P. 1
partikel-materi1

partikel-materi1

|Views: 386|Likes:
Published by sukabiru

More info:

Published by: sukabiru on Oct 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

PARTIKEL MATERI

Bagian terkecil dari unsur disebut atom Istilah atom, molekul, dan ion tentu atom. sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan? Dalam bab ini akan dibahas tentang susunan atom, sehingga kita dapat memahami perbedaan antara atom unsur yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, pemahaman tentang susunan atom akan kita gunakan untuk menjelaskan pembentukan ion dan molekul. Dalam bab ini juga akan dibahas hubungan jenis partikel tersebut dengan sifat-sifat berbagai zat dalam kehidupan sehari-hari. A. Konsep Partikel

Partikel materi adalah bagian terkecil dari materi yang masih mempunyai

sifat sama dengan materi tersebut. Misalnya, partikel air adalah bagian terkecil dari air yang masih mempunyai sifat sama dengan air. Begitupun pada gula pasir, partikel gula pasir adalah bagian terkecil dari gula pasir yang masih mempunyai sifat sama dengan gula pasir.

Partikel gula pasir dinamakan molekul gula pasir. Molekul mempunyai molekul. Molekul masih dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil. dengan 22 atom hydrogen dan 11 atom oksdigen. Molekul gula pasir
81

ukuran yang sangat kecil. Bayangkan, sebutir pasir terdiri dari sekitar 10

Setiap molekul gula pasir terdiri dari 12 atom karbon yang berkaitan masih dapat ‘dipecah’, tetapi sifat gula pasir akan hilang. Pemecahan karbon, hydrogen, dan oksigen. Teori Atom Dalton Democritus, Democritus Molekul air

molekul gula pasir akan menghasilkan tiga jenis atom, yaitu atom-atom

Gagasan tentang partikel materi pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli filsafat Yunani, pada abad ke-4 SM.

1

KIMIA – Partikel Materi

12 atom karbon + 11 atom oksigen +22 atom hidrogen

000 000 000 000 000 000 000 093 gram). jenis atom sama dengan jenis unsurnya. pembagian materi bersifat diskontinu. 000 000 000 000 000 32- 2 KIMIA – Partikel Materi 32- . yang sudah tidak dapat dibagi lagi. 32 besi dengan massa 3 gram terdiri dari 3 x 10 butir atom (= 30 milyar menggunakan mikroskop elektron. tomos = terbagi). a = tidak. sedangkan massa sebutir atom gram (= 0. sehingga sebatang paku triliun butir atom). maka akhirnya diperoleh partikel terkecil (dalam bahasa Yunani berarti tak terbagi. Yang sudah dapat diamati adalah susunan atom pada permukaan logam yaitu dengan kali. Menurut Aristoteles. Aristoteles pembagian materi bersifat kontinu. dengan pembesaran hingga jutaan Massa sebutir atom besi adalah sekitar 9. Partikel terkecil itu disebut atom artinya tentang partikel materi tidak berkembang.5 x 10 gram (= 0. Dengan kata lain. materi bersifat diskontinu. Dengan demikian.3 x 10 aluminium adalah sekitar 4. Pengertian Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat sama dengan unsur itu. bagian terkecil dari materi disebut B. Oleh Dalton. Dalton seorang guru di Inggris mengajukan suatu teori yang menegaskan atom. Baru pada tahun 1803. artinya jika suatu materi dibagi dan dibagi lagi. sedangkan atom-atom dari unsur yang berbeda mempunyai sifat yang berbeda pula. Atom secara individu belum dapat diamati meskipun menggunakan alat pembesar yang paling besar. Atom-atom dari unsur yang sama mempunyai sifat yang sama. Selama + 22 abad pemahaman 1. John Dalton. atom-atom adalah partikel unsur.Menurutnya. Atom pembagian dapat berlanjut tanpa batas. Atom mempunyai ukuran yang sangat kecil.

tetapi tandanya C). Chadwick 3 KIMIA – Partikel Materi J. Atom yang paling ringan adalah atom hydrogen yaitu bermassa 1 2. sma. Susunan Atom 1 sma = 1. massa sma.6 x 10 gram Atom dibangun dari partikel yang lebih kecil lagi. 42- yang sangat kecil. yaitu “satuan massa atom disingkat atom” satuan sma atau amu dalam bahasa Inggris (amu = atomic mass unit). Untuk menghindari penggunaan bilangan-bilangan menyatakan massa sebuah atom.J.6 x 10 berbeda. jiika dinyatakan dalam satuan sma.6 x 10 C). massa 1 sma 91- Muatan 1 proton sama dengan muatan 1 elektron. elektron. Elektron bermuatan negatif (-1. Thomson . dan neutron yang disebut partikel subatom atau partikel dasar dasar. para ahli menggunakan satuan massa khusus yang Jadi. Neutron bersifat netral dengan massa 1 sma Sifat-sifat ketiga partikel subatom itu dapat digambarkan dengan tabel berikut: Massa (sma) 1 1 Muatan Relatif* +1 -1 netral Partikel Proton Elektron Neutron Lambang p e n Penemu Goldstein/Rutherford J.000 000 045 gram). yaitu proton elektron proton. massa satu atom besi sama dengan 56 sma dan massa satu atom aluminium sama dengan 27 sma. 91- Proton bermuatan positif (+1.

dan neutron penyusunnya. semua atom helium memilki 2 Litium memilki nomor atom= 3. Jadi. Jumlah proton merupakan suatu ciri khas dari suatu unsur. maka massa atom ditentukan oleh massa proton dan neutronnya sedangkan massa elektronnya dapat diabaikan. Contohnya: proton. membedakannya dari atom unsur lain. semua atom litium memiliki 3 - - Atom merupakan partikel yang bersifat netral karena jumlah proton sama dengan jumlah elektronnya. Akibatnya.Setelah ditemukannya partikel subatom. Isotop Atom-atom dari unsur yang sama ternyata dapat mempunyai jumlah neutron yang berbeda. Nomor Atom Jumlah proton dalam suatu atom disebut nomor atom atau nomor proton. atom suatu unsur memiliki nomor atom tertentu yang Hidrogen memiliki nomor atom= 1. nomor massa Karena massa elektron sangat kecil. semua atom hidrogen memiliki 1 Helium memiliki nomor atom= 2. proton. Artinya. yang satu dengan yang lain dapat dibedakan. Nomor Massa Nomor atom = Jumlah proton = Jumlah elektron Hasil penjumlahan proton dengan neutron dalam suatu atom disebut massa. yaitu pada perbedaan 3. elektron. 4. nomor atom juga menyatakan jumlah elektron. atom unsur yang sama ada yang 4 KIMIA – Partikel Materi . maka perbedaan antara atom jumlah proton. proton. Nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron 5.

Atom-atom dari unsur yang sama. dan C-14 6. Notasi Komposisi Atom Isotop nitrogen: N-14 dan N-15.000 dari jari-jari atom. sebagian besar massa atom terpusat pada intinya. Contohnya: Isotop karbon: C-12. A = nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron = p + n Jumlah neutron (n) = A –Z 7. Matahari sebagai inti atomnya. sedangkan planet-planet sebagai elektron. elektron.mempunyai massa yang berbeda. Struktur Atom Menurut teori atom modern. proton dan neutron berada di pusat atom yang disebut inti atom sedangkan elektron beredar mengelilingi inti atom. 5 KIMIA – Partikel Materi elektron dapat dibayangkan sebagai awan bermuatan negative yang . C-13. inti menyelimuti inti atom. pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit atom atom. Susunan atom mirip dengan susunan tata surya. Jumlah proton. tetapi massanya berbeda disebut isotop isotop. Namun atom merupakan bagian yang padat dan bermuatan positif. X = lambing atom = lambing unsur Z = nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron = p Jadi. dan neutron dalam sebuah atom dinyatakan dengan lambing (notasi) sebagai berikut: Di mana. Jari-jari inti atom hanya sekitar 1/100. sedangkan demikian. Jadi.

dan seterusnya. kulit. Nomor Atom 1 2 3 5 11 12 15 9 Konfigurasi Elektron K 1 2 2 2 2 L M Nama Unsur Hidrogen Helium Litium Boron 2 1 3 7 8 8 8 Magnesium Fosforus 2 2 5 6 KIMIA – Partikel Materi Natrium Fluorin 2 1 . dapat ditulis sebagai berikut: Na: 2 8 1 Berikut adalah aturan dasar pola persebaran elektron: Pengisian dimulai dari kulit K. 2 Jumlah maksimum elektron pada kulit ke-n adalah 2n (n= nomor Jumlah maksimum elektron pada kulit terluar adalah 8. Konfigurasi elektron nartrium misalnya. Persebarannya mengikuti pola tertentu. Berikut ini adalah tabel yang menunjukkan beberapa contoh konfigurasi elektron. Konfigurasi Elektron Konfigurasi elektron merupakan persebaran elektron pada kulit atom. kemudian ke kulit L. dimulai dari dalam).8.

Al . Unsur logam cenderung 7 KIMIA – Partikel Materi - +34 Anion poliatom : NO . Br . sedangkan unsur nonlogam cenderung menyerap adalah kecendrungannya terhadap elektron. elektron valensi pada atom karbon adalah 4 dan pada klorin bergabung dengan atom lain membentuk molekul atau ion. negatif. S . tunggal. N +3 +2 Kation tunggal +4 71 adalah 7. SO . poliatom Perhatikan contoh berikut ini: Kation poliatom : NH + + disebut anion Ion yang terdiri dari satu atom disebut ion tunggal anion. Elektron Valensi Contoh: 6 Jumlah elektron pada kulit terluar atom disebut elektron valensi elek valensi. penyerapan elektron akan menghasilkan ion negatif positif. Mg . PO -24 -3 -3 -2 - Anion tunggal : Cl . sedangkan ion yang terdiri dari dua atom atau lebih disebut ion poliatom. Elektron valensi memegang peranan ketika atom-atom : Na . 1. K . Cl : 2 8 7 C. Pelepasan elektron akan menghasilkan ion positif sedangkan melepas elektron. Pembentukan Ion Salah satu perbedaan antara unsur logam dengan unsur nonlogam elektron. Proses pelepasan dan penyerapan elektron dapat terjadi ketika suatu unsur logam direaksikan dengan unsur nonlogam. Ion Ion adalah atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik.9. OH . C:2 4 Berarti. Ion yang bremuatan positif disebut kation sedangkan ion yang bermuatan negatif kation.

2. 1 2 3 4 Rumus Kimia NaCl Kation Na Na Ca Ca Anion ClOHCO hidroksida) karbonat) hidroksida) Molekul adalah spesi (partikel) netral yang terdiri dari dua atau lebih atom. dan Berbentuk padat dengan titik lelh dan titik didih yang relatif tinggi. Ion-ion dikukuhkan oleh gaya tarik menarik listrik antar Untuk mengetahui apakah suatu zat tergolong senyawa ion atau bukan. Molekul yang terdiri dari atom sejenis disebut molekul unsur misalnya molekul oksigen. unsur. Gaya taik menarik ini disebut ikatan ion ikatan ion. 8 KIMIA – Partikel Materi D. Selain itu. antara lain: Rapuh (getas). Senyawa Ion Senyawa ion adalah senyawa yang partikelnya berupa ion. Unsur logam pada umumnya termasuk senyawa ion. Molekul - +2 2 Kapur sirih (kalsium Ca(OH) OH +23 +2 3 Batu kapur (kalsium CaCO + Soda kaustik (natrium klorida) NaOH + Garam dapur (natrium . senyawa ion juga dapat ditentukan berdasarkan rumus Beberapa contoh senyawa ion yaitu: Nama Senyawa kimianya. Senyawa itu terdiri dari ion yang berbeda muatan. No. Lelehannya dapat menghantar listrik. + ion Na dan Cl . kita harus mengetahui sifat-sifat senyawa ion. Salah satu contoh senyawa ion adalah Natrium klorida. baik atom sejenis maupun atom yang berbeda jenis.

CO. N . Perhatikan Molekul unsur: H . Ikatan ini disebut ikatan 2. CO . kovalen menarik elektron. tersebut menjadi terikat satu sama lain. maka akan terurai menjadi atomlain: 2 oksigen lebih stabil dalam bentuk molekul daripada sebagai atom. dan NH 4 2 4 . bukan sebagai atom yang berdiri sendiri. H SO . Atom-atom dalam satu molekul Pada umumnya terbentuk dari unsur-unsur nonlogam. dan P 2 2 2 2 2 2 Telah dijelaskan sebelumnya bahwa unsur nonlogam cenderung maka keduanya akan saling menarik elektron. sehingga atom-atom kovalen. 1. Unsur-unsur nonlogam lain yang berupa molekul antara Nama Unsur Hidrogen Nitrogen Oksigen Fluorin Klorin Lambing Unsur H N F Rumus Molekul N F 2 H 2 Bromin Br Br 2 Cl Cl 9 KIMIA – Partikel Materi 2 O O 2 2 3 Molekul Senyawa: H O. O . Gas oksigen yang terdapat di udara terdiri dari molekul-molekul O . karena Namun jika oksigen dipanaskan. Molekul Unsur Beberapa unsur nonlogam terdapat secara alami sebagai molekul. Ketika unsur-unsur nonlogam saling direaksikan. misalnya oksigen.Sedangkan molekul yang terdiri dari atom berbeda jenis disebut molekul senyawa. Cl . Pembentukan Molekul contoh berikut ini: misalnya molekul air. senyawa dikukuhkan oleh sutau gaya yang disebut ikatan kovalen. atom oksigen.

Molekul Senyawa Molekul senyawa terdiri dari dua atau lebih jenis atom. Ozon termasuk gas yang sangat menjadi racun bagi manusia dan kehidupan lainnya. termasuk reaksi pembakaran dalm tubuh kita. molekul metana (CH ). Fungsi ozon adalah untuk menyerap radiasi sinar UV dari matahari. Oksigen (O ) 2 oksigen antara lain untuk melangsungkan reaksi pembakaran. Contohnya molekul air (H O). yaitu O . terdiri dari atom-atom. 2 reaktif. Berbeda dengan atom di sekitarnya. Kadar oksigen di b. Namun. yaitu unsur logam. Ozon (O ) 3 Di udara. atom-atom logam tidak berdiri sendiri. molekul ammonia (NH ). Ozon merupakan bentuk lain dari oksigen dalam bentuk molekul 3 triatomik yaitu O . Ozon terdapat dalam lapisan atmosfer. 4 3 2 4. unsur-unsur selain yang telah disebutkan di atas. Jika ozon terdapat pada lapisan troposfer. Setiap molekul air terdiri dari dua atom hydrogen yang bergabung 10 KIMIA – Partikel Materi 5 Belerang S S 4 Fosforus P P 2 Iodin I I . Air (H O) Air merupakan zat yang paling penting bagi kehidupan manusia. dan tidak ada ikatan khusus seperti pada molekul. maka akan c. unsur oksigen berupa molekul diatomik. Beberapa Molekul dalam Kehidupan Sehari-hari Seharia. molekul. yaitun pada lapisan stratosfer. atom-atom logam terikat sama kuatnya dengan beberapa 3.Jadi. melainkan saling terikat satu dengan lainnya. Fungsi 2 udara adalah 21%.

tetapi sangat stabil. Tumbuhan hijua menyerap karbon dioksida tersebut berasal dari proses pembakaran bahan bakar dioksida pada proses fotosintesis. CFC bereaksi 11 KIMIA – Partikel Materi . dan karbon (C). maka panas dari berarti. e. Karbon fosil. Oleh karena kalor jenis air relative besar. Pada lapisan stratosfer. mencapai lapisan stratosfer.dengan satu atom oksigen. juga dari pernapasan. Molekul ini tidak beracun. mengandung unsure klorin (Cl). Zat ini seperti kulkas dan AC.035%. sehingga dapat meninggalkan lapisan troposfer dan dengan ozon sehingga lapisan ozon menipis menghasilkan “lubang ozon”. fluorin (F). 2 matahari dapat diserap tanpa menyebabkan kenaikan suhu yang d. sehingga rumus molekulnya ditulis H O. Klorofluorokarbon (CFC) Klorofluorokarbon adalah sekelompok senyawa molekul yang digunakan sebagai cairan pendingin dalam mesin pendingin. Karbon dioksida (CO ) 2 Karbon dioksida di udara kadarnya sekitar 0.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->