P. 1
Perbedaan Kota Dan Desa

Perbedaan Kota Dan Desa

|Views: 4,070|Likes:

More info:

Published by: Tia Juniati Suryanto on Oct 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2013

pdf

text

original

Nama : Tia Juniati Npm : 150610090009 Tugas : Paper sosiologi perdesaan

Perbedaan kota dan desa Kota dan desa merupakan tempat suatu kesatuan penduduk. Kota dan desa memiliki perbedaan yang sangat significant. Yang membuat kota berbeda dengan desa menurut saya adalah karena perbedaan pola fikir dan sudut pandang yang dianut penduduknya itu sendiri. Ada beberapa perbedaan antara kota dan desa diantaranya: 1. Nilai social pada penduduk Nilai social antar penduduk kota dan desa merupakan salah satu hal yang paling terlihat perbedaanya. Bisa kita lihat jika didesa para penduduk berlomba-lomba untuk bergotong royong dalam membantu tetangga sekitar dan juga biasanya penduduk desa menghabiskan waktu senggang mereka untuk melakukan kegiatan bersama tetangga lainnya sedangkan di kota, mereka berlomba-lomba memasang pagar yang tinggi agar terlihat hebat. 2. Tingkat pendapatan jelas saja terlihat jika penduduk kota dan desa memiliki perbedaan dalam hal tingkat. Biasanya penduduk didesa mendapatkan penghasilan dari bertani ataupun berternak sedangkan di kota biasanya penduduk menjadi karyawan ataupun berdagang. Hasi dari bertani biasanya digunakan penduduk desa untuk konsumsi sehari-hari dan sebagiannya lagi untuk dijual. Berbeda halnya dengan di kota yang kebutuhan sehariharinya biasanya di dapat di warung ataupun pasar swalayan.

Hal ini dikarenakan setiap tahun biasanya orang yang mudik pasti membawa saudaranya yang lain ikut kerja di kota untuk merubah nasib dengan harapan dapat membiayai saudara-saudara di desa. Sedangkan didesa yang tinggal hanya petani-petani yang memiliki lading untuk di olah.3. 5. Biasanya penduduk desa akan berfikir dua kali untuk menggunakan barang teknologi karena jika barang tersebut tidak memiliki manfaat biasanya penduduk desa lebih memilih tidak menggunakan teknologi tersebut. Kota-kota besar penuh dengan orang-orang desa yang melakukan urbanisasi dengan harapan dapat merubah hidup. Hal ini pulalah yang menyebabkan perbedaan jumlah penduduk yang sangat significant. . Hal ini dikarenakan penduduk desa yang belum tergeser budayanya dengan budaya asing berbeda dengan nilai budaya penduduk kota yang sudah bercampur dengan budaya asing karena budaya asing dengan mudahnya dapat masuk ke dalam kehidupan penduduk kota yang memiliki pemikiran terbuka dan modern. Jumlah penduduk Angka urbanisasi (perpindahan penduduk dari desa ke kota) biasanya setiap tahun meningkat. Nilai budaya Nilai budaya penduduk desa lebih kental dibandingkan nilai budaya pada penduduk kota. 4. Kemajuan teknologi Kota biasanya lebih cepat dalam hal kemajuan teknologi. Jika di desa masih ada tradisi untuk berkumpul bersama sanak saudara lainnya ketika panen dan mengadakan kegiatan dalam bentuk seni berbeda dengan penduduk kota yang lebih memilih untuk berkumpul di warung kopi dan menghabiskan waktu disana. Mengapa penduduk di kota lebih maju dalam bidang teknologi? Hal ini dikarenakan penduduk kota lebih berpikiran terbuka dalam bidang teknologi. Jadi jika kehidupan di kota yang memiliki banyak penduduk ramai berbeda dengan didesa yang ramai jika sanak saudara yang lain pulang mudik. Jika dulu hanya orang-orang kota saja yang biasanya menggunakan telephone genggam sekarang seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan telephone genggam.

Contoh kasus: Dikutip dari Koran kompas .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->