangunan konstruksi Indonesia akan berjalan dengan lebih baik. yang menggunakan bahan “Ductal” produksi Prancis berupa bahan polimer reaktif (reactive polymer compound) yang dicampur dengan serat baja (steel fiber) [2]. Waktu selesai pemotongan paling lambat pada saat terjadi susut beton secara significant yang menyebabkan retak ( cracking ) yang tidak Untuk mencegah ikatan antara Pelat beton semen dengan Cement Treated Subbase ( CTSB )agar tidak terjadi akibat susut pada waktu curing ( pengerasan ) beton... Dan American Concrete Pavement Association ( ACPA ) merekomendasikan kedalaman 1/3 dari tebal beton.Konstruksi 4 Konstruksi 1 Lebih dari itu....... akan dibuat dari beton berkinerja tinggi (rencana selesai tahun 2008).. namun masih memerlukan pelatihan agar hasilnya lebih sempuna.. 18/1999 Perencana. untuk Pendahuluan Dari berita yang dapat dihimpun baik media cetak maupun media elektronik dalam beberapa bulan terakhir................. PP No.... telah ada banyak jembatan beton yang menggunakan beton bermutu sangat tinggi dan berkinerja tinggi..... Gambar 6) Pada dewasa ini.... tinggi 297 meter... 30 ..... pelaksanaan konstruksi. seperti jembatan Megamal (Gambar 15. jembatan Akihabara di Jepang (Gambar 11) yang menggunakan beton bermutu sangat tinggi 120 MPa.. yang pada akhirnya akan dapat mengurangi keawetan beton secara jangka panjang.. 18/ 1999 Tentang Jasa Konstruksi beserta ke-3 PP-nya yaitu PP No.. agar konflik yang dimaksud tidak akan berkepanjangan...... karena tuntutan geometris dan metode konstruksinya.. menaranya menggunakan beton berkinerja tinggi 60 MPa. Jembatan Sutong di Jiangsu... China [SDI Dalam waktu dekat..... atau juga retak susut..... Ini akan menjadi menara jembatan yang tertinggi di dunia. China (Gambar 9). 5..... yang sering pula dikombinasikan dengan cara 1 (pembatasan w/c) dan cara 2 (kualitas agregat)..Warta Semen dan Beton Indonesia Konstruksi 3 Konstruksi 1 Gambar 3 : Jalan Beton Semen Masamba – Malangke Untuk jalan beton semen di kabupaten seperti pada poros Tampangeng – Tosora di Kabupaten Wajo. dan Bolomey [3] .. 18/1999 tentang Kegagalan Pekerjaan Konstruksi (bukan kegagalan konstruksi) yang bunyi lengkapnya adalah sebagai berikut : Kegagalan Pekerjaan Konstruksi adalah keadaan hasil pekerjaan konstruksi yang tidak sesuai dengan spesifikasi sebagaimana ditetapkan dalam kontrak kerja konstruksi baik sebagian maupun keseluruhan sebagai akibat kesalahan pengguna jasa atau penyedia jasa. 23 .. Vol 4 No....... 2006 ...... Sebagai acuan atama dalam ulasan artikel di bawah ini. seperti Dalam pada itu di Indonesia.. yang dikerjakan oleh kontraktor lokal dengan sumber daya manusia yang belum mempunyai keterampilan khusus .... Penggunaan bond breaker.. Menambahkan aditif mineral seperti silicafume. yang oleh banyak ahli beton dianggap cenderung menjanjikan untuk menghasilkan beton masa depan yang berkinerja tinggi [4][5][6] ... paling tidak oleh Feret.... Waktu pemotongan sambungan memanjang dan melintang......29/2000 Pasal 31 UU No. melampaui menara jembatan Akashi-Kaikyo di Jepang (menara baja..... Pelaksana. Cara ini mengandung berbagai kelemahan........ penulis akan “berkiblat” kepada peraturan perundang........ Untuk jembatanjembatan yang memakai I-girder pracetak pratekan...4 meter... secara teknis cukup baik dan mampu mengatasi problem overload dan banjir. dan dengan demikian memerlukan porsi semen yang tinggi untuk beton bermutu tinggi.... yang tingginya (rencana) mencapai 300... Gambar 10).... dapat dikategorikan sebagai cara modern. dan Penyedia Jasa : (1)....... karena mempertimbangkan kesulitan pemadatan manual pada posisi menara yang tinggi dan miring (Gambar 13)..................undangan yang saat ini yaitu Undang-Undang No.. Perbandingan tinggi menara jembatan-jambatan berbentang sangat panjang di dunia mandiri (self compacting concrete dalam bentuk flowable concrete). susut... direncanakan panjang bentang 810 meter dan tinggi menara 80 meter yang menggunakan beton berkinerja tinggi 60 MPa (Gambar 14).. Kedalaman pemotongan memanjang dan melintang.... Sebaliknya....... dan/atau abu terbang (fly ash) Menambahkan serat dalam adukan beton Beton dengan pemadatan mandiri (self compacting concrete) Pengalaman praktis menunjukkan bahwa kedalaman pemotongan untuk sambungan melintang dan sambungan memanjang adalah ¼ sampai 1/3 dari ketebalan slab beton untuk menyiapkan tempat retak.. Menara ladang minyak dan gas Gullfaks C di Laut Utara [Elkem] Kinerja yang tinggi tersebut........ Campuran Beton Semen mutu tinggi. Jawa Barat.. sudah direalisasikan beton bermutu sangat tinggi... Artikel singkat berikut ini. Pasal 32 UU No....... 2006 ........ 2006 ... sehingga ulasan-ulasan tersebut dapat berdampak ke arah “konflik pandangan” bagi masyarakat umum” yang kebetulan tidak semuanya memahami peraturan tentang kegagalan bangunan dan kegagalan pekerjaan konstruksi yang dimaksud. Namun karena keterbatasan penulisan... 2006 .. Abrams.......... Vol 4 No... 2.. menara jembatan Sutong yang saat ini sedang dalam pelaksanaan di Jiangsu Province... karena ide tersebut sudah diterapkan sejak sekitar 100 tahun lalu...... Jembatan Akihabara di Jepang [Otsuka] Warta Semen dan Beton Indonesia ......... Ketentuan Tentang Kegagalan Pekerjaan Konstruksi Dan Kegagalan Bangunan Oleh : Ir. tanpa ada efek “raveling” . 2. Pengawas..... 2... 2.... atau kemudahan pengerjaan pengecoran (workability) Kohesivitas dan kemudahan pemompaan ke tingkat yang tinggi (pumpability) Panas hidrasi yang rendah (low heat of hydration) Susut yang relatif rendah pada proses pengerasan (low drying shrinkage) Percepatan waktu ikat awal (acceleration) atau penundaan (retardation). dan jembatan Great Belt East yang telah disebutkan di atas (menara beton... dan sangat dipengaruhi oleh cuaca dan temperatur pada saat di hampar..... jembatan Sakata Mirai di Jepang (Gambar 12 (a) dan (b)) dibuat dengan menggunakan beton bermutu ultra tinggi 180 MPa...... maka di atas semen treated subbase biasanya diberikan lembaran plastik ataupun bond breaker yang lain seperti yang direkomendasikan oleh ACPA berupa dua lapis wax based curing compound atau cutback asphalt di atas CTSB sebelum penghamparan pelat beton semen.. cara 3.. terutama karena penggunaan kadar semen yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya “penyakit sampingan beton” seperti panas hidrasi yang tinggi..... 3...... yang disebabkan oleh beberapa hal antara lain : 1.. tahun 2000) yang mencapai mutu 80 MPa (K900) dalam pelaksanaannya..... sehingga dapat menyebabkan timbulnya retak thermal.... cara 4 dan 5 tidak dibahas di sini... merupakan salah satu upaya (dari penulis) untuk “meluruskan” pandangan kepada masyarakat umum dibidang jasa konstruksi... dan pengawas konstruksi..... Tentu saja.. Mengurangi porositas beton dengan cara mengurangi jumlah air dalam adukan beton Meningkatkan kualitas agregat....... Gambar 11.. 21 32 ................ antara lain a) pada beton segar (fresh concrete): ! Kelecakan ! ! ! ! Ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja beton. b) pada beton sesudah mengeras (hardened concrete): ! Kuat tekan yang tinggi atau sangat tinggi (high or very high compressive strength) ! Kuat tarik yang lebih baik (better tensile strength) ! Kuat tekan awal yang tinggi (high early strength) ! Perilaku yang lebih daktail (ductility) ! Kekedapan air dan udara (low water and air- Gambar 4 : Jalan poros Tampangeng-Tosora (Kab Wajo) Kekurang – sempurnaan dalam pelaksanaan yang umumnya terjadi adalah retak yang tidak terkendali pada waktu pelaksanaan ... 4.. jembatan Grand Wisata (cable stayed) yang saat ini sedang dilaksanakan di Bekasi.... acap kali kita temui ulasan-ulasan tentang kegagalan bangunan maupun kegagalan konstruksi khususnya yang berkaitan dengan kegiatan konstruksi bangunan.......

.. Tahap akhir proses pembuatan semen putih adalah penggilingan terak.75% max 6...... Semen Bosowa Maros & Komite Jalan Beton ASI III.. sehingga perlu diperbaiki dengan anggaran APBD sebesar 27 milyar ( gambar 2 ). Mengingat segala bentuk kontak dengan sumber Fe harus dihindari.. Poros ini rencananya akan dikerjakan secara bertahap oleh Dinas Kimpraswil Sultra dan diharapkan selesai tahun 2007.....5% max 1.....0% max 1...... 3.27% 2..38% 11.... Vol 4 No.. jalan yang menghubungkan Kabupaten Gowa dengan daerah Wisata Malino nyaris putus sepanjang 100 meter ( gambar 1 )... saat ini harus ditempuh dalam 8 jam.176 km jalan nasional di Kalimantan dan Sulawesi. akan dihasilkan berbagai variasi warna dan produk external serta ekonomis karena pemasangan.. Tahap ini sangat penting dalam proses pembuatan semen.... Kantor Perwakilan HZ di Brussels Hotel Ritz Carlton Jakarta Dengan diproduksinya ‘Architctural concrete’ secara massal di pabrik memberikan keuntungan sebagai berikut : ! Memperluas bidang arsitektural ! Mempercepat pemasangan ! Fungsi teknik strutural lebih tinggi ! Kualitas mutu yang bergaransi... (SiO2) (Al2O3) (Fe2O3) ( CaO ) (MgO) (SO3) C3A < 8 C3A > 8 (LOI) (IR) (F-CaO) 22. Architectural concrete Menandai adanya evolusi dari arsitektur kontemporer. kini dicoba diproduksi kapal beton semen putih yang diberi pigment warna kuning & biru yang nantinya akan diuji coba luncurkan dan digunakan sebagi kapal pesiar didanau sekitar Kampus Depok UI..... Vol 4 No...42% 28 .5 %. 5....409 km dalam kondisi rusak ringan ( 12... bangku taman dll.....0% max 0.Vol 4 No.1 type ) Whiteness ( Hunter Scale ) Silicon Dioxide Alumunium Oxide Ferric Oxide Calcium Oxide Magnesium Oxide Sulphur Trioxide % m2/ kg % kg/cm2 kg/cm2 minutes minutes Specifications ASTM CSNI 15 150 . jalan ruas Muara Teweh menuju Kecamatan Gunung Purei Kabupaten Barito Utara mengalami kerusakan yang cukup parah.. Lomba Beton Inovasi Mutu Tinggi 2004 Bekerja sama dengan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Tarumanegara..0% max 3...75% ) dan 1. 26 ..... 2.... 6.5 % dan CO 0. dimana pada penggunaannya tinggal menambahkan air atau pelarut lainnya...... Karekteristik semen putih produksi Tiga Roda adalah seperti pada tabel berikut : I. Bangku Taman & Pot hias.28% 4.... 6...... maka sebagai grinding media digunakan ceramics atau porcelain ball dan untuk mill liners digunakan silex atau ceramic material...Vol 4 No. menggunakan semen putih Tiga Roda yang diikuti oleh mahasiswa teknik sipil dari berbagai universitas di Indonesia...... yaitu sebagai berikut : 1. 12. PT ITP bekerjasama dengan PT Krazu Nusantara memproduksi bangku taman dan pot hias dengan menggunakan semen putih dan GRC.. 2...003 3600 5050 135 4:05 84 5..... 4........ lama dan mudah 8..... Grouting Mortar Admixture...5% max 3.. baik campuran basah maupun kering.......... Di Kalimantan Tengah.......... Sulawesi dan Kalimantan adalah dua pulau besar yang dilewati oleh garis katulistiwa. specific surface............. semen putih dan pigment. Dalam proses ini terak dicampur dengan gypsum dengan perbandingan tertentu.200 km dalam kondisi rusak berat ( 10. 2... volume Fineness... Berdasarkan data yang kami peroleh dari Direktorat jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan umum. 2006 . Sambungan beton agar ditutup dengan relief ....... Warnanya cerah. IV. 14..Warta Semen dan Beton Indonesia 1. GN Gunawan ..... terutama pada poros Kendari menuju ke Wiwirano sepanjang 240 km. 13.. PENERAPAN JALAN BETON SEMEN DI SULAWESI DAN KALIMANTAN Ir..Seribu.. Berbagai design permukaan gedung dengan tampilan kasar / alami tidak memerlukan pemeliharaan yang rumit agar warnanya tetap cerah pada berbagai perubahan musim. tahan perawatannya. Diantaranya sbb: ! Ornamental block ! Split block ! Strips 5..2004 12 max 280 min 0........PT.. dengan memberikan sentuhan fungsi estetika pada bentuk...... jalan trans Sulawesi dari Kendari menuju Palu dalam kondisi rusak parah....... Demikian juga dengan poros Makassar ... Air content of mortar..... PT ITP menyelenggarakan Lomba Beton Inovasi Mutu Tinggi 2004 .... Saat ini penggunaan semen putih di Indonesia masih sangat terbatas yaitu: ! Dry mortar ! Masonry elements ! Aplikasi seni ! Kapal Beton V..... Terrazzo tiles Dibuat dengan mencampur agregat marble.......... Semen Putih TIGA RODA Dari ketiga penggunaan di atas.. pasir. 10. Jaga kebersihan mesin pencampur & kesegaran konsentrasi material Jaga kebersihan & kerapatan lis panel..30% 1. pemeliharaan yang mudah dan tahan terhadap berbagai cuaca serta tahan lama.... perumahan dll yang berwarna cerah. 15.98 0129 ... 4.... Paving stones & concrete slabs (borders) Dengan semen putih sebagai salah satu bahan bakunya.... semen putih akan mengandung sedikit partikel Fe dimana nantinya akan tampak sebagai rust spot pada white concretenya.. Epoxy Adhesive.61% ).Warta Semen dan Beton Indonesia Warta Semen dan Beton Indonesia . dihasilkan berbagai produk yang dapat seperti air mancur. karena tingkat kehalusan hasil penggilingan menjadi salah satu parameter kualitas........... Semen putih merupakan salah satu unsur pokok selain pasir dan gravel. Pada lomba tsb tim peserta ITS tampil sebagai juara I.6%max 2........... Karena abrasi dari steel ball dan mill lining... sehingga akan didapatkan variasi pola dan warna yang multi guna dan kualitas tahan lama........ Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada pembuatan Beton Putih adalah sbb: ! Jaga kestabilan mutu rancang campuran / constant mix design ! ! ! 6. WHITE CEMENT CHARACTERISTIC Physical Properties : 1. sekitar 1. diharapkan perawatan kebersihan bangku taman menjadi lebih mudah dan tidak diperlukan pengecatan ulang. pot.. gravel dan pigment dapat diproduksi produk precast concrete blocks dalam berbagai variasi bentuk dan warna...... semen putih juga dipergunakan pada readymix concrete... 7 . 2...... 2... 2006 .. Gillmore test Initial set Final set Whiteness ( Kett meter C .0% max 3. tetapi diharapkan penggunaan semen putih tidak hanya sebagai pengisi nat lantai keramik saja...5% max 3.. Aplikasi Semen putih dapat dipergunakan pada berbagai bidang konstruksi maupun non konstruksi..... Dengan demikian permintaan pasar dalam negeri akan semen akan lebih meningkat dan seimbang dengan pasar ekspor serta pemanfaatan kapasitas produksi pabrik akan lebih optimal. warna dan tekstur. seperti agregat kering...... Waterproofing.... 2006 .. Air permeability test Autoclave expansion Compressive strength 3 days 7 days Time of setting... Loss on Ignition Insoluble Residue Free Lime Combined CaO Total Alkali Chloride Tricalcium Silicate Dicalcium Silicate Tricalcium Aluminate Tetracalcium aluminoferrite 0... Untuk jalan propinsi.... pigmen dll tergantung produk yang dihasilkan.80 max 122 min 194 min 60 min 600 max 280 min 0. 16. Berdasarkan informasi dari Media Indonesia ( 31 Maret 2006 )... Pendinginan pada terak semen putih agar effektif dalam meningkatkan putihnya ( whiteness ) sebaiknya komposisi atmosfer gas : O2 < 0. 3..... Aplikasi seni Dengan semen putih dapat variasi bentuk dan warna memperindah lingkungan..... 11. diharapkan sebagai bahan informasi dan edukasi bagi masyarakat awam...Teknik Sipil dan PT Krazu Nusantara ( produsen GRC ) berhasil diproduksi dan diluncurkan serta di uji coba gunakan oleh nelayan di kep..... 2..83% Gambar 1 : jalan longsor poros Gowa – Malino Gambar 2 : kondisi jalan poros Muara Teweh – Kec... Chemical Properties : 1. 25 . dari panjang total 11.......... Dry mortar (Concrete Admixture..... Masonry elements Dengan menggunakan semen putih..... Readymix & Dry readymix Concrete Seperti halnya semen OPC... Gunung purei 7.. Kapal Beton Setelah kapal beton semen OPC hasil kerjasama PT ITP dengan Fakultas Teknik Dept...... tetapi dapat dipergunakan diberbagai bidang baik bidang konstruksi maupun non konstruksi...... 2.. 9...0% max 3.............80 max 125 min 200 min 45 min 375 max 80 min Test Result ITP 4.. 8..78% 64..... yang menghiasi beberapa taman di Kodya Bogor.. 2............14% 55% 22.Palu yang biasanya ditempuh dalam waktu 28 – 30 jam..... dengan kondisi infra struktur jalan yang membutuhkan perhatian yang sangat serius dari pemerintah.. Protective Coating.... Aplikasi di Indonesia.... Dengan partisipasi PT ITP kepada Pemda Kodya Bogor tsb....24% 6............ Latar belakang. dengan kuat tekan semen putih TR pada umur 28 hari dapat mencapai 90 MPA.. baik pemerintah pusat yang menangani perbaikan dan pembangunan jalanjalan Nasional maupun pemerintah Daerah yang menangani jalan propinsi dan jalan Kabupaten......0% max 3. dan digiling sampai mencapai kehalusan tertentu...... 3.46% 0.....62% 0......... Ready Mix Mortar. yang biasanya dalam kondisi bagus ditempuh dalam waktu 3 jam..10 419 0. 27 Konstruksi 3 Konstruksi 2 Terak harus didinginkan secepatnya supaya : ! Menghindari terbentuknya long periclase crystal yang akan menurunkan kualitas semen ! Menghindari terurainya kembali komponen clinker ( C3S à C2S ) ! Menjaga kerusakan alat – alat transport dan storage terak akibat suhu material yang tinggi....... Warta Semen dan Beton Indonesia . Kualitas Semen Putih diproduksi berdasarkan standar dari JIS R – 5210 (Jepang) atau standar ASTM C – 150 – 1998 (Amerika) dan SNI 15 – 0129 – 2004 (Indonesia)... 3.. 2006 .. saat ini dalam keadaan rusak sehingga harus ditempuh dalam waktu 2 -3 hari.... Yang selanjutnya siap dipergunakan sebagai campuran beton putih untuk pendukung berbagai bentuk / design bangunan gedung.............6%max (C3S) (C2S) (C3A) (C4AF) 0.Konstruksi 2 Konstruksi 2 4.5 – 1............. Epoxy Mortar) Merupakan produk siap pakai yang bahan bakunya terdiri dari semen putih dan berbagai bahan tambahan / aditif..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful