P. 1
Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia

Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia

|Views: 1,248|Likes:
Published by Phewe Buntal

More info:

Published by: Phewe Buntal on Oct 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia Ilmu PPKn : Pendidikan Kewarganegaraan / PMP : Pendidikan Moral Pancasila

Sat, 15/07/2006 - 9:08pm ² godam64 Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia. A. Contoh Hak Warga Negara Indonesia 1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum 2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan 4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai 5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran 6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau n kri dari serangan musuh 7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku B. Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia 1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh 2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) 3. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya 4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia 5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik

Kewajiban Bela Negara Bagi Semua Warga Negara Indonesia - Pertahanan Dan Pembelaan Negara
Thu, 31/07/2008 - 12:15am godam64

Aksi kekerasan yang berbau SARA. Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain seperti : 1. 2. PMR dan Pramuka. 4. Undang-Undang No. Beberapa dasar hukum dan peraturan tentang Wajib Bela Negara : 1. 2. Dengan hak dan kewajiban yang sama setiap orang Indonesia tanpa harus dikomando dapat berperan aktif dalam melaksanakan bela negara." dan " Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Tambahan : Hati-hati pula dengan gerakan pendirian negara di dalam negara yang ingin membangun negara islam di dalam Negara Indonesis dengan cara membangun keanggotaan dengan sistem mirip mlm dan mendoktrin anggota hingga mereka mau melakukan berbagai tindak kejahatan di luar ajaran agama islam demi uang.20 tahun 1982 tentang Ketentuan Pokok Hankam Negara RI. Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita turut serta dalam bela negara dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ATHG / ancaman. tantangan. hambatan dan gangguan pada NKRI / Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti para pahlawan yang rela berkorban demi kedaulatan dan kesatuan NKRI. 5. Belajar dengan tekun pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn 4. 5. Ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar (seperti siskamling) 2. Jika menemukan gerakan semacam ini laporkan saja ke pihak yang berwajib dan jangan takut dengan ancaman apapun. 6. 6." Jadi sudah pasti mau tidak mau kita wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman. Diubah oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1988.29 tahun 1954 tentang Pokok-Pokok Perlawanan Rakyat. 4.VII Tahun 2000 tentang Peranan TNI dan POLRI. udara dan luar angkasa. Kejahatan dan gangguan lintas negara. gangguan. Beberapa jenis / macam ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara : 1. Pengrusakan lingkungan. laut.VI Tahun 1973 tentang konsep Wawasan Nusantara dan Keamanan Nasional. tantangan dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Undang-Undang No.3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Tap MPR No. Tap MPR No. y y pmp dan ppkn Add new comment Comments .Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pada pasal 30 tertulis bahwa "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Amandemen UUD '45 Pasal 30 dan pasal 27 ayat 3. Gerakan separatis pemisahan diri membuat negara baru. Undang-Undang No. 3. 3. Tap MPR No. Ikut serta membantu korban bencana di dalam negeri 3. Pelanggaran wilayah negara baik di darat. Mengikuti kegiatan ekstraklurikuler seperti Paskibra. 7. Terorisme Internasional dan Nasional.VI Tahun 2000 tentang Pemisahan TNI dengan POLRI.

.... betul betul betul betul....... y reply Tamu Mon........ 15/10/2008 .......KARANA TDK SESUAI DGN PRI KEMANUSIAAN DAN PRI KEADILAN HAHAHAHAHAHAHA..Sun......... 22/09/2008 . 20/11/2008 ..... bagaimana aparat bisa kecolongan? jangan-jangan ini memang sudah dijadikan agenda politik untuk memecah negara ini...........8:30pm BETUL Haaaaaaaaaa....... y reply Tamu Thu...KARANA TDK SESUAI DGN PRI KEMANUSIAAN DAN PRI KEADILAN HAHAHAHAHAHAHA.... 23/09/2008 .....7:31pm SALAH bgt...3:40pm setuju emang bela negara sangat penting karena jika masyarakat tidak mau untuk membela negara maka negara itu akan hancur .... ah...................KARANA TDK SESUAI DGN PRI KEMANUSIAAN DAN PRI KEADILAN HAHAHAHAHAHAHA... 21/09/2008 .........!!!!!!!!!! y reply Tamu Tue.!!!!!! setuju setuju setuju.2:46pm tau gak bela negara di negara jepang bentuk nya gimana tau gak bela negara di jepang t gmana??? y reply Tamu Wed..... bahkan terjadi di ibukota yang merupakan pusat pemerintahan.?!?!?!?!?!?! klo kata gw salah.......12:56pm Tamu betul betul........... tapi sangat disayangkan kalau akhir-akhir ini Aksi kekerasan yang berbau SARA mulai merebak.. klo kata gw salah...Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.. klo kata gw salah.. yang penting LIBAS orang-orang yang menginginkan perpecahan di Indonesia.

.!! klo yg tua msh duduk dibangku pemerintahan!!! yg tua2 tu. 18/02/2009 . Hargai donk bung karno sama pahlawan2 yang lain yang udah susah payah mempertahankan Indonesia kita..11:36am tanah airku Indonesia ga usah d suruh gwe duluan y reply Tamu Mon.mikir buat 7 kturunannya.ngak ketemu jwbnya.2:59am bodoh buat ap i2 dibahas.. 22/11/2008 .keisi!! y reply Tamu Thu.! y reply Tamu Mon. 19/02/2009 ..aj!! mending Sok asik aj..... ^_^ y reply .6:21pm baiklahh ikutt setuju !! haha ..y reply Tamu Sat..yg penting perut lu....8:26pm Ya iyalah kita kudu bela Ya iyalah kita kudu bela negara kita. gga pede bngedd !! EAA eang pastii stujuu !!! kitta uuajibb bela negara qllu ingin bangsa kitta mjjuu !! y reply Tamu Wed...... 09/02/2009 .11:56am YAP AKE JUGA TUH.. 23/02/2009 ....HHA.

.7:02pm sayang iya juga sey.... km pnter juga ngomentarinnya..klo cuma nulis aja mah saya juga berani .. negara dan pemerintah kan beres ayo siapa yang setuju????. AAL dan AAU yang siap untuk perang ... y reply Tamu Tue. 18/04/2009 . contoh nya penjaga perbatasan negara Malingsia memanfaatkan pengangguran WNI untuk menjaga negara nya walau upah minimum ...Sun.. pemerintah harus memperhatikan masa depan pemuda dan pemudi nya jgan sampai di manfaat kan oleh kelompok pemberontak jahanam yang ingin merdeka dari NKRI yang tercinta ini . wamil kan bukan hanya untuk perang aja tapi ( untuk menjaga kedaulatan NKRI ) kan udah ada calon tentara dari AKMIL....11:23am chrizZy iang pada mgasi komen tuh tau ga si tentang berkewajipan membela negara??? ntar cm ngomong doank... y reply Tamu Sat..ok itu aja comment gw ya y reply Tamu Thu. nah... uke?! keep solid.. kita emang ga bisa ngebela negara ky pahlawan2 dulu.. pazti pengen jadi pembela negara yang baik dan benar. percuma ngomong sanasini tapi gada pelaksanaannya samasekali.klo tiap warganegara uda bs jd pahlawan buat dirinya sendiri alias uda bisa ngebentengin . kao stuju ato ga stuju mah musti pake landasan dan dasar2 iang jlas 'n bisa dipertanggung jawapin!!! jangan asal ngemeng ajah. 07/04/2009 ... 22/03/2009 .. minta pengajuan aja wamil paling enggak para penganggur enggak nyusahin ortu.dari pada jadi pengangguran dan jadi preman .... hmmm.. tapi sipil harus membantu.tp paling ga. Udah .....?? terus terang gw kecewa wamil tidK jadi di terapkan paling ga jaga perbatasan lah .... tapi kalo ada wajib militer berani gak.....3:28pm fanabee di mulai dari diri sendiri ajja.9:59pm Tamu hmmm.kt bs jd pahlawan bagi diri kt sendiri. 26/03/2009 .

.12:13pm EBY AND EVA YUUU bener banget kita sbagai warga negara harus trut serta dalam mengamankan lingkungan yaaa.ha.. Sampai akhir hayat kita. negara INDONESIA RAYA.. 27/05/2009 .. 14/07/2009 .ha.galanya dari bangsa ini dan semestinya kita harus menjaga dengan segenap jiwa dan raga kita.... kalo gak kita sapa lagi yang harus menjaga ketahanan negara kita ini.ok.. kudu. ha..... 14/07/2009 .lingkungan negara kita tentunya.. membela negara kita tercinta INDONESIA RAYA.. memang kita haruz membela negara kita niieee. I LOVE U INDONESIA y reply Tamu Tue....7:47pm SETUJU BGT.. benar. y reply Tamu Sat....otomatis pelan tapi pasti... SEMANGATTTTTTTTTT KITA BULATKAN TEKAD KITA DEMI NEGARA KITA YANG TERCINTA INI. 01/08/2009 .dirinya sendiri.hiduppp.kt bs jd bangsa yg berpegang teguh pada pendirian. Kita hidup dan dibesarkan di tanah air ini kita mendapatkan segala... jangan ampek semua yang kita punya di indonesia di ambil oleh bangsa asing. membela bangsa indonesia sampai akhir hayat !!! MERDEKA !!!!!!! y reply Tamu Wed...10:20am kritikan goblok indonesia thu tahu kita 2 di9 bohongan ..haaa y reply Tamu Tue......7:52pm IBNU Ok.. hidup indonesia..benarrr kita mesti......

y reply Tamu Mon. yaitu orang tersebut berada dibawah kekuasaan negara . Kewarganegaraan dalam arti Yuridis Kewarganegaraan dalam arti yuridis ditandai dengan adanya ikatan hukum antara orang ±orang dengan negara.dan sosial budaya apa sih? Kak klo kewajiban warga negara dalam membela negara di bidang ekonomi. Kewarganegaraan adalah segala hal ihlawal yang berhubungan dengan negara. Warga negara memiliki hubungan ndengan negaranya. wilayah. yaitu : a. Kedudukannya sebagai warga negara menciptakan hubungan berupa peranan.politik. tp harus da bukti dan landasan yg kuat untuk qta ngelakuin itu. Salah satu unsur negara adalah rakyat. Pengertian kewarganegaraan dibedakan menjadi dua. Rakyat yang tinggal diwilayah negara menjadi penduduk negara yang bersangkutan. 14/08/2009 . Warga negara adalah bagian dari penduduk suatu negara. hak dan kewajiban yang bersifat timbal balik. dan pemerintah. Adanya ikatan hukum itu menimbulkan akibatakibat hukum tertentu. Kewarganegaraan memiliki keanggotaan yang menunjukkan hubungan atau ikatan anatara negara dengan warga negara. Hak dan Kewajiban Warga Negara Negara sebagai suatu entitas adalah abstrak.N.politik.1:17am Gue stuu bgt sama ni Orang Gue stuu bgt sama ni Orang Mank bener klo qta mw bela negara jgn cma di mulut doank. dalam bela negara Kak klo hak warga negara dalam membela negara di bidang ekonomi. yang tampak adalah unsur -unsur negara yang berupa rakyat. 03/08/2009 .dan sosial budaya apa sih? y reply christian abednego Fri.6:45pm hak dan kewajiban W.

Sanguinis berasal dari kata sanguis yang artinya darah. dsb. misalanya akta kelahiran. Tanda dari adanya ikatan hukum . dan ikatan tanah air. surat pernyataan. Ius artinya hukum atau dalil. Tetapi ikatan emosional. Asas Ius Soli Asas yang menyatakan bahawa kewarganegaraan seseorang ditentukan dari tempat dimana orang tersebut dilahirkan. Soli berasal dari kata solum yang artinya negari atau tanah. ikatan nasib. b. Dengan kata lain. penentuan kewarganegaraan dapat didasarkan pada aspek perkawinan yang mencakupa asas kesatuan hukum dan asas persamaan derajat : . b. Dalam menentukan kewarganegaraan seseorang. ikatan keturunan. bukti kewarganegaraan. Kedudukan Warga Negara Dalam Negara Penentuan Warga Negara Siapa saja yang dapat menjadi warga negara dar suatu negara? Setiap negara berdaulat berwenang menentukan siapa-siapa yang menjadi warga negara. Asas Ius Sanguinis Asas yang mennyatakan bahwa kewarganegaraan sesorang ditentukan beradasarkan keturunan dari orang tersebut. seperti ikatan perasaan. dikenal dengan adanya asas kewarganegaraan berdasarkan kelahiran dan asas kewaraganegaraan berdasarkan perkawinan. Selain dari sisi kelahiran. a. Kewarganegaraan dalam arti Sosiologis Kewarganegaraan dalam arti sosilogis tidak ditandai dengan ikatan hukum. Dalam penentuan kewarganegaraan didasarkan kepada sisikelahiran dikenal dua asas yaitu asas ius soli dan ius sanguinis . ikatan ini lahir dari penghayatan warga negara bersangkutan.yang bersangkutan. ikatan sejarah.

Penentuan kewarganegaraan yang berbeda-beda oleh setiap negara dapat menciptakan problem kewarganegaraan bagi seorang warga. Appatride adalah istilah untuk orang-orang yang tidak memiliki kewarganegaraan. Dalam menyelenggarakan kehidupan bersama. Negara lain juga tidak bolej menentukan siapa saja yang menjadi warga negara dari suatu negara. Yang menjadi warga negara ialah orang-orang Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan undang-undang sebagai warga negara 2. Penduduk ialah waraga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia 3. Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang . Asas persamaan hukum didasarkan pandangan bahwa suami istri adalah suatu ikatan yang tidak terpecahkan sebagai inti dari masyarakat. Bahkan dapat muncul multipatride yaitu istilah untuk orang-orang yang memiliki kewarganegaraan yang banyak (lebih dari 2) Warga Negara Indonesia Negara Indonesia telah menentukan siapa-siapa yang menjadi warga negara . b. Berdasarkan asas ini diusahakan ststus kewarganegaraan suami dan istri adalah sama dan satu. Negara memiliki wewenang untuk menentukan warga negara sesuai dengan asas yang dianut negara tersebut. ketentuan tersebut tercantum dalam pasal 26 UUD 1945 sebagai berikut : 1. Jadi mereka dapat berbeda kewarganegaraan seperti halnya ketika belum berkeluarga. Asas persamaan derajat berasumsi bahwa suatu perkawinan tidak menyebabkan perubahan status kewarganegaaraan suami atau istri. pada dasarnya suatu negara tidak terikat oleh negara lain dalam menentukan kewarganegaraan. Secara ringkas problem kewarganegaraan adalah munculnya apatride dan bipatride.a. Keduanya memiliki hak yang sama untuk menentukan sendiri kewarganegaraan. Dengan adanya kedaulatan ini. Bipatride adalah istilah untuk orang -orang yang memiliki kewarganegaraan ganda (rangkap dua). suami istri perlu mencerminkan suatu kesatuan yang bulat termasuk dalam masalah kewarganegaraan.

Orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang menjadi warga negara Adapun Undang-Undang yang mengatur tentang warga negara adalah Undang -Undang No. Dalam Undang-Undang dinyatakan bahwa kewarganegaraan Republik Indonesia dapat juga diperoleh memalului pewarganegaraan. tidak menjadi kewarganegaraan ganda 7.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. kita mengetahui bahwa orang yang dapat menjadi warga negara Indonesia adalah : a. Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 1 (satu) tahun 6. Sehat jasmani dan rohani 4. Pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima)tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut 3. Orang-orang bangsa Indonesia asli b. Permohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh pemohon juika memenuhi persyaratan sebagai berikut : 1. Telah berusia 18(delapan belas) tahun atau sudah kawin 2. Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 5. Jika dengan memperoleh kewarganegaraan Indonesia. Membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara . Pewarganegaraan adalah tatacara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia melalui permohonan . Mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap 8.Beradasarkan hal diatas .

Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia Memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri. Bertempat tinggal diluar wilayah negara republic Indonesia selama 5 (liama0 tahun berturut-turut bukan dalam rangaka dinas negara. yang bersangkutan sudah berusia 18 tahun atau sudah kawin. Dinyatakan hilang kewarganegaraan oleh Presiden atas permohonannya sendiri . yang jabatan dalam dinas semacam itu di Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undngan hanya dapat dijabat oleh warga negara Indonesia Secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut Tidak diwajibkan tapi turut serta dalam pemilihan sesuatu yangbersifat ketatanegaraan untuk suatu negara asing Mempunyai paspor atau surat yang bersifat paspor dari negara asing atau surat yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku dari negara lain atas namanya. bertempat tinggal di luar negeri dan dengan dinyatakan hilang kewarganegaraan Republik Indonesia tidak menjadi tanpa kewarganegaraan Masuk dalam dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Presiden Secara sukarela masuk dalam dinas negara asing. . tanpa alas an yang sah dan dengan sngaja tidak menyatakan keinginannya untuk tetap menjadi Warga Negara Indonedia sebelum jangka waktu 5(liama) tahun itu berakhir dan setiap 5 (lima) tahun berikutnya yang bersangkutan tidak mengajukan pernytaaan ingin tetap menjadi warga Negara Indonesia kepada perwakilan RI yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal yang bersangkutan padahal perwakilan RItersebut telah memberitahukan secara tertulis kepada yang bersangkutan tidak menjadi tanpa kewarganegaraan. Tidak menolak atau melepaskan kewarganegaraan lain. sedangkan orang yang bersangkutan mendapat kesempatan untuk itu.

Surat pernyataan dapat diajukan oleh perempuan setelah 3(tiga) tahun sejak tanggal perkawinannya berlangsung.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia meliputi : a. c. Menteri mengumumkan nama orang yang kehilangan Kewarganegaraan RI dalam Berita Negara Republik Indonesia Asas-asas yang dipakai dalam Undang-Undang No. yang diperuntukkan terbatas bagi anakanak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang. dinyatakan batal kewarganegaraannya. yaitu asas yang menentukan satu kewarganegaraan bagi setiap orang .Perempuan warganegara Indonesia yang kawin dengan laki-laki warga asing kehilangan kewarganegaraan RI jika menurut hukum negara asal suaminya. Laki-laki warganegara Indonesia yang kawin dengan perempuan warga asing kehilangan kewarganegaraan RI jika menurut hukum negara asal istrinya. Setiap orang yang memperoleh kewarganegaraan RI berdasarkan keterangan yang kemudian hari dinyatakan palsu atau dipalsukan. Asas Ius Sanguinis. yiatu asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarakan keturunan bukan negara tempat kelahiran b. yaitu asas yang menentukan kewarganegaraan berdasarakan negara tempat kelahiran. atau terjadi kekeliruan mengenai orangnya oleh instansi yang berwenang. Asas kewarganegaraan tunggal. kewarganegaraan istri mengikuti kewarganegaraan suami sebagai akibat perkawinan tersebut. Asas Ius Soli scera terbatas. Atau jika ingintetap menjadi warga negara RI dapat mengajukan surat pernyaataan menganai keinginannya kepada pejabat atau perwakilan RI yang wilayahnya meliputi tempat tinggal perempuan atau laki-laki tersebut . kecuali pengajuan tersebut mengakibatkan kewarganegaraan ganda. kewarganegaraan suami mengikuti kewarganegaraan istri sebagai akibat perkawinan tersebut. tidak benar.

Kewajiban mentaati hukum dan pemerintahan b. Hak mendapatkan jaminan keadilan sosial Sedangkan kewajiban warga negara Indonesia terhadap negara Indonesia adalah : a. Hak kemerdekaan memeluk agama e. Bebarapa hak warga negara Indonesia antara lain sebagai berikut : a. Kewajiban membela negara c. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia tercantum dalam Pasal 27 sampai pasal 34 UUD 1945. Asas kewaraganegaraan ganda terbatas. Hak ekonomi untuk mendapat kan kesejahteraan sosial h. Peranan pada dasarnya adalah tugas apa yang dilakukan sesuaidengan status yang dimiliki. Hak membela negara c. Hak dan Kewajiban waraga Negara Indonesia Wujud hubungan Warga Negara dan Negara Wujud hubungan anatara warga negara dengan negara adalah pada umumnya adalah berupa peranan(role). dalam hal ini sebagai warga negara. b. yaitu asas yang menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang ini. Hak mendapatkan pengajaran f. Hak berpendapat d.d. Kewajiban dalam upaya pertahanan negara . Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hak utuk mengembangkan dan memajukan kebudayaan nasional Indonesia g.

Bidang politik dan pemerintahan.. dll. dan pertahanan. Bidang ±bidang ini antara lain. menaati perpu. ekonomi. Kewajiban negara memberi kebebasan beribadah Secara garis besar. anatara lain sebagai berikut : a. hukum lalu lintas. mengikuti wajib militer bila negara dalam keadaan darurat. Kewajiban negara meberi jaminan sosial h. Kewajiban negara mengembangkan sistem pendidikan nasional untuk rakyat g. dll Hukum Tetap Jadi Permainan Politik . jaminan kebebasan berserikat.Selain itu ditentuakan pula hak dan kewajiban negara terhadapwarganegara. Kewajiban : Membayar pajak (Pajak bumi&bangunan. Hak dan kewajiban negara terhadap warga negara pada dasarnya merupakan hak dan kewajiban warga negara terhadap negara. Hak : pelayanan kesehatan (medis) yang memadai. Kewajiban negara untuk menajamin sistem hukum yang adil e. Hak negara untuk dibela c. pajak kenderaan. Hak negara untuk ditaati hukum dan pemerintah b. dan kekayaan untuk kepentingan rakyat d. menaati UU. Hak negara untuk menguasai bumi. jaminan mendapatkan pendidikan. dll ). jaminan keamanan terhadap diri pribadi. keagamaan. hak dan kewajiban warga negara yang telah tertuang dalam UUD 1945 mencakup berbagai bidang .. Beberapa ketentuan tersebut. Kewajiban negara untuk menjamin hak asasi warga negara f. pendidikan. jaminan kebebasan melaksanakan agama. air . pajak bea&cukai. sosial.

hukum tetap akan menjadi permainan politik. seperti tersangka pembobolan BNI. Dari sisi kekuasaan modal. Mereka berkampanye menyatakan dirinya tidak bersalah. Beliau adalah Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Kasus lainnya yang terus berlanjut . dari catatan-catatan yang kita kumpulkan dari seluruh Indonesia. Menurut anda. kasus ini akan terus digantung sampai tahun 2004 dengan tujuan bargaining politik oleh musuh-musuh politiknya. Sebuah lembaga yang tidak asing bagi kita semua. Sementara terhadap kasus-kasus yang melibatkan para elit politik dan pemegang modal. Sebuah kata yang menimbulkan banyak interpretasi bagi kita. Apalagi selama lima tahun kebelakang kita menjalani masa transisi. dari kasus-kasus tersebut mana yang akan berlanjut pada tahun 2004? Menurut saya. Para koruptor masih duduk di Senayan. Bahkan rumah pribadi pun disita sebagai jaminan. seperti kasus buruh di Bekasi. Dimana hukum berlaku tanpa pandang bulu. Kondisi yang rumit dan kompleks. kita akan melakukan refleksi sekaligus juga kesempatan untuk mengingat kembali topik yang teramat penting bagi kehidupan kita dalam sebuah negara dan bangsa. situasi hukum masih buram. Sementara pada kasus-kasus yang melibatkan masyarakat kecil. Sebuah program untuk pencerdasan dan pendidikan publik. kita yakin bahwa kerumitan bisa terpecahkan ketika kita memberi waktu untuk mengulang dan menilai apa yang terjadi di masa lalu. Namun kita ketahui. Hukum kita juga tidak bisa menyentuh para koruptor yang bebas berkeliaran di luar negeri. Menurut dugaan saya. Misalnya kasus korupsi ketua DPR Akbar Tanjung yang sampai hari belum diputuskan. Dimana hukum menjadi pra syarat utama untuk mewujudkan negara dan bangsa yang sesungguhnya atau demokratis. Yakni tentang topik hukum. Hal ini menunjukkan hukum kita bekerja atas perintah dari kekuasaan. Dengan dasar mencemarkan nama baik pejabat negara. Dalam contoh kekuasaan politik. Yakni perbuatan yang tidak menyenangkan sehingga yang bersangkutan diperiksa polisi. realitas yang terjadi tidak seperti itu. hukum dijadikan instrumen kekuasaan. Inilah ketidakadilan-ketidakadilan itu. Gobel. Salah satu isu penting dalam hukum adalah masalah penegakan hukum itu. Hukum ditegakkan agar tercipta keamanan dan ketertiban. diskusi ini akan dipandu sahabat anda Ruddy K. Sampai hari ini. mereka jauh dari sentuhan hukum. Di edisi awal ta hun ini. Baik dari luar Partai Golkar maupun dari dalam Partai Golkar sendiri. program seminggu sekali Perspektif Baru. Kita bisa saksikan seorang terdakwa koruptor masih memimpin rapat Dewan yang terhormat. bersama kita telah hadir Bapak Munarman. si buruh dituduh melakukan tindakan pidana. Bagaimana perjalanan sektor hukum selama tahun 2003? Selama 2003. baik kekuasaan politik maupun modal. Disana-sini sering kita saksikan hukum tak berdaya menghadapi penguasa dan pengusaha. Tapi. Karena meletakkan garam di areal pabrik. Untuk memberikan catatan-catatan perjalanan hukum di Indonesia. ini kita menyaksikan bahwa salah satu redaktur media dituntut oleh Ketua DPR dan Presiden. Kita bertemu kembali dalam program kesayangan kita. Ini sebenarnya sebagai akibat dari proses panjang sistem politik masa lalu yang menempatkan hukum sebagai subordinasi dari politik. sebuah majalah mingguan dan harian terkemuka juga dituntut. Itulah citra hukum kita. salam sejahtera saya ucapkan buat pendengar sekalian. Hingga tiga puluh menit ke depan.Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

mereka kemudian dituduh dengan melakukan tindak pidana (kriminal). Jadi prinsip equality before the law (persamaan hak di depan hukum) masih sekedar lips service. hak azasi untuk mendapatkan perlindungan hukum berupa jaminan atas perumahan. Sistem untuk mendapat bantuan hukum cuma -cuma. yakni konflik pertanahan. dan menuntut hak. Pada tahun ini. Kalaupun ditambah satu lagi. misalnya minimnya pendampingan penasehat hukum? Itu yang kita sebut dengan acces to justice. dan nelayan yang menerima perlakuan tidak adil. tidak melakukan demonstrasi. Di catatan kita ada ribuan kasus yang menimpa masyarakat dari keempat sektor tadi. dan mata pencaharian. Karena banyak sekali anggota masyarakat dari sektor buruh. Ini kasus-kasus hukum yang diametral. ketika memperjuang kembali tanahnya. Tujuannya agar buruh tidak mendirikan serikat buruh. kaum miskin kota. Kedua sistem ini tidak dibangun oleh pemerintah kita sekarang ini. tapi sebenarnya penting dijadikan sebagai barometer dalam mengukur keberhasilan apakah kita sudah melakukan penegakan hukum? Ada tiga sektor yang penting diperhatikan kalau kita melihat pada kasus-kasus yang terjadi pada masyarakat kecil. kasus Tanjung Priok akan terus berlanjut. Di bidang HAM. Pertama adalah kasus buruh. Acces to justice meliputi dua hal yaitu hak untuk mengakses bantuan hukum dan mekanis untuk mendapatkan keadilan. Kedua. Apa pengaruh pemilu ini terhadap proses penegakan hukum? Yang akan terjadi adalah perubahan skala prioritas. jaminan tanah. . Kepolisian. Hanya kasus-kasus pemilu yang menonjol pada tahun 2004 ini. Karena pemilu 2004 merupakan penentu sirkulasi kepemimpinan politik hingga lima tahun ke depan. dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah. Kasus ini sangat banyak karena buruh ternyata berkecendrungan untuk direpresi dengan jalur hukum pidana dengan melibatkan pihak polisi. Sementara kasus-kasus yang melibatkan rakyat kecil berlanjut dalam kerangka politik represi negara untuk menekan kekuatan kekuatan buruh dan petani. petani.adalah kasus BNI. Ketiga adalah kasus yang melibatkan kaum urban atau kaum miskin perkotaan yaitu dengan penggusuran. momen yang paling penting adalah pemilu. Di sisi lain mereka menghadapi kekerasan struktural yang bersifat represif yaitu menggunakan mekanisme hukum pidana. Kasus hukum apa yang tidak diketahui masyarakat umum. Kasus hukum berlanjut namun dengan dimensi politik. kasus-kasus yang berkaitan dengan petani. Perlakuan tidak adil juga terjadi ketika masyarakat menjalani proses pengadilan. Semua sumber daya yang dimiliki akan dikerahkan memprioritaskan kasus-kasus yang berkaitan dengan pemilu. Baik itu dari segi hak-hak keperdataan. Banyak petani yang kehilangan tanahnya. maka kasus yang tidak banyak diketahui publik adalah kasus yang menimpa nelayan. Ini sudah ditunjukkan oleh persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Mahkamah Agung.

Yang ada mekanisme yang konvensional seperti perdata yang membutuhkan biaya yang sangat besar. mereka harus mampu untuk membersihkan pengacara pengacara hitam dari keanggotan organisasi profesi tersebut. berdagang hukum atau transaksionil diantara keempat pelaku hukum ini. Kesannya seperti mempersulit? Ada adagium yang melekat dalam proses hukum kita. Berarti mekanisme bantuan hukum cuma-cuma sama sekali tidak jalan? Ada dua hal mekanisme bantuan hukum. Sedangkan penegak hukum lainnya seperti polisi. Jangankan untuk mengalokasikan dana. Mereka melakukan proses jual beli. dikenakan biaya. Ketika mengajukan gugatan. hakim. negara sama sekali tidak menyediakan penasehat hukum. Misalnya pada kasus enam mahasiswa Indonesia yang dideportasi dari Pakistan. jaksa. Karena dengan UU no. Tetapi lebih pada sekedar memenuhi syarat-syarat formalitas. Karena urusan perdata dianggap sebagai urusan individu-individu. Mekanisme bantuan hukum pidana dan perdata. Kalau dalam hukum pidana. independen dan bebas dari kepentingan politik maupun kepentingan lainnya. Karena urusan birokrasi. Ketika masyarakat kehilangan hak-haknya. agar masyarakat dapat mengakses hukum. seperti penentuan jadwal sidang yang tidak mempertimbangkan kepentingan yang berperkara. tidak ada mekanisme komplain. Dengan penyediaan dana di APBN atau penyaluran dana-dana kepada lembaga bantuan hukum yang memberikan bantuan hukum cuma-cuma kepada masyarakat. Ini salah satu tantangan besar bagi masyarakat untuk memperjuangkan hukum yang bersih. dan hakim itu urusan birokrasi. maka itu adalah sebuah kegagalan. 18/2003 tentang advokat yang memiliki kewenangan untuk menentukan seseorang menjadi pengacara adalah organisasi profesi pengacara. ketika kehilangan kambing maka akan kehilangan sapi. karena orang yang berperkara juga harus bekerja. dan harusnya dipelopori oleh institusi penegak hukum. Sementara untuk hukum perdata. kalau berurusan dengan hukum. Khusus untuk organisasi pengacara. kejaksaan dan pengadilan untuk memberikan pengacara gratis terhadap orang-orang yang tidak sanggup. Kepolisian dan Organisasi Profesi Pengacara. Padahal yang sering dilanggar haknya adalah masyarakat miskin. ada juga masalah. Pada sistem mekanisme hukum. Ini yang sampai sekarang tidak terwujudkan. Yakni bila seseorang yang diancam hukuman penjara lima tahun lebih maka wajib didampingi penasehat hukum. Kalaupun disediakan pengacara. Kejaksaan Agung. Penasehat hukum itu sekedar menandatangani berita acara. Ini sangat memberatkan. mereka perlu dibersihkan dari . Kalau organisasi advokat tidak dapat membersihkan diri dari pengacara hitam. menjadi kewajiban bagi pihak kepolisian.informasinya sengaja ditutupi-tutupi. Karena baik polisi. dirugikan oleh individu yang lain atau pejabat pemerintah. Banyak sekali yang bisa dikritisi dalam proses pengadilan. Mulai dari Mahkamah Agung. jaksa. Sebagian besar pengacara yang ditunjuk tidak sunguh -sungguh melakukan pendampingan hukum dan melakukan penegakan hukum itu sendiri. pemerintah tidak membangun sistem complaint. Ini ada kenyataannya. terpikir pun tidak. Ini kritik saya terhadap profesi pengacara. bahkan pengacara terlibat dalam suatu mafia peradilan. Ini agenda yang teramat penting. Pemerintah seharusnya mengalokasikan bantuan hukum cuma-cuma dari APBN.

Namun tidak bisa sekedar berharap. hanya diberi waktu untuk melaksanakan proses persidangan sekita 40 hari ditambah 30 hari. Kemudian. diperlakukan secara tidak manusiawi. Setiap kantor cabang memberikan pelayanan gratis dan nomornya dapat dilihat di buku telepon. Juga hadir diseluruh ibukota propinsi di Pulau Jawa. jangka waktu penahanan. Kalau didiamkan. Masyarakat harus bersifat aktif. Pengetahuan hukum dasar apa yang harus diketahui oleh masyarakat dan dimana saja masyara kat dapat menghubungi YLBHI? Yang kita berikan pada pendidikan paralegal adalah mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara. Bila ini dapat dilakukan. maka polisi hanya diberi wewenang untuk menahan selama lebih kurang 20 hari dengan perpanjangan 40 hari. Harus mendapat surat perintah penahanan bila tidak sedang tertangkap tangan melakukan pelanggaran hukum. Misalnya. Sementara di Sulawesi ada LBH Menado dan LBH Makassar. disiksa. Masyarakat akan dilayani melalui konsultasi langsung maupun konsultasi per telepon. Dan yang salah kita juga karena membiarkan penyalahgunaan kekuasaan. Kita sudah memiliki banyak sekali memiliki lembaga-lembaga baru seperti Komisi Hukum Nasional (KHN) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kemudian mereka berhak mendapat bantuan hukum. Palembang. Pengadilan negeri. apa yang memperkuat pembuktian bahwa mereka yang berhak atas kepemilikan tanah tersebut. kalau tidak ada keputusan dari polisi yang menangkap. Bisa dengan mengajukan pertanyaan. Bandar Lampung. terkecuali menurut untuk kasus terorisme berdasarkan UU Terorisme No 15/2003. Sementara pihak kejaksaan hanya berwenang untuk menahan selama 50 hari. tersangka tidak boleh diperlakukan sewenang-wenang. maka yang bersangkutan harus dibebaskan demi hukum. seseorang dapat ditahan selama 24 jam. Berkaitan dengan hukum acara baik pidana maupun perdata. Pendidikan acara pidana yang kita berikan adalah mengenai hak-hak mereka kalau dijadikan sebagai tersangka. Menurut UU Hukum Acara Pidana No 8/1961. Padang. masyarakat hendaknya melakukan tekanan -tekanan. Di Sumatra. Selama pemeriksaan. Untuk telepon LBH Jakarta Nomornya adalah (021) 3145518. dalam kasus tanah mereka hendaknya dapat menunjukkan dokumen yang menguatkan bahwa mereka pemilik tanah tersebut. Apakah kita bisa menaruh harapan pada lembaga ini? Kita tetap harus berharap lembaga-lembaga ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya. ada YLBHI Aceh. YLBHI ada 14 kantor cabang. Kalau tidak ada.mafia peradilan dan unsur-unsur korup. Bila ia ditetapkan sebagai tersangka. Dan juga di propinsi Papua yang memiliki beberapa pos. Kita harus memperjuangkannya. Bila masyarakat membutuhkan. Terhadap lembaga-lembaga yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hak untuk tidak diperlakukan secara sewenang-wenang. tidak pasif saja. surat tertulis. kitamemberikan penjelasan atas dokumen-dokumen yang dibutuhkan kalau menghadapi proses pengadilan. Setelah itu. maka ini merupakan langkah awal untuk memperbaiki wajah hukum kita. mereka akan menerima gaji buta. Dalam acara perdata. . bahkan bisa melakukan demostrasi karena itu sah dalam mekanisme demokrasi. Disini pula pentingnya peran lembaga Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yang baru saja dibentuk. Medan. Dimana sasaran utamanya adalah ketiga lembaga ini.

html?20109#ixzz11s87wEXI . kita mengharapkan agar masyarakat membiaya sendiri. bila dalam kasus gugatan perdata. Maksudnya.tanpa dikenakan biaya. kita mengharapkan masyarakat membiayainya.oocities. kita pecat. kita mengharapkan masyarakat membiaya diri sendiri. Kita mengharamkan pemungutan honor. LBH tidak an memungut honor untuk mendampingi masyarakat. Karena kondisi LBH belakangan kekurangan dana. LBH hanya mengenakan biaya administrasi pendaftaran kasus. Bila tidak mampu. Tarif di setiap kantor cabang bervariasi. bila ada pengacara LBH yang memungut honor. (**) Read more: http://www. Namun untuk kasus -kasus pidana gratis. Seperti pendaftaran kasus ke pengadilan yang biayanya mencapai Rp 300.com/hukum_indonesia/komtakberdaya.000.000. tidak melebihi Rp 10. kita akan mencarikan bantuan dana dengan bekerja sama dengan LSM lainnya. Untuk mendapatkan bantu hukum. Sebatas yang bisa dibiayai oleh masyarakat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->