P. 1
Folklore

Folklore

|Views: 2,523|Likes:
Published by slampack

More info:

Published by: slampack on Oct 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2013

pdf

text

original

1.

Pengertian Folklore
y

Folklore menurt Alan Dundes : Folk berarti sekelompok orang yang memiliki ciri-ciri pengenal fisik, sosial, kebudayaan sehingga dapat dibedakan dari kelompok-kelompok lainnya. Lore adalah tradisi

y

Folklore menurut pendapat secara umum, kebudayaan suatu masyarakat yang tersebar dan diwariskan turun temurus secara tradisiona l, disertai garak isyarat atau alat bantu pengikat.

2.

1) Penyebaran dan pewarisannya bisa dilakukan secara lisan, disebarkan me lalui tutur kata atau dari mulut ke mulut. Contohnya: Mitos. 2) Folklore bersifat tradisional, terkait dalam bentuk aturan yang berlaku. Contoh : Pakaian Tradisional. 3) Folklore bersifat anonym, karena nama penciptaannya tidak diketahui. Contoh : Permainan Rakyat. 4) Folklore memiliki pola tertentu, sering menggunakan kata-kata klise, Contoh : Seperti untukmenggambarkan kecantikan seseorang dikatakan wajahnya seperti bulan empat belas hari ³Menurut Empunya Cerita´ atau ³Sohibuil Hikayat´ dan untuk menutup cerita ³Demikianlah konon berbahagia´, dll. 5) Folklore memiliki fungsi dalam kehidupan bersama suatu masyarakat, seperti penghibur, alat pendidikan, protes sosial dan sebuah proyeksi dari keinginan yang terpendam. Contoh : Teater Rakyat. 6) Folklore adalah milik bersama dari masyarakat tertentu. Contoh : Adat Istiadat dan upacara adat.

3.

a.

Metologi atau mite adalah cerita prosa rakyat yang mengandung konsepsi tentang dongeng suci mengenai kehidupan para dewa dan makhluk halus pada sebuah kebudayaan suatu masyarakat. Contoh : Nyi Roro Kidul, Ramayana, dll.

d. dll. dll. Rambate rata. Bahasa rakyat Logat Julukan Pangkat Tradisional Titel Bangsawan Pribahasa Pepatah Pemeo Teka-teki 4. Contoh : Nina bobo. Folkrole Lisan Ungkapan Tradisional Pertanyaan Tradisional Puisi Rakyat Cerita Prosa Mitos Legenda Dongeng Folkrole Folkrole Sebagaian Kepercayaan rakyat Permainan rakyat Teater rakyat Tarian rakyat Adat Istiadat Upacara Pesta rakyat Material Folkrole Bukan Lisan Bukan Material Arsitektur rakyat Kerajinan tangan rakyat Makanan & minuman rakyat Pakaian dan perhiasan Obat-obatan tradisonal Gerak/isyarat Tradisional Kentongan Bunyi Isyarat Musik Rakyat . c. Contoh : Leganda Wali Song. Leganda merupakakan cerita prosa rakyat yang dianggap sebagai suatu kejadian yang benar-benar pernah terjadi. dll. Upacara adalah sebagai alat menunjukka kesadaran akan masa lalunya yang berkaitan dengan system kepercayaan dan kenangan akan peristiwa -peristiwa tertentu di suatu daerah. Nyanyian rakyat menurut Jan Garlod Brunvand dianggap sebagai salah satu bentuk (genre) Folklore yang terdiri dari teks dan lagu yang beredar secara lisan diantara anggota kolektif tertentu dan mempunyai banyak varian. Ande-Ande Lumut. Upacara Lebuhan.b. Contoh : Upacara Grebeg Maulud.

a. 1) Menerangkan tentang sejarah yang dianggap pernah terjadi disuatu daerah 3) Memelihara sejarah setempat .5. Fungsi nyanyian rakyat : 1) Membebaskan orang dari kejenuhan dan untuk menghibur diri meskipun hanya bersifat sementara sehingga nyanyian menjadi pelipur lara. b. 2) Mambangkitkan semangat 3) Memelihara sejarah tempat san klan (Keluarga Besar) 4) Mengunkapkan suatu bentuk protes sosial terhadap yang terjadi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->