P. 1
konsep imunisasi (Anak)

konsep imunisasi (Anak)

|Views: 476|Likes:
Published by Pratiwi Matsyah

More info:

Published by: Pratiwi Matsyah on Oct 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2013

pdf

text

original

KONSEP IMUNISASI

A.Pengertian Imunisasi adalah upaya yg dilakukan dgn sengaja memberikan kekebalan (imunitas) pada bayi atau anak sehingga terhindar darp penyakit (DepKes, 2000). 2000) Imunitas pasif adalah tubuh tidak membentuk imun, tetapi menerima imun. imun. Imunitas aktif adalah tubuh yg membentuk kekebalan sendiri. sendiri.

Pemberian Imunisasi
Ada bbbrp hal penting yg harus diperhatikan perawat, adalah : 1.Ortu anak harus ditanyakan : a. Status kesehatan anak saat ini, apakah dlm kondisi sehata atau sakit. sakit. b. Pengalaman/reaksi thp imunissi yg pernah di dpt sebelumnya. sebelumnya. c. Penyakit yg dialami dimasa lalu dan sekarang. sekarang.

Ortu hrs mengerti ttg hal-hal yg berkaitan haldgn penyakit yg dpt dicegah dgn imunisasi (pengertian. jenis imunisasi. alasan imunisasi.Pemberian Imunisasi 2. (Gunakan pertanyaan (Gunakan terbuka utk mendptkan informasi seluasseluasluasnya).Catatan imunisasi yg lalu(apabila sdh pernah mendpt imunisasi sebelumnya). manfaat imunisasi dan efek sampingnya). . pentingnya menjaga kes mlli tindakan imunisasi. 3.Penkes utk ortu. 4.

Kontraindikasi pemberian imunisasi.Pemberian Imunisasi 5. d. Flu berat atau panas tinggi b. c. Perubahan pada sistem imun yg tdk dpt menerima vaksin virus hidup. Mis : taransfusi drh dan imunoglobulin.yaitu: a. . Riwayat alergi thp pemberian vaksin (pertusis). Ada bbrp kondisi yg menjadi pertimbangan utk tdk memberikan imunisasi pada anak. Sedang dalam pemberian obat2x yg menekan sistem imun.

didapat.Kekebalan pasif  Kekebalan pasif ada dua kategori yaitu kekebalan bawaan dan pasif didapat.  Kekebaalan pasif adalah pemberian antibodi yg berasal dari hewan atau manusia kepada manusia lain . sebelumnya. rabies). rabies). .  Harus dilakukan skin test sebelumnya.Jenis Kekebalan/Imunitas 1.  EX Kekebalan pasif di dapat : campak . tetanus .

 Imunitas seluler terdiri atas fagositosis oleh selsel-sel sistem retikuloendotelial. asing. yaitu humoral dan seluler. dan M).A.  Imunitas humoral terdapat dlm imunoglobin (Ig) yaitu (Ig G. retikuloendotelial. seluler.Jenis Kekebalan/Imunitas  Menurut lokasi ada dua jenis imunitas. M). .  Imunitas seluler berhub dgn kemampuan sel tubuh utk menolak benda asing dan dpt di tunjukkan dgn adanya alergi kulit thp benda asing.

Jenis Kekebalan/Imunitas 2. dibuat. mis anak yg terkena difteri atau poliomielitis  Kekebalan yg sengaja dibuat yg dikenal dgn imuniasasi dasar dan ulangan (booster) .  Kekeabalan yg diadapat secara alami . yaitu kekebalan aktif didapat dan kekebalan aktif dibuat. dibuat. yaitu kekebalan aktif didapat dan kekebalan aktif dibuat.  Ada 2 jenis kekebalan aktif.Imunitas Aktif  Ada 2 jenis kekebalan aktif.

. reservoar adalah mc. ini disebabkan oleh Mycobacterium Peny. rendah. paru2 kelenjar. tuberculosis yg sebagian besar menyerang masyrakat dgn kelas sosial ekonomi rendah. tulang.Tuberkulosis  Peny.  Organ yg sering terkena adalah paru2x. sendi dan selaput otak. kulit. mc.Penyakit yg dpt Dicegah dgn Imuniasasi 1. otak.  Cara penularan : melalui droplet atau percikan air ludah.

.  Difteri dpt menjadi endemik pd ling masy dgn sosial ekonomi rendah.  Penularannya mlli percikan ludah yg tercemar.  Imuniasasi yg diberikan adalah DPT. Difteri  Disebabkan oleh Corynebacterium Dyptheria.Penyakit yg dpt Dicegah dgn Imuniasasi  Imunisasi yg dapat mencegah penyakit ini adl BCG 2.

 Istila awamnya adalah batuk rejan atau batuk 100 hari. .Penyakit yg dpt Dicegah dgn Imuniasasi 3. hari. muntah. DPT. droplet.  Bahaya dari pertusis pneumonia .  Imunisasi yang diberikan adalah DPT. Pertusis  Disebabkan oleh Bordetella pertusis  Penularannya melalui droplet.  Gejala awal berupa batuk pilek. kemudian setelah hari ke 10 batuk bertambah berat dan sering kali muntah.

dan membentuk toksin. sianosis. yg berbentuk spora masuk ke dlm luka terbuka. dan henti napas. berkembang biak secara anerobik. .Penyakit yg dpt Dicegah dgn Imuniasasi 4.  Tetanus yg khas terjadi pada usia anak adalah tetanus neonatorum.  T. Tetanus  Disebabkan oleh Mycobacterium Tetani.Neonatorum dpt menimbulkan kematian karenaterjadi kejang .

 Gejala awal ditunjukkan dgn mulut mencucu dan bayi tidak mau menyusu.Penyakit yg dpt Dicegah dgn Imuniasasi  Resevoarnya adalah kotoran hewan atau tanah yg terkontaminasi kotoran hewan manusia. DPT.  Kekebalan pada penyakit ini hanya diperoleh dgn imunisasi atau vaksinasi lengkap. manusia. menyusu.  Imunisasi yang diberikan adalah Imunisasi DPT. . lengkap.

polio.  Pencegahan dpt dilkaukan dgn imunisasi polio. saluran napas.  Kelumpuhan dpt terjadi pada anggota badan. otot. . dan otot menelan.2. dan 3 dan menyerang mielin atau serabut otot.  Penularan penyakit ini adalah memeluui droplet dan reservoarnya adalah manusia yg menderita polio. menelan.5. polio. Poliomielitis  Penyebab infeksi adalah virus polio tipe 1.

Setelah 3-4 hari. droplet.6. kemerahan mulai hilang dan berubah menjadi kehitaman yg akan tampak seperti sisik dalam waktu 1-2 mgg . kemerahan. dahi. biasa juga timbul gejala fludisertai mata berair dan kemerahan. dan menjalar ke wajah dan anggota badan. yg menular melalu droplet. Campak Penyebab penyakit ini adalah virus morbili. Gejala awal ditunjukkan dgn adanya kemerahan yg mulai timbul pada bagian belkang telinga.

Komplikasi yg harus dicegah adalah OMA. pasien hemodialisis.  Kelompok yg berisiko adalah pecandu narkotika. . akupuntur. atau akupuntur. Hepatitis B  Penyakit infeksi disebabkan oleh virus hepatitis tipe B.Imunisasi diberikan adalah imunisasi campak. 7. pekerja laboratorium. konjungtivitis berat. pneumonia.

. abdominalis. seperti anoreksia. mual. Meriux). dan kadang kadang ikterik. berna) dan antigen capsular Vi poliysacaride (Typhim Vi. ikterik. kuman yg dilemahkan (vivotif. 7. Pasteur Meriux). Typus Abdominalis  Tujuan pemberian imunisasi ini adalah mencegah terjadinya penyakit tipus abdominalis.Gejala yang muncul tidak khas.  Ada 3 jenis vaksin diantaranya kuman yg dimatikan.

tahun. thn.5 pada anak di atas usia 6 thn.  Antigen capsular diberikan pada usia di atas dua tahun dan dapat di ulang tiap 3 tahun. Vaksin kuman yg dimatikan dpt diberikan utk bayi 6-12 bulan adalah 0.  Vaksin kuman yg dilemahkan dpt diberikan dlm bentuk capsul sebelum makan pada hari 1.2 ml.5 ml.1 ml. ml.2. dan 2-12 thn adalah 0. 1-2 thn 0. .

gondong. ada.8.  Vaksin ini tdk dianjurkan pd bayi usia dibawah 1 thn krn dikhawatirkan terjadi interferensi dgn antibodi meternal yg ada. gondong. dan Rubela)  Untuk mencegah penyakit campak (measles). MMR (Measles. virus rubella strain RA 27/3 27/ dan virus gondong. parotis epidemika (mumps) dan rubela (campak Jerman). Mumps. Jerman).  Imunisasi MMR ini antigen yg yg dipakai adalah virus campak strain edmonson yg dilemahkan. .

Imunisasi Varicella  Digunakan untuk mencegah terjadinya peny varicella (cacar air).bulan. tropik. . 15. dilemahkan.  Diberikan pada usia 12 thn di daerah tropik. Pada daerah endemik sebaiknya diberikan imunisasi campak yg monovalen dahulu pd usia 4-6 bln atau 9-11 bln dan boster dpt dilakukan MMR pada usia 15-18 bulan.  Merupakan virus hidup varicella zoozter yg dilemahkan. air). 9.

mgg. . Diatas usia 13 thn dapat diberikan 2 kali suntikan dgn interval 4-8 mgg.

Dosis dan Cara Pemberian Vaksin BCG DPT Hepatitis B Polio Campak TT Dosis 0.05 cc 0.5 cc 2 tts 0.5 cc Cara pemberian IC IM IM pd paha bagian luar Mulut SC . biasanya di lengan kiri atas.5 cc 0. IM .5 cc 0.

Vaksin BCG DPT Hepetitis B Polio Campak Jml Pemberian 1 kali 3 kali 3 kali 4 kali 1 kali Interval Wkt Pemberian 0-11 bln 4 mgg 4 mgg 4 mgg 2-11 bln 0-11 bln 0-11 bln 9-11 bln .

TERIMA KASIH ATAS PARTISIPASI SAUDARA SEMOGA DAPAT DIPAHAMI BY RATNA MAHMUD KEP ANAK .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->