Memanfaatkan Botol Plastik Bekas Menjadi Tempat Alat Tulis

Disusun oleh :
Aisyah Resti K. M.Sofa Khodi¶ Noer Halimatus S Rizal Riskianto (14) (26) (28) (34)

Tugas ini sebagai syarat mendapatkan nilai artikel Bahasa Indonesia Kelas XI IPA 5 Semester 4 (Genap) Tahun ajaran 2009-2010

Departemen Pendidikan Kabupaten Sampang RSMA-BI 1 Sampang Jalan Jaksa Agung Suprapto 73 Sampang 69213 Mei 2010

Limbah anorganik adalah limbah yang tidak dapat diuraikan oleh organisme detritivor atau diuraikan tetapi dalam jangka waktu yang lama. Selain itu. Sedangkan limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan oleh organisme detritivor. Oleh karena itu penggunaan bahan plastik dapat dikatakan tidak bersahabat bagi lingkungan apabila digunakan tanpa menggunakan batasan tertentu. mencemari air. Plastik merupakan salah satu limbah anorganik buatan yang tersusun dari bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya bagi lingkungan. Limbah plastik ini sangatlah sulit untuk diuraikan secara alami.Memanfaatkan Botol Plastik Bekas Menjadi Tempat Alat Tulis Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).  Dampak Limbah Dampak limbah plastik bagi lingkungan adalah mengurangi keindahan apabila berserakan. . mengurangi kesuburan tanah.  Contoh Limbah Salah satu limbah yang paling banyak adalah plastik. Untuk menguraikan sampah plastik itu sendiri membutuhkan kurang lebih 80 tahun agar dapat terdegradasi atau diuraikan secara sempurna. Bila ditinjau secara kimiawi. limbah ini terdiri limbah organik dan limbah anorganik. bahkan gas metana yang dikeluarkan plastik merupakan salah satu gas penyebab pemanasan global.

dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Begitu banyak botol minuman bekas yang pemanfaatannya kurang efisien bahkan hanya dibuang percuma. Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca. pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai. dan penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari makin meningkat. mengurangi penggunaan energi. pengumpulan.plastik berdampak buruk bagi kesehatan karena beberapa jenis limbah plastik dapat menyebabkan gangguan ginjal. serta gangguan pada otak dan sistem syaraf. dan barang elektronik. plastik. kerusakan lahan. padahal produksi plastik.  Daur Ulang Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna. Sampah yang biasa dikumpulkan adalah kaleng minum aluminum . logam. plastik adalah salah satu bahan yang sangat sulit terurai. mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. Padahal kita dapat mendaur ulangnya menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomis tinggi. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan. . dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse. mengurangi polusi. kaleng baja makanan/minuman. Reduce. Seperti kita ketahui. gangguan hati. tekstil. and Recycle). pemrosesan. Salah satu dari limbah plastik yang sering kita temukan adalah botol minuman. kertas.

Dengan menambahkan beberapa bahan tambahan yang mudah diperoleh.  Contoh pemanfaatan Salah satu bahan yang dapat di daur ulang adalah botol plastik. atau dari sampah yang sudah tercampur. Botol plastik yang sudah tidak terpakai dibersihkan kembali. Pengumpulan bisa dilakukan dari sampah yang sudah dipisahkan dari awal (kotak sampah/kendaraan sampah khusus). dan kardus. Jenis plastik lain seperti (PVC. koran. Cara membuatnya sangatlah mudah.botol kaca . PP. LDPE. Seperti dijadikan sebagai tempat pensil.botol plastik akan menjagi barang yang bias digunakan kembali. kertas karton. . majalah. dan PS) juga bisa di daur ulang. yaitu mengumpulkan dan menggunakan kembali sampah yang dibuang . contohnya botol bekas pakai yang dikumpulkan kembali untuk digunakan kembali. Hanya memerlukan bahan seperti resleting dan alat menjahit.  Metode Daur Ulang Metode yang paling populer dari daur ulang .

Botil (Botol Tempat Pensil) 1.5. Lihat gambar 2.1. Cara Pembuatan : 2. Gunting 1.2. Resleting 1.1. Benang 1. Sehingga dianggap tutup permanen.2 Potong 1/3 bagian botol dari atas mengeliling sepanjang 15 cm (seukuran resleting) sehingga terdapat dua bagian botol yaitu bagian atas dan bawah. Jarum 1.5. 2. Silet 1. Tali bekas 1. kemudian beri tali atau pita sebagai hiasan. Lihat gambar 2. Botol plastik bekas 1. Lem 2.5 Jadilah sebuah tempat pensil selayaknya kotak pensil.2. 2. kemudian jahit kembali agar resleting semakin rekat dengan tepi botol.3. Jangan lupa sisakan bagian botol yang tidak terpotong agar botol tidak benar-benar terputus menjadi dua bagian. Alat dan bahan : 1.6.7.8. 2. Resleting bisa dibuka dan ditutup sebagai tempat memasukkan dan mengeluarkan alat tulis.4.1 Bersihkan dahulu botol bekas minuman yang sudah tidak terpakai lagi. 2.3 Lem dahulu resleting pada kedua bagian botol yang sudah terbelah kembali.4 Tahap terakhir adalah melubangi bagian tengah tutup botol.1 .3.1. Tutup botol tidak digunakan. Lihat gambar 2.

3.reduce.1. Himbauan yang berhubungan dengan tema dan judul 3.Gunakan prinsip 3R (reuse. 3.3. 3.2.Lakukan pemilahan antara sampah organik dan anorganik agar lebih mudah dalam pemanfaatannya.Biasakan membuang sampah pada tempat sampah. .recycle).

8 2.2.1 ± 1.1 .3.Lampiran Gambar : 1.1 2.

5.1 .2.