P. 1
Biografi Umar Bin Khattab

Biografi Umar Bin Khattab

|Views: 1,298|Likes:
Published by Emillya Sari

More info:

Published by: Emillya Sari on Oct 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2012

pdf

text

original

Rasulullah shallallahu ¶alaihi wasallam menaiki gunung Uhud beserta Abu Bakar. Ashim. segera aku menjauhi istana itu. terkadang menjadi pemimpin dalam tugas ini. pertama kali membentuk tentara resmi. Beliaulah orang yang pertama kali berkeliling di malam hari mengontrol rakyatnya di Madinah. kakak dari Abu Jahal bin Hisyam. Beliau juga pernah diutus untuk berangkat bersama sebahagian tentara untuk memata-matai dan mencari informasi tentang musuh. ¶Milik siapa istana ini?· Mereka menjawab. Abdurrahman yang pertengahan. segeralah Rasulullah memukulkan kakinya dan berkata. Az-Zubai bin Bakkar yaitu Abu Syahmah. beliau mengikuti perang Badar dan seluruh peperangan yang terjadi setelahnya bersama Rasulullah. khalifah yang banyak melakukan penaklukan. menentukan gaji tetap. Umar masuk Islam berusia dua puluh tujuh tahun. dll. Umar. Julukan beliau adalah Al-Faruq. baik yang diceraikan ataupun yang ditinggal wafat sebanyak tujuh orang. Fadhilah dan Keutamaannya Umar adalah penduduk surga. Ubaidullah. ´Diamlah wahai Uhud. ¶Miliki Umar. Iyadh. Zainab. mengumpulkan manusia untuk shalat tarawih berjama·ah. Fathimah. Abdurrahman yang bungsu. dan Utsman. dan dua orang syahid. ´Jumlah seluruh anak Umar adalah empat belas. mana mungkin aku akan cemburu padamu wahai Rasulullah?µ Diriwayatkan Anas bin Malik. ´Ketika berada disisi Rasulullah. membuat undang-undang perpajakan. Beliaulah yang pertama kali digelari Amirul Mukminin. tiba-tiba beliau berkata. Adapun ibunya bernama Hantamah bin Hisyam bin Al-Mughirah. maka aku bertanya.· Maka aku teringat akan kecemburuan Umar. Kemudian aku melihat seorang wanita berwudhu disamping sebuah istana. ¶Sewaktu tidur aku bermimpi seolah-olah aku berada di surga.Biografi Umar Bin Khattab Beliau adalah Umar bin Al-Khathab bin Nufail bin Adi bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurth bin Razah bin Adi bin Ka·ab bin Lu·ai. yaitu: Zaid yang sulung. ´Demi Allah. menempatkan para qadhi. Ibnu Katsir berkata.·µ Umar menangis dan berkata. Abdurrahman yang sulung. Jumlah seluruh istri Umar yang pernah dinikahi pada masa Jahiliyah dan Islam. Maka tiba-tiba gunung itu berguncang. Abdullah. sesungguhnya di atasmu hanyalah seorang nabi. Hafsah. Ruqayyah. Beliaulah yang pertama kali membuat penanggalan Hijriyah.µ . shiddiq. Abu Hafs Al-¶Adawi. Zaid yang bungsu. ia berkata. Beliaulah yang pertama kali membawa tongkat pemukul untuk mendera peminum khamr delapan puluh kali cambukan. Diriwayatkan dari Said Ibnu Musayyab bahwa Abu Hurairah berkata.

´Kami menjadi kuat sejak Umar masuk Islam. ´Ya. ´Umar bin Al-Khathab memohon agar diizinkan masuk ke rumah Rasulullah. Islam mengambil alih Mesopotamia dan sebagian Persia dari tangan dinasti Sassanid dari Persia (yang mengakhiri masa kekaisaran sassanid) serta mengambil alih Mesir. mereka segera berdiri dan menurunkan hijab.µ Umar Adalah Sahabat yang Mendapat Ilham Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ¶alaihi wasallam bersabda. maka Umarlah orangnya. Ketika mereka mendengar suaramu. ´Sebenarnya engkau yang lebih layak mereka segani wahai Rasulullah.µ Kekuasaan saat pemerintahan Selama pemerintahan Umar. Apa yang membuat Anda tertawa wahai Rasulullah?µ Rasulullah menjawab.µ Zakaria bin Abi Zaidah menambahkan dari Sa·ad dari Abi Salamah dari Abu Hurairah. Umar bertanya. ia berkata.µ Umar berkata. Afrika Utaradan Armenia dari kekaisaran Romawi (Byzantium). Setelah diberi izin. sesungguhnya tidaklah setan menemuimu sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak engkau lalui. ´Aku heran terhadap wanita-wanita yang berada di sisiku ini. . Demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tangan-Nya. Rasulullah shallallahu ¶alaihi wasallam bersabda. segera mereka berdiri menarik hijab.µ Kemudian Umar berbicara kepada mereka. jika salah seorang dari umatku mendapatkannya. Dalam riwayatkan yang lain.Abdullah bin Mas·ud berkata. ´Wahai para wanita yang menjadi musuh bagi nafsunya sendiri. Palestina. kekuasaan Islam tumbuh dengan sangat pesat. Ketika itu." Wibawa Umar Diriwayatkan dari Muhammad bin Sa·ad bin Abi Waqqash dari ayahnya. ´Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian dari Bani Israil ada yang diberikan ilham walaupun mereka bukan nabi. ´Umatku yang paling penyayang adalah Abu Bakar. dia berkata bahwa Rasulullah bersabda. dan yang paling tegas dalam menegakkan agama Allah adalah Umar. ´Sesungguhnya di antara orang-orang sebelum kalian terdapat sejumlah manusia yang mendapat ilham. bagaimana kalian segan terhadap diriku dan tidak segan terhadap Rasulullah?µ Mereka menjawab. sebab engkau lebih keras dan lebih kasar daripada Rasulullah. ´Jangan memulai pembicaraan wahai Ibnul Khathab. Ketika Umar masuk.µ Rasulullah bersabda. maka Umarlah orangnya. Umar masuk ke rumah Rasulullah sementara Rasulullah tertawa. ada beberapa orang wanita dari Quraisy sedang berbincang-bincang dengan Rasulullah dan mereka berbicara dengan nada suara yang keras melebihi suara Rasulullah. Syria. Apabila seorang umatku mendapatkannya.

ia tetap hidup sangat sederhana. Adapun makanan untuk keluargaku sama saja dengan makanan orang-orang Quraisy pada umumnya. Pada pertempuran itu. Jika mereka melanggar pesan ini. pasukan Islam akhirnya mengambil alih kota tersebut. dan tidak menutup pintu rumahnya kepada rakyat yang membutuhkan bantuan. maka akan mendapatkan hukuman. ia memerintahkan untuk memperluas dan merenovasi Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Medinah. Umar diberikan kunci untuk memasuki kota oleh pendeta Sophronius dan diundang untuk salat di dalam gereja (Church of the Holy Sepulchre). Umar mengeluarkan keputusan bahwa penanggalan Islam hendaknya mulai dihitung saat peristiwa hijrah.Pada sekitar tahun ke 17 Hijriah. Rustam Farrukhzad Pada tahun 637. 55 tahun kemudian. Ia juga memerintahkan diselenggarakannya sensus di seluruh wilayah kekuasaan Islam. yang terjadi di dekat Damaskuspada tahun 636. Umar melakukan banyak reformasi secara administratif dan mengontrol dari dekat kebijakan publik. 20 ribu pasukan Islam mengalahkan pasukan Romawi yang mencapai 70 ribu dan mengakhiri kekuasaan Romawi di Asia Kecil bagian selatan. Umar akan menulis perjanjian yang disaksikan oleh kaum Muhajirin.Sejarah mencatat banyak pertempuran besar yang menjadi awal penaklukan ini. ´Tidak halal bagiku harta yang diberikan Allah kecuali dua pakaian. Umar menyaratkan kepada mereka agar tidak berpakaian yang halus. Aku sendiri hanyalah salah seorang dari kaum muslimin. Masjid Umar didirikan ditempat ia salat. bukan standar yang paling kaya di antara mereka. Satu untuk dikenakan di musim dingin dan satu lagi dikenakan untuk musim panas. Tahun 638. tahun ke-empat kekhalifahannya. di dekat sungai Eufrat. Pasukan Islam lainnya dalam jumlah kecil mendapatkan kemenangan atas pasukan Persia dalam jumlah yang lebih besar pada pertempuran Qadisiyyah (th 636). Umar dikenal dari gaya hidupnya yang sederhana. Umar memilih untuk salat ditempat lain agar tidak membahayakan gereja tersebut. termasuk membangun sistem administratif untuk daerah yang baru ditaklukkan.µ . Keadaan Umar bin Khathab Umar pernah berkata. Pada pertempuran Yarmuk. jenderal pasukan Islam yakni Sa`ad bin Abi Waqqas mengalahkan pasukan Sassanid dan berhasil membunuh jenderal Persia yang terkenal. Ia juga memulai proses kodifikasi hukum Islam. alih-alih mengadopsi gaya hidup dan penampilan para penguasa di zaman itu.µ Jika menugaskan para gubernurnya. setelah pengepungan yang lama terhadap Yerusalem.

µ Pernah Umar dicela dan dikatakan kepadanya. sementara beliau berkata kepada anaknya. ´Antara dia bahu dari baju Umar.Mu·awiyah bin Abu Sufyan berkata. Adapun kita bergelimang dalam kenikmatan dunia. Setiap kali melewati orang-orang. ´Akulah sejelek-jelek penguasa apabila aku kenyang sementara rakyatku kelaparan. Beliau berkata. aku takut tidak akan dapat mengejar kedudukan mereka. kainnya ditambal dengan kulit. Sedangkan Umar.· Ternyata beliau ditikam oleh seorang budak. Ketika beliau bertakbir. Pernah beliau khutbah di atas mimbar mengenakan pakaian yang memiliki dua belas tambalan. terdapat empat tambalan. Ketika salah seorang dari kaum muslimin melihat peristiwa itu. dunia datang menghampirinya namun dia tidak menginginkannya. tiba-tiba aku mendengar beliau menjerit. Pada waktu itu mungkin beliau sedang membaca surat Yusuf atau An-Nahl ataupun surat lainnya pada rakaat pertama hingga seluruh jama·ah hadir berkumpul. beliau selalu berkata.·µ Pada tahun paceklik dan kelaparan. Penghalang antara aku dan beliau hanyalah Abdullah bin Abbas. ´Adapun Abu Bakar. beliau tidak pernah makan kecuali roti dan minyak hingga kulit beliau berubah menjadi hitam. kemudian budak kafir itu lari dengan membawa pisau belati bermata dua. padahal beliau tidak memiliki penyakit yang membuat beliau pingsan kecuali perasaan takutnya.µ Anas berkata. Ketika melaksanakan ibadah haji.µ Pada wajah beliau terdapat dua garis hitam disebabkan banyak menangis. Kebiasaannya. ´Alangkah baiknya jika engkau memakan makanan yang bergizi tentu akan membantu dirimu supaya lebih kuat membela kebenaran. jika beliau berjalan disela-sela shaf. Terkadang beliau mendengat ayat Allah dan jatuh pingsan karena perasaan takut. hingga terpaksa diangkat kerumah dalam keadaan pingsan. ia melemparkan burnus (baju . ´Sesungguhnya aku telah meninggalkan kedua sahabatku (Rasulullah dan Abu Bakar) dalam keadaan tegar (tidak terpengaruh dengan dunia) maka jika aku tidak mengikuti ketegaran mereka. beliau maju dan mulai bertakbir. Kemudian kaum muslimin menjenguk beliau beberapa hari. ¶Aku dimakan anjing (aku ditikam). beliau hanya menggunakan enam belas dinar. aku berdiri dekat sekali dengan Umar. dia menikamkan belatinya ke kanan maupun ke kiri hingga menikam tiga belas orang kaum muslimin dan tujuh di antaranya meninggal. ia tidak sedikit pun menginginkan dunia dan dunia juga tidak ingin datang menghampirinya. ¶Luruskan!· Setelah melihat barisan telah rapat dan lurus. Kisah Terbunuhnya Umar Amru bin Maimun berkata. ´Pada pagi hari terbunuhnya Umar.µ Maka Umar berkata. ¶Kita terlalu boros dan berlebihan.

Siapa saja yang berdiri dibelakang Umar pasti akan melihat apa yang aku lihat. Ketika budak kafir itu yakin bahwa dia akan tertangkap. ¶Ya. ¶Pembunuhmu adalah budak milik Al-Mughirah. Selesai orang-orang mengerjakan shalat. lihatlah siapa yang telah menikamku. Setelah kematiannya jabatan khalifah dipegang oleh Usman bin Affan. Umar segera menarik tangan Abdurrahman dan menyuruhnya maju menjadi imam. Umar berkata. seorang budak pada saat ia akan memimpin salat Subuh. maka musuhilah perutmu dahulu. Sebab apabila engkau meninggalkannya.·µ Umar wafat tiga hari setelah peristiwa itu. Bila engkau hendak memusuhi seseorang. oleh Umar. Semasa Umar masih hidup Umar meninggalkan wasiat yaitu: 1. Engkau dan ayahmu (Abbas) menginginkan agar budak-budak kafir itu banyak tinggal di Madinah. yang saat itu merupakan negara digdaya. . Fairuz merasa sakit hati atas kekalahan Persia. hanya saja mereka tidak mendengar suara Umar. 2. pujilah ALLAH SWT.· Maka akhirnya Abdurrahman yang menjadi imam shalat mereka dan ia sengaja memendekkan shalat. Karena celamu lebih banyak darinya. ´Umar terbunuh pada tanggal 25 Dzulhijjah tepat penghujung tahun 23 Hijriyah.· Umar berkata. dan dalam riwayat yang lain beliau wafat ketika berusia 57 tahun. maka cacilah dirimu. beliau dikebumikan pada hari Ahad di awal bulan Muharram tahun 24 Hijriyah dan dikebumikan di kamar Nabi shallallahu ¶alaihi wasallam disamping Abu Bakar setelah mendapat izin dari Ummul Mukminin Aisyah.· Umar bertanya.· Ibnu Abbas pergi. ¶Semoga Allah membinasakannya. Pembunuhan ini konon dilatarbelakangi dendam pribadi Abu Lukluk (Fairuz) terhadap Umar. ¶Budaknya yang lihai bertukang itu?· Ibnu Abbas menjawab. Subhanallah. ¶Wahai Ibnu Abbas. berarti engkau terpuji. Abu Ma·syar berkata. maka tinggalkanlah kesenangan dunia.berpenutup kepala) untuk menangkapnya. 25 Dzulhijjah 23 H/644 M. Padahal aku telah menyuruhnya kepada kebaikan. mereka tidak tahu apa yang telah terjadi. Jika engkau ingin meninggalkan sesuatu. 4. Setelah itu Utsman diba·iat menjadi khalifah. sesaat kemudian kembali sambil berkata.µ Umar wafat saat ia berumur 63 tahun. Adapun orangorang yang berada disudut-sudut masjid. Kematian Umar Versi Lain Abu Lukluk (Fairuz). dia langsung bunuh diri. Karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya terhadapmu selain perut. Masa kekhalifahannya adalah 10 tahun 6 bulan 4 hari. Di antara mereka ada yang mengatakan. Alhamdulillah yang telah menjadikan sebab kematianku di tangan orang yang tidak beragama Islam. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain ALLAH SWT. Bila engkau hendak memuji seseorang. Peristiwa ini terjadi pada hari Rabu. Jika engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya. Fairuz adalah salah seorang warga Persia yang masuk Islam setelah Persia ditaklukkan Umar. 3.

Bila engkau ingin menuntut sesuatu. Bila engkau bersiap-siap untuk sesuatu. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya. engkau akan menderita. Karena jika engkau tidak bersiap untuk mati. 6. maka bersiplah untuk mati.dan penuh penyesalan. maka tuntutlah akhirat.5. rugi . .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->