PEMERINTAH KABUPATEN PATI DINAS PENDIDIKAN UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN GEMBONG

ULANGAN TENGAH SEMESTER I SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 Mata Pelajaran Hari / Tanggal Waktu : : : Nama Nomor Kelas : : : V (lima)

PETUNJUK UMUM 1. Tulis nama dan nomor absen disudut kanan atas! 2. Bacalah dengan teliti sebelum mengerjakan! 3. Kerjakan terlebih dahulu soal yang kamu anggap mudah! I. PETUNJUK KHUSUS 1. Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang benar! 2. Dengarkan cerita yang akan dibacakan gurumu, kemudian jawablah pertanyaan nomor 1-4! (cerita terlampir) 1. 2. 3. 4. Tokoh utama dalam cerita yang kamu dengar adalah … a. badak c. kancil b. kancil d. nyamuk Latar tempat pada cerita Kisah Badak dan Siput adalah … a. hutan c. sawah b. sungai d. ladang watak badak dari cerita yang kamu dengar adalah …. a. sombong c. congkak b. rakus d. pemalas Akibatnya, setiap malam badak tidak dapat tidur nyenyak, karena diganggu nyamuk. Latar waktu pada cerita di atas adalah … a. pagi hari c. sore hari b. siang hari d. malam hari Pewawancara : “Begini, Pak. Kalau boleh tahu, apa yang Bapak lakukan sehingga tanaman tomat Bapak berbuah besar-besar begini?” Pertanyaan di atas paling tepat ditujukan pada narasumber … a. pedagang c. pegawai b. penyuluh pertanian d. petani Langkah terakhir setelah mendengar penjelasan dari narasumber adalah membuat … a. daftar pertanyaan c. kerangka laporan b. catatan d. kesimpulan Pada musim kemarau ini, air sungai menyurut. Jika semua orang mengairi sawahnya, tentu saja air tidak mencukupi. Jika tidak diatur, setiap hari ada warga yang bertengkar berebut air. Tanggapan yang tepat atas penjelasan di atas adalah … a. Sebaiknya tanaman tidak perlu diairi sehingga tidak terjadi perebutan air b. Oleh karena air sulit didapat pada musim kemarau petani tidak perlu menanam padi c. Sebaiknya pengairan sawah dilakukan secara bergiliran, agar tidak terjadi perebutan air d. Berebut air sudah menjadi tradisi, jadi tidak perlu dipikirkan lagi Kalimat berikut yang berisi saran adalah …. a. Jangan kembali lagi ke sini! b. Sebaiknya kamu membantu dia. c. Hati-hati dijalan, semoga kamu selama! d. Semoha kamu berbahagia

5.

6. 7.

8.

No Unsur-unsur cerita 1 Pengarang 2 Tema 3 Dialog 4 Latar 5 Tokoh Pada tabel diatas unsur-unsur intrinsik sebuah cerita ditunjukkan pada nomor …. Kependudukan d. Penulisan judul yang tepat di bawah ini adalah …. paman dan keluarga bekerja sebagai petani. 12 Oktober 2010 c. pembuka c. 5 b. Hasil panen melimpah dan cukup untuk menghidupi keluarga c. Paman Heru ikut transmigrasi ke Sitiung. …. Bedhol Deso c. Poni dan si Belang c. Kalimat di atas merupakan unsur suart pribadi yang disebut … a.. Kegiatan 11. Poni Dan si Belang 15. Membuka tanah pertanian dan menanami dengan cara ekstensifikasi pertanian. bagaimana b. hasil usaha paman tidak sia-sia. mengapa c. karena besarnya biaya 16. Poni dan Si Belang b. 12-Oktober-2010 14. 2. Tanaman palawija paman selalu diserang hama b.9. Di sana. Judul yang paling tepat untuk bacaan di atas adalah … a. Pekalongan. Perpindahan Penduduk b. 4. Paman tidakpernah merasakan hasil panen d. 2. Pekalongan. Kerugian yang paman terima. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … a. 12 Oktober 2010 b. Bacalah bacaan di bawah ini dengan baik! Bedhol deso adalah salah satu jenis transmigrasi. Penulisan tempat dan tanggal surat yang benar adalah … a. 2. salam penutup 13. 3. Transmigrasi d. Salam untuk seluruh keluarga di Semarang. Bencana Alam 10. Poni Dan Si Belang d. yang menjadikan alasan pemerintah melakukan transmigrasi bedhol deso? Kata tanya yang tepat untuk kalimat di atas adalah …. Tak akanpernah aku lupa Semua kenangan belajar bersamamu Doakanlah aku menjadi harapan . penutup b. Pekalongan. a. Lingkungan b. a. Tema yang tepat pada bacaan di atas adalah … a. 12-Oktober 2010 d. Peristiwa c. Alasan tersebut bisa karena bencana alan yang merusak desa itu hingga tidak dapat ditinggali lagi atau bisa juga karena desa mereka terkena ptoyek sebuah pembangunan untuk kepentingan banyak orang. 3. 1. 4 d. Ternyata. Pekalongan. apa d. Aku berharap kamu segera membalas suratku. suratku akan kusambung lain waktu. 2. a. Sebelas tahun yang lalu. salam pembuka d. Sahabat. 3 c. Jenis transmigrasi ini memindahkan seluruh penduduk desa bersama-sama ke suatu tempat yang baru karena berbagai alasan. 5 Cermatilah puisi di bawah ini! PELITAKU Ilmu yang kau berikan Laksana pelita yang tak pernah padam Menerangi jalan gulita Agar kaki tak salah menginjak Guru. siapa 12.

27. penghayatan. vokal. tetapi kenyataan. intonasi. Jumlah kata dalam bacaan adalah 300. Rima dan teman-temannya (ajar) kelompok di rumah Lala. penghayatan. lafal. tanda garis miring ( / ) dipakai pada bagian … 28. berhenti lama c. Sejak kecil anak itu terbiasa hidup sendiri. Amanat puisi di atas adalah … a. berhenti sebentar d. Apa manfaat dari suatu kaerangka karangan? 32. penggalan percakapan tersebut termasuk jenis cerita … 22. 25. Membuat kerangka karangan adalah membuat garis besar karangan yang akan kita tulis. 23. …. Guru sangat berjasa dalam hidup kita. Di rumah dia hanya tinggal dengan kakeknya.17. karena setiap hari belajar bersama. keindahan tulisan dan kepadatan makna c. aku bukannya sombong. Awalan yang tepat untuk kata dalam kurung di atas adalah … 29. Waktu yang kamu gunakan untuk membaca bacaan tersebut adalah 4 menit. berhenti 20. Sebelum membuat daftar pertanyaan untuk berwawancara.Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawha ini dengan jawaban yang tepat! 31. Malam hujan deras Mereka tetap melanjutkan perjalanan. Kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas adalah …. ekspresi c. ekspresi b. aku dapat mengerjakan tugas ini. narasumber berpendapat demikian? Kata tanya yang tepat untuk kalimat di atas adalah … 26. Siapakah yang biasanya mengeluarkan surat undangan resmi dengan nomor surat? 33. Preposisi atau kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas … III. Tanda jeda (/) pada puisi artinya … a. Tanda baca yang digunakan untuk memisahkan antara pelaku dan dialog teks percakapan adalah …. intonasi. Meresapi isi puisi dengan penuh perasaan dinaman … 24. lafal. Jangan kembali lagi ke sini! Tanda seru (!) pada kalimat di atas. Ayah dan ibunya merantau di luar kota. Dalam membaca puisi kita harus dapat meresapi isi puisi dengan penuh perasaan. Apa kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas? 34. bantuan orang lainpun. Terjebak kemacetan lalu lintas. Pada surat undangan resmi. kita harus terlebih dahulu menentukan … 30. Membaca puisi tidak menggunakan tnada koma dan titik. Guru sangat berjasa dalam hidup kita. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 21. keindahan bahasa dan kepadatan makna 18. Puisi merupakan karya sastra yang penyajiannya mengutamakan … a. Berapa kecepatan membacamu? 35. Guru sangat berjasa karena memberi ilmu kepada muridnya c. ……. Guru sangat berjasa kepada muridnya b. keindahan bahasa dan tulisan b. keindahan bunyi dan kepadatan makna d. Belalang : “Hai katak! Kamu jangan sombong merasa paling pandai berenang.” Katak : “Belalang yang baik. ekspresi d. Oleh karena itu kamu harus memberinya tanda jeda. Kalimat manakah yang menunjukkan gagasan utama paragraf tersebut? . ekspresi. berhenti agak lama b. penghayatan 19. Tidak mempunyai kakak maupun adik. oleh karena itu kita tidak boleh melupakannya d.” Dilihat dari pelakunya. II. Dalam membaca puisi hal-hal yang perlu diperhatikan adalah … a. Ani terlambat sampai di rumah …. diucapkan dengan nada ….

Bayu : mereka sedang apa Paman Paman : sedang memberantas tikur Bayu Berilah tanda baca yang tepat pada dialog di atas! Jawab : 38. Disana Diana bisa melihat proses butir-butir mutiara diikat untuk dijadikan kalung atau perhiasan lainnya. Salah satu sahabatnya yang diundang adalah Tiara. Jepara. 1. 2. Perumahan Rendole Indah No. Dila akan merayakan pesta ulang tahun yang ke 10. Hujan lebat mengguyur Desa Tegalsambi..30 WIB di rumahnya. Selain itu angin kencang merobohkan puluhan rumah milik warga.IV. Uraikan jawabanmu atas soal-soal berikut ini! 36. 3. Berlibur juga bisa digunakan untukmenambah pengetahuan. disertai dengan butiran es. Diana diajak Om dan Tante Danu ke Desa Sekarbela. tulislah pokok-pokok persoalan yang ada! Jawab : 40. pukul 15. Berlibur tidak hanya untuk bersenang-senang. besok hari Senin. Jum’at 1 Oktober 2010 siang. 17 Pati. Lombok. Tuliskan kalimat acak di atas menjadi sebuah paragraf yang padu! Jawab : 39. Amatilah gambar berikut ! Setelah kamu amati gambar kejadian tersebut. Kecamatan Tahunan. tanggal 15 Oktober 2010. Berilah tanggapanmu terhadap peristiwa di atas! Jawab : 37. Buatlah surat undangan ulang tahuan Dila kepada Sahabatnya Tiara! . 4.

D D C B C II. 2. Orang-orang menyiram air ke kobaran api 4.30 WIB Tempat : Perumahan Rendole Indah No. A 6. Salam manis selalu Temanmu (Dila) . topik wawancara 30. 20. Pati. D C B A B 11. Bayu : “Mereka sedang apa. A 7. Sebuah rumah terbakar 2. Pilihan Ganda 1. Alternatif Jawaban : 1. B 12. kebijaksanaan guru 37. B 16. Uraian 36. 32. datang ya paca acara ulang tahunku yang ke-10 besok pada : Hari. C 13. 31. B 8. ber 29. Untuk memudahkan penyusunan karangan sehingga lebih sistematis instansi / organisasi tetapi kecepatan membaca (KM) : 300 : 75 kata per menit 4 35. Berlibut tidak hanya bersenang-senang. 5.” 38. Diana diajak Om dan Tante Danu ke Desa Sekarbela. 14 Oktober 2010 Undangan Buat : Tiara di tempat Tiara yang baik. Paman?” Paman : “Sedang memberantas tikus. Di sana Diana bisa melihat proses butir-butir mutiara diikat untuk dijadikan kalung atau perhiasan lainnya. tinggi dan tabel 23. 34. Isian 21.17 Pati Ulang tahunku akan snagat berkesan dengan kehadiranmu. 33. mengapa 26. Suasana menjadi panik dan ribut 40. C 14. B 15. nomor surat 28. karena 27. Berlibr juga bisa digunakan untuk menambah pengetahuan. 39. D 10. tanpa III. 3. D 9. Orang-orang menyelamatkan barang-barang yang masih bisa diselamatkan 5. fabel 22. 17.KUNCI JAWABAN I. sejak kecil anak itu terbiasa hidup sendiri IV. Bayu. 18. penghayatan 24. 19. 4. tanggal : 15 Oktober 2010 Waktu : pukul 15. Lombok. Warga atau penduduk berusaha memadamkan api 3. titik dua ( : ) 25.

Kisah Badak dan Siput Jaman dahulu kulit badak masih tipis dan lunak. Kancil memberi saran agar badak nmakan yang keraskeras. yang tak lain adalh rumah siput. dengan perasaan jengkel dan putus asa. Saat bertemu. Dengan wajah murung. kancil mencari badak. Badak tak tahu. karena ia tahun itu ulah badak. seperti batu dan kerikil. badak menemui kancil sambil memperlihatkan kulitnya yang merah-merah karena gigitan nyamuk. Sejak saat itu badan rajin berkeliling hutan mencari dan memakan tumah siput. Setelah para siput pergi. Namun rasanya tidak enak dan terlalu keras. lalu dimakannya sebuah. kancil segera menyuruh badak untuk menghentikan perbuatannya. Kemudian badak pergi ke pinggir hutan yang banyak batunya lalu memakannya. badak menemui kancil untuk meminta nasihat. Siput kesal dan bingung karena rumah mereka banyak yang hilang saat ditinggal pergi. Tiba-tiba badak melihat sekumpulan benda di bawah pohon. karena digigiti nyamuk. berbentuk agar bulat meruncing. . ternyata enak dan ia menyukainya. Akibatnya setiap malam badak tidak dapat tidur nyenak. Lama-lama kulitnya pun menjadi keras dan tebal. Akhirnya. apalagi julitnya telah menjadi tebal dan keras.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful