Wireless Fidelity( Wi - Fi

)
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat. Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g, and 802.11n. Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi.Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005. Spesifikasi Wi-Fi Spesifikasi Kecepatan Frekuensi 802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz b 802.11a 54 Mb/s 5 GHz a 802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz b, g 802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz b, g, n Di banyak bagian dunia, frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi, pengguna tidak diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pengatur lokal (misal, Komisi Komunikasi Federal di A.S.). 802.11a

Dengan begitu mengijinkan operasi dalam 11 channel (masing-masing 5 MHz). Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLANs dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.447 MHz.2.432 MHz. Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalam IEEE 802.2. Channel 7 . Channel 5 .2.457 MHz. Channel 8 .2. berpusat di frekuensi berikut: Channel 1 .442 MHz. Channel 4 .462 MHz Secara teknis operasional. Channel 3 .412 MHz.2.417 MHz.2. Channel 2 .2.2. lainnya sama.452 MHz.400 MHz sampai 2. Channel 11 . Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLANs (wireless local area network).2. Channel 6 .50 MHz.483.2. Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan .menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dan oleh sebab itu daya jangkaunya lebih sempit.2.11b/g) beroperasi pada 2.422 MHz. Dengan kata lain.427 MHz. Channel 9 .437 MHz. Channel 10 .

Beberapa pengamat bahkan telah memprediksi pada tahun 2006. para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.4 trilliun dollar Amerika. Karena perangkat dengan standar teknis 802.menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor.standar teknis perangkat bernomor 802. telah mendorong Internet service providers (ISP) membangun hotspot yang di kota-kota besar dunia.16.000 di Amerika Serikat dan satu juta di negara-negara Asia. yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 300 dollar Amerika Serikat. akan terdapat hotspot sebanyak 800.16 diperuntukkan bagi perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max. 802. Scientific dan Medical).11a dan 802.Pertama. penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan-. 530.000 di negara-negara Eropa. tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN). Keseluruhan jumlah penghasilan yang diperoleh Amerika Serikat dan negara-negara Eropa dari bisnis Internet berbasis teknologi Wi-Fi hingga akhir tahun 2003 diperkirakan berjumlah 5.Artinya.4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial.11b.11a dan 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2. kemudahan akses. Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut --yang dibangun oleh operator telekomunikasi. cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.dipicu faktor kedua. Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis teknologi Wi-Fi yang semakin menggejala di berbagai belahan dunia. Sedang untuk perangkat yang berstandar teknis 802. yang bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz. pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet. Tingginya animo masyarakat --khususnya di kalangan komunitas Internet-. atau meningkat sebesar 33 milyar dollar Amerika dari tahun 2002 . Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN. Konsekuensinya.

atau biasa disingkat Wi-Fi. Mode ini biasa digunakan untuk hotspot wifi dan perkantoran yang memerlukan stabilitas dan keamanan data. kapan pun dan di mana pun. Teknologi sekarang memungkinkan untuk itu.Peranti TI tersebut dapat menemani kita untuk ³membunuh´ rasa jenuh selama perjalanan jauh. lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi cuma 2 atau 3. .Dunia internet dewasa ini telah terbukti dapat membantu beragam kegiatan manusia dimuka bumi.Kita dapat mengakses internet di dalam mobil atau di toilet sekalipun.Cara Kerja Wifi Ada 2 mode operasi Wi-fi. Ad-Hoc koneksi antar device Wi-fi peer too peer. area coverage yang lebih luas. 2.Teknologi VoIP sendiri sebelumnya sempat membuat geger penyelenggara telekomunikasi yang tertinggal oleh pesatnya kemajuan teknologi telekomunikasi ini. hotel. dengan menyelesaikan pekerjaan selama perjalanan. Keuntungannya. transfer data jadi lambat. Wi-Fi diterapkan dengan layanan titik catu (hotspot) di beberapa tempat seperti di mal. Mode Managed Menggunakan Access Point yang berfungsi mengatur lalu lintas data. Jadi sisa waktu bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan lain. pengaturan dan keamanan data lebih terjamin. tanpa beli access point Manfaat Wi-Fi Sebagaimana disampaikan diatas. Hal ini dimungkinkan karena berkembangnya teknologi VoIP (Voice over InternetProtocol). kampus serta tempat yang berpotensi dalam pengumpulan massa. bandara. tanpa direpotkan oleh kabel. dapat membantu kita dalam mengakses dunia internet.yaitu 1.Karenanya dapat dibayangkan betapa nyamannya hidup ini jika bisa dengan leluasa mengakses internet hanya berbekal laptop. PDA atau smartphone. Wireless Fidelity. Kelebihan mode ini adalah transfer data lebih cepat. kafe.access point ini berfungsi seperti pusat transfer data. kelemahan mode ini adalah bila device wifi yang terhubung terlalu banyak. Hal ini memberikan keuntungan dari segi waktu dan biaya. Hasil pekerjaan dapat langsung dikirim ke kantor pusat tanpa harus mampir ke warnet atau wartel.

dan penamaannya pun masih berbeda antar perangkat. tetapi juga gambar dari lawan bicara.Kebanyakan perangkat yang dibuat masih untuk perangkat ponsel.kuensi. Bahkan sekarang sudah ada handset untuk melakukan hubungan telepon VoIP melalui jaringan Wi-Fi. selain juga biaya yang murah. baik untuk berkomunikasi menggunakan gambar video atau hanya tulisan (chatting) atau bahkan hanya berbicara saja layaknya telepon konvensional atau HT. kantin. Card Wi-Fi 802.11b dapat melakukan transmisi secara langsung dari tiga band Salah satu contoh penyebab kelemahan pada konfigurasi adalah karena terlalu mudahnya membangun sebuah jaringan wireless.Telepon video yang bukan hanya suara. banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan jaringan WiFi untuk memperluas jaringan kabel. Kelemahan jaringan wireless secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis. merupakan peningkatan penggunaan VoIP over Wi-Fi. lobi. Banyak vendor yang menyediakan fasilitas yang memudahkan pengguna atau admin jaringan sehingga sering ditemukan wireless yang masih menggunakan konfigurasi wireless default bawaan vendor. Kelemahan Wi-Fi Sebagai hasil produk teknologi. dan ruang-ruang umum lainnya. Sering juga ditemukan wireless yang dipasang pada jaringan masih menggunakan setting default bawaan vendor seperti SSID. remote manajemen.Dengan jaringan Wi-Fi sangat dimungkinkan untuk melakukan hubungan ala VoIP atau ada yang menyebut dengan VoIP over Wi-Fi (VoWiFi). Komunikasi telepon nirkabel bisa dilakukan melalui Wi-Fi dan kita tidak perlu menggunakan saluran telepon atau koneksi internet lainnya selama masih berada di dalam jangkauan gelombang radio Wi-Fi. jaringan Wi-Fi bukanlah produk yang tidak memiliki kelemahan. selain aplikasi telepon Push-to-Talk (PTT) melalui telepon VoIP. Tentunya ini akan memberikan fleksibilitas yang sangat tinggi.Paparan mengenai kelemahan disini adalah bila dibandingkan dengan jaringan kabel. Dengan PDA phone seseorang bisa bercengkerama melalui saluran Wi-Fi maupun jaringan telepon seluler sesuai dengan operator yang dilanggani. Teknologi in memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi dengan mitranya di luar kota dengan biaya lokal atau bahkan gratis sama sekali melalui layanan Wi-Fi di cafe. Belakangan ini. . Ip Address.Pada jaringan telepon seluler produk handset PTT atau teknologinya juga disebut PTT over Celluler (PoC). Mereka menghubungkan titik akses nirkabel ke jaringan backbone mereka untuk menyediakan akses jaringan dan internet di ruang-ruang pertemuan. yakni kelemahan pada konfigurasi dan kelemahan pada jenis enkripsi yang digunakan.

saat ini juga sudah dapat dipecahkan dengan metode dictionary attack secara offlin.11b yang masih dalam proses pengembangan lebih lanjut. Pelayanan yang diberikan sedikit dan perkembangannya lambat Layanan suara pada Wi-Fi belum cukup sempurna dan masih banyak gangguan Tidak adanya barrier menyebabkan kemungkinan keamanan lebih rendah Wi-Fi tidak memiliki standar yang jelas dan masih menggunakan standar 802. transmisi data bisa berlangsung secara nirkabel antar perangkat yang terpisah pada jarak hampir 50 km.DHCP. Wi-Fi mendapat kompetitor dari WiMax yang masuk ke Indonesia. saat ini dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.7 GHz.Sejak sekitar kuartal kedua 2005. Masih dijumpai kekurangan di sana-sini. . kanal frekuensi. Dengan teknologi ini. tanpa enkripsi bahkan user password untuk administrasi wireless tersebut. WPA-PSK dan LEAP yang dianggap menjadi solusi menggantikan WEP. bahkan kini akan menghadapi persaingan dengan teknologi yang lebih maju. Selain itu ada beberapa tambahan mengenai kelemahan dari Wi-Fi diantaranya : Kualitas pelayanan tidak ada barrier sehingga dimungkinkannya koneksi antar pengguna tetapi kualitas layanan kurang bagus contoh: suara. WEP (WiredEquivalent Privacy) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya. enable.Tentunya disertai dengan teknologi yang lebih maju. Teknologi Wi-Fi di Indonesia dalam hal pengaplikasiannya masih tergolong baru.Teknologi ini bekerja pada frekuensi 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful