P. 1
Surat Menyurat(Bahan Ajar Satu)

Surat Menyurat(Bahan Ajar Satu)

|Views: 410|Likes:

More info:

Published by: Alfan Aditya Pratama on Oct 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

ASEP KOSWARA

`

Surat adalah sarana komunikasi tertulis antara satu pihak dengan pihak lain yang saling berkepentingan

` ` ` ` ` Sebagai alat komunikasi tertulis Sebagai alat bukti outentik Sebagai alat bukti historis Sebagai duta/wakil Sebagai Pedoman .

Langsung kepada intinya (tidak bertele-tele).` ` ` ` Kriteria surat : Dikemas dalam bentuk yang menarik. . Bahasanya mudah dimengerti.

` ` ` Surat Dinas Surat Pribadi Surat Niaga .

Surat dinas menyangkut kedinasan dan surat resmi. Fungsi surat dinas: Dokumen tertulis dan bukti hitam diatas putih. Alat pengingat. muudah dipahami dan menggunakan EYD sebagai panduan penulisannya. seperti surat keputusan dan surat instruksi. Bahasa surat dinas harus menggunakan bahasa yang baku. formal. seprti pada surat-surat tentangperubahan perkembangan suatu instansi. . instansi-instansi. Bukti sejarah. Pedoman kerja.` ` ` ` ` ` ` Surat Dinas Surat dinas digunakan untuk keperluan dinas. jelas. karena surat itu dapat diarsipkan sehingga mudah dicari apabila di perlukan.

Alat pengingat. Pedoman kerja. Bukti sejarah. seperti surat keputusan dan surat instruksi . karena surat itu dapat diarsipkan sehingga mudah dicari apabila di perlukan. seprti pada surat-surat tentangperubahan perkembangan suatu instansi.` ` ` ` ` Fungsi surat dinas: Dokumen tertulis dan bukti hitam diatas putih.

jelas dan santun. lugas. serta bentuk tulisan.` ` ` ` Menggunakan instrument yang sesuai termasuk ukuran kertas. jenis & warna. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku dengan penyampaian singkat. . tinta. perhatikan kerapihan dan kebersihan. Memakai bentuk surat yang standar. Menghindari kata-kata singkatan dan tidak umum. serta menyajikan fakta yyang benar jika diperlukan.

Pengirim surat pribadi harus menyebut dirinya dengan kata saya atau kata ganti orang pertama. Surat pribadi dibagi menjadi : Surat pribadi resmi Surat pribadi tidak resmi .` ` ` ` Surat pribadi adalah surat perseorangan kepada orang lain atau organisasi.

Surat niaga terdiri dari : Surat jual beli Kwitansi Perdagangan Surat niaga dibagi menjadi : Surat niaga intern Surat niaga ekstern . Biasanya surat niaga dibuat oleh perusahaan untuk mencari keuntungan.` ` ` ` ` ` ` ` Surat Niaga adalah surat yang digunakan dalam kegiatan usaha atau bisnis.

pembayaran. Penawaran (offerte) Surat yang dibuat oleh penjual kepada calon pembeli. dll. .` ` ` ` ` ` ` Macam-macam surat niaga yang sering digunakan oleh perusahaan : Permintaan penawaran Surat yang dibuat oleh calon pembeli untuk meminta keterangan tentang harga. diskon. Pesanan (order) Surat yang dibuat calon pembeli kepada penjual yang berisi pesanan pembelian barang-barang.

` ` Pengumuman Pengumuman adalah surat yang ditujukan kepada beberapa orang. atau pihak lain yang namanya terlalu banyak untuk disebutkan satu per satu. pengumuman penerimaan pegawai dan kelulusan tes. . Pengumuman ini dapat digunakan dalam ruang lingkup yang terbatas maupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Misalnya. instansi.

. Ada pula surat edaran yang dapat disebarkan ke ruang lingkup yang lebih luas. Kadangkadang.` ` Surat Edaran Surat edaran adalah surat yang dikirimkan kepada beberapa orang. surat ini hanya berisi sesuatu yang hanya diketahui oleh para pejabat tertentu. baik di dalam maupun di luar kantor yang bersangkutan.

Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang bentuk surat ini. c) bentuk setengah lurus (semi block style). dalam surat-menyurat resmi. .` ` ` ` ` ` ` Penulisan surat dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bentuk penulisan surat. di bawah ini. dikenal beberapa macam bentuk surat. b) bentuk lurus (block style). Keragaman itu bergantung pada kebiasaan dan aturan instansi yang bersangkutan. Adapun yang dimaksud bentuk surat adalah tata letak atau posisi bagian-bagian surat. yaitu: a) bentuk lurus penuh (full block style). Pada umumnya. akan dibahas satu per satu bentuk surat tersebut. Cara penulisan surat pada setiap instansi atau organisasi berbeda-beda. dan d) bentuk resmi Indonesia (official style).

diketik mulai dari margin kiri. perhatikan contoh surat bentuk lurus penuh berikut . Jarak penulisan paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya diberi spasi satu baris.` Semua bagian surat yang dibuat dengan bentuk ini. Untuk lebih jelas.

Surat edaran. Agar lebih jelas. Apa yang dimaksud dengan surat edaran? Surat edaran adalah surat yang berisi pemberitahuan yang ditujukan kepada seseorang (pejabat) atau beberapa orang (pejabat) tertentu pada suatu instansi. berikut ini Anda akan mempelajari jenis surat edaran. surat edaran pun digunakan untuk memberitahukan sesuatu kepada orang banyak dan diharapkan. Dari berbagai jenis dan bentuk surat yang telah dijelaskan. Akan tetapi. Jika surat yang dibuat dengan bentuk Indonesia baru tidak menyertakan nomor. isi surat tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. perhatikan contoh variasi bentuk resmi Indonesia baru di samping.Sementara tembusan ditulis sejajar dengan margin kiri tubuh surat. Selain itu. baris awal paragraf ditulis lima ketukan dari margin kiri.` Dalam surat yang ditulis dengan bentuk Indonesia baru. berisi penjelasanpenjelasan atau petunjukpetunjuk tentang cara pelaksanaan suatu peraturan atau perintah yang telah ada . lampiran. dan perihal surat. tubuh surat dan alamat surat tetap ditulis mulai dari margin kiri. alamat surat dan tubuh surat ditulis di bawah nomor/lampiran/perihal. biasanya.

(3) Jabatan pengirim surat ditulis di atas tanda tangan. perhatikan contoh surat berikut ini. dipakai oleh instansiinstansi pemerintah. Agar lebih jelas. Bentuk Resmi Indonesia Lama Surat-surat dengan bentuk ini mempunyai ciri-ciri: (1) Tanggal surat didahului nama tempat. (2) Alamat surat ditulis di sebelah kanan surat. dan (4) nama pengirim surat digarisbawahi. di bawah nama tempat dan tanggal surat. biasanya.` ` ` ` ` ` ` Bentuk surat resmi Indonesia. nama ditulis di antara tanda kurung. yaitu: a. Bentuk ini mempunyai dua variasi. .

.

(4) sifatnya tidak formal. Khusus untuk surat dinas yang sifatnya formal.` ` ` ` ` ` Bentuk Resmi Indonesia Baru Surat yang dibuat dengan bentuk ini mempunyai ciri-ciri: (l) tanggal surat ditulis tanpa didahului nama tempat karena nama tempat sudah tertulis pada kepala surat. jabatan secara singkat ditulis di bawah nama. jabatan secara singkat ditulis di bawah nama. jabatan ditulis di atas tanda tangan. (3) di atas tanda tangan ditulis salam penutup dari pengirim surat. (2) alamat surat ditulis pada sebelah kiri. . (5) nama pengirim ditulis tanpa diapit tanda kurung.

.

` ` ` ` ` ` Keterangan: 1. Kepala surat 6. Tembusan . Jabatan pengirim surat 4. Nama dan alamat yang dituju 9. Tubuh surat 2 Nomor 7. Tanggal bulan dan tahun 8. Nama pengirim 5. Salam penutup 3. Salam pembuka 10.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->