Tugas dan Wewenang, dan Hak Tugas dan wewenang MPR antara lain: Mengubah dan menetapkan (Undang

-Undang Dasar Republik Indonesia 1945), (UndangUndang Dasar) Melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum Memutuskan usul DPR berdasarkan putusan (Mahkamah Konstitusi) untuk memberhentikan Presiden/Wakil Presiden dalam masa jabatannya Melantik Wakil Presiden menjadi Presiden apabila Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya Memilih Wakil Presiden dari 2 calon yang diajukan Presiden apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Presiden dalam masa jabatannya Memilih Presiden dan Wakil Presiden apabila keduanya berhenti secara bersamaan dalam masa jabatannya Tugas dan wewenang DPR antara lain: Membentuk Undang-Undang yang dibahas dengan Presiden untuk mendapat persetujuan bersama Membahas dan memberikan persetujuan Peraturan Pemerintah Pengganti UndangUndang Menerima dan membahas usulan RUU yang diajukan DPD yang berkaitan dengan bidang tertentu dan mengikutsertakannya dalam pembahasan Menetapkan APBN bersama Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPD Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan UU, APBN, serta kebijakan pemerintah Memilih anggota Badan Pemeriksa Keuangan dengan memperhatikan pertimbangan DPD Membahas dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pertanggungjawaban keuangan negara yang disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan; Memberikan persetujuan kepada Presiden atas pengangkatan dan pemberhentian anggota Komisi Yudisial Memberikan persetujuan calon hakim agung yang diusulkan Komisi Yudisial untuk ditetapkan sebagai hakim agung oleh Presiden Memilih tiga orang calon anggota hakim konstitusi dan mengajukannya kepada Presiden untuk ditetapkan; Memberikan pertimbangan kepada Presiden untuk mengangkat duta, menerima penempatan duta negara lain, dan memberikan pertimbangan dalam pemberian amnesti dan abolisi Memberikan persetujuan kepada Presiden untuk menyatakan perang, membuat perdamaian, dan perjanjian dengan negara lain Menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat

dan penggabungan daerah. pajak. Sc. dan sumber daya ekonomi lainnya serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. Memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan.35% 22.Tugas dan wewenang DPD antara lain: Mengajukan kepada DPR Rancangan Undang-Undang yang berkaitan dengan otonomi daerah.h. Memberi nasihat hukum kepada Presiden selaku Kepala Negara dalam rangka pemberian dan penolakan grasi 4. dan penggabungan daerah. pengelolaan sumber daya alam. pelaksanaan APBN. pemekaran. pembentukan.30% . hubungan pusat dan daerah. Memeriksa permohonan kasasi dan peninjauan kembali 2. DPR kemudian mengundang DPD untuk membahas RUU tersebut. Soekarno (17 Agustus 1945 -12 Maret 1967) H. Menguji secara materiil hanya terhadap peraturan di bawah undang-undang 3.51% 0% 19. Dr. dan sumber daya ekonomi lainnya. Dr. Memberi pertimbangan-pertimbangan di bidang hukum baik diminta maupun tidak kepada lembaga tinggi negara yang lain.Ing.M. dan agama. pengelolaan sumber daya alam. Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari BPK untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN Tugas dan Wewenang Mahkamah Agung 1. hubungan pusat dan daerah.c. dan agama.04% 3. Bacharuddin Jusuf Habibie(21 Mei 1998-20 Oktober 1999) Abdurrahman Wahid (Gus Dur)(20 Oktober 1999 -23 Juli 2001) Megawati Sukarno Putri (23 Juli 2001 -20 Oktober 2004) Susilo Bambang Yudhoyono (20 Oktober 2004 -Sekarang) 23 13 8 2 0 11 40. pembentukan dan pemekaran. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah. Ir. pendidikan. pendidikan.81% 14. Memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak. Soeharto(12 Maret 1967-21 Mei 1999) Prof.

.

.

.

.

.

.

.

12.M. Mangangkat duta dan konsul untuk negara lain dengan pertimbangan DPR. 8. 13. Sc.Ing. Menerima duta dari negara lain dengan pertimbangan DPR. 14. Memegang kekuasaan tertinggi atas AU / Angkatan Udara. 6.c. Menyatakan keadaan bahaya yang syarat-syaratnya ditetapkan oleh UndangUndang. Memberikan Amnesti dan Abolisi Rehabilitasi dengan pertimbangan dari DPR. Meresmikan anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang dipilih DPR atas dasar pertimbangan DPD. Soekarno (17 Agustus 1945 -12 Maret 1967) H. 10. 7. mempengaruhi beban keuangan negara dan atau mengharuskan adanya perubahan / pembentukan Undang-Undang harus dengan persetujuan DPR. damai dengan negara lain dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR. Dr. Membentuk dewan pertimbangan yang memiliki tugas memberi nasehat dan pertimbangan untuk Presiden yang diatur oleh UU. Soeharto(12 Maret 1967-21 Mei 1999) Prof. 11.Ir.h. Menetapkan dan mengajukan anggota dari hakim konstintusi. Membahas rancangan Undang-Undang untuk mendapatkan persetujuan dari . tanda kehormatan dan sebagainya yang diatur oleh UU. 4. 3. AD / Angkatan Darat dan AL / Angkatan Laut. Menyatakan perang dengan negara lain. Memberikan Grasi dan Rehabilitasi dengan pertimbangan dari MA / Mahkamah Agung. 5. Membuat perjanjian yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Menetapkan calon Hakim Agung yang diusulkan oleh KY / Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR. Memberi gelar. Bacharuddin Jusuf Habibie(21 Mei 1998-20 Oktober 1999) Abdurrahman Wahid (Gus Dur)(20 Oktober 1999 -23 Juli 2001) Megawati Sukarno Putri (23 Juli 2001 -20 Oktober 2004) Susilo Bambang Yudhoyono (20 Oktober 2004 -Sekarang) 1. Dr. 2. tanda jasa. 9.

Presiden memperhatikan pertimbangan DPR * Menerima penempatan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan DPR. Kewajiban. dan Mahkamah Agung * Mengangkat dan memberhentikan anggota Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR . Mengajukan Rangcangan UU / Undang-Undang APBN untuk dibahas bersama DPR agar bisa menjadi Undang-Undang. Mengangkat dan memberhentikan anggota KY / Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR. Wewenang. 18.DPR. tanda jasa. dan tanda kehormatan lainnya yang diatur dengan UU * Meresmikan anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD * Menetapkan hakim agung dari calon yang diusulkan oleh Komisi Yudisial dan disetujui DPR * Menetapkan hakim konstitusi dari calon yang diusulkan Presiden. dan Angkatan Udara * Mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada DPR. 15. membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR * Membuat perjanjian internasional lainnya dengan persetujuan DPR * Menyatakan keadaan bahaya * Mengangkat duta dan konsul. Mengesahkan RUU / Rancangan Undang-Undang yang disetujuai bersamasama DPR agar dapat menjadi Undang-Undang secara penuh. rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung * Memberi amnesti dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan DPR * Memberi gelar. 16. Presiden melakukan pembahasan dan pemberian persetujuan atas RUU bersama DPR serta mengesahkan RUU menjadi UU. * Menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (dalam kegentingan yang memaksa) * Menetapkan Peraturan Pemerintah * Mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri * Menyatakan perang. Dalam mengangkat duta. dan Hak Presiden Indonesia antara lain: * Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD * Memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat. * Memberi grasi. DPR. 17. Angkatan Laut. Menetapkan Peraturan Pemerintah Sebagai Pengganti Undang-Undang / Perpu dalam keadaan yang genting dan memaksa.

Tugas-Tugas Menteri 22-Oct-2009 Seorang menteri juga memiliki tugas-tugas yang harus dijalankan agar Indonesia menjadi negara yang tertib dan teratur. * Menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (dalam kegentingan yang memaksa) * Menetapkan Peraturan Pemerintah * Mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri * Menyatakan perang. Presiden dibantu oleh menteri-menteri dalam kabinet.Sebagai kepala negara. * Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD * Memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat. Presiden dibantu oleh menteri-menteri dalam kabinet. Dalam mengangkat duta. Sebagai kepala pemerintahan. membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR * Membuat perjanjian internasional lainnya dengan persetujuan DPR * Menyatakan keadaan bahaya * Mengangkat duta dan konsul. rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung * Memberi amnesti dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan DPR * Memberi gelar. dan Mahkamah Agung * Mengangkat dan memberhentikan anggota Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR Sebagai kepala negara. dan Angkatan Udara * Mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada DPR. memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan sehari-hari. Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. dan tanda kehormatan lainnya yang diatur dengan UU * Meresmikan anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD * Menetapkan hakim agung dari calon yang diusulkan oleh Komisi Yudisial dan disetujui DPR * Menetapkan hakim konstitusi dari calon yang diusulkan Presiden. Presiden memperhatikan pertimbangan DPR * Menerima penempatan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan DPR. * Memberi grasi. Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. Angkatan Laut. tanda jasa. berikut penjelasan mengenai tugas-tugas para menteri. Menteri Koordinator . Nah. memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan sehari-hari. Sebagai kepala pemerintahan. Presiden melakukan pembahasan dan pemberian persetujuan atas RUU bersama DPR serta mengesahkan RUU menjadi UU. DPR.

Ia menjaga hubungan baik dan nama baik Indonesia dengan negara-negara di dunia. Misalnya. Misalnya. memelihara dan memantapkan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. bekerja sama dengan TNI untuk menjaga perdamaian di Nusantara.Menteri Koordinator Bidang Politik. menanggulangi kemiskinan di Indonesia. Menteri Departemen Sekretaris Negara Tugasnya mengurus administrasi presiden dan wakil presiden selama melaksanakan tugas. Menteri Keuangan . Menteri Luar Negeri Tugasnya mengurusi segala hal yang berhubungan dengan negara yang ada di dunia ini. Hukum dan Keamanan Tugasnya adalah mengatur para menteri negara di bidang politik dan keamanan. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Bertugas membantu presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia (HAM). menyiapkan naskah untuk presiden dan wakil presiden. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Tugasnya mengatur cara kerja para menteri negara di bidang perekonomian. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Tugasnya adalah memecahkan masalah yang berhubungan dengan kesejahteraan rakyat. Menteri Pertahanan Tugasnya untuk memantau pertahanan dan keamanan di negara kita. Hal ini termasuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang ada. Sebagai contoh. Misalnya. Menteri Dalam Negeri Tugasnya mengurus urusan negara yang bersifat nasional alias di dalam negara Indonesia.

baik dengan pedagang lokal maupun internasional. Menteri Perdagangan Tugasnya mengatur jalannya proses perdagangan di Indonesia. Menteri Pekerjaan Umum Tugasnya berhubungan dengan perbaikan jalan serta pembangunan gedung-gedung pemerintahan. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bertugas untuk mengelola sumber kekayaan alam yang ada di Indonesia. dan udara di Indonesia. Ia juga mengurus masalah transmigrasi di Indonesia. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bertugas mengurus masalah pekerja di Indonesia yang bekerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Menteri Perindustrian Tugasnya untuk mengatur perkembangan industri di Indonesia. laut. Juga. b>Menteri Kehutanan Menteri Kehutanan Menteri Perhubungan Bertugas mengatur masalah transportasi darat. Menteri Kelautan dan Perikanan Bertugas memantau keadaan laut beserta kekayaan alam yang ada di dalamnya. Tentunya.Bertugas mengelola keuangan negara dan kekayaan negara. Menteri Kesehatan . agar kekayaan alam ini bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia. mengatur keuangan negara supaya utang Indonesia tidak bertambah banyak. Menteri Pertanian Bertugas mengatur segala hal yang berkaitan dengan pertanian.

Bertugas mengatur tentang masalah kesehatan. memberikan pengetahuan tentang virus H1N1 (flu babi) dan cara penanggulangannya. Menteri Sosial Bertugas mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan sosial di masyarakat. Menteri Pendidikan Nasional Berperan di dunia pendidikan. . Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Bertugas untuk memperkenalkan budaya dan daerah-daerah wisata di Indonesia agar dikenal oleh dunia. Menteri Agama Tugasnya mengatur tentang hukum dan tata cara masing-masing agama di Indonesia. seperti menentukan sistem pendidikan di Indonesia. Misalnya.