P. 1
Magma

Magma

|Views: 362|Likes:
Published by Wildan Adibtia

More info:

Published by: Wildan Adibtia on Oct 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

MAGMA

Pengertian Magma : adalah cairan atau larutan silikat pijar yang terbentuk secara alamiah bersifat mobil , suhu antara 900-1200 derajat Celcius atau lebih yang berasal dari kerak bumi bagian bawah .

Magma dalam kerak bumi .

Fe2O9. FeO. Ba.K2O. CaO. P2O5.Senyawa volatil .Komposisi kimia magma 1. Unsur-unsur lain atau unsur jejak : Rb. 2. . Sr. HCL.Senyawa yang bersifat non volatil dan merupakan senyawa oksida dalam magma terdiri dari SiO2 . SO2 dsb. CO2. Ni. Cr. Co. Pb.Na2O. TiO2. 3. MnO. H2S. Al2O9. S. terdiri dari fraksi-fraksi gas CH4. Li. V.

Anateksis : proses pembentukan magma dari peleburan batuan pada kedalaman yang sangat besar . Sinteksis : pembentukan magma baru karena proses asimilasi dengan batuan samping 3. Hibridisasi : Pembentukan magma baru karena pencampuran 2 magma yang berlainan 2.EVOLUSI MAGMA Magma dapat berubah menjadi magma lain oleh proses-proses : 1.

DEFFERENSI MAGMATIK : adalah semua proses yang mengubah magma dari keadaan awal yang homogen dalam skala besar menjadi massa batuan beku dg komposisi yang berfariasi .

Mg. Liquid immisibility 4. Fragsinasi : ialah pemisahan kristal dari larutan magma karena proses kristalisasi berjalan tidak setimbang atau kristal-kristal pada waktu pendinginan tidak mengikuti perkembangan (perubahan temperatur dan tekanan yang menyolok dan tiba-tiba). Fe yang memperkaya magma pada bagian waduk. Diffusion . Cristal flotation 5.Proses-proses diferensiasi magma meliputi 1. 3. Cristal settling /gravitational settling ialah pengendapan kristal karena grafitasi dari kristal berat Ca. 2. Vesiculation 6.

Skema differesiasi magma .

Golongan mineral putih atau felsik mineral . Golongan mineral hitam atau mefik mineral 2.REAKSI BOWN ‡ Suatu skema yang menunjukkan urutan kristalisasi dari mineral pembentuk batuan ‡ Terdiri dari : 1.

SKEMA YANG MENUNJUKKAN SERIE REAKSI Bown (William .1992) .

Batuan ultra basa: -Olivin : olivin piroksen -Olivin Plagioklas : Olivin. .Urutan kristalisasi mineral tidak selalu menunujukkan successive crystalitation tetapi juga overlapping Mineral utama dalam batuan diantaranya : Kel.orthoklas-dsb.plagioklas-piroksen -Piroksen : piroksen-plagioklas Kelompok Batuan Intermediet : Piroksen-hornblende-plagioklas Hornblende-plagioklas Hornblende-plagioklas-biotit-kwarsa Kelompok batuan intermediet asam : Hornblende-biotit-orthoklas-plagioklas Hornblende-biotit-muskovit-plagioklas-kwarsa Biotit-muscovite.

KOMPOSISI MINERAL A. Mineral yang terbentuk langsung dari kristalisasi magma. Mineral utama : adl. . dan kehadirannya sangat menentukan dalam penamaan batuan.

andesin. bitownit. . anorthoklas. sodalit. yaitu:  Miniral kwarsa (Si O2)  Kelompok feldspar.7). dan anortit. dan mkroklin.Berdasarkan warna dan densitas dapat dikelompokkan menjadi: a) Mineral Felsic (meneral berwarna terang dengan densitas rata-rata 2.5-2. terdiri dari nevelin. adularia. seri feldspar alkali terdiri dari sanidin. oligoklas. K Alumina silikat). terdiri dari seri feldsfar alkali (K. orthoklas. labradorit.Na)AlSiaOa. seri plagioklas terdiri dari albit.  Kelompok feldspatoid (Na. leusit.

. dan Forsterite  Kel.b).  Kelompok Mika . Hornblende. Augit. Olivin : Fayalith. plogopit  Kelompok Ampibol : Cumingtonit. dan Diopsite. Pegionit. Rieberkit. tremolit.6) Yaitu :  Kel. Aktinolit. Muskovit. Biotit. Hipersten. Glaukopan dsb. Mineral mafic (mineral-mineral feromagnesia dengan warna gelap dan densitas rata-rata 3.0-3. Piroksen : terdiri dari Enstantite.

reaksi hidrotermalmaupun hasil metamorfose terhadap mineral utama. . dapat dari hasil pelapukan. MINERAL SEKUNDER ‡ Merupakan mineral ubahan dari mineral utama.B.

siderit). dolomit. (proklor. . dapat terbentuk dari hasil ubahan mineral plagioklas. magnesit. dan piroksen) Kelompok klorit.Mineral sekunder terdiri dari: Kelompok kalsit (kalsit. sebagai ubahan mineral plagioklas Kelompok mineral kaolin . holosyte) umumnya ditemukan sebagai hasil pelapukan batuan beku. krisotil)umumnya terbentuk dari ubahan mineral mefic (terutama kelompok olivin. (kaolin. penin.talk) umumnya terbentuk dari hasil ubahan mineral kelompok mineral plagioklas Kelompok sericit. Kelompok serpentin (antigorit.

Termasuk golongan ini adalah : Hematit.C. zeolit. apatit. umumnya dalam jumlah sedikit . Walaupun kehadirannya cukup banyak tidak mempengaruhi penamaan batuan. rutile. spene. magnetit. . muskovit. dll. kromit. MINERAL TAMBAHAN Mineral-mineral yang terbentuk dari kristalisasi magma.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->