KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur. Bahwasanya kami telah dapat menyusun makalah tentang peranan mahasiswa dalam rangka mempertahankan kedaulatan bangsa walaupun dengan tidak sedikit hambatan yang juga ditemukan selama pengerjaan makalah ini. Walaupun begitu, kiranya masih banyak kekurangan yang terdapat dalam makalah ini, sehingga peran serta semua pihak dalam hal kritik serta saran membangun sangatlah kami butuhkan untuk bisa membuat makalah yang lebih baik diwaktu mendatang. Besar harapan kami apabila makalah ini dapat berguna bagi setiap pihak dan kalangan yang membaca serta mempelajarinya. Salam.

Penyusun

DAFTAR ISI

Latar Belakang B. Saran Daftar pustaka BAB I PENDAHULUAN . Ruang Lingkup C. B.Kata pengantar Daftar isi BAB I PENDAHULUAN A. D. Definisi Mahasiswa dan pemuda Definisi Kedaulatan Pemuda. Kesimpulan B. Mahasiswa dan Kedaulatan Berpikir Reflektif dan Bertindak Konkrit BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. C. Rumusan Masalah BAB II PEMBAHASAN A.

B. Lebih jauh.A. khususnya kedaulatan bangsa Indonesia. konstruktif. budaya. tidak menutup kemungkinan akan meninggikan pula tingkat potensi atas ancaman runtuhnya kedaulatan suatu bangsa dan masyarakat yang tinggal didalamnya. . Oleh karena itu. hukum. atau bahkan mungkin. politik. ekonomi. Tingginya tingkat permasalahan yang terjadi dibangsa ini. dalam catatan demokrasi disetiap Negara. pengambil keputusan. pendidikan lebih diarahkan pada pembentukan pola pikir serta sikap yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Sikap kritis. peningkatan mutu pendidikan se cara menyeluruh sangatlah diperlukan. Tidak hanya sebagai status dari seorang pelajar. dasar terbentuknya mahasiswa yang memiliki dedikasi serta peran tinggi di lingkungan sosialnya adalah. pendidikan. peran mahasiswa sekiranya mampu untuk dapat memperkecil atau bahkan meniadakan ancaman dari runtuhnya kedaulatan bangsa. Tak terkecuali peran mahasiswa dalam mempertahankan kedaulatan bangsa. melainkan. LATAR BELAKANG Perjalanan sebuah bangsa selalu mengikutsertakan mahasiswa. RUANG LINGKUP Sebagaimana kita ketahui. selalu mewarnai keberadaan mahasiswa diberbagai sektor yang diperaninya. dan representatif. Maka dari itu. intelektual. mahasiswa juga turut mengambil bagian sebagai penggerak maupun pelopor perubahan. mulai dari permasalahan sosial.

Pertama. mahasiswa dan kesadaran bernegara . mengetahui fungsi pendidikan sebagai pembentuk kemampuan berpikir yang reflektif.Mutu pendidikan tidaklah dapat dilihat dari satu sudut pandang saja tetapi. definisi kedaulatan bangsa. bertindak secara efektif serta melatih kemampuan dalam kerja-kerja teknis. arif dan dapat dipertanggungjawabkan secara tindakan. pendidikan yang diterima oleh peserta didik dalam hal ini pelajar. Sehingga. kemampuan pola pikir yang reflektif serta. sikap dalam bertindak secara efektif seorang mahasiswa. definisi pemuda dan mahasiswa. bukanlah hanya sebatas pembentuk dari sisi intelektual saja tetapi. penting kiranya jika pendidikan juga diturutsertakan sebagai fungsi dalam membangun mental. . RUMUSAN MASALAH Adapun beberapa konsentrasi masalah yang tercatat dalam makalah ini guna menjelaskan peranan mahasiswa dalam rangka mempertahankan kedaulatan bangsa. juga pada sisi sikap dan tindakan seorang yang terpelaj ar Mahasiswa akan selalu dapat mengawal jalannya suatu sistem kedaulatan disebuah Negara. mahasiswa sebagai pelopor perubahan suatu bangsa. Dan. dengan pula menyikapinya secara cerdas. Pemahaman dalam teori tentang pendidikan kedaulatan saja tidaklah cukup . nantinya sikap dan pola pikir yang ada pada diri seorang mahasiswa selaras dengan apa yang ingin diwujudkan oleh mahasiswa dalam perannya mempertahankan kedaulatan bangsa . Ketiga. Ke lima. C. Mahasiswa perlu juga meresapi setiap nilai -nilai dari kedaulatan itu sendiri agar. Kedua. keempat.

Posisinya sebagai calon generasi penerus yang nantinya akan menggantikan generasi sebelumnya WHO mengkategorikan ³young people´ dengan batas usia 10 -24 tahun. Definisi Pemuda Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik dan emosional sedang mengalami perkembangan. sedangkan usia 10-19 tahun disebut ³adolescenea´ atau remaja. Pada tahun 1985 ketika diselenggarakannya Youth Year . . DEFINISI PEMUDA DAN MAHASISWA 1. sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia untuk pembangunan saat ini dan masa dating. Meski begitu. BAB II PEMBAHASAN A. penduduk berusia 15-24 tahun sabagai pemuda. kami menyadari bahwa masih banyak permasalahan lain yang juga perlu diindentifikasi untuk menjelaskan tentang peranan mahasiswa dalam rangka mempertahankan kedaulatan bangsa.Kelima permasalahan tersebut yang kami kira cukup fundamental.

belum memiliki pengendalian emosi yang stabil karena menghadapi perubahan sosial dan cultural.Definisi lain mengatakan.30 tahun 1990 adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi tertentu. dan dimiliki secara utuh serta mutlak oleh rakyat. mutlak. kedulatan diambil dari bahasa arab (daulah) yang artinya kekuasaan tertinggi. Definisi Mahasiswa Mahasiswa atau mahasiswi adalah sebutan untuk seseorang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di universitas atau perguruan tinggi. pemuda juga dikenal dengan sebutan. atau pelajar yang memiliki tingkat level pendidikan lebih tinggi. mahasiswa dalam suku kata pembentuknya. 2. pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. permanen. Secara lebih jauh. dididik dan di harapkan menjadi calon calon intelektual. Oleh karena itu. kaum muda. Selanjutnya menurut Sarwono (1978) mahasiswa adalah setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran di perguruan tinggi dengan batas usia sekitar 18 -30 tahun. Mahasiswa menurut Knopfemacher (dalam Suwon o. tentang Bentuk dan Kedulatan dikatakan. Sementara menurut draft RUU kepemudaan. Maha dan Siswa. Secara masa perkembangan. Dari kosakata bahasa Indonesia. pemuda adalah individu dengan gejolak karakter yang dinamis. dalam pengertian positif sebagai pembaharu. B. 1978) adalah merupakan insan-insan calon sarjana yang dalam keterlibatannya dengan perguruan tinggi (yang makin menyatu dengan masyarakat). dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat´. DEFINISI KEDAULATAN Dalam BAB 1 UUD 1945. generasi muda dan atau. bisa diperoleh pengertian lain. mendefinisikan kedaulatan dalam negara ialah kekuasaan tertinggi dalam negara yang tidak berasal dari kekuasaan lain. Jean Bodin (tokoh ilmu negara). Maka. pemuda selalu memiliki pandangan berbeda dengan pandangan umum generasi sebelumnya. tidak terbagi-bagi. Dapat dimengerti secara jelas bahwa kedaulatan dimilki oleh rakyat. ³Kedaulatan adalah di tangan rakyat. pemuda merupakan individu yang sedang mengalami perubahan menyeluruh baik secara biologis maupun psikologis. sementara pada tat aran implementasi dijalankan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Jika mengacu pada akar bahasa. . Mahasiswa dalam peraturan pemerintah RI No. Apabila diselaraskan dengan apa yang tertera pada Undang Undang Dasar 1945 bahwa kedaulatan adalah ditangan rakyat. kedaulatan memiliki si fat asli. Ketiga sebutan ini lebih didasari pada definisi lain yang lebih fleksibel. namun demikian. dimana pemuda yang memilki gejolak pemikiran serta emosi yang bersifat pembaharu dan progresif.

Pasal ini menyatakan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban. Raja atau para pemimpin hanyalah pel aksana dan harus bertanggung jawab kepada rakyat. MAHASISWA. 3. 2. semua media pers dalam mengeluarkan pikiran (pembuatannya selain bebas harus pula bertanggung jawab dan sebagainya) Sedangkan. C. Dalam bidang politik. 2. PEMUDA.Rousseau menyatakan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. bagian yang bersifat satu kesatuan dengan rakyat. bahwa Tiap-tiap warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemeritahan itu dengan tidak ada kecualinya´. Kewajiban untuk memiliki kemampuan beroganisasi dan melaksanakan aturan-aturan lainnya. hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya . yang diatur dengan undang - . perlu juga diketahui bagaimana sikap yang harus dikedepankan sebagai warga dari suatu Negara. Namun begitu. bahwa ³Tiap -tiap warga negara berhak mendapat pengajaran´. Untuk hal itu tentunya juga telah temaklumat didalam Undang-Undang Dasar 1945. Untuk itulah mahasiswa dituntut pula untuk mengerti akan hak -hak serta kewajiban sebagai warga Negara. dikatakan hak dan kewajiban warga Negara pada pasa l 27 ayat (1). Montesquie dan J. Raja atau penguasa hanya pelaksana apa yang telah ditentukan oleh rakyat. perbedaan itu justru untuk saling mengisi kekosongan yang dimiliki keduanya. Kwajiban menjunjung hukum dan pemerintahan Pasal 28 menyatakan. di antaranya: Semua organisasi harus berdasarkan Pancasila sebagai azasnya. Dan bukan sebaliknya. Maka. Pasal 31 ayat (2) menyatakan bahwa ³Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistim pengajaran nasional. Hak untuk diperlakukan yang sama di dalam hokum dan pemerintahan. Bahkan bisa dikatakan pula bahwa mahasiswa itu adalah rakyat. yaitu: 1. Dalam pengemukaan tentang teori kedaulata n rakyat. peran mahasiswa dalam mempertahankan kedaulatan bangsa. bahwa ³Kemerdekaan berserikat dan berkumpul. sudah semestinya menjadi tanggungjawab mahasiswa yang juga sebagai rakyat. Arti pesannya diantaranya: 1.J. Sekalipun ada pembedaan antar keduanya. mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang´. Pasal 31 ayat (1) menyatakan. Hak berserikat dan berkumpul. karena rakyat ataupun mahasiswa hidup didalam Negara. DAN KEDAULATAN Sesungguhnya tidak ada yang berbeda antara rakyat ataupun mahasiswa. Hak mengeluarkan pikiran (berpendapat).Adapun teori yang menunjang pengertian kedaulatan dalam garis besar kekuasaan tertinggi yang dimiliki oleh rakyat . Sebagai pemilik mutlak dari kedaulatan tersebut.

Mengatakan. dimana kedua hal tersebut memiliki relasi kuat satu sama lainnya untuk saling menguatkan. Reflektif juga berarti . Arti pesan yang terkandung diantaranya: 1. Karl Marx. Kesemua hak dan kewajiban yang tertulis pada Undang -Undang dasar 1945 dapat menjadi acuan bagi mahasiswa dalam mencapai tujuan mempertahankan kedaulatan bangsa. BERPIKIR REFLEKTIF DAN BERTINDAK KONKRIT Terdapat hal khusus yang diperlukan dalam kaitannya dengan peranan mahasiswa. ³Para filsuf hanya menafsirkan dunia. Dan. Yaitu. Untuk itu dibutuhkan sikap baik berpikir maupun bertindak. 3. Begitu juga sebaliknya. seyogyanya didasari oleh kerangka berpikir yang baik. Termasuk pula. banyak persoalan -persoalan Negara yang kerap mengancam kedaulatan bangsa. dan Prinsip Perekonomian Nasional. 2. mengetahui beragam teori. kemiskinan. Pemanfaatan SDA . itu akan sangat membantu seorang mahasiswa dalam berpikir dan bertindak disetiap peran aktifnya untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. pelanggaran hukum dan hak asasi manusia. Seorang tokoh social yang sekaligus filsuf besar asal Jerman. Itu semua dapat menghasilkan perubahan apabila disertai dengan aksi.undang´. Memenuhi agenda perubaha n bukanlah hal yang mudah. Tentunya perubahan tidak dicapai hanya dengan membaca banyak buku. Baik dalam hal ini adalah reflektif. kebodohan. serta kritis dalam menyikapi segala hal yang terjadi. Dengan mengetahui hak dan kewajiban warga Negara pada masing -masing bidang yang ada. Kewajiban mematuhi peraturan -peraturan dalam bidang kependidikan . menghubungkan satu sama lainnya. Serta banyak lagi lainnya. Atau apabila menggunakan istilah Karl Marx. tugas serta tanggungjawabnya. Disamping itu. Hak memperoleh kesempatan pendidikan pada segala tingkat. yang juga. Pasal 33 ayat 1 sampai dengan 5 yang mengatur tentang pengertian perekonomian . Pasal 32 menyatakan bahwa ³pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia´. Mampu melihat permasalahan mulai dari hal titik terkecil hingga titik terbesar. Sudah tentu. Pernyataan ini menegaskan. mengingat jangan sampai. sebagai bagian dari upaya mahasiswa untuk mempertahankan kedaulatan bangsa. Hak menikmati dan mengembangkan kebudayaan nasional dan daerah. ³Praxis´. justru bersebrangan dengan kewajiban maupun haknya sebagai warga Negara. mengasah kemampuan reflektif dan kebiasaan bertindak efektif. untuk mencapai satu langkah pergerakan menuju perubahan. D. yang terpenting adalah mengubahnya´ . baik umum maupun kejuruan. Hal itu sangatlah penting. Yaitu perpaduan antara teori dan praktek yang telah menjadi satu kesatuan. bahwa tradisi intelektual hanya akan menjadi or asi semu jika tidak dibarengi dengan tindakan konkrit. Sebut. sehingga bermuara pada satu kesimpulan yang dapat dipertanggunjawabkan secara penuh. antara aksi dan teori.

dari uraian diatas pula. Negara Indonesia. idealis. BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. sehingga nantinya dapat menjadi bagian dari kebesaran nama Bangsa dan Negara. Sehingga dengan begitu. haruslah pula diikuti dengan kemampuan intelektual yang kuat lalu disertai tindakan konkrit dan bijaksana dalam mengambilnya. .cermat melihat hubungan -hubungan antar masalah. Saran Dibagian ini. Kesimpulan Berdasarkan uraian diatas yang telah dikemukakan diatas bahwa peranan mahasiswa dalam rangka mempertahankan kedaulatan bangsa bukan hanya berarti suatu kewajiban melainkan. B. perlulah dikedepankan pengetahuan serta pendidikan tentang kedaulatan serta prinsip-prinsip kewarganegaraan. bahkan untuk tiap -tiap permasalahan yang berbeda dan saling bersebrangan. diperankan dengan penuh dedikasi tinggi sebagai rakyat dan warga Negara yang baik. penulis dan beserta penyusun berharap dengan adanya makalah ini. berbagai upaya langkah peran mahasiswa dapat dirasakan secara penuh oleh setiap kalangan. Sikap kritis. khususnya mahasiswa. dan juga representative. yang mencakup dengan kesadaran atas hak serta kewajibannya sebagai warga Negara. tanggungjawab yang perlu dipegang teguh oleh setiap mahasiswa dan. Tentang peran para pelajar dalam mewujudkan pertahanan kedaulatan bangsa yang kokoh. Dan. dapat setidaknya menjadi sudut pandang lain yang dapat diterima ditengah -tengah kenyamanan berpikir kita semua dan.

wordpress.com/ ³Hak dan Kewajiban Bangsa Indonesia dalam UUD 1945´ http://id.id/ Reformasi ³Peranan dan Fungsi Mahasiswa Dalam Era .com/ ³Pengertian Mahasiswa´ Nina Hendarti.DAFTAR PUSTAKA http://ashsholikhin.com/ ³Makalah Peranan Mahasiswa Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara´ http://psiko-malangraya.scribd.ac.blogspot.blogspot.com Makalah Tentang Perpus takaan Elektronik e-Library : http://edywidianto.ahrchk.org/ ³Mahasiswa´ http://gurumuda.net/ ³Undang-Undang dasar 1945´ http://stmik-amik-dumai.com/ ³Kedaulatan Rakyat´ http://indonesia.wikipedia. www.

Aditya Nugra 4. Fajar 3.Kharisma Wibawa . Wahyu Zikri 2.MAKALAH TENTANG: PERAN MAHASISWA DALAM RANGKA MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN BANGSA Kelompok I 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful