Masa Sesudah Melahirkan.

Penderitaan dimulai! Biasanya masa nafas yang 40 hari ini lebih sengsara dari masa kehamilan yang 9 bulan. Dimulai dari hari kelahiran, ada yang komplit 40 hari, ada yang ngerasa 30 hari cukup. Sebetulnya sih pemulihan dari si ibu yang melahirkan, seperti pemulihan orang abis sakit berat. Tapi Masa pemulihan ini dianggep penting banget, katanya kalau masa pemulihan ini tidak dijalankan dengan baik dan benar, disaat tuanya nanti ibu bakalan banyak penyakit dan keluhan, diantaranya rematik, sakit kepala, sakit pinggang, sakit punggung. Menurut kedokteran seorang ibu butuh waktu 6 sampai 8 minggu untuk memulihkan diri setelah melahirkan, itu yang menjadi dasar lalu dibantu sama segala macam makanan sehat dengan berbagai tujuan, Selama hamil temperatur badan ibu naik 30% - 50%, makanya suka kegerahan, waktu melahirkan temperatur badan ibu turun drastis, mana abis keluar tenaga dan cairan yang banyak, makanya rawan "masuk angin" makanya segala aturan dan makanan biasanya untuk membikin ibu hangat dan menjauhkan dari dingin dan masuk angin. Itu sebabnya ada aturan untuk para ibu yang menjalankan Sebulanan ini adalah : 1. Dilarang mandi dan dilarang keramas selama Sebulan! 2. Dilarang keluar rumah selama sebulan, kecuali ke dokter, itupun jika bisa sebulan tidak usah ke dokter. . 3. Tidak boleh makan makanan yang sembarangan, ada aturannya yang boleh dan yang tidak boleh, dan kebanyakan yang tidak bolehnya daripada yang boleh. Orang Cina bagi makanan menjadi tiga macam: 1. Makanan yang bersifat panas. Ini yang digunakan untuk menyeimbangkan keadaan si ibu. Makanan panas menyebabkan sakit tenggorokan, batuk, sariawan, sembelit, wasir dan bibir pecah pecah. 2. Makanan yang bersifat dingin. Ini bisa jadi kembung,keram otot dan rematik. 3. Makanan yang bersifat netral Ini bisa jadi panas / dingin tergantung cara masak atau bahan lain yang dimasak bersamaan.

dan minyak wijen. Akibatnya hanya boleh minum air putih satu cangkir saja untuk sehari. Supaya tidak masuk angin ibu yang habis melahirkan dianjurkan pakai piyama tangan panjang dan celana panjang. karena dapat mengakibatkan TBC. Makanan yang termasuk netral juga harus dimasak dengan yang terhitung "panas" untuk membantu ibu menangkal masuk angin.minyak wijen dan arak. Ingat tidak boleh kena binatang kaki seribu. dimasak sama jahe dan arak kadang ditambah segala macam akar dan biji bijian untuk "cia po" (penguat badan). Boleh minum berapa banyak pun. jahe. Tiap malam supaya cepat pulih harus minum kaldu. Yang termasuk dingin adalah : Melon. Yang termasuk netral adalah: Nasi. kol. dan ikan bawal. dan bisa jadi gemuk air dan sulit langsing lagi nantinya. telur. Cara masak dengan menggoreng termasuk panas. . Tidak boleh mandi dan tidak boleh keramas. Misalnya mau makan sayuran (dingin) dimasak dengan minyak wijen dan jahe (panas). Dan harus dalam keadaan hangat selalu (masuk termos).Yang termasuk makanan panas adalah: Duren. Kalau mau pakai daster boleh tapi harus pakai kain/sarung supaya bagian kaki enggak masuk angin karena dapat mengakibatkan rematik bahkan bisa merenggut nyawa. sawi. merica. tetapi jadi gerah. Jadi selama sebulan hanya boleh minum air putih sedikit. daging sapi. Bisa beracun. harus minum arak satu sloki untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu juga bikin tidak masuk angina. bisa bikin kembung dan bikin pembuluh darah bengkak. Air putih dan air teh termasuk dingin. Kaldu ini selain mempercepat pemulihan juga bisa bikin air susu melimpah. semangka. timun. daging babi. Tetapi ayam tidak boleh digoreng. minuman beralkohol. Supaya lebih manis dikit boleh ditambah red dates atau lengkeng kering. dikukus termasuk dingin. anggur. cabe. Sebelum tidur. Masakan yang paling terkenal untuk ibu hamil adalah ayam mayou yaitu daging ayam dimasak dengan jahe. Kemudian makanan dan minuman banyak mengandung jahe (Zhi jiu) dan arak. sebab binatang kaki seribu suka dengan arak. direbus dengan api kecil dengan air. Cara masak dan bahan diatur-atur supaya seimbang. sebab segala kaldu kalduan itu bikin produksi susu lancar. dan sayur-sayuran. Yang boleh itu minum teh khusus yang dibuat dari ketan hitam yang disangrai bersama jahe. Kalau minum teh ini tidak kembung. daging ayam.

kuatir ada angin masuk. kalau keburu dingin harus dipanasin / direbus lagi dan tidak boleh ditambah air dingin dari keran. seperti kue tart. Dan yang lebih penting lagi ini air mandi harus ditunggu agak hangat terus langsung dipakai mandi. 40. tidak boleh terlalu capek. Rambut sama sekali tidak boleh kena air selama sebulan penuh. air rebusan sereh yang banyak. Hari ke 30 dan 40 boleh keramas dengan air rebusan khusus ini. Paling hanya boleh basuh badan sama muka pakai waslap dan air hangat. 30. Setelah lewat masa sebulanan ini silahkan mandi seperti biasanya. Urusan mandi pada hari kesepuluh boleh mandi dengan air khusus. Pada hari terakhir (40 hari) dalam adat Tionghoa ini biasanya baru ada perayaan yaitu gunting rambut bayi dan mengirimkan kue ke saudara / keluarga. tidak boleh sampai dingin. Mandinya juga harus cepat-cepat. 35. 25. . nanti khasiatnya hilang.Selain ibu harus di rumah terus. Warna dan baunya agak menakutkan. Jalannya pun harus pelan-pelan. Selama 10 hari setelah melahirkan tidak ada kompromi tidak boleh mandi tidak boleh keramas. air putih yang dijatah dan makanan yang tidak bervariasi. 20. Selanjutnya baru boleh mandi lagi pada hari ke 15. plus angku kue (kue yang merah-merah isi kacang hijau) dan telur rebus yang dikasih warna merah-merah.

TUGAS MANDARIN ADAT-ISTIADAT KELAHIRAN TIONGHOA DISUSUN OLEH : LIKI 08021057 F.E AKUNTANSI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2009/2010 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful