September 27

MENGGUNAKAN APLIKASI SPREADSHEET DENGAN MICROSOFT EXCEL 2007

2010
Microsoft Office

TUJUAN: 1. Mengetahui fitur-fitur dasar aplikasi spreadsheet
2.

Mempelajari penggunaan aplikasi spreadsheet untuk kebutuhan perkuliahan

kita diberi 3 buah worksheet (biasa disebut sheet saja). Selain sekedar menampilkan data dalam bentuk tabel. spreadsheet merupakan salah satu aplikasi penting untuk kebutuhan finansial dan statistika. Value: isi (data) dalam suatu sel. dll. Mengatur format tampilan sel dan tabel 2. Defaultnya saat membuat dokumen baru pada Microsoft Office Excel. Lotus. atau range. angka. Cell (Sel): Satu kotak dalam worksheet. alamat sel. Function (Fungsi): Rumus siap pakai yang digunakan untuk membantu penghitungan. Mempelajari penggunaan fungsi-fungsi dasar dan fungsi-fungsi yang umum digunakan 3. DASAR TEORI SPREADSHEET Spreadsheet adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan simulasi kertas lembar kerja. rumus. kita akan belajar menggunakan Microsoft Office Excel 2007 (excel) dengan efektif. Software yang tergolong aplikasi spreadsheet antara lain Microsoft Office Excel. dapat pula berisi formula yang menyatakan fungsi penghitungan untuk menampilkan isi sel tersebut. Dalam satu sel. Karena kegunaan-kegunaan tersebut. Namun umumnya digunakan untuk mengolah data untuk dapat melakukan representasi data yang lebih baik. Tiap sel dapat berisi value yang berupa data teks atau data numerik. ISTILAH-ISTILAH Worksheet (lembar kerja): Satu bidang kerja dalam dokumen spreadsheet. yang meliputi: 1. Suatu aplikasi spreadsheet umumnya menampilkan sel-sel yang membentuk grid (garis-garis vertikal dan horizontal) yang terdiri dari row (baris)dan column (kolom). Row (baris): Sekelompok sel dalam satu jajar horizontal. Umumnya. SISTEMATIKA Pada praktikum kali ini. menghasilkan data baru. spreadsheet dibutuhkan juga untuk mempemudah penghitungan pengolahan data dan menampilkan data dalam grafik. SISTEM DAN APLIKASI Aplikasi yang digunakan pada praktikum kali ini adalah Microsoft Office Excel 2007. Membuat grafik dari data 1 . spreadsheet hampir selalu menjadi aplikasi penting kedua setelah word processing terutama saat digunakan untuk mengolah data praktikum untuk kebutuhan pembuatan laporan. Dalam perkuliahan.I.org Calc. Open Office. atau juga membuat database. termasuk untuk mengolah data-data hasil percobaan atau riset. fungsi dilengkapi dengan argumen yang dapat berupa label. Column (kolom): Sekelompok sel dalam satu jajar vertikal.

Pilih sel atau range yang akan diformat. 3. 5. lalu pilih tab Number. dan Protection. Mengintegrasikan penggunaan wordprocessing dengan spreadsheet II. diantaranya Number. Klik kanan lalu pilih menu format cells. pilih OK. 2 . Format Protection hanya berpengaruh apabila worksheet dalam keadaan terproteksi. 10000 Mengatur format tampilan angka 10000 1. 4. Alignment.8 2. Pilih bentuk kode format yang diinginkan pada kolom sebelah kanan kategori. Pattern. Pilih kategori format yang diinginkan pada kotak daftar pilihan Category. AKTIVITAS CELL FORMATTING Sel dalam excel dapat diformat dengan beberapa pilihan pemformatan. Font. untuk memilih beberapa sel yang berurutan (range).4. Border. Ketikkan tabel sebagai berikut pada sheet 1‟: 10000 10000 10000 10000 10000 10/15/2008 19:00 20.

menit dan detik dengan atau tanpa keterangan am /pM Percentage Format dengan tampilan tanda % Fraction Format dengan tampilan angka pecahan seperti ½ Scientific Tampilan angka dengan notasi ilmiah (eksponen) Text Tampilan angka sebagai teks diatur rata kiri Special Format khusus dalam database seperti kode pos. simbol # menyatakan satu angka dan 0 mewakili angka 0 6. -. dsb Custom Membuat format tampilan sendiri. buat lah data tabel sebagai berikut: 2. lalu pilih tab Alignment. cobalah untuk melakukan perubahan number format sehingga data yang dibuat menjadi seperti berikut (tanpa mengubah value dari sel): IDR 10000 10.000. atau spasi diantara hari.E+04 15-Oct-2008 7:00 PM 20 4/5 Perlu diingat bahwa value yang sebelumnya kita ketikkan dalam satu sel masih akan ditampilkan di formula bar (di bagian atas worksheet) saat suatu sel dipilih.000 1000000% 1. Pilih sel atau range yang akan diformat 3.Keterangan untuk masing-masing kategori : Kategori Keterangan General Format standar sesuai dengan data yang dimasukkan Number Format angka dengan tempat desimal dan pemisah ribuan Currency Format angka dengan tampilan simbol mata uang berjarak satu spasi dengan angka Accounting Format angka akuntansi dengan tampilan simbol mata uang diatur rata kiri berdasarkan jumlah angka terbanyak Date Format tanggal dengan tanda pemisah /. Masih pada sheet 1. 10000 Mengatur perataan tampilan data 1.000 IDR 10.000 10. bulan dan tahun Time Format waktu dalam jam. Sekarang. Klik kanan lalu pilih menu format cells. 3 .

dan Center-Center dengan orientation degree 45 derajat sehingga hasilnya seperti berikut: 4 .Atur format sesuai yang diinginkan. ubah degree untuk memutar teks sesuai yang diinginkan. Teks dapat diputar mulai dari –90 derajat sampai 90 derajat. Horizontal :  Contoh format pada Text alignment. dan Distributed-Center. Right-Bottom. Center-Center. kemudian pilih OK  Contoh format pada Text alignment. 4. Vertikal : Pada Orientation. Sekarang cobalah mengetikkan nama Anda pada beberapa sel kemudian atur tiap sel agar memiliki vertikal alignment dan horizontal alignment yang berbeda-beda yaitu: Left-top.

tambah panjang row atau column dengan menggeser garis horizontal atau vertikal pada column heading dan row heading (bagian paling atas dan paling kiri dari bidang kerja excel yang berisi nomor index dari tiap row atau column). Mengatur jenis huruf 1. 3. garis bawah. Pilih bentuk huruf (Font). kemudian pilih OK. ukuran huruf.Agar hasilnya dapat lebih terlihat. Tahan tombol kanan mouse saat menggeser untuk melihat ukuran row atau column yang sedang diubah panjangnya. Klik kanan lalu pilih menu format cells. Sekarang coba untuk membuat tabel seperti berikut pada sheet 1: 5 . Pilih sel atau range yang akan diformat 2. lalu pilih tab Font. Cells. gaya tampilan huruf (Font Style). dan efek sesuai yang diinginkan. warna. pada tab Border dan Patterns. dapat ditambahkan bingkai dan warna latar melalui menu Format. Mengatur bingkai dan warna latar Untuk menonjolkan bagian tertentu dari lembar kerja.

Keterangan: Untuk melakukan cell formatting dengan lebih cepat. 14.A4) menjumlahkan isi sel A2. Anda bisa memanfaatkan toolbar formatting yang terletak di atas bidang kerja. Contoh : =SUM(16. pertama-tama.10) menjumlahkan angka 16. dan A4 =SUM(A2:A4) menjumlahkan data dalam range A2 sampai A4 =SUM(A2/3.A3.14. tekan „=‟ lalu tuliskan fungsi nya lalu tulis argumennya dengan diapit tanda kurung.dan 10 =SUM(A2. A3.A2*5) menjumlahkan isi sel A2 dibagi 3. dan A2 dikali 5 6 . FUNGSI DALAM EXCEL Untuk menuliskan fungsi dalam suatu sel.

Memilih argumen fungsi melalui mouse a. Tekan ENTER. pilih Math & Trig. Ketik fungsi dan argument yang diinginkan. Klik tombol function wizard pada toolbar standard Tombol function wizard c. pilih fungsi SUM. b. Pemakaian toolbar paste function a. Pilih sel untuk menempatkan penghitunganm yaitu sel C11. akan muncul kotak dialog berikut 7 . buatlah lembar kerja sebagai berikut pada sheet2: Untuk menghitung total unit. 2. Pada pilihan select a category. yaitu dari sel C4 hingga sel C9. 3. ketikkan fungsi =SUM( b. Selanjutnya. Pilih sel untuk menempatkan penghitungan. dapat digunakan fungsi dengan beberapa cara berikut : 1. lalu pilih OK. Tekan ENTER. yaitu sel C11. c. yaitu =SUM(C4:C9). Pilih sel untuk menempatkan penghitunganm yaitu sel C11 b. Block sel yang akan dihitung. Pada kotak select a function. c. Penggunaan fungsi secara manual a.Menggunakan Fungsi Sebagai contoh.

=ROUND(bilangan. =SQRT(bilangan) STDEV Mencari simpangan baku dalam range berdasarkan sample data. =ABS(bilangan) AVERAGE Menghitung rata-rata dalam suatu range. Fungsi-fungsi dasar Beberapa fungsi matematika yang sering digunakan : Fungsi Keterangan ABS Menghasilkan harga mutlak dari suatu bilangan. contoh MOD(23. Pilih OK.e.jumlah karakter) RIGHT Mengambil karakter dari kanan sebanyak n huruf dari suatu teks.penyebut).5) = 3. =COUNT(range) INT Membulatkan angka ke bawah ke bilangan bulat terdekat.referensi. =STDEV(range) SUM Menjumlahkan data dalam range.jumlah karakter) UPPER Mengubah karakter dalam teks menjadi huruf kapital. =MOD(pembilang. =RANK(bilangan.posisi awal. =VAR(range) Beberapa fungsi teks yang sering digunakan : Fungsi Keterangan LEFT Mengambil karakter mulai dari kiri sebanyak n karakter dari suatu teks =LEFT(teks. =LOWER(teks) COUNTA Menghitung banyak data yang tidak kosong dalam suatu range (untuk data teks). =MID(teks. =SUM(range) VAR Mencari nilai variansi dalam range. =UPPER(teks) LOWER Mengubah karakter dalam teks menjadi huruf kecil.banyak angka desimal) SQRT Menghasilkan akar kuadrat positif dari suatu bilangan. =INT(bilangan) MAX Menghitung nilai terbesar dalam suatu range. yaitu dari C4:C9(penentuan range ini lebih mudah dilakukan dengan menyorot sel C4 sampai C9 dengan mouse). =AVERAGE(range) COUNT Menghitung banyak data yang tidak kosong dalam suatu range (untuk data angka). tentukan range data yang akan dijumlahkan.urutan) ROUND Membulatkan suatu bilangan yang argumennya ditunjukkan oleh tempat desimal yang ditentukan. =COUNTA(range) 8 . =RIGHT(teks. Pada isian Number1.jumlah karakter) MID Mengambil karakter mulai dari karakter ke m sebanyak n huruf. RANK Menghasilkan posisi tingkatan dari bilangan tertentu dari sekumpulan bilangan. f. =MIN(range) MOD Menghasilkan nilai sisa dari pembagian dua bilangan. =MAX(range) MIN Menghitung nilai terkecil dalam suatu range.

tiap sel terisi dengan rumus yang sama namun “C46‟ berubah menjadi “C47‟. Jika ingin membuat agar indeks sel tidak berubah sehingga acuan rumus tetap sama. =IF(ekspresi logika. dst. Bentuk umum : IF(ekspresi logika.”GAGAL”.nilai benar."Perbaikan". setelah mengetikkan “IF” pilih sel “20‟.Fungsi Logika Digunakan untuk melakukan penilaian apakah suatu pernyataan bernilai benar atau salah. perintah jika salah) Contoh : 1. kondisi : IF(NILAI<50. =AND(ekspresi 1.”LULUS”."Gagal". ketikkan fungsi berikut: =IF(C46<50. Contoh: $C$46.IF(C46<60. ekspresi 2. …) Menghasilkan nilai benar jika semua argumen benar.”LULUS”)) artinya jika NILAI <50. =OR(ekspresi 1. IF(NILAI<60. ekspresi 2. Ini berguna saat kita menyimpan suatu variable tetap pada worksheet untuk dijadikan acuan pada rumus penghitungan. OR. kondisi : IF(NILAI>=60. jika NILAI >= 60. perintah jika benar.”PERBAIKAN”.”GAGAL”) artinya. Silahkan untuk mencoba apa yang terjadi jika menuliskan $C46 atau C$46 pada rumus. untuk lebih mudahnya."Lulus")) Catatan: “C46‟ dapat diganti tergantung indeks sel baris pertama kolom. 2. 9 . maka sel akan diisi teks “GAGAL” jika 50 <= NILAI <60. jika tidak maka sel akan diisi “GAGAL”. “C48‟. beri tanda “$‟ di depan indeks baris dan indeks kolom dari sel. Nilai ‟20‟. …) Sekarang buatlah tabel sebagai berikut pada sheet 2:      Kemudian pada baris pertama kolom predikat. Fungsi yang dapat digunakan adalah IF. maka sel akan diisi “LULUS”. AND. maka sel akan diisi teks “PERBAIKAN” jika NILAI>60. maka sel akan diisi teks “LULUS” Contoh fungsi logika di Excel : Fungsi IF OR AND Keterangan Memeriksa ekspresi logika dan memberikan nilai tertentu jika benar atau salah. dan NOT. akan muncul hasilnya Silahkan mencoba untuk mengubah-ubah data pada kolom nilai dan lihat perubahan yang terjadi pada kolom predikat Perhatikan bahwa saat Anda menarik titik ujung sel ke bawah. nilai salah) Menghasilkan nilai salah jika semua argumen salah. maka setelah “IF” akan terisi indeks sel “20‟ Tahan titik di ujung kanan bawah sel D46‟ lalu tarik hingga ke sel D51‟ Pada kolom “Predikat‟.

10 .

Agar data tanggal dapat dilakukan penghitungan. =YEAR(tanggal). dan angka detik dari suatu data waktu.25 TIMEVALUE(“12:00”) = 0. MONTH. MONTH(tanggal). SECOND TIMEVALUE Keterangan Menampilkan waktu.indeks baris) VLOOKUP(sel kunci. =DATEVALUE(teks tanggal) contoh DATEVALUE(“2/23/2006”) = 38771 Menampilkan angka urutan hari dalam minggu. Jenis fungsi tanggal : Fungsi DATE TODAY YEAR.Fungsi Tanggal dan Waktu Digunakan untuk memroses data berupa tanggal. angka menit. DAY(tanggal) Mengubah tanggal dalam data teks menjadi nilai seri tanggal. angka bulan. =MINUTE(waktu). maka setiap tanggal harus diwakili dengan angka. range tabel acuan. no.tanggal) Menampilkan tanggal sistem yang ada di komputer. =TIME(jam.indeks kolom) Contoh : Perhatikan tabel lembar kerja di bawah ini 11 . =HOUR(waktu). menit. no.5 Keterangan Menampilkan tanggal untuk penghitungan. =SECOND(waktu) Mengubah waktu dalam data teks menjadi nilai seri waktu. =TIMEVALUE(teks waktu) contoh : TIMEVALUE(“00:00”) = 0 TIMEVALUE(“06:00”) = 0. di Excel disebut sebagai angka seri tanggal yang dimulai dari 1 Januari 1900 (Windows) atau 1 Januari 1904 (Macintosh) sebagai dasar penghitungan. MINUTE. DAY DATEVALUE WEEKDAY Jenis fungsi waktu : Fungsi TIME NOW HOUR. =DATE(tahun bulan. dan angka hari dari suatu tanggal. range tabel acuan. =TODAY() tanpa argumen Menghasilkan nilai angka tahun. =WEEKDAY(tanggal) Fungsi Pembacaan Tabel Digunakan untuk membaca tabel yang disusun secara horisontal (HLOOKUP) atau vertikal (VLOOKUP). detik) Menampilkan tanggal dan waktu sistem yang ada di komputer = NOW() tanpa argumen Menghasilkan nilai angka jam. Bentuk rumus: HLOOKUP(sel kunci.

yaitu ditempatkan bersama-sama dengan data laporan yang dibuat pada lembar kerja.2) Catatan: Saat mengisi rumus pastikan “Tabel Acuan Vertikal‟ dikunci untuk memudahkan penghitungan caranya yaitu dengan menekan tombol F4 setelah menyorot array pada worksheet.$A$14:$C$18. sehingga tulisan A14:C18 berubah menjadi $A$14:$C$18.Buatlah lembar kerja di bawah ini pada sheet3 dengan VLOOKUP : Kolom D (NILAI) dan F (SKOR) diisi dengan mengacu kepada tabel acuan pada range A14:C18 dengan menggunakan fungsi VLOOKUP sbb : SEL RUMUS D4 =VLOOKUP(C4. GRAFIK DALAM EXCEL Membuat Grafik Grafik dapat ditampilkan dengan dua cara penempatan. buatlah lembar kerja berikut pada sheets (untuk menambah sheet. kemudian pilih insert.$A$14:$C$18. Sebagai contoh.3) E4 =B4*D4 F4 =VLOOKUP(C4. sehingga grafik dapat dicetak secara terpisah. lalu klik OK): 12 . atau dapat pula dibuat terpisah namun masih dalam buku kerja yang sama. klik kanan pada tab sheet di bawah workspace.

Untuk membuat grafik pada lembar kerja. dilakukan dengan langkah : 1. Pilih menu insert untuk membuka shortcut kotak dialog chart seperti gambar berikut Chart dialog box atau klik tombol diujung kanan bawah dari chat dialog box tersebut yang hasilnya sebagai berikut 3. Pilih jenis grafik yang diinginkan. yaitu B6:G14. Range yang akan dibuat grafiknya diblok. lalu tekan tombol OK. 2. Hasilnya adalah sebagai berikut: 13 . Range data yang dipilih dapat berupa datanya saja atau bisa pula dengan mengikutsertakan judul baris dan kolomnya.

4. Untuk menambahkan title dan axis title. pilih chart layout yang sesuai. Hasilnya adalah sebagai berikut: 5. Edit chart title dan axis title sesuai dengan yang dibutuhkan 14 .

LAPORAN JUMLAH PEGAWAI DEPARTEMEN DALAM NEGRI 90 80 70 60 ORANG 50 40 30 20 10 0 IC ID IIA IIB IIC IID IIIA IIIB JABAR JAKARTA JATENG YOGYA JATIM JUMLAH PEGAWA 15 .

4. 2. 5. III. Menampilkan Data pada Excel ke Dokumen Words 1. Buat dokumen words. Pilihlah grafik yang akan diubah jenis tampilannya. Pilih jenis tampilan grafik yang diinginkan. 3. Pilih range data yang akan dibuat grafiknya. Mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai cara penggunaan tools spreadsheet lainnya 16 . Pilih tabel pada sheet4. Menempatkan Grafik Pada Lembar Kerja Terpisah 1. Lembar kerja grafik baru akan ditampilkan dengan bentuk tampilan grafik standar. HASIL 1. kemudian copy dan paste pada dokumen words. 2.Mengubah Tampilan Grafik 1. kemudian copy dan paste pada dokumen words. Mahasiswa dapat menggunakan software Microsoft Office Excel 2007 untuk keperluan perkuliahan 2. Perhatikan bahwa grafik yang di-paste dapat muncul dalam berbagai pilihan pula. 2. Klik icon change chart type pada toolbar. Secara otomatis akan muncul toolbar Chart berikut. Tekan tombol F11. Kemudian pilih grafik yang telah dibuat pada sheet4. Perhatikan bahwa data yang muncul dapat dalam berbagai pilihan dengan mengklik icon di ujung kanan bawah tabel saat melakukan paste.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful