P. 1
Mengenal Corel Draw

Mengenal Corel Draw

|Views: 2,995|Likes:
Published by Zalwiti

More info:

Published by: Zalwiti on Oct 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2013

pdf

text

original

Mengenal corel draw Corel Draw adalah perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor yang sangat handal

dan paling banyak digunakan oleh para disainer grafis untuk membuat dan mengolah obyek dari karya-karya mereka. Corel Draw banyak digunakan untuk membuat logo, peta , poster, iklan , kartun dan lain-lain Jawaban masalah yang berkaitan dengan pengenalan corel draw 1.Jelaskan kegunaan corel draw pada bidang perdagangan dan penerbitan Jawaban :Dalam bidang perdagangan, grafis untuk iklan dan kemasan, dibidang penerbitan, grafis merupakan pembuat buku, majalah dan koran serta pada bidang informasi seni dan budaya. 2.Sebutkan software-software grafis yang anda kenal Adobe Photoshop, Coreldraw, Macromedia Freehand, Autocad, 3D Studio Max, Paser dan Light space 3.Jelaskan perbedaan pengertian grafis, komunikasi grafis dan komunikasi Visual. Komunikasi Grafis adalah pekerjaan dalam bidang komunikasi visual yang berhubungan dengan grafika (cetakan) dan/atau pada bidang dua dimensi dan statis (tidak bergerak). Komunikasi visual merupakan payung dari berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan unsur rupa (visual) pada berbagai media: percetakan, papan reklame, televisi, film /video, internet dll, dua dimensi maupun tiga dimensi, baik yang statis maupun bergerak (time based). 3 4.Jelaskan pengertian gambar bitmap Gambar Bitmap adalah gambar yang tersusun dari kumpulan titik-titik warna (pixel) dengan jumlah tertentu yang tersusun secara sistematis sehingga membentuk suatu obyek. 5.Jelaskan apa yang dimaksud resolusi Tingkat kerapatan pixel pada suatu obyek gambar bitmap di sebut resolusi. 6.Apa yang terjadi jika sebuah gambar bitmap diperbesar maka pixel pada gambar akan membesar, demikian pula sebaliknya 7.Jelaskan pengerian gambar vektor Gambar Vektor adalah gambar yang tersusun dari garis atau kurva yang dihasilkan dari perhitungan matematis dan tidak berdasarkan pixel, sehingga tidak mengenal resolusi. 8.Apa yang terjadi jika sebuah gambar vektor diperbesar Gambarnya akan tetap baik Jika gambar di perbesar atau diperkecil dan kualitas gambar relatif tetap baik dan tidak berubah. 9.Jelaskan ciri khas gambar vektor Ciri khas gambar vektor adalah mudah dimodifikasi tetapi mempunyai kemampuan pewarnaan terbatas. 10.Sebutkan software-sofware grafis vektor CorelDraw, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Autocad dll. 11. Jelaskan pengertian corel draw Coreldraw ini adalah perangkat lunak buatan Corel Corporation ini banyak digunakan untuk membuat stiker, percetakan dan perusahaan iklan. 12.Sebutkan syarat minimum menggunakan program aplikasi CorelDraw

Align and Distribute untuk mengatur perataan posisi obyek terhadap obyek (sumber : http://www. secara langsung baik untuk fill (isi) ataupun outline 16. . untuk membuat gambar animasi.SVG. editing obyek. delete page untuk menghapus halaman.V. 20.E.(1)Core1DRAW 12 untuk pembuatan ilustrasi grafis berbasis vektor (2) Corel PHOTOPAINT 12 untuk mengelola foto/gambar digital. dan dll . Uniform Colors dan banyak lagi pilihan kumpulan warna yang dapat memberikan warna suatu obyek. 19.CDR.Jelaskan apa yang dimaksud Area Pencetakan pada Coreldraw Area pencetakan adalah kotak halaman yang berada di tengah area kerja coreldraw. Beberapa format gambar vektor di antaranya: . atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar. .id/index.Jelaskan Fungsi umum menu Layout pada Coreldraw Menu Layout ini berisi kumpulan perintah untuk pengaturan halaman seperti insert page untuk menambah halaman. 17. dan page setup untuk mengarur halaman secara lebih lengkap. karena tampilannya akan selalu berubah berisi perintah menyesuaikan icon yang sedang aktif. rename page untuk mengganti nama halaman. . 18. seperti Default CMYK Palette. 15.sch. Default RGB palette. 14.sma74jkt. Pengertian Grafis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Vektor Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.Gambar vektor umumnya berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. switch page orientation untuk menentukan arah halaman lanscape (posisi melebar) atau portrait (posisi berdiri). 3.EPS. 13. memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain. putaran dan skala obyek. .Jelaskan pengertian Toolbox Toolbox merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai perintah untuk membuat obyek dasar.Apakah yang dimaksud dengan Color Palette Color Palette adalah bidang yang berisi kotak-kotak dengan warna pilihan dari sistem warna Coreldraw. teks.php? option=com_content&view=article&id=1383:mengenal-corel-draw&catid=59:kelas-xiiips-3&Itemid=99) 1.Jelaskan fungsi dari Scroolbar Scrollbar adalah fasilitas yang berfungsi untuk menggeser layar kerja. dan (3) Corel R. Untuk menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar.Jelaskan Fungsi umum menu Arange pada Coreldraw Menu Arange ini berisi kumpulan perintah untuk pengaturan obyek seperti Transformations untuk mengatur posisi.A.Jelaskan apa fungsi Rulers Rulers ini berfungsi sebagai alat bantu dalam mendesain suatu obyek yang memerlukan ketepatan posisi dan ukurannya.Jelaskan pengertian Property Bar Property Bar merupakan baris perintah yang unik.AI.

Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP. dll. JPEG. Kelebihan dan kekurangan grafis vektor dan bitmap Kelebihan Grafis Vektor · Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien · Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya · Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda · Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan Kekurangan Grafis Vektor · Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap Kelebihan Grafis Bitmap · Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan. Untuk menampilkan citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer. 2. tidak seperti gambar Bitmap. · Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat. ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom. mutu hasilnya pun dapat ditentukan Kelemahan Grafis Bitmap · Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya. contohnya 1024x768. Pengertian Grafis Bitmap Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.Gambar Vektor menggabungkan titik-titik garis untuk menjadi sebuah objek. PCX . komputer menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). khususnya ketika objek gambar diperbesar. .Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi. sehingga gambar tidak menjadi pecah biarpun diperbesar atau diperkecil. yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan. GIF.TIFF.

seperti Page Maker. Tetapi yang akan dibahas disini program aplikasi CorelDraw dan Adobe Photoshop. Corel Photo Paint. Corel Photo Paint. CorelDraw. Possibly related posts: (automatically generated) * Grafis 1 * PEMBUATAN OBJEK DASAR * Modular Intruction (Pembelajaran Menggunakan Modul) * Pengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap Mengetahui aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap Program aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap itu banyak sekali macamnya. Adobe Photoshop dan masih banyak lagi yang lainnya. CorelDraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek. serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di-scan ke dalam komputer. Pixel ( picture elemen ) Adalah titik terkecil (elemen) yang membentuk suatu gambar pada layer monitor. disebut juga dengan dot. CorelDraw. Adobe Photoshop dan masih banyak lagi yang lainnya. . Beberapa Istilah dalam grafis 1. Mengetahui aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap Program aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap itu banyak sekali macamnya. Sedangkan Adobe Photoshop merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan unuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik. seperti Page Maker. Sedangkan Adobe Photoshop merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan unuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik. CorelDraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek.· Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah 3. Tetapi yang akan dibahas disini program aplikasi CorelDraw dan Adobe Photoshop. serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di-scan ke dalam komputer.

putih. diukur dengan pixel Color depth : jumlah bit warna yang diukur dalam bit / pixel 1 byte = 8 bit 1 KB (kilobyte) = 1024 byte 1 MB (megabyte) = 1024 KB . =2 variasi warna (monochrome) 2 bit = 2 pangkat 2. Menghitung ukuran file raster image Ukuran dalam byte = width x height x colordepth 8 Keterangan : width : lebar dari images. 4. blue) Merupakan kombinasi dari elemen warna red (merah). Color Depth dinyatakan dalam angka yang digunakan untuk menyatakan beberapa variasi warna yang mampu ditampilkan oleh suatu bitmap /dot/pixel. magenta. Contoh : 600 dpi . Sehingga kombinasi warna yang dapat dibentuk dari mode rgb adalah 255 x 256 x 256= 16777216( 16 juta warna . G=0. artinya 640 pixel mendatar. green. ***b. dan blue (biru). RGB (red.216 variasi warna 32 bit = 2 pangkat 32 = 4 buah kombinasi 8 bit= 4.536 variasi warna 24 bit = 2 pangkat 24 = 3 buah kombinasi 8 bit = 16. Setiap elemen memiliki 0 – 255 tingkat warna . Color Depth Color Depth adalah besarnya informasi data dari 1 satuan sample(dot/pixel). B= 0. Contoh : 1 bit = 2 pangkat 1. G= 255. berarti terdapat 600×600 pixel tiap inchi persegi . G = 255. bias berupa hitam .296 variasi warna. Contoh : warna hitam merupakan kombinasi dari R= 0.2. B= 255. yellow . = 4variasi warna 4 bit = 2 pangkat 4 = 16 variasi warna 8 bit = 2 pangkat 8 = 256 variasi warna 16 bit = 2 pangka 16 = 2 kombinasi 8 bit = 65. CMYK (cyan . warna kuning dihasilkan dari kombinasi R= 255. B=0. Dots per inchi (dpi / pixel per inchi ) Banyaknya titik atau pixel tiap satuan inchi. black) Merupakan system presentasi warna untuk process cetak 4 warna ( cyan . green (hijau). dan 480 vertikal. yellow . abu – abu atau warna.777. diukur dengan pixel Height : tinggi dari images. Tiap titik atau pixel merupakan kombinasi dari ketiga elemen warna tsb. Warna Beberapa model warna : ***a. magenta . Setiap bitmap/ dot/ pixel. dimana n adalah besarnya bit depth). Rumusnya adalh 2 n (dua pangkat n . Contoh : ukuran 640 x 480 . warna putih merupakan kombinasi dari R = 255. 6. dan black ) .294. Dengan system ini gambar akan di simpan dalam 4 channel 5. Ukurannya adalah jumlah pixel horizontal dikalikan jumlah pixel vertical. 3. yang dinyatakan secara kuantitatif.967. Resolusi Adalah Bamyaknya titik ( pixel ) yang menyusun suatu gambar atau layer.

jpg) berguna untuk menyimpan photographic images d.. GIF – Graphics Interchange Format (.tif) Digunakan untuk faxing images (biasanya) c. PNG – Portable Network Graphic (. JPEG – Joint Photographic Expert Group (. Microsoft bitmap (.gif) banyk digunakan di web sites e.Contoh : Sebuah image berukuran 640 x 480 pixel dengan 24-bit warna akan membutuhkan berapa besar diks space? Jawab: Ukuran dalam Byte w x h x c/8 = 640×480x24 8 =737800 = 921600= 900 KB 8 7. TIFF – Tagged Image File Format (.png) format baru untuk web graphics f. Bmp) digunakan di Microsoft windows b. Bitmap file format a.PCD – Kodak photo CD Format baru untuk menyimpan image dalm bentuk terkompresi dalam CD .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->