Kata ´kontemporerµ yang berasal dari kata ´coµ (bersama) dan ´tempoµ (waktu). Sehingga menegaskan bahwa seni kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui. Atau pendapat yang mengatakan bahwa ´seni rupa kontemporer adalah seni yang melawan tradisi modernisme Baratµ. Ini sebagai pengembangan dari wacana pascamodern (postmodern art) dan pascakolonialisme yang berusaha membangkitkan wacana pemunculan indegenous art (seni pribumi). Atau khasanah seni lokal yang menjadi tempat tinggal (negara) para seniman.

modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini.Seni Kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer itu artinya kekinian. . Begitu pula dengan tarian. jadi seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang. lebih kreatif dan modern. Lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui. Misalnya lukisan yang tidak lagi terikat pada rennaisance.

omong kosong. alias meleburnya batasbatas antara seni lukis. hingga aksi politik Punya gairah dan nafsu "moralistik" yang berkaitan dengan matra sosial dan politik sebagai tesis.grafis.patung. sebagai aktualitas berita yang fashionable . kriya.musik. teater.Secara awam seni kontemporer bisa diartikan sebagai berikut: Tiadanya sekat antara berbagai disiplin seni. Seni yang cenderung diminati media massa untuk dijadikan komoditas pe wacanaan.anarki.

seni posmodern sendiri di satu sisi memberi pengertian. Sedangkan seni postmodern adalah seni yang mengumpulkan idiom-idiom baru.Kaitan seni kontemporer dan (seni) postmodern. jadi berkaitan dengan waktu. memungut masa lalu tetapi di sisi lain juga melompat kedepan (bersifat futuris). . pemerhati seni. menurut pandangan Yasraf Amir piliang. Lebih jelasnya dikatakan bahwa tidak semua seni masa kini (kontemporer) itu bisa dikategorikan sebagai seni posmodern. pengertian seni kontemporer adalah seni yang dibuat masa kini.

ketika Gregorius Shidarta menggunakan istilah kontemporer untuk menamai pameran seni patung pada waktu itu. seorang pengamat seni rupa. . Paling menyolok terlihat di bidang tari dan seni lukis. istilah kontemporer muncul awal 70-an. Seni tari tradisional mulai tersisih dari acara-acara televisi dan hanya ada di acara yang bersifat upacara atau seremonial saja.Dalam seni rupa Indonesia. Konsep modernisasi telah merambah semua bidang seni ke arah kontemporer ini. berpendapat bahwa seni rupa kontemporer pada konsep dasar adalah upaya pembebasan dari kontrakkontrak penilaian yang sudah baku atau mungkin dianggap usang. Suwarno Wisetrotomo.

Seperti diungkapkan Humas pasar tari kontemporer di Pusat Latihan Tari (PLT) Sanggar Laksamana Pekanbaru yang tidak hanya diminati para koreografer tari dalam negeri tetapi juga koreografer tari asing yang berasal dari luar negeri. mereka menyatakan siap unjuk kebolehan dalam pasar tari itu. Akan sulit diterima bila kita memasang lukisan pemandangan. Sebanyak 18 koreografer tari baik dari dalam maupun luar negeri menyatakan siap unjuk kebolehan dalam pasar tari kontemporer tersebut. . terutama di kota-kota besar. Yoserizal Zen di Pekanbaru. "Lukisan kontemporer semakin diminati seiring dengan merebaknya konsep perumahan minimalis terutama di kota-kota besar. Seperti diungkapkan oleh seniman lukis kontemporer Saptoadi nugroho dari galeri Tujuh bintang Art space Yogyakarta. Lukisan kontemporer semakin melejit seiring dengan meningkatnya konsep hunian minimalis. "Para koreografer sudah tiba di Pekanbaru. misalnya sedangkan interior ruangannya berkonsep modern." ujar Humas Pasar Tari Kontemporer.

itu bonus." kata Oei Hong Djien "Saya membeli karena saya suka. staf pengajar FSRD ITB."Saya mengoleksi lukisan karena mencintai karya seni. melihat bahwa seni rupa kontemporer di Indonesia tidak lepas dari pecahnya isuposmodernisme (akhir 1993 dan awal 1994). . tidak masalah.´ kata Biantoro Santoso Yustiono. Walaupun harganya tidak naik. Kalaupun nilainya naik. yang menyulut perdebatan dan perbincangan luas baik di seminar-seminar maupun di media massa pada waktu itu.

Tanpa batasan dan multi makna. Karya Jompet telah dua kali ditampilkan di luar Indonesia. Itulah ciri khas seni kontemporer menurut sang seniman. Salah satu contohnya. Jumat (30/7). museum seni kontemporer Korea pun memberinya kesempatan untuk manggung. Cortege of Realm karya Jompet Kuswidananto asal Yogyakarta. . Sebelum Shanghai. yang mengundang perhatian penikmat seni mancanegara di Cina.

Museum of Kontemporer Art di Shanghai menawarkan kesempatan pada sekitar 16 orang seniman kontemporer Indonesia. Dalam seni tersebut. Kemampuan Indonesia memang mulai diperhitungkan sebagai tempat bernaungnya seniman-seniman kontemporer. karena tak ada batasan. berbagai media dan disiplin seni dilebur menjadi satu.Seni kontemporer memang terus berkembang.(IDS/SHA) . untuk menampilkan karya mereka hingga Agustus mendatang. Buktinya.

Š Affandi ‡Affandi Š Agus Djaya ‡Agus Djaya Š Barli Sasmitawinata ‡Barli Sasmitawinata ‡Basuki Abdullah Š Basuki Abdullah ‡Djoko Pekik Š Djoko Pekik ‡Dullah Š Dullah ‡Ferry Gabriel Š Ferry Gabriel ‡Hendra Gunawan Š Hendra Gunawan ‡Herry Dim Š Herry Dim ‡Jeihan Š Jeihan ‡Kartika Affandi Š ‡Dolorosa Sinaga ‡Edhi Sunarso ‡Gregorius Sidharta ‡I Nyoman Nuarta Kartika Affandi .

SENI LUKIS SENI GAMBAR SENI PATUNG SENI TARI .

Abstraksi Adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Abstraksi disebut juga sebagai salah satu aliran yang terdapat di dalam seni lukis. . Teknik abstraksi yang berkembang pesat seiring merebaknya seni kontemporer saat ini berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya.

Di zaman sekarang dimana seni kontemporer mulai berkembang pesat. Istilah patung kinetik dipakai untuk patung yang dirancang untuk bisa bergerak. Misalnya di beberapa tempat seperti Tiongkok. . patung bisa menjadi semacam 'seni pertunjukan'. Alexander Calder. Beberapa seniman yang membuat karya patung kinetik adalah: Marcel duchamp. Jepang. Swedia dan Rusia diadakan festival patung es yang diselenggarakan secara berkala. George Rickey dan Andy Warhol. Kanada.

seolah-olah tidak akan pernah mati. kritikus. semua ini ditandai dengan adanya berbagai negara telah menyelenggarakan festival tari baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Jika ditinjau dari segi gaya serta coraknya cukup membuat dunia tari semakin hidup. dimulai dari festival tari rakyat. klasik.Ketika Tari Kontemporer Tumbuh dan Berkembang Perkembangan dunia tari dewasa ini semakin marak. koreografer. penulis sampai pada manajemen kesenian itu namun tari telah pula sendiri. Kegiatan seperti ini merupakan kesempatan emas guna untuk memacu kreativitas para penari. . modern sampai pada tari kontemporer yang saat ini tumbuh dan berkembang.

. perkembangannya tidak saja terjadi di kota-kota besar namun telah pula menjalar ke darah-daerah. tari tidak lagi dibatasi oleh gerak. Istilah apalagi yang akan muncul setelah tari kontemporer yang sekarang tumbuh dan berkembang. waktu dan tenaga namun tari telah pula menjadi ilmu yang harus di dalami sesuai dengan meningkatnya pola pikir manusia dalam menyongsong era baru.Memilih tari kontemporer dalam berbagai kegiatan festival tari yakni untuk menyongsong masa depan tari di Indonesia. sebagai forum pertukaran gagasan bagi para profesional tari yang datang dari berbagai penjuru dunia. ruang.

Dalam konteks seni rupa modern Indonesia gambar atau istilah gambar menduduki posisi penting. Sanento Yuliman almarhum dengan cakap menjelaskan hal tersebut: ´Yang pertama-tama perlu diingat dalam membicarakan gambar ialah bahwa kata ´gambarµ mempunyai lingkup pengertian yang luas. singkatan dari persatuan ahli-ahli gambar Indonesia. Istilah gambar dapat merujuk pada seni lukis karena seni lukis selalu menggambarkan seseorang atau sesuatu. lukisan adalah gambar atau gambaran tentang sesuatu. khususnya dalam konteks budaya Indonesia masa lalu memiliki pengertian yang lebih luas dari pengertian drawing. maka ´gambarµ merupakan istilah yang kerap dipergunakan untuk menunjuk beragam seni rupa 2 dimensi. Sebelum istilah seni atau seni lukis dipergunakan dan populer. Hal itu juga menunjukkan bahwa istilah gambar. kendati yang terutama dipraktekkan adalah seni lukis. Tentu kita masih ingat keberadaan Persagi. .

khususnya dalam medan seni rupa kontemporer Indonesia. lukisan. grafik. yang kelihatan di layar bioskop ketika film main. Terbukti. denah.Yang tampak di layar televisi ketika pesawat dihidupkan. Namun demikian apa yang diutarakan Sanento Yuliman menunjukkan bahwa potensi seni rupa³apapun mediumnya³ sebagai wilayah penggambaran (representasi) sesuatu hal atau persoalan merupakan hal yang mudah diterima sejak lama. peta. itu semua dalam bahasa Indonesia disebut ´gambarµ. tak mengherankan jika gambar sebagai wilayah atau kategori seni yang otonom mudah diterima oleh masyarakat. Saat ini pengertian istilah gambar tampaknya menyempit. demikian juga foto di harian dan majalah. Hal itu ditunjukkan oleh penerimaan yang cukup terbuka pada karya-karya seni gambar. . saat ini beberapa seniman muda menjadi populer semata-mata menggunakan teknik/medium gambar dalam berkarya. Karena itu. mendekati pada pengertian drawing dalam bahasa Inggris. dan sebagainya.

yang ditandai oleh tersingkirnya para seniman lain yang berada diluar form mereka. . Dominasi mereka yang begitu besar di Inggris juga didukung oleh monopoli pasar oleh dealer seni Charles Saacthi. Gerakan seni ini muncul sebagai reaksi dari dominasi wacana estetika dan pasar seni dari eksponen-eksponen Young British Artists (YBA).Stuckisme (INGGRIS)  Stuckisme (stuckism) merupakan sebuah gerakan kesenian yang terjadi di Inggris dimulai pada tahun 1999 dengan tokoh pendirinya Billy Childish dan Charles Tompson yang tergabung dalam kelompok stuckist pertama dengan anggota 13 orang.

pacarnya. Stuck! Stuck! Stuck!). Anggota yang bergabung dalam kelompok stuckisme ini disebut stuckist. Penamaan stuckism diambil begitu saja dari sebuah puisi Tracey Emin ketika mengomentari lukisan Billy Childish. Stuckism berasal dari kata ´stuckµ yang merupakan kata yang sering diulang oleh tracey emin dalam puisinya itu µ Your panting are stuck. «. .

karena hanya sekedar sebuah interupsi dari seni modern sehingga kondisinya sekarang dianggap sudah mapan dan tidak berkembang. Yang dilakukan oleh para penganut seni postmo tidak lebih dari sebuah repetisi yang membosankan dan memperlebar jarak dengan tataran sosio kultural masyarakat.Paham ini dibuat sebagai suatu bentuk protes terhadap kegagalan seni konseptual dan postmodern dalam membangun jembatan dengan publik. Seni postmo hanya tinggal sebuah konvensi karena kegagalannya memberikan nilai-nilai dalam kehidupan manusia. Pada perkembangannya Seni postmo jauh lebih bersifat ekslusif. elit dan jauh dari tataran sosial diluarnya. Seni postmo tidak menjanjikan apapun pada pemahaman berkesenian. .

Remodernisme juga meliputi perbaikan akan nilai-nilai dalam sebuah karya seni. . Remodernisme juga meliputi perbaikan nilai-nilai spritual seni yang meliputi kajian kemanusiaan dan itegritas antara nilai-nilai holistik dengan seni. ekspresi dari emosi dan pengalaman. bahwa nilai ² nilai kebentukan menjadi sangat penting menyangkut peranannya sebagai medium dan kegunaannya sebagai bahasa komunikasi. disisi lain meninggalkan azas formalisme-nya.Remodernisme menerapkan ulang modernisme. memperbaiki visi dasarnya.

dan menggunakannya untuk berkesenian dengan mempertimbangkan nilai spiritual dan hubungannya dalam realitas sehari-hari. Menolak kompromi dengan trend dan pemakaian machiavellian middlemen (perantara/pialang) seni.Dalam bukunya. peran stuckists dalam seni kontemporer adalah usaha untuk menghidupkan kembali semangat itegritas personal sebagai dasar berkesenian. Semua anggota yang bergabung dalam stuckisme mempunyai komitmen secara alami dengan hal ini. µ The stuckists : The First remodernist Art groupµ dinyatakan bahwa stuckists menerapkan prinsip modernisme. . Pada prinsipnya.

Stuckisme membawa sebuah nuansa baru dalam berkesenian untuk mengganti wacana seni konseptual dan seni postmodern yang dianggap telah mencapai titik mapan (establish). Pemikiran stuckists lebih banyak diikuti oleh seniman muda dan siswa seni. Hal ini merupakan sebuah tanda bahwa stuckisme dibuat untuk masa depan seni kontemporer. jauh berbeda dengan seni postmo yang bekerja pada wilayah seni yang ekslusif dan umumnya didominasi oleh seniman mapan.Stuckists menolak karya seni yang dihadirkan tanpa sebuah proses yang melibatkan seniman seperti halnya seni konseptual dan seni post modern. .

CONTOH KARYA SENI KONTEMPORER .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful