PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN HERBA SECARA TUNAI PADA RUMAH HERBA ³QRS´ DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL FOXPRO

9.0

TUGAS AKHIR Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Program Diploma Tiga(D.III) AGUNG IRAWAN NIM : 12079008 Jurusan Manajemen Informatika Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika Jakarta 2010

Dimana ilmu memang sesuatu yang harus dipelajari dan diterapkan di kehidupan ini. Ilmu dan teknologi memang memiliki peran yang sangat dominan.LATAR BELAKANG PEMILIHAN JUDUL Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memang sangat mempengaruhi tatanan aspek kehidupan manusia. Kita mampu menciptakan teknologi tentunya karena adanya ilmu. Begitu juga dengan teknologi tidak akan berdaya guna bila tidak adanya ilmu untuk menjalankan kerja dari teknologi yang diciptakan. Kita sebagai orang yang ingin berkembang dan maju seharusnya menyadari hal tersebut. Perkembangan teknologi informasi dapat diterapkan dalam Pengolahan data apa saja. diantaranya : Penjualan Tunai .

Maka diperlukan sebuah program yang dapat membantu dalam proses penjualan tunai pada Rumah Herba ´QRS´. Serta akan menghemat waktu dan tenaga. Sehubungan dengan hal tersebut di atas. Sehingga dapat mengorganisir data dengan baik dan cepat.0 ´ . maka penulis mencoba merancang sebuah program aplikasi dalam mengelola sistem transaksi penerimaan siswa untuk dijadikan penulisan tugas akhir dengan judul ´ PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN HERBA SECARA TUNAI PADA RUMAH HERBA ´QRSµ DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL FOXPRO 9.

Mencoba untuk menganalisa masalah yang ada dan mencari alternatif penyelesaian yang baik.III) Jurusan Manajemen Informatika di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) Jakarta. .MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah : a. dan Komputer Bina Sarana b. Mengimplementasikan ilmu yang didapat selama menuntut ilmu di Akademi Manajemen Informatika Informatika (AMIK BSI). Sedangkan tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah sebagai salah satu syarat Kelulusan Program Diploma Tiga (D.

penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut : a. b. Kepustakaan Penulis melakukan penelitian kepustakaan untuk memperoleh aspek-aspek teoritis dalam pengumpulan data dan informasi dengan membaca buku-buku. . Pengamatan langsung (Observasi) Penulis melakukan pengamatan ke toko-toko untuk mengetahui secara langsung mengenai proses pendataan penjualan barang.METODE PENGUMPULAN DATA Dalam pengumpulan data-data guna menyelesaikan tugas akhir ini. catatan-catatan kuliah literature-literature lainnya yang berhubungan dengan penulisan tugas akhir ini.

input data transaksi penjualan tunai sampai dihasilkan informasi (output) berupa laporan data harian.RUANG LINGKUP Dalam hal ini penulis membuat batasan Penjualan Tunai Herba pada Rumah Herba ³QRS´ mulai dari proses input data barang. . input data pelanggan. laporan data pelanggan yang dikeluarkan bulanan. dan laporan data transaksi yang dikeluarkan setiap terjadinya transaksi.

Bentuk Normal Ketiga (3NF) . Pembuatan normalisasi dapat dijadikan sebagai acuan untuk pembuatan database atau file-file yang akan digunakan pada aplikasi yang akan dibuat.Bentuk Tidak Normal (Unnormalized Form) b.Bentuk Normal Kedua (2NF) d. antara lain : a.Bentuk Normal Kesatu (1NF) c.NORMALISASI Normalisasi merupakan proses pengelompokan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukan entity dan relasinya. Normalisasi yang digunakan pada aplikasi program ini.

Kd_barang Nm_barang harga stock jenis notrans tgltrans kd_pelanggan nm_pelanggan jml_item total notrans kd_barang nm_barang harga jumbel subtotal kd_kasir nm_kasir alamat telp status pass kd_pelanggan nm_pelanggan alamat telp Bentuk Tidak Normal (Unnormalized Form) Bentuk ini merupakan kumpulan data yang akan direkam. . tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu.

.Kd_barang* Mn_barang jenis harga stock kd_kasir * Nm_kasir Alamat Setatus Pass Kd_pelanggan * Nm_pelanggan Alamat Telp Notrans * Tgltrans Jmlitem Total Jumbel subtotal Bentuk Normal Pertama (1NF) Bentuk relasi 1 NF hanya jika dari setiap relasi attributnya bersifat atomic.

Tabel Barang Kd_barang * Nm_barang harga stock jenis Tabel kasir Kd_kasir * Nm_kasir alamat telp setatus pass Tabel Pelanggan Notrans * Tgltrans Jmlitem Total Jumbel Subtotal Tabel Pelanggan kd_pelanggan * nm_pelanggan alamat telp Bentuk Normal Kedua (2NF) Bentuk normal kedua mempunyai syarat yaitu bentuk data telah memenuhi kriteria bentuk normal kesatu. Attribut bukan kunci Kd_pelanggan ** Kd_barang ** Kd_kasir ** haruslah bergantung secara fungsi pada kunci utama / primary key. .

Tabel Pelanggan kd_pelanggan * nm_pelanggan alamat telp Detail Transaksi Notrans * Jumble Subtotal Kd_barang ** .Table Barang Kd_barang * Nm_barang harga stock jenis Tabel kasir Kd_kasir * Nm_kasir alamat telp setatus pass Tabel Pelanggan Notrans * Tgltrans Jmlitem Total Jumbel Subtotal Kd_kasir ** Kd_pelanggan ** Bentuk Normal Ketiga (3NF) Setiap attribut bukan kunci haruslah bergantung hanya pada primary key dan pada primary key secara menyeluruh.

1 Penjualan 2.0 1.0 2.0 Utility 0.3 Report Penjualan 3.0 Pelanggan 1.5 Diagram HIPO .0 Exit 0.3 Kasir 3.0 Transaksi 0.0 1.0 2.0 4.1 About 4.0 3.0 Gambar II.0 3.0 Menu Utama 1.1 Barang 1.0 1.1 Report Barang 3.2 Report Pelanggan 3.0 5.0 File 0.0 4.0 1.2 3.0 Report 0.Login Password 0.

. Bagan alir digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. [1999.FLOWCHART (DIAGRAM ALUR) Flowchart dalam bukunya Jogiyanto. Flowchart dapat menunjukkan secara jelas arus pengendalian suatu algoritma. Pada waktu akan menggambar suatu bagan alir. yaitu bagaimana logis melaksanakan dan sistematis. suatu Suatu rangkaian kegiatan secara flowchart dapat memberikan gambaran dua dimensi yang berupa simbol-simbol grafis.795] adalah: ´bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logikaµ.

Mulai Input ID user Input Password Mungkin User ID Id dan Password T dan Password anda salah? Login Y Anda Login sebagai admin atau user Menu Utama T Keluar T Selesai Gambar II.6 Flowchart Login Password .

7 Flowchart Menu Utama .Mulai Pilih Menu 1File 2Transaksi 3Report 4Utility 5Keluar Y File File T Y Transaksi T Report Y Report Transak si T Utility Y About T T Keluar Y Anda ingin keluar dari aplikasi ini? T Jawab Y Selesai Gambar II.

. Memudahkan pengguna dalam pencarian data. diharapkan dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses pengolahan data yang dilakukan. dan lain sebagainya.lembaran dokumen bertumpuk. Dengan pemakaian sistem yang telah terkomputerisasi. e. Program komputerisasi ini dapat mempercepat proses transaksi penjualan herba yang dilakukan oleh petugas Rumah ³QRS´ karena semuanya dapat diproses secara cepat dan akurat. Dengan mengunakan komputer. Proses pengisian dan penyimpanan data serta pembuatan laporan menjadi lebih mudah. sehingga konsumen tidak terlalu lama menunggu pada saat dilakukan transaksi pembayaran. karena keefisienan dari komputer yang digunakan. map. d.Kesimpulan Berdasarkan pokok bahasan yang tertulis dalam tugas akhir ini. b. c. maka penulis menyimpulkan bahwa rumah Herba ³QRS´ yang telah terkomputerisasi memiliki kelebihan-kelebihan diantaranya sebagai berikut: a. akan mengurangi pemakaian barang fisik lainnya antara lain kertas. apabila kita ingin mengetahui isi dari dokumen tanpa harus membuka satu persatu lembaran .

Dalam penggunaan komputer. maka penulis dapat memberikan saran-saran sebagai berikut : a. Mengingat pentingnya data maka perlu dibuatkan file duplikat (back up) untuk menghindari resiko rusak / hilangnya data akibat virus. terutama dalam hal pemasukan dan hendaknya benar-benar sesuai dengan ketentuan yang benar. c. Diperlukan pemeliharaan atau perawatan secara berkala terhadap perangkat lunak (software) maupun perangkat kerasnya (hardware) demi kelancaran dalam proses komputerisasi. b. . sehingga secara otomatis keluaran yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan.Saran Melihat semua hal yang telah berlangsung. sangat diperlukan ketelitian dan kedisiplinan dari pemakaian.

Perlu adanya penyempurnaan terhadap program yang telah ada.d. penulis masih merasa banyak kekurangan dalam pembuatan program pengolahan data penjualan herba. sehingga segala kekurangan yang ada dapat diatasi. karena disamping mempunyai kelebihan. Sebagai sistem yang terkomputerisasi digunakan secara bersamaan dengan sistem manual. Perlu diadakan pelatihan atau training khusus untuk karyawan untuk mengingkatkan ilmu pengetahuan karyawan mengenai komputer dan menjalankan program aplikasi penjualan. f. e. .

Terima Kasih Atas Perhatiannya .