Peran Gereja Dalam Masyarakat

Disusun oleh : Elroy & Ribkah MDC GKPB Fajar Keagungan

Visi & Misi GKPB
1. Menjangkau setiap orang dengan Injil, memuridkan mereka sesuai dengan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus, dan mengutus setiap anggota jemaat menjadi saksi di tengah dunia. 2. Membangun kehidupan kekristenan dalam jemaat lokal menurut pola gereja mula-mula secara otentik, seperti yang tercatat dalam kitab Perjanjian Baru.

Filosofi GKPB 1.Spirit of Excellence . Hubungan Ikat Janji . 3.Convenant Relationship Mentalitas Kerajaan . Ketuhanan Yesus Kristus Jesus Christ .Servanthood Melakukan Yang Terbaik . 5. 4.The Lordship of 2.Kingdom Mentality Pengabdian Diri .

Dalam Bidang Marturia (Bersaksi) 3. Dalam Bidang Koinonia (Bersekutu) .Peran GKPB 1. Dalam Bidang Diakonia (Melayani) 2.

dan setelah itu ditabiskan menjadi gereja lokal.1. . baik itu pelayanan di atas mimbar. ataupun pelayanan misi. Dan di dalam GKPB diharuskan bagi setiap calon Pelayan Tuhan yang ingin melayani mengikuti pengajaran terlebih dahulu yang disebut DK (Dasar Kekristenan) dan HB (Hidup Berjemaat).Dalam Bidang Diakonia MDC GKPB menyediakan kesempatan yang sangat terbuka bagi jemaat yang rindu untuk melayani Tuhan.

seperti : ‡Kunjungan ke posyandu ‡Program donor darah ‡Pelayanan kedukaan ‡Pelayanan konseling ‡PPA .1. melainkan eksternal.Dalam Bidang Diakonia GKPB pun mengadakan program pelayanan yang sifatnya tidak internal.

2. Dan pelayananpelayanan tersebut : ‡Utusan misi ke Rutan ‡Utusan misi ke satelit-satelit GKPB di daerah .Dalam Bidang Marturia MDC GKPB menyediakan kesempatan bagi jemaat-jemaat yang memiliki Karunia untuk bersaksi ataupun berkothbah untuk bersaksi bagi Tuhan menjadi berkatNya.

Dalam Bidang Koinonia MDC GKPB menyediakan fasilitas-fasilitas bagi jemaatnya untuk bersekutu. saling mengasihi.3. dll. saling membangun. saling memperhatikan. ‡Kaleb Ministry ‡Doa Pagi ‡Puji dan Sembah ‡Doa malam ‡EXPECT ‡IMAGE .

3.Dalam Bidang Koinonia ‡Kebaktian anak ‡KESAN ‡Shine Woman ‡VMM ‡Intimate .

Dasar Kekristenan (DK) .

Hidup Berjemaat (HB) .

Persekutuan Doa .

KALEB Ministry .

EXPECT .

IMAGE .

Kebaktian Anak .

KESAN ± Kelompok saling memperhatikan .

PPA .

Shine Woman .

VMM .

Intimate .

pasti akan selalu ada jalan keluar. Tantangan : kadang terlalu banyak masyarakat yang kekurangan. . Cara Mengatasi : dengan pertolongan Tuhan Yesus.Peran GKPB BIDANG EKONOMI Membantu dalam kesehatan jemaat ataupun masyarakat yang tidak mempunyai dana untuk pengobatan. sehingga kadang mengalami hambatan dalam dana.

Contohnya ketika bulan puasa. . memberikan bingkisan saat-saat even tertentu. Cara Mengatasi : dengan doa dan puasa. jemaat dilarang makan minum di luar gereja. Tantangan : kadang ada masyarakat-masyarakat tertentu yang memiliki sifat sentimentil terhadap gereja. Tuhan membukakan jalan.Peran GKPB BIDANG SOSIAL Bersosialisasi dengan warga di sekitar gereja. dan jemaatpun dilatih agar terbiasa hidup bersosialisasi dengan baik.

sehingga kita tidak perlu takut apabila dipersulit. Cara Mengatasi : Tuhan pasti membela anakanaknya yang taat akan pemerintah. dll. Contohnya memiliki Surat Ijin Beribadah yang lengkap dan legal. tidak semuanya menjadi lebih mudah. . Tantangan : kadang dengan menaati hukum.Peran GKPB BIDANG PENEGAKAN HUKUM GKPB akan selalu berusaha menaati Hukum yang berlaku. terkadang malah bertambah sulit keadaannya.

Tantangan : kadang ada protes dengan hal-hal seperti itu. .Peran GKPB BIDANG PENEGAKAN HAM GKPB akan selalu berusaha mewujudkan Hak Asasi Manusia setiap jemaat maupun masyarakat. Contohnya ada jemaat yang cacat diperbolehkan mengikuti kebaktian. Cara Mengatasi : menyelesaikannya dengan demokrasi dan berserah pada Tuhan tentunya.

 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful