PROPOSAL PROGRAM KERJA BIDANG KESEHATAN

1. PENYULUHAN KESEHATAN a. Penyuluhan kesehatan gigi Latar belakang Kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting tetapi terkadang sering disepelekan oleh masyarakat. Apabila kesehatan gigi tidak terjaga, maka akan berdampak buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, perlu diadakan penyuluhan kesehatan gigi mengenai cara menjaga kesehatan gigi yang baik dan benar sejak dini. Tujuan Meningkatkan status kesehatan gigi anak Sasaran Siswa SD kelas 1 dan 2 di desa setempat. Pelaksanaan Dalam pelaksanaannya, mahasiswa KKN akan mengadakan demo mengenai cara menyikat gigi yang benar dan akan membagikan sikat gigi gratis kepada para siswa. Hasil yang diharapkan Dengan adanya penyuluhan kesehatan gigi ini, diharapkan status kesehatan gigi anak di dusun tersebut meningkat. Estimasi biaya Biaya sikat gigi = Rp 5000,00 x 40 = Rp 200.000,00 b. Penyuluhan anti narkoba dan anti rokok Latar belakang Dewasa ini, rokok sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa konsumsi rokok yang berlebih memiliki efek negatif yang bisa berakibat buruk bagi tubuh. Tetapi sering kali masyarakat tidak mempedulikannya. Selain rokok, narkoba juga telah banyak beredar di masyarakat. Sudah banyak pula yang mengkonsumsi padahal di dalamnya mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatannya perlu diadakan penyuluhan. Tujuan

Sasaran 1. anak-anak usia tumbuh kembang (balita) Pelaksanaan 1.00x100 = Rp 700.000 2. Selain itu. . mahasiswa KKN akan mengadakan penyuluhan tentang pentingnya nutrisi 2. khususnya pada anak-anak usia tumbuh kembang serta pada ibu hamil dan menyusui. nutrisi sangat dibutuhkan untuk dirinya dan bayinya. Dalam pelaksanaannya. diharapkan penduduk dusun tersebut dapat menghindari narkoba dan rokok yang dapat membahayakan kesehatan. pada ibu hamil dan menyusui. diharapkan status gizi balita serta ibu hamil dan menyusui dapat meningkat. Memberikan nutrisi tambahan pada anak balita serta ibu hamil dan menyusui Hasil yang diharapkan Dengan adanya kegiatan ini.Mencegah berkembangnya pecandu rokok dan narkotika khususnya pada desa tersebut. Tujuan Meningkatkan status gizi pada balita serta ibu hamil dan menyusui desa setempat. Hasil yang di harapkan Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya merokok dan narkoba. Hal ini dikarenakan pada anak-anak usia tumbuh kembang nutrisi penting untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Estimasi biaya Pembuatan pamflet = Rp 7000. ibu hamil dan menyusui 2. PENINGKATAN NUTRISI Latar belakang Nutrisi sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Sasaran Siswa sekolah menengah pertama dan menengah akhir serta remaja dan bapak-bapak desa setempat. Pelaksanaan Akan diadakan penyuluhan mengenai bahaya merokok dan narkotika di balai desa dan sekolah desa setempat.

Estimasi biaya - . Maka dengan berolahraga. diharapkan warga dusun tersebut menjadi lebih sehat dan pikiran menjadi segar. Hasil yang diharapkan Dengan adanya kegiatan ini. Sasaran 1. Bapak-bapak dan ibu-ibu desa setempat (tidak dianjurkan untuk ibu hamil) 2. olahraga adalah aktivitas yang sengaja dilakukan seseorang yang meluangkan waktu untuk melatih tubuhnya.3. Tujuan Meningkatkan daya tahan tubuh serta menjadikan tubuh sehat dan kuat baik jasmani maupun rohani. tidak hanya secara jasmani seperti melatih kekuatan otot dan tubuh tetapi juga kerohanian yang difokuskan untuk menjaga keseimbangan pikiran pelaku. Lansia (cukup dengan terpapar sinar matahari) Pelaksanaan Mahasiswa KKN akan mengadakan senam pagi bersama dengan warga desa dan sesekali pada sore hari diadakan pertandingan olahraga terutama untuk bapak-bapak sebagai hiburan bersama. dapat mempersehat kondisi fisik sekaligus mendapat ketenangan psikis. PENYEGARAN KESEHATAN JASMANI Latar belakang Secara umum.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful