Modul II: Analisis Dampak Sosial dan Lingkungan

Modul ini akan berisi prtunjuk tentang bagaimana cara menganalisa dampak sosial dan lingkungan yang akan terjadi akibat dari proses bisnis perusahaan yang telah didesain pada modulmodul sebelumnya

sosial dan budaya lebih mengarah kepada dampak yang dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitar tempat proyek dilaksananakan. Lingkungan Fisik Kimia a. Budaya d. Ruang Lahan dan Tanah 2. udara dan tanah. Lingkungan Sosial Ekonomi Budaya a.1 2. Sesuaikan antara perkiraan dampak akibat kegiatan dengan referensi yang anda peroleh Tabel pengerjaan dapat dilihat pada lampiran 2. misalnya dampak terhadap kesehatan. Iklim b. Berikut adalah contoh penentuan komponen yang akan ditelaah pada proyek pembangunan jalan tol Tangerang – JORR pada tahun 1997. Kesehatan Masyarakat e. Fisiografi c. Demografi b. Ekonomi c. Aspek fisik dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian misalnya tata ruang. Sedangkan aspek ekonomi. Secara umum komponen ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu aspek fisik dan aspek sosial ekonomi budaya. Hidrologi d. Sarana dan Prasarana Umum Daftar petunjuk dibawah ini akan membantu anda dalam langkah penentuan komponen lingkungan yang akan ditelaah 1. atau keadaan air.2 Penentuan Batas Wilayah Dampak Penentuan batas wilayah dampak yang dikaji menentukan sebaran dan luasan area yang harus diperhatikan perubahannya akibat dampak dari proyek.1 Penentuan Komponen Lingkungan yang Ditelaah Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menganalisa dampak sosial dan lingkungan adalah menentukan komponen lingkungan apa saja yang akan ditelaah. sarana dan prasarana. ketenangan daerah atau kesempatan kerja. baik kegiatan pra-kostruksi.2. Penentuan batas ini sangat penting dilakukan mengingat perusahaan besar yang melakukan ekspor dan impor apabila . Cari referensi penentuan komponen lingkungan dari berbagai sumber (peraturan pemerintah dan contoh laporan) 2. akan tetapi untuk referensi dapat dilihat pada petunjuk penyusunan Kerangka Acuan – Analisa Dampak Lingkungan (KA-ANDAL) yang dikeluarkan oleh menteri lingkungan hidup. saat konstruksi maupun saat perusahaan sudah berjalan 3. Komponen-komponen ini dapat berbeda-beda tergantung pada jenis dan skala proyek yang akan dilaksanakan. Pada proyek ini ditentukan bahwa komponen lingkungan hidup yang akan ditelaah dampaknya adalah 1. Analisa macam-macam dampak lingkungan dan sosial yang dapat timbul akibat seluruh proses yang dilakukan di perusahaan anda.

Penentuan daerah dampak ini bisa dilakukan berdasarkan perkiraan besar kecilnya dampak pada suatu daerah tertentu (apabila terlalu kecil dampaknya maka area tersebut dapat diabaikan).tidak dibatasi maka bisa jadi daerah dampaknya adalah seluruh dunia. udara).1 telah ditentukan kegiatan-kegiatan yang diperkirakan akan dapat menimbulkan dampak pada lingkungan. Batas Ekologi Batas ekologis adalah ruang persebaran dampak dari suatu rencana usaha dan/atau kegiatan menurut media transportasi limbah (air. Analisa dampak tersebut. Termasuk dalam ruang ini adalah ruang di sekitar rencana usaha dan/atau kegiatan yang secara ekologis memberi dampak terhadap aktivitas usaha dan/atau kegiatan c. Sebaran dampak fisik dapat digunakan untuk menentukan batas ekologi. Dari lokasi proyek yang telah ditentukan pada modul 5 PSI. b. tentukan batas-batas perusahaan dan kemudian batas administratif yang dapat ditentukan berdasarkan kelurahan. yang diperkirakan akan mengalami perubahan mendasar akibat suatu rencana usaha dan/atau kegiatan. sesuai dengan proses dinamika sosial suatu kelompok masyarakat. termasuk dalam hal ini alternatif lokasi rencana usaha dan/atau kegiatan. konstruksi dan operasi. Pada sub-bab 2. kecamatan dan kota yang terkena dampak dari pembuatan perusahaan (pembuatan dan operasional) yang anda gagaskan 2. peraturan pemerintah yang berlaku. Batas Sosial Batas sosial adalah ruang di sekitar rencana usaha dan/atau kegiatan yang merupakan tempat berlangsungnya berbagai interaksi sosial yang mengandung norma dan nilai tertentu yang sudah mapan (termasuk sistem dan struktur sosial). kemudian kelompokan apakah termasuk aspek fisik atau sosial. d. Tentukan batas-batas analisa dampak dan jelaskan alasan penetapannya . Batas Proyek Batas proyek adalah ruang dimana suatu rencana usaha dan/atau kegiatan akan melakukan kegiatan pra-konstruksi. dimana proses alami yang berlangsung di dalam ruang tersebut diperkirakan akan mengalami perubahan mendasar. Posisi batas proyek ini agar dinyatakan juga dalam koordinat. sedangkan sebaran dampak sosial dapat digunakan untuk menentukan dampak sosial. batas administratif maupun professional judgement. Batas yang terbentuk dapat meliputi (Peraturan MenLH 08/2006): a. setelah itu perkirakan sebaran dampaknya. Dari ruang rencana usaha dan/atau kegiatan inilah bersumber dampak terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Daftar petunjuk dibawah ini akan membantu anda dalam langkah penentuan batas wilayah dampak yang akan ditelaah 1. Batas Administratif Batas administrasi adalah ruang dimana masyarakat dapat secara leluasa melakukan kegiatan sosial ekonomi dan sosial budaya sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku di dalam ruang tersebut.

Tuliskan semua kegiatan proyek anda baik mulai saat pra-konstruksi. batas administratif. Luas habitat flora dan fauna yang berkurang akibat pelebaran jalan 2. Rehabilitasi bekas area penambangan pasir dan batu 4. batas sosial dan batas ekologi pada peta tersebut Contoh pengerjaan dapat dilihat pada lampiran 2. Potensi adanya kesenjangan sosial antara tenaga kerja dan pendatang Daftar petunjuk dibawah ini akan membantu anda dalam langkah penentuan komponen lingkungan yang akan ditelaah 1. Cari referensi penentuan perkiraan kegiatan yang dapat menimbulkan dampak pada lingkungan dari berbagai sumber (peraturan pemerintah dan contoh laporan) 2. Sebagai acuan dapat digunakan justifikasi logis. Pengambilan material untuk bahan membuat jalan dapat mengakibatkan emisi berupa debu dan kebisingan (dari ledakan) b. gambarkan batas proyek. Sebagai contoh berikut ini adalah perkiraan kegiatan proyek yang dapat menimbulkan dampak pada lingkungan dalam proyek rencana peningkatan dan pelebaran jalan Suakbuluh-Lasikin-Maudil di Simeuleue Nangroe Aceh Darussalam tahun 2007 1. Dampak pengangkutan material melalui jalan raya dengan truk : kemacetan. Transportasi a.3 Penentuan Kegiatan yang Diperkirakan akan Menimbukan Dampak pada Lingkungan Langkah berikutnya yang harus dilakukan dalam melakukan analisa dampak sosial dan lingkungan adalah memperkirakan kegiatan perusahaan apa saja yang dapat mengakibatkan dampak pada lingkungan baik dampak positif maupun negatif. kecelakaan ceceran bahan b. Lingkungan a.3. konstruksi maupun saat pabrik sudah berjalan. Buat gambar peta tempat proyek dilaksanakan. Tata Ruang dan Pengembangan Ekonomi Wilayah a. Sosial Ekonomi Budaya a.2 2. Langkah ini merupakan langkah awal yang masih berupa perkiraan yang dasar. Pengembangan ekonomi lokal dan regional b. Penggunaan tenaga kerja sekitar daerah jalan b. Untuk kegiatan ketika pabrik telah berjalan bagi kegiatan menjadi input (transfer raw material ke pabrik). data historis dari kegiatan yang serupa maupun professional judgement. Potensi terjadinya pencemaran air akibat penambangan sirtu d. Kemungkinan terjadinya ceceran pada saat pembawaan material c. process (proses-proses yang digunakan untuk membuat produk) dan output (transfer menuju retailer maupun warehouse dan outlet) . Peningkatan kelancaran arus lalu lintas setelah jalan jadi 3. nantinya akan dikembangkan dalam tahap penilaian dampak.

Tentukan perkiraan biaya yang terjadi akibat kegiatan pengelolaan dampak Tabel untuk pengerjaan sub-modul dapat dilihat pada lampiran 2.3 dengan batas yang diperoleh di sub-modul 2. dan sebutkan dampak seperti apa yang diperkirakan akan terjadi Tabel untuk pengerjaan sub-modul dapat dilihat pada lampiran 2.5 Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Pengelolaan Dampak Tahap terakhir yang harus dilakukan pada modul ini adalah merumuskan rencana pengelolaan terhadap dampak yang diperkirakan timbul beserta penentuan target dan pemantauan target dari kegiatan pengelolaan tersebut. Dari semua kegiatan yang telah dituliskan. gunakan skala (+) dan (-) serta penilaian rendah. Daftar petunjuk dibawah ini akan membantu anda dalam penyusunan matrix penilaian dampak. tentukan kegiatan mana yang diperkirakan dapat menimbulkan dampak bagi lingkungan. Tuliskan pada matrix penilaian yang telah dilakukan Tabel untuk pengerjaan sub-modul dapat dilihat pada lampiran 2. Lihat matrix yang dihasilkan pada sub-modul sebelumnya. karena bisa saja komponen ini menimbulkan biaya yang sangat besar sehingga proyek tidak layak untuk dilaksanakan. sedang dan tinggi 4. 1.3 2. tulis ulang dampak yang memiliki nilai sedang dan tinggi pada tabel yang tersedia 3. Sub-bab ini merupakan inti dari modul 2 ini.4 2. Daftar petunjuk dibawah ini akan membantu anda 1. Cari referensi kegiatan pengelolaan dampak pada lingkungan dan pemantauannya dari berbagai sumber (peraturan pemerintah dan contoh laporan) 2. Hal ini dilakukan untuk mempermudah analisa hal apa yang harus dilakukan sebagai penanggulangan terhadap dampak apa saja yang dapat terjadi akibat proyek. Beri tanda pada matrix yang menunjukkan komponen lingkungan apa yang terkena dampak dan kegiatan apa yang menyebabkan dampaknya 2. Selain itu yang harus dilakukan adalah memperkirakan tingkat dampak yang terjadi.3.4 . Nilai besar dampak diperkirakan terjadi.4 Matrix Penilaian Dampak Pada sub-bab ini yang harus dilakukan adalah memplotkan hasil dari sub-modul 2.2 pada matrix dampak. Tentukan kegiatan pengelolaan dampak yang akan dilakukan 4. Cari referensi penilaian dampak pada lingkungan dari berbagai sumber (peraturan pemerintah dan contoh laporan) 3.1 dan 2. Tentukan target dan rencana pemantauan dampak 5. biaya yang timbul akibat kegiatan pengelolaan dampak harus juga dimasukkan dalam analisa finansial.

1 Sosial Ekonomi Budaya Ekonomi Budaya Kesehatan Masyarakat Sarana Prasarana 2 . .Lampiran 2.1 Tabel Penentuan Komponen Lingkungan yang Terkena Dampak No Komponen Lingkungan Sub-Komponen Lingkungan Demografi Keterangan Dampak yang timbul akibat karyawan pendatang. . sistem perdagangan dll) .Batas Administrasi --... ..... . lowongan pekerjaan..Batas Proyek --. Lampiran 2...2 Contoh Penentuan Batas Wilayah Dampak --. pra konstruksi dan konstruksi additional.. kompleks perumahan industri dll Seberapa besar sistem ekonomi mayarakat akan terkena dampak (peluang usaha.Batas Sosial Fokus ke proses bisnis perusahaan.Batas Ekologi --... .

. Pembangunan Pabrik 2 Konstruksi Tenaga Kerja .. Pra Konstruksi Transportasi .. ... Debu dan suara bising dapat mengganggu masyarakat sekitar Masyarakat sekitar dapat bekerja menjadi tukang bangunan ... Transportasi 3 Prose Bisnis Pabrik Produksi ... Truk pembawa material dapat mengakibatkan kemacetan Limbah pabrik dapat mencemari lingkungan sekitar .Lampiran 2..3 Tabel Kegiatan yang Diperkirakan Menimbulkan Dampak pada Lingkungan No Kegiatan Proyek Sub-Kegiatan Pembersihan lahan 1 Keterangan Debu dan suara bising dapat mengganggu masyarakat sekitar Truk pembawa material dapat mengakibatkan kemacetan ...

4 Matrix penilaian dampak yang terjadi akibat kegiatan proyek terhadap masing-masing komponen lingkungan yang ditelaah Komponen Lingkungan Habitat flora dan fauna Potensi erosi pantai Tingkat kemacetan Kegiatan Proyek Penggalian Pasir dan Batu Pembuatan jalan C D E F G H I J (-) sedang (-) rendah (-) tinggi (+) sedang 10 4 5 6 7 8 9 .Lampiran 2.

5 Tabel Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kegiatan Proyek Terkait Rencana Pengelolaan Lingkungan Penanaman Hutan Mangrove Pihak Terkait Kerjasama Program Pengelolaan PT. KLH Setelah 5 tahun hutan mangrove telah dapat menahan erosi pantai Rp. Tanam Menanam Target dan Pemantauan Pengelolaan Dampak yang Ditimbulkan Badan Evaluasi Terkait Perkiraan Biaya Pengambilan pasir pantai Erosi pantai Perhutani.. . 200.....Lampiran 2. ..000. .00 .000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful