BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA

BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA BAB I. PENDAHULUAN 1. Apa yang Dipelajari? Modul ini akan mengantarkan kalian untuk mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya. Adapun ruang lingkup materi mencakup : pengertian budaya dan budaya lokal, unsur-unsur budaya, macam-macam budaya lokal di Indonesia, dampak masuknya budaya asing dan hubungan antar budaya. Modul ini berkaitan dengan modul lainnya yaitu keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan mampu : 1. Menjelaskan pengertian budaya. 2. Menjelaskan pengertian budaya lokal. 3. Menjelaskan unsur-unsur budaya. 4. Mengidentifikasikan macam-macam budaya lokal di Indonesia. 5. Mengidentifikasikan dampak masuknya budaya asing. 6. Mengidentifikasi hubungan antar budaya. Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar ini kelak di dunia kerja adalah : 1. Memahami budaya kerja yang berlaku di tempat kerja. 2. Dapat bersikap dan bertindak sesuai dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja. 1. Mari Mengecek Kemampuan Awal Kalian!

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat ! 1. 1. Manusia makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena dilengkapi dengan akal, nurani dan kehendak yang terdapat pada jiwa manusia sehingga manusia disebut sebagai makhluk « . 2. Manusia dapat menilai berbagai fakta, peristiwa atau sesuatu yang dianggap baik dan benar dan diterima sebagai nilai kebenaran atau nilai kenyataan hal ini menunjukkan manusia memiliki « . 3. Perasaan religius adalah perasaan yang berkaitan dengan « . 4. Kebudayaan merupakan hasil dari « , « dan « . 5. Manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang sangat erat sehingga disebut sebagai « . 6. Budaya yang pada umumnya bersifat tradisional dan masih dipertahankan dinamakan « . 7. Unsur-unsur kebudayaan universal terdiri dari « unsur. 8. Kebudayaan manusia bersifat dinamis karena selalu mengalami « . 9. Penetrasi budaya menyebabkan pengaruh kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga menimbulkan perubahan kebudayaan secara besar-besaran dalam waktu «. 10. Proses penyebaran atau perembesan suatu unsur kebudayaan dari satu pihak kepada pihak lain dinamakan « .

BAB II PEMBELAJARAN 1. Bagaimana Rencana Belajar Siswa? Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut ini. 1. Jenis kegiatan : memahami dan menganalisis materi secara individu dan kelompok 2. Jam : disesuaikan kondisi jam pembelajaran, sekitar 10 jam (5 x pertemuan) 3. Tempat Pencapaian : disesuaikan kondisi di kelas dan di perpustakaan 1. Apa Kegiatan Belajarnya? 1. Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal dan unsur-unsur budaya. 2. Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia. 3. Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing. 4. Tugas kelompok tentang contoh hubungan antar budaya. Rangkuman 1. Manusia makhluk berbudaya karena memiliki akal, nurani dan kehendak. 2. Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti budi atau akal. Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia. 3. Manusia dan kebudayaan merupakan dwi tunggal karena keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, dimana ada sekelompok manusia maka di situ ada kebudayaan yang dihasilkan. 4. Kebudayan berguna bagi manusia atau masyarakat untuk melindungi diri terhadap alam, mengatur hubungan antar manusia dan sebagai wadah dari segenap perasaan manusia. 5. Kebudayan yang hidup dan berkembang pada suku bangsa di setiap daerah disebut kebudayaan lokal. 6. Kebudayan menurut wujudnya digolongkan menjadi tiga macam yaitu : 1. kebudayaan berwujud abstrak 2. kebudayaan berwujud konkret; dan

3. kebudayaan berwujud benda (fisik). 7. Unsur-unsur pokok kebudayaan yang sama dapat dijumpai pada setiap kebudayaan di dunia dinamakan kebudayaan universal (cultural universal) 8. Tujuh unsur pokok kebudayaaan universal 1. sistem religi dan upacara keagamaan 2. sistem dan organisasi kemasyarakatan 3. sistem pengetahuan 4. bahasa 5. sistem kesenian 6. sistem mata pencaharian hidup dan 7. sistem teknologi dan peralatan 9. Dampak masuknya budaya asing antara lain : 1. terjadi perubahan kebudayaan 2. pembauran kebudayaan 3. modernisasi 4. keguncangan budaya 5. penetrasi budaya 6. memperkaya keberagaman budaya 7. melemahnya nilai-nilai budaya bangsa 10. Hubungan antar budaya dapat terjadi melalui : 1. difusi 2. akulturasi Lembar Kerja! Pengaruh budaya asing saat ini sangat gencar terhadap kebudayaan nasional. Pertanyaan : 1. Berilah 3 contoh pengaruh budaya asing. 2. Sebutkan dampak yang ditimbulkan akibat masuknya budaya asing!

3. Upaya apakah yang harus kita lakukan agar pengaruh budaya asing tidak merusak kebudayaan bangsa Indonesia! Lakukan diskusi masing-masing kelompok yang terdiri dari 5 orang. Hasil diskusi dikumpulkan seminggu kemudian! Mari Mengerjakan Tugas! 1. Identifikasikan pengertian budaya lokal menurut pemahaman kalian sendiri. 2. Identifikasikan berbagai contoh budaya lokal yang terdapat di lingkungan kalian tinggal. BAB III EVALUASI 1. Soal Pilihan! Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang tepat! 1. 1. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Kesempurnaan tersebut karena dilengkapi sang pencipta dengan akal, nurani dan kehendak sehingga manusia disebut sebagai makhluk « . 1. berbudaya 2. sosial 3. individu 4. penguasa 5. sempurna 2. Istilah sing yang sama artinya dengan kebudayaan adalah « . 3. Kebudayaan merupakan hasil dari « . 1. akal sebagai daya cipta 2. nurani sebagai daya rasa 3. cipta karsa dan rasa manusia 4. tindakan manusia 5. pengetahuan manusia

universal 2. dwi muka 4. belajar 3. Wujud kebudayaan ideal (abstrak) dinamakan « . berbudaya 5. sistem budaya 3. tunggal ika 3. Budaya lokal pada umumnya bersifat « . statis 5. 1. bekerja 2. petunjuk hidup 6. berbuat 4. 1. abstrak 8. majemuk 2. beriman 5. sentral 4. 1. 1. sistem sosial 2. mentifak . Manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang erat dan tidak dapat dipisahkan sehingga disebut « . dwi tunggal 5. kompleks 3. nasional 5. tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan « . 1.4. teratur 4. Menurut Koentjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan. tradisional 2. dinamis 7. Salah satu ciri kebudayaan adalah selalu bersifat « . modern 3.

Joglo dan Serontong merupakan budaya lokal dari «. Minagkabau 3. Bugis 5. Isi dari semua kebudayaan yang ada di dunia adalah « . Jawa 5. Kaharingan merupakan system kepercayaan yang dianut oleh masyarakat « . Bali 4. tujuh unsur pokok budaya universal 10. adat istiadat yang memiliki nilai etika 2. pola-pola perilaku dari anggota masyarakat 4. sosifect 5. Sunda 4. 1. Nusa Tenggara Timur 12. Dayak 2. Batak 2. 1. Ugi merupakan bahasa daerah yang dipergunakan oleh suku « . Padang 3. rangkaian aktivitas manusia dalam masyarakat 3. 1. Dayak 3. Sawu 2. 1.4. Sahala dan Begn merupakan konsep kepercayaan tradisional yang dianut suku bangsa « . Jambi 2. Bentuk rumah adapt Inuasan. Bali 11. Bali 5. Sawu . perilaku 9. Tondi. Jawa Tengah 4. kebudayaan kebendaan hasil karya manusia 5. Dani 13. 1.

pola-pola kebudayaan 16. Bugis 4.3. sistem informasi dan komunikasi 4. perubahan budaya 3. penetrasi budaya 4. interaksi budaya 3. Proses penyebaran atau perembesan suatu unsur kebudayaan dari satu pihak pada pihak lain dinamakan « . norma dan nilai sosial 5. . Proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dari masyarakat dan kebudayaan tradisional ke masyarakat dan kebudayaan modern dalam segala aspeknya disebut «. Dani 2. globalisasii 3. Dani 14. 1. 1. 1. perang dingin 2. Dayak Piman 15. Asmat 3. Perubahan Kebudayaan akan berjalan secara terus menerus tergantung pada «. kegoncangan budaya 18. Pembauran kebudayaan dewasa ini semakin dipercepat degan berlangsungnya « . 1. modernisasi budaya 5. Dayak Ngaju 5. imperialisme 5. modernisasi 17. pembauran budaya 2. Tsyem merupakan rumah adat dari suku « . Makasar 5. kolonialisasi 4. Bugis 4. dinamika masyarakatnya 2.

Diskusikan tiga wujud kebudayaan. kontak dengan budaya asing 5. Deskripsikan 3 (tiga) proses terjadinya hubungan antar budaya.1. 1. Jelaskan mengapa manusia dengan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya! 3. Proses akulturasi berlangsung dalam jangka waktu « . amalgamasi 5. 5. meniru (imitasi) 20. Identifikasikan dampak yang ditimbulkan dan masuknya budaya asing! 9. penetrasi 3. Diskusikan fungsi kebudayaan bagi kehidupan. perlahan 5. Jelaskan unsur-unsur kebudayaan universal 7. terbata 4. 4. modernisasi 2. 6. 1. Identifikasikan ciri-ciri kebudayaan. 1. perubaaan sosial 3. asimilasi 19. Berilah contoh 3 (tiga) macam budaya lokal di Indonesia. Soal Uraian Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1. difusi 2. Jelaskan pengertian kebudayaan menurut Selo Sumarjan! 2. cepat 2. akulturasi 4. relatif lama 2. cara kekerasan 4. singkat 3. . Proses difusi berlangsung melalui « . 8.

10. Identifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan unsur budaya asing mudah diterima! .

1. contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat. Memahami akan keberagaman budaya dalam lingkungan kerja baik dalam cara hidup. 1. Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar dalam modul ini setelah kelak di dunia kerja adalah : 1. i. 1. 1. 1. 1. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keberagaman budaya. Modul ini berkaitan dengan modul lainnya yaitu berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya. Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat. i. i. sikap. Menganalisis manfaat keberagaman budaya. . 2. Adapun ruang lingkup materi mencakup : faktor-faktor penyebab keberagaman budaya. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan mampu : 1.MODUL 7 POTENSI KEBERAGAMAN YANG ADA DI MASYARAKAT SETEMPAT DALAM KAITANNYA DENGAN BUDAYA NASIONAL BAB I PENDAHULUAN Modul yang akan kalian pelajari akan mengantarkan kalian untuk mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di msyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional. 3. manfaat keberagaman budaya.

penyebaran agama dan peperangan. 4. 10. 7. Lingkungan alam sangat mempengaruhi terhadap pembentukan kepribadian mandiri. Masyarakat yang hidup di daerah pegunungan memiliki pola adaptasi dalam bentuk rumah yang beratap tinggi dan memiliki banyak jendela. Tari Jaipong merupakan tarian tradisional dari daerah Jawa Tengah. 6. Mematuhi budaya kerja Mari Mengecek Kemampuan Awal kalian. Ya Tidak . Kontak budaya dengan kebudayaan asing terjadi melalui unsur perdagangan. 5. 2.. Lingkungan alam meliputi lingkungan sosial dan lingkungan budaya. 9. 8. Keberagaman budaya yang kita miliki merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. 3. Setiap suku bangsa mempunyai keunikan dan kekhasan budaya sendiri. Menghormati adanya keberagaman budaya di lingkungan pekerjaan 3. Pernyataan Kehidupan masyarakat selalu berkaitan dengan kebudayaan. Lingkungan sekitar sangat « manusia dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidupnya. Antara satu daerah dengan daerah yang lain memiliki lingkungan yang berbeda sehingga memberi corak berbeda dalam keberagaman budaya. Berilah tanda cek (˜) sesuai dengan jawaban yang benar! No 1.2.

sekitar 8 jam (4 x pertemuan) 3. 2. Berdiskusi kelas tentang manfaat keberagaman budaya 3. Apa Kegiatan Belajarnya 1. PEMBELAJARAN 1. Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat. 1. Keberagaman kebudayaan Alinea 1. TAMBAHAN BAB 7 1.BAB II. Melalui kebudayaan pula manusia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan makan. . Jenis Kegiatan : Memahami dan menganalisis materi secara individu dan kelompok. perumahan dan kebutuhan lainnya. 1. pakaian. Jam : Disesuaikan kondisi jam pembelajran. Manusia dengan akalnya menciptakan kebudayaan untuk melindungi diri dan memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. i. Tempat Pencapaian : Disesuaikan kondisi di kelas dan di perpustakaan 1. obat-obatan. Bagaiman Rencana Belajar Siswa? Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut : 1. 2. Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktorfaktor penyebabnya.

i. dalam melakukan interaksi dengan individu lain atau dengan kelompok lain manusia mempergunakan budaya seperti bahasa. o kehidupan masyarakat « 2. 1. 1. 1. 1. Tradisi Dugderan di Kota Semarang Tradisi dugderan ikut menyemarakkan datangnya bulan puasa khususnya di Kota Semarang. yaitu binatang yang bentuknya menyerupai persilangan naga dan kuda yang dilengkapi dengan sebutir endhog (telur). Jepara. Sidoarjo. banyak pula pedagang yang berasal dari luar kota hanya untuk mengadu peruntungan. Diantaranya dari Brebes. i. kerajinan kapal dan othok-othok selalu diidentikkan dengan tradisi ini. sopan santun dan adat istiadat tertentu sehingga tercipta tata pergaulan yang harmonis dan saling bekerja sama. Selain di seputar Semarang. . i. Mengingat lingkungan alam dan sosial budaya manusia berbeda satu sama lain maka TAMBAHAN MATERI MODUL 7 Contoh Budaya lokal di masyarakat 1. 1. 1. Dengan mengusung warak ngendhog sebagai ikonnya.Manusia sebagai makhluk sosial. 1. 1. Sebagai warga Semarang. i. Semua barang tersebut tentu akan sulit dijumpai di hari-hari biasa. 1. tentu merasa bangga karena mempunyai tradisi unik yang patut untuk dilestarikan. dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja.

Acara itu seakan menjadi ajang kangenkangenan. Tradisi Nyadran di Ngipik. selapanan bayi. Terutama bagi mereka yang baru pulang dari perantauan. Hal itu amat bergantung pada ada atau tidak seniman yang melestarikan serta dukungan masyarakat penonton sebagai pemilik sah kesenian tersebut. kentrung acap ditanggap untuk menyemarakkan hajatan pupak puser (puputan). Lazimnya. Dados. kentrung sebagai salah satu kekayaan budaya masyarakat tak pernah hilang. 1. kentrung dimainkan seorang dalang. 1. Sepi dan lengang dengan semilir angin pagi yang menawarkan nafas kedamaian dari daerah di lereng perbukitan tersebut. atau jidor. rebana.´ 1. Eman-eman menawi kentrung ical. Sebagian besar kaum adam mengenakan pakaian muslim ala Indonesia lengkap dengan peci.1. . dekade 1970-1980-an. Pada zaman keemasannya. Desa Mayungsari. mudhun lemah. Namun belakangan. 1. Desa Mayungsari Kecamatan Bener Purworejo Area lading dan persawahan di Dusun Ngipik. Hanya sebagian kecil kaum hawa. i. 1. didukung peranti tabuh seperti kendang. Kentrung Tradisi Lisan Kentrung merupakan salah satu jenis seni tutur atau tradisi lisan yang berkembang di wilayah di Jawa. jalan konblok menuju makam tampak ramai orang. Di perempatan dekat balai desa. i. nggih ngentrung sakgaduk-gaduk kula. Kecamatan Bener. Purworejo kemarin tak seperti biasanya. ³Dhasare niku pengin nguri-uri. atau khitanan. ketipung. Satu sama lain saling berjabat tangan sembari basa-basi menanyakan kabar.

Dan beberapa saat pusara tersebut telah dikelilingi oleh ratusan orang. Mbah Sodong Joyo sebenarnya memiliki istri bernama Sodongan yang pusaranya berada di Borobudur. Mbah Sodong Joyo hidup pada masa kerajaan Mataram. mereka turun ke area pemakaman yang memang letaknya di dataran bawah. Yakni Mbah Sodong Joyo. ³ katanya. ³Beliau yang pertama kali babat alas sehingga terbentuklah desa ini. Diungkapkan Suparno. Kemudian dibuka dan dibangun sebuah desa bernama Mayungsari. berdasarkan hikayat yang diturunkan dari setiap generasi. Di bagian pinggir. ³Ternyata suami istri. Dia tidak mengetahui persis kapan pusara itu mulai ada di makam tersebut. Hanya saja. Akhirnya terus berlangsung. Magelang. pusara Mbah Sodong Joyo itu sudah ada sejak ratusan tahun. ³Nyadran ini menjadi bukti rasa bakti kita kepada leluhur yang pertama kali membuka desa ini. Kegiatan yang diyakini sakral dan berbalut dengan nilai-nilai magis-historis ini dilakukan secara rutin setiap tahun. Sebuah pusara besar sejenis makam berada di dalam sebuah gubug. lembaran-lembaran tikar telah disiapkan sebagai tempat duduk. ³Entah misinya apa sampai tempat ini yang konon dulunya masih hutan.Sejurus kemudian. Rangkuman .´ Pusara yang diziarahi itu diyakini sebagai makam leluhur warga desa setempat. ³ katanya. dua pusara di Ngipik dan Borobudur diketahui memiliki hubungan baru sekitar 8 tahun yang lalu. Itulah prosesi awal ritual nyadran yang sudah mentradisi di kalangan warga Dusun Ngipik. ³Dari kecil kami diajari orang tua kami agar setiap menjelang bulan puasa nyadran dulu satu dusun ke makam Mbah Sodong Joyo. Sudah menjadi tradisi kegiatan nyadran ini dilakukan pada hari Kamis kedua pada bulan Sya¶ban.

kemajemukan suku bangsa .1. 7. patung. 1. penyebaran agama 3. buatlah laporan hasil diskusi dan presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru. Setelah selesai berdiskusi. Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan sendiri yang berbeda dengan suku bangsa lain. pahat. Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya adalah : 1. Ayo Mengerjakan Tugas! Lakukan diskusi kelompok mengenai manfaat keberagaman budaya sebagai potensi memperkaya kebudayaan nasional. Contoh kebudayaan lokal di masyarakat setempat dapat berupa : tarian. lingkungan budaya 4. lingkungan . 2. alat musik. 6. Menghargai kebudayaan masyarakat lain yang berbeda menjadi kewajiban setiap warga masyarakat. lagu. ukir. dan 3. . perdagangan 2. peperangan 5. kesenian. Keberagaman budaya yang kita miliki merupakan kekayaan budaya dan kekayaan bersama bangsa yang tidak ternilai harganya. Kontak dengan budaya asing terjadi melalui : 1. i. 3. tradisi. lingkungan alami 2. lingkungan sosial . Kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup didukung oleh lingkungan sekitar yang meliputi : 1. kontak dengan kebudayaan asing 2. dan 3. 1. rumah adat.

Seluruh tingkah laku anggota suatu masyarakat merupakan cermin dari kebudayaan yang mereka anut sehingga kehidupan masyarakat selalu berkaitan dengan « . c. EVALUASI 1. d atau e! 1. b. pekerjaan 4. Soal Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban yang tepat di bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a. 1. materi 3. 1. 1. i. 1. lingkungan 1. mata pencaharian 5. 1. 1. i. . 1. 1.Lembar Kerja Tugas Individu! Buatlah karya tulis mengenai contoh-contoh budaya lokal yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggal kalian. i. kebudayaan 2.

Nusa Tenggara Barat 5. lingkungan 1. 1. iklim. 1. keadaan tanah. 1. Suku Baduy dan Tengger mendiami pulau «. i. keunikan kebudayaan 3. 1. 1. mata pencaharian 5. Jawa 3.i. Bali 4. Maluku 1. Letak geografis. Kebudayaan yang dimiliki suatu masyarakat di suatu tempat berbeda dengan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat di tempat lain. cuaca. 1. i. Sumatera 2. 1. 1. 1. flora dan fauna yang berada di sekitar manusia disebut lingkungan « . kebudayaan universal 4. 1. . perbedaan kebudayaan 2. i. 1. i. Hal ini menyebabkan timbulnya « .

1. 1. dataran rendah 4. sosial 4. bentuk rumah tinggi 2. pegunungan 2. 1. budaya 5. Kondisi lingkungan geografis yang berbeda-beda menyebabkan setiap suku bangsa memunyai pola-pola adaptasi kebudayaan tersendiri terhadap lingkungan. 1. beratap tinggi. Hal ini melahirkan « . beratap seng dan sedikit jendela 4. beratap sedang. gaya hidup sendiri-sendiri 5. Masyarakat yang tinggal di derah pegunungan memakai bentuk rumah yang « . banyak jendela 2. berjendela banyak. 1. Tradisi sedekah laut umumnya dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di daerah « . kesemestaan budaya 2. 1. 1. beratap seng 5. kebudayaan lokal 4. lembah 3. 1. biotik 1. alam 2. padang pasir . tradisi kekeluargaan yang sangat erat 1. geologis 3. 1. banyak jendela 3. beratap gendeng. i. cara kebudayaan yang khas 3. agak rendah. i.

agraris 3. Sakai. 1. peradaban manusia 3. bahasa sehari-hari anggota masyarakat 5. industri 2. Saki. Baduy dan Nias 2. lingkungan sosial budaya 5. Lingkungan sosial turut memengaruhi terhadap pembentukan « . Semua bidang kehidupan sosial masyarakat pedesaan selalu terikat dengan mata pencaharian pertanian sehingga kebudayaan masyarakat pedesaan adalah kebudayaan « . Laut dan Batak 3. kepribadian individu 4. Punan. perdagangan 5. peralatan hidup anggota masyarakat 4. kepribadian bangsa 5. 1. sistem mata pencaharian 5. kebudayaan masyarakat 2. 1. kebudayaan lokal 4. kebiasaan sehari-hari para anggotanya 2.5. tingkat kebudayaan masih sangat bersahaja 2. Tiap-tiap lingkungan sosial dam budaya mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Taijo dan Sawu . 1. jasa 6. keterbatasan kemampuan berkomunikasi 7. bersifat terbelakang da tertinggal 3. nelayan 4. Suku terasing di Indonesia diantaranya adalah « . Hal ini tercermin dalam « . 1. pantai 3. Masyarakat suku terasing adalah masyarakt terisolasi karena « . bentuk rumah masyarakat 3. lingkungan geografis 4.

4. orientasi nilai budaya 3. Lingkungan profesi melakukan kelompok sosial atas dasar pekerjaan di dalam masyarakat yang ditandai dengan adanya perbedaan-perbedaan dalam « . kehidupan peradaban 4. perdagangan 2. tradisional 4. terbuka 2. adat istiadat 5. 1. tradisional 3. perembesan kebudayaan 5. modern 4. i. khusus 10. Sakai. berdasar keahlian 5. 1. bersahaja 5. Kontak dengan kebudayaan asing terjadi karena kondisi masyarakat Indonesia yang sangat heterogen dan bersifat « . 1. modern 11. cara hidup 9. kontemporer 2. 1. Kontak dengan budaya asing terjadi melalui unsur-unsur berikut : 1. penyebaran agama 3. . Bugis. mata pencaharian 2. tertutup 3. Punan dan Tugutil 5. sarana komunikasi Jawaban yang benar adalah « . Taijo dan Toraja 8. peperangan 4. Lingkungan pekerjaan melakukan kebudayaan « .

1. Keberagaman budaya yang dimiliki oleh suku-suku bangsa merupakan « . potensi konflik antar suku 2. 4 dan 5 5. Magelang . Setiap daerah memiliki lagu daerah dan tarian daerah atau tarian tradisional seperti tarian Bedoyo dan Serimpi yang berasal dari daerah « . Kalimantan Timur 5. 3 dan 4 4. 2 dan 4 3. Jawa Tengah memiliki ragam budaya kesenian tradisional seperti tari Gambyong berasal dari daerah « . 1. Berbagai rumah adat di daerah-daerah Indonesia juga beragam bentuknya seperti rumah adat Lamin dari daerah « . Jawa Timur 3. kekuatan terpendam yang tidak ternilai 5.1. 2 dan 3 2. Semarang 2. penghambat hubungan antar bangsa 2. 4 dan 5 1. 2. Jawa Barat 3. Kalimantan 2. 1. Jakarta 2. penghambat proses integrasi 4. Surakarta 3. 1. sumber dan kekayaaan budaya 3. 3. Kalimantan Barat 3. Jawa Tengah 4. 1. Daerah Istimewa Yogyakarta 5. 1. 2. Kalimantan Tengah 4. Kalimantan Selatan 4.

Jelaskan mengapa setiap suku bangsa memiliki pola-pola adaptasi kebudayaan tersendiri terhadap lingkungan! 5. Identifikasikan faktor-faktor penyebab keberagaman kebudayaan! 3. Deskripsikan lingkungan budaya masyarakat kita! 8. i. Berilah contoh kebudayan lokal yang ada di msyarakat tempat tinggal kalian! . 1. Jelaskan bagaimana lingkungan budaya masyarakat daerah terasing! 9. 4. Soal Uraian Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Deskripsikan bagaiman kontak dengan kebudayaan asing dapat terjadi? 10. Deskripsikan mengapa kehidupan masyarakat selalu berkaitan dengan kebudayaan! 2. 1. Boyolali 5. Klaten 1.4. Berilah bukti bahwa setiap suku bangsa memiliki kebudayaan sendiri yang berbeda satu dengan lainnya. Jelaskan perbedaan pola-pola adaptasi suku bangsa yang tinggal di daerah pantai dengan daerah pegunungan! 6. Jelaskan mengapa lingkungan sosial dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian individu! 7.

peran masyarkat dalam menjaga keselarasan antar budaya peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya. . Modul ini berkaitan dengan modul lainnya mengenai menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya.MODUL 8 BERBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN MASALAH AKIBAT ADANYA KEBERAGAMAN BUDAYA BAB I PENDAHULUAN 1. 1. 1. Apa Yang Dipelajari? Modul yang kalian pelajari ini akan mengantarkan kalian untuk mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya. Mengidentifikasi peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar dalam modul ini kelak di dunia industri. i. 1. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan kalian akan mampu : 1. Menjelaskan masalah-masalah yang muncul akibat adanya keberagaman budaya. Mengidentifikasi peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya 4. Mendeskripsikan pentingnya integrasi nasional 3. Adapun ruang lingkup materi mencakup masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya. pentingnya integrasi nasional. 2.

1. Masalah-msalah sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat berupa perilaku yang menyimpang dari « . 1. 1. mampu menyelesaikan masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya 3. . i. mampu menjaga keselarasan antar budaya 1. Suatu keadaan dimana norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarkat memudar akibat perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga masyarakat sehingga tidak ada keserasian pada bagian-bagian dari suatu kesatuan dinamakan « . 1. 2. Alat pengendalian sosial untuk mencapai tujuan masyarakat adalah «. Konflik yang sangat potensial di Indonesia berkaitan langsung dengan « . Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban singkat! 1. 1. menyadari adanya keberagaman budaya yang dimiliki oleh para karyawan 2. Masyarakat Indonesia yang beragam budaya sangat berpotensi menimbulkan « . i. 4.1. 5. 3. i. Hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai satu kesatuan bangsa direalisasikan dalam konsensus nasional melalui « . 6. 1. Mari Mengecek Kemampuan Awal Kalian. 1.

Membuat masyarakat menjadi satu kesatuan yang bulat dinamakan «. Dalam menjaga keselarasan antar budaya diperlukan ²²± « dan «. Salah satu unsur « dalam memantapkan kesadaran nasional dan kesatuan bangsa adalah peringatan Kebangkitan Nasional setiap tanggal « . Pola perilaku bangsa Indonesia yang merupakan bagian dari budaya nasional adalah « .7. 9. 8. 10. .

Tempat Pencapaian : Disesuaikan kondisi di kelas dan di perpustakaan. 1. Jenis Kegiatan : Memahami dan mengidentifikasi materi secara individu dan kelompok 2. 1. 1. Jam : Disesuaikan dengan kondisi jam pembelajaran. 1. 3. Konflik 2. i. Keberagaman budaya menimbulkan masalah seperti : 1. i. 2.BAB II PEMBELAJARAN 1. 1. Desintegrasi (disorganisasi) . Apa Kegiatan Belajarnya? 1. 1. Rangkuman 1. Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi maksimal berdasarkan NKRI. i. Bagaimana Rencana Belajar Siswa? Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut ini : 1. 1. Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya. Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya. sekitar 8 jam (4 x pertemuan) 3.

1. Perbedaan tabiat. Mengembangkan berbagai pola hubungan dalam masyarakat multikultural seperti : 1. Perbedaan yang sangat mencolok 8. Integrasi rasional bangsa Indonesia adalah hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai satu bangsa yakni bangsa Indonesia. i. Reintegrasi 4. Rasa fanatik yang luas dan tidak rasional dalam mengamalkan ajaran agama 9. 1. mengendalikan agar konflik tidak berubah wujud menjadi kekerasan 2. integrasi 4. asimilasi 2. Kecemburuan sosial terhadap kelompok lain 6. pluralisme 2. 1. Perasaan primordial 7. 1. i. 4. Masalah hubungan dengan penduduk pendatang 5. 1. sopan santun diantara bangsa Indonesia 1. mengembangkan konsensus . 1. Alternatif pemecahan masalah yang ditimbulkan oleh keberagaman agama. mengembangkan perasaan saling menghargai 3. 3. Langkah-langkah menuju integrasi 1. 1. mengikis habis ciri stereotip etnik maupun sifat etnosentris.3. self segregation 3. i. Mengembangkan sikap toleransi yang tinggi antar umat beragama 5.

perilaku dan 6. upaya pemerintah menciptakan integrasi 1. lambang dan identitas kebangsaan 5. bahasa 4. pakaian 3. mengembangkan peran struktur masyarakat 3. Mari Mengerjakan Tugas! Lakukan diskusi kelompok mengenai masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya. i. Lembar Kerja Isilah kolom-kolom berikut ini! No 1 2 Menjaga keselarasan antar budaya Masyarakat Pemerintah Peran dalam menjaga keselarasan antar budaya «««««««««««««««««««« «««««««««««««««««««« . Setelah kalian berdiskusi buatlah laporan hasil diskusi. Perwujudan integrasi nasional melalui : 2. 1. Dalam menjaga keselarasan antar budaya diperlukan peran masyarakat dari pemerintah.2. lembaga 1. 1.

1. memiliki struktur sosial yang beragam. konflik 2. Masyarakat Indonesia yang multikultural. macamnya 4. mediasi . sifatnya 5. konflik 2. Soal Pilihan Berilah tanda silang (X) pada huruf a. kegoncangan budaya 5. 1. d atau e sebagi jawaban yang tepat! 1. 1. 1. perubahan kebudayaan 4. 1. memiliki perbedaan-perbedaan dalam hal selera. b. Konflik tingkat ideology dan konflik tingkat politik merupakan bentuk konflik sosial berdasarkan « . disintegrasi 3. jenisnya 3. nilai dan norma sangat berpotensi menimbulkan « . reintegrasi 4. 1. kerja sama 2. arbitrasi 5. tingkatnya 2. c. Terjadi pertentangan antara norma-norma yang ada di dalam masyarakat merupakan salah satu gejala awal terjadinya « . perubahan sosial 3. penyebabnya 3. i.BAB III EVALUASI 1.

seimbang 5. sifat etnosentris masing-masing suku 5. konsensus nasional 3. serasi 5. Hasrat dan kesadarn untuk bersatu sebagai satu bangsa yaitu bangsa Idonesia disebut « . Pada tahap lebih lanjut pola kehidupan disintegrasi akan menimbulkan gejala kehidupan sosial yang « . 1. selaras 4. perasaan saling menghargai 4. integrasi 2. Hal ini terjadi melalui pola hubungan proses « . asimilasi 5. 1. Kelompok etnis yang berbeda secara bertahap dapat mengadopsi budaya dan nilai yang ada dalam kelompok besar masyarakat. kontak sosial . prinsip-prinsip keadilan dan keujuran 6. kelas sosial dan ras hendaknya mampu mengembangkan « . akses membangun kehidupan demokrasi 2. 1.4. tidak normal 3. interaksi sosial 5. akulturasi 7. normal 2. 1. integrasi nasional 2. self segregation 3. difusi 4. Alternatif pemecahan masalah konflik tingkat ideologi masingmasing suku. partisipasi dari kelompok minoritas 3. loyalitas nasional 4.

kemasyarakatn 5. pendidikan 9. Salah satu alternatif pemecahan masalah akibat keberagaman budaya adalah penanaman sikap toleransi dan empati sosial khususnya melalui lembaga « . Salah satu faktor penunjang integrasi nasional Indonesia adalah « . adanya paham etnosentrisme 2.8. Unsur yang penting dalam integrasi nasional adalah « . terjadinya proses-proses sosial dalam interaksi sosial yang bersifat disosiatif 4. kesadaran dan kemauan bersatu 5. adanya pola-pola hubungan sosial . adanya rasa cinta tanah air 11. menghargai perbedaan 2. memahami keragaman budaya 3. adanya perasaan primordialisme yang sangat kuat 5. perkawinan 3. adanya faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib seperjuangan 2. 1. 1. keagamaaan 4. adanya kesepakatn nasional 4. adanya pengendalian social yang berfungsi baik dalam masyarakat 3. sikap torelansi dan empati 4. Salah satu faktor penghambat integrasi nasional di Indonesia adalah « . 1. 1. adanya keinginan untuk bersatu 3. pemerintahan 2. dibukanya akses seluas-luasnya untuk mengembangkan kehidupan demokrasi 10.

menambah frekuensi perkawinan campur antar suku 3. lembaga politik dan pemerintahan 2. 1. kesatuan budaya bangsa 2. mengembangkan peran struktur masyarakat yang bersifat saling menyilang 13. Bahasa Indonesia sebagai perwujudan budaya dan bahasa nasional memiliki fungsi diantaranya adalah « . benda kebudayaan 3. Upaya pemerintah dalam menciptakan integrasi adalah « . Arena atau forum perwujudan integrasi nasional bisa dilaksanakan melalui berbagai jalan antara lain « . cermin kepribadian bangsa 15. lembaga erkawinan 3. integrasi nasional 14. acuan pola perilaku bangsa 5. membuka daerah terisolir melalui pembangunan sarana transportasi dan komunikasi 2. landasan ideology 4. 1. kelebihan dan kekurangan yang dimiliki suku-suku bangsa. menciptakan kreasi baru bentuk kebudayaan 4. partisipasi dalam pembangunan 3. Melakukan pemindahan penduduk secara terprogram melalui transmigrasi merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan « . mengembangkan konsensus nasional mengenai nilai-nilai kemasyarakatan 5. lembaga keagamaan 4. 1. kelompok sosial .5. solidaritas nasional 5. 12. kelompok kemasyarakatan 5. identitas bangsa 2. pola-pola kehidupan sosial yang serasi 4. 1.

Dewan Perwakilan Rakyat 3. mengenal lebih dekat tentang peristiwa serta pelaku sejarah bangsanya 5. melestarikan puncak-puncak kebudayaan bangsa yang berkembang di daerah-daerah 2. organisasi kemasyarakatan 5. meningkatkan apresiasi terhadap kesenian 18. penyebarluasan informasi kebudayaaan lewat peragaan benda-benda budaya 4. umat manusia 2. kepurbakalaan . 1. masyarakat 3. 1. lebih beradab yang dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang merupakan peran « . 1. kesejarahan 2. pemerintah 4. 1.16. Lembaga Swadaya Masyarakat 5. memupuk kesadaran bersejarah dalam aspirasi terhadap warisan budaya 3. lembaga pendidikan 19. Partai politik 17. Majelis Permusyawaratan Rakyat 2. Salah satu peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya adalah « . Contoh lembaga politik sebagai forum perwujudan interasi nasional adalah «. Penyebarluasan informasi kebudayaan terutama lewat pameran dan peragaan benda-benda budaya di gedung-gedung museum merupakan program « . Organisasi kemasyarakatan 4. Diperlukan adanya kebudayaan yang bermutu tinggi.

pembinaan penghayatan kepercayaan 5. permusiuman 4. Deskripsikan dua langkah yang harus dilakukan sebagai alternatif pemecahan . perpustakaan 20. Kemukakan beberapa gejala awal desintegrasi. Soal Uraian! Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. i. 4. inventarisasi kebudayaan 4. Jelaskan macam-macam konflik berdasarkan jenisnya! 3. 1. 1. kesenian 5.3. Jelaskan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat akibat disintegrasi! 5. 1. 1. Jelaskan mengapa konflik terjadi dalam masyarakat? 2. kerja sama lintas sektoral 3. maupun masa sekarang adalah program « . Program yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya bangsa di masa lampau. 1. pembukuan dan perpustakaan 1. 1. i. pengembangan kesenian 2.

Kemukakan fagtor-faktor yang menunjang integrasi nasional Indonesia! 7. Deskripsikan 5 (lima) pesan masyarakat dalam menjaga kelestarian antar budaya! 10. Deskripsikan langkah-langkah menuju integrasi! 8. Kemukakan upaya-upaya yang dilakkan pemerintah dalam menciptakan integrasi! 9.masalah yang ditimbulkan oleh keberagaman budaya! 6. . Jelaskan mengapa kita perlu mengembangkan sikap kritis terhadap nilainilai budaya.

i. menunjukkan beberapa sikap kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural 3. 1.MODUL 9 SIKAP TOLERANSI DAN EMPATI SOSIAL TERHADAP KEBERAGAMAN BUDAYA BAB I PENDAHULUAN Modul ini akan mengantarkan kalian untuk menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya. 1. menunjukkan dalam sikap sehari-hari tentang menghargai budaya orang lain. 1. i. menunjukkan dalam kehidupan sehari-hari menjaga dan melestarikan budaya lokal Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar ini kelak di dunia industri adalah : 1. i. mampu bersikap menghargai kebudayaan orang lain di lingkungan kerja . 2. Adapun ruang lingkup materi mencakup : menghargai budaya orang lain dan menjaga dan melestarikan budaya lokal. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan mampu : 1. 1. memberi contoh sikap-sikap menghargai kebudayaan orang lain yang berbeda 4. 1. 1.

3.2. Dalam menyerap kebudayaan asing kita harus bersikap « . Gejala disintegrasi diantara bangsa Indonesia dapat dicegah apabila ada rasa saling « . 10. 8. 6. 7. Mari Mengecek Kemampuan Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang tepat! 1. Dalam mengembangkan kebudayaan bangsa perlu ditumbuhkan dan dilestarikan nilai budaya « . Melalui sikap saling menghargai kebudayaan suku bangsa yang berbeda dapat memperkokoh « dan « . 2. i. 9. . Keragaman budaya Indonesia merupakan dasar pengembangan identitas bangsa dan « . Toleransi sosial adalah sikap saling menghargai « yang ada dalam masyarakat. mampu menjaga budaya organisasi di tempat kerja 1. Keberagaman budaya suku bangsa rentan terjadinya « . 4. Dalam masyarakat multikultural diperlukan sikap « dan « dari setiap anggota masyarakat. 1. keberagaman kebudayaan suku bangsa merupakan potensi untuk menumbuhkan « dan « . 1. 5. 1. Kita harus meninggalkan sikap primordialisme terutama yang menjurus pada sikap « dan « .

Bangsa Indonesia memiliki keberagaman budaya yang merupakan potensi dalam menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. 2.BAB II PEMBELAJARAN 1. 1. i. Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal RANGKUMAN 1. i. Dalam kehidupan masyarakat multikultural menghargai budaya orang lain yang berbeda adalah kewajiban setiap warga masyarakat. Simulasi tentang sikap menghargai budaya orang lain 2. 1. 1. Tempat pencapaian : disesuaikan kondisi kelas 1. Apa Kegiatan Belajarnya? 1. Bagaimana Rencana Belajar Siswa? Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut ini : 1. 1. 1. Jenis Kegiatan : memahami dan menganalisis materi secara individu 2. 1. . Jam : disesuaikan kondisi jam pembelajaran sekitar 6 jam (6 x pertemuan) 3. i.

7. Kebudayaan nasional diambil dari puncak-puncak prestasi budaya daerah (lokal) sehingga budaya lokal perlu dijaga. Sikap toleransi dan empati sosial setiap anggota masyarakat sangat penting dalam masyarakat multikultural. dipelihara dan dilestarikan sehingga dapat memperkuat dan memperkaya keberagaman budaya bangsa. Toleransi sosial adalah sikap yang menghargai perbedaanperbedaan sosial yang terdapat dalam masyarakat. ««««««««««««««««««. 6.. Dalam mengembangkan sikap saling memahami dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang beranekaragam dengan mengedepankan komunikasi dan dialogis yang bersifat antar individu dan kelompok tersebut. ««««««««««««««««««. perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. 5. 4. Empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasikan dirinya dalam keadaan. buatlah pelaporan hasil diskusi dan presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru! Lembar Kerja Isilah kolom-kolom berikut ini. No 1 2 3 Sikap Toleransi sosial Empati sosial Cinta tanah air Contoh dalam kehidupan ««««««««««««««««««.3.. Ayo Mengerjakan Tugas Lakukan diskusi bersama dalam kelompok ³Sikap-sikap apakah yang kita perlukan dalam menyikapi masyarakat Indonesia yang multikultural?´ Setelah selesai berdiskusi. ..

saling menghargai 4. Soal Pilihan Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a. i. menghormati 5. politik 5. . budaya 2. b. 1. i. ideologi 4. Keberagaman kebudayaan suku bangsa di Indonesia rentan terjadinya konflik « . 1. d atau e! 1. sosial 3. simpati 1. ekonomi 1. 1. saling percaya 2. 1. 1. Dasar pengembangan identitas dan kebudayaan nasional Indonesia adalah « .BAB III EVALUASI 1. 1. 1. c. 1. saling tergantung 3. i. Gejala disintegrasi dapat dicegah apabila ada rasa « . 1.

sikap empati sosial 3. 1. sugesti 3. toleransi sosial 5. sikap toleransi sosial 2. i. 1. sikap primordialisme 4. musyawarah 1. . sikap etnosentris 3. 1.1. budaya lokal 5. empati 4. Sikap kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural adalah « . 1. politik aliran 1. i. 1. imitasi 2. gotong royong 5. 1. 1. integrasi bangsa 1. komunikasi dan dialogis 2. Sikap menghargai perbedaan sosial yang terdapat dalam masyarakat adalah «. keberagaman budaya 4. 1. i. Dalam mengembangkan sikap memahami dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang beraneka ragam melalui langkah yang terbaik / dengan mengedepankan « .

menumbuhkan budaya belajar 2.1. mengembangkan rasa nasionalisme 4. kesadaran sosial 4. i. 1. saling menjaga hubungan baik 4. menyelenggarakan pentas seni bersama 1. saling menjaga hubungan baik 2. 1. i. kepastian hukum 1. 1. perlindungan negara 2. jaminan sosial 5. ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial 5. . 1. kebebasan dalam berorganisasi 3. 1. 1. Dalam mengembangkan rasa nasionalisme terutama dilakukan melalui « . mengembangkan rasa nasionalisme 3. menegakkan supremasi hukum 1. 1. Contoh sikap saling menghargai budaya orang lain sehari-hari adalah « . i. Sikap toleransi dan saling pengertian antar sesama anggota masyarakat akan terwujud bila adanya « . 1. mengembangkan sikap etnosentris yang berlebihan 3. menyelesaikan semua konflik sosial 5.

1. meniru 2. 1. i. kompromi di setiap konflik 4. 1. i. 1. sekelompok orang 2.1. belajar 3. penghayatan wawasan kebangsaan 2. organisasi sosial 4. Agar dalam masyarakat tumbuh sikap dan perilaku yang kreatif dan inovatif maka perlu menumbuhkan budaya « . Menegakkan supremasi hukum artinya bahwa semua peraturan formal harus berlaku pada « . 1. Dalam proses pembangunan dan pengembangan kebudayaan bangsa harus dihindari sikap 1. 1. menyelesaikan semua konflik secara akomodatif 5. kelompok sosial 3. menumbuhkan sikap chauvinisme 3. asing 4. 1. golongan mayoritas 1. i. . 1. semua warga negara 5. kerja keras 5. lokal 1. menerima bahwa setiap suku memiliki kebudayaan daerah 1.

i. solidaritas 5. 3. tenggang rasa 2. 2 dan 3 2. 1. 2. i. 1. 1. 1. 2 dan 4 3. mawas diri 3. 4 dan 5 1. 1. 4 dan 5 5. 2 dan 4 3. 3 dan 4 4. eksklusif 3. 1.i. 1. 1. paham kedaerahan yang sempit 4. eksklusif 4. etnosentris Jawaban yang benar adalah « . 2. tenggang rasa Jawaban yang benar adalah « . Sikap yang diperlukan dalam proses pembangunan dan pengembangan kebudayaan bangsa adalah « . kesetiakawanan 5. 2. 4 dan 5 . 3 dan 4 4. 1. feodal 2. 1. 3. 1. 2 dan 3 2. 2. 4 dan 5 5.

1. 1. 1. i. 1. memiliki nilai-nilai budaya positif 5. i. Kebudayaan nasional diambil dari puncak-puncak prestasi budaya «. 1. manca Negara 4. dunia 5. i. pendidikan 2. telah digunakan dalam waktu yang sangat lama 1. memiliki nilai-nilai dan norma social 3. Untuk memperkaya bdaya nasional dalam menyerap budaya asing harus bersikap « 1. kondusif 5. Kebudayaan nasional diambil dari kebudayaan daerah yang bercirikan « . belajar 3. 1. pasif 4. 1. memiliki corak kekhasan sendiri 2. daerah 1. selektif 2. masa bodoh 3.1. 1. tertutup . tidak menjurus pada pandangan etnosentris 4.

1. 1. 1. nilai-nilai luhur 3. memperkokoh jati diri budaya nasional 5. 1. 1. sistem komunikasi yang terpadu 2. Tiap-tiap suku bangsa memiliki sistem kesenian yang disebut kesenian daerah untuk menampung.1. program inventarisasi kebudayaan . memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia 3. 1. 1. hukum yang berlaku 1. i. Bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa yang berbicara dalam berbagai bahasa daerah. 1. kodrat 2. 1. i. i. menumbuhkan serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni maka diselenggarakan « . maka perlu pembinaan bahasa daerah dalam rangka « . Bangsa Indonesia tidak ingin dan tidak akan menghilangkan perbedaan-perbedaan yang telah ada karena tindakan menghilangkan perbedaan tersebut bertentangan dengan « . memperkokoh persatuan dan kesatuan 2. hak asasi manusia 5. menyelamatkan warisan budaya leluhur 1. membina ketahanan budaya 4. budaya universal 4.

Jelaskan mengapa dalam menyikapi keberagaman budaya diperlukan sikap toleransi dan empati sosial! . oleh karena itu perlu sikap « . selektif dalam pergaulan 4. 1. i. 1. menerima bahwa tiap suku memiliki budaya lokal masingmasing. festival pekan kesenian atau pagelaran seni 4. kerja sama lintas sektoral 1. mengembangkan kesadaran sosial 5. i. mencintai karya budaya bangsa 3. Aliran kepercayaan (sistem religi) terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan bagian dari kebudayaan lokal. 1. 1. 1. 1. 1. Soal Uraian Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! 1. 1. forum komunikasi para pemikir budaya 5. i.3. saling menghormati dan menghargai 2. Deskripsikan mengapa keberagaman budaya suku-suku bangsa di Indonesia rentan terjadinya konflik budaya yang dapat menimbulkan gejala disintegrasi! 2. Keberadaan aliran kepercayaan tersebut tidak perlu dipertentangkan. 1.

Jelaskan mengapa tanpa kepastian hukum sifat toleransi dan saling pengertian antar sesama anggota masyarakat tidak dapat terwujud. 9. Jelaskan yang dimaksud dengan toleransi sosial! 4. 6. sikap eksklusif dan paham kedaerahan yang sempit? 8. Berilah 4 (empat) contoh sikap menghargai budaya orang lain dalam pergaulan hidup sehari-hari! 7. Deskripsikan upaya-upaya yang harus kita lakukan dalam menjaga dan melestarikan kesenian daerah (kesenian tradisional). Jelaskan mengapa dalam pembangunan kebudayaan nasional bersifat terbuka! 10. Jelaskan sikap kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat yang beraneka ragam budaya! 5. Kemukakan ciri-ciri kebudayaan nasional yang diambil dari kebudayaan daerah (lokal).3. Deskripsikan mengapa dalam masyarakat multikultural harus menghindari sikap feodal. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times