P. 1
Tes Dan Pengukuran Keterampilan Sepak Takraw

Tes Dan Pengukuran Keterampilan Sepak Takraw

|Views: 1,730|Likes:
Published by sriwahyuindawati

More info:

Published by: sriwahyuindawati on Oct 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2013

pdf

text

original

TES DAN PENGUKURAN KETERAMPILAN SEPAK TAKRAW A.

Tes Keterampilan Sepak Takraw Tes ini terdiri dari 3 (tiga) butir tes yaitu:
y Tes servis y Tes kontrol bola (Ball Control) y Tes operan (Passing)

Petunjuk administrasi pelaksanaan dari masing-masing butir tes adalah sebagai berikut : 1. Tes Servis  Tujuan dari tes Adapun tujuan dari tes servis ini adalah untuk mangukur keterampilan dalam servis. 

Alat/fasilitas yang digunakan Alat-alat yang digunakan untuk tes ini adalah :  Lapangan bermain Sepak Takraw  Beberapa buah bola Sepak Takraw  Net Sepak Takraw  Tali yang direntangkan setinggi 20 cm dari net  Stop Watch  Formulir pencatat skor  Seorang pelambung bola 

Pelaksanaan/pengelolaan tes  Subyek melakukan servis ke lapangan lawan yang telah diberi skor.  Setiap subyek diberi kesempatan melakukan servis sebanyak lima kali. 

Cara menskor Cara menskor dalam tes ini adalah sebagai berikut : 

    

Skor diambil dari skor yang terdapat di daerah sasaran dimana bola jatuh dan waktu kecepatan bola jatuh ke daerah sasaran. Bola yang melewati di bawah tali hasilnya dikalikan dengan skor daerah dimana bola jatuh di petak lapangan. Stop watch dijalankan pada waktu bola tersentuh kaki dan dihentikan pada saat bola menyentuh lantai, waktunya dicatat. Jika bola jatuh tepat pada garis yang membatasi dua petak sasaran maka skor yang dicatat adalah angka yang tertinggi. Bola yang terkena net ataupun ke luar dari lapangan permainan tidak dinilai. Skor keseluruhan diperoleh dengan cara menjumlahkan skor sasaran dengan skor waktu dari 5 kesempatan melakukan servis.

1 m

3 2

1m

4

2

1

3 Gambar lapangan sepak takraw untuk tes servis

1m

2. Tes kontrol Bola (ball Control)  Tujuan tes Tujuan dari tes kontrol bola adalah untuk mengukur keterampilan dalam mengontrol bola. 

Alat/fasilitas yang digunakan Alat-alat/fasilitas yang digunakan dalam tes kontrol bola ini adalah :     Sebuah bola takraw Stop watch Lapangan yang rata Petugas pelaksana  Pencatat dan penghitung jumlah kawalan bola.  Pencatat waktu.  Pelaksanaan/pengelolaan tes   Bola dikontrol dengan menggunakan sepak sila (bagian depan kaki) atau dengan kepala saja. Bola yang jatuh ke tanah dapat dimainkan lagi, tapi penghitungan skor pada sepakan kedua dihitung dari awal dan berlaku pada setiap kali setelah bola jatuh sampai waktu yang tersedia habis.    Kontrol bola yang dihitung harus setinggi dada. Luas lapangan kontrol tidak dibatasi. Waktu yang dibatasi adalah selama satu menit. 

Cara menskor     Skor diambil dari jumlah kontrolan bola yang dapat dilakukan selama satu menit. Setiap tiga kali sepakan dihitung dengan nilai satu dan seterusnya. Sepakan yang tidak setinggi dada tidak akan dihitung. Skor keseluruhan diperoleh dengan cara menjumlahkan kesemua skor kontrol yang telah dibagi dengan tiga.

3. Tes Operan (Passing)  Tujuan tes Tujuan dari tes operan (passing) adalah untuk mengukur keterampilan mengoper bola.  Alat/fasilitas yang digunakan Alat-alat/fasilitas yang digunakan dalam tes ini adalah sebagai berikut :      Bberapa buah bola takraw. Tali direntangkan setinggi 250 cm dari lantai. Net takraw. Lapangan bermain sepak takraw. Petugas pelaksana :  Penghitung jumlah nilai.  Pencatat nilai.  Pelambung bola.  Pelaksanaan/pengelolaan tes      Testee berada dibatas garis serang yang telah ditetapkan. Seorang pelambung bola dari daerah lawan, melambungkan bola kepada testee melewati net. Testee mengontrol bola satu kali dahulu, kemudian barulah malakukan operan dengan menggunakan sepak sila. Operan yang dilakukan harus melewati tali yang direntangkan dan bola jatuh dalam daerah serang yang mempunyai nilai. Setiap testee diberi kesempatan malakukan 5 kali operan.  Cara manskor Cara menskor dalam tes ini adalah sebagai berikut :  Skor diambil dari skor yang terdapat dimana bola jatuh di daerah sasaran dengan syarat bola tersebut harus melewati tali yang direntangkan.  Operan bola yang tidak melewati tali dan tidak jatuh di daerah serang dinilai satu, dengan syarat bola yang melambung melebihi titik ketinggian tali dan jatuh mendekati garis serang.  Operan yang melewati net tidak akan dinilai. 

Skor keseluruhan diperoleh dengan cara menjumlahkan de semua skor sasaran dari 5 kali melakukan operan.

250 cm 0,5

4

3

2

1

Gambag lapangan sepak takraw untuk tes operan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->