Access Point

Fungsi Access Point ibaratnya sebagai Hub/Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga anda, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal(ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.2. Antena Omni

Untuk memperluas coverage area hingga beberapa Kilometer, anda memerlukan antena omni eksternal, meski ketika anda membeli access point sudah dilengkapi antena omni, namun belumlah cukup karena hanya berkekuatan sekitar 3-5dB, untuk memperluas area jangkauannya, anda memerlukan antena Omni eksternal, yang rata-rata berkekuatan 15dB. Antena Omni ini memiliki pancaran atau radiasi 360 derajat, jadi cocok bisa menjangkau client dari arah mana saja. 3. Box Access Point

Untuk melindungi access point anda, maka diperlukan pelindung berbentuk kotak, bisa terbuat dari plastik atau plat besi, rata-rata kotak ini sudah dilengkapi dengan kunci pengaman, dan box ini memang harus diletakkan persis di bawah antena.

4. Kabel Pigtail

/Kabel Jumper

Penangkal Petir (Lightning Arrester) Sebagai pengaman dari petir maka anda memerlukan alat ini yang berfungsi menyalurkan kelebihan beban listrik saat petir menyambar ke kabel pembumian(grounding). selebih dari itu anda akan mengalami degradasi sinyal(loss dB) Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point anda. Ingat grounding yang kurang baik akan menyebabkan perangkat wireless tetap rentan terhadap serangan petir. Kabel UTP/STP Meski namanya perangkat wireless. komponen ini dipasang pada kabel jumper antara perangkat access point dengan antena eksternal. namun peranan kabel juga diperlukan. 6. kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda. POE (Power Over Ethern et) Agar kabel listrik tidak dinaikkan ke atas untuk ³menghidupkan´ access point maka anda memerlukan alat ³POE´ ini yang fungsinya mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP. . jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch. Grounding untuk penangkal petir umumnya ditanam dengan batang tembaga hingga kedalaman beberapa meter sampai mencapai sumber air. 7.Kabel Pigtail atau kabel jumperl diperlukan untuk menghubungkan antara antena omni dengan dengan access point. lebih praktis dan hemat. 5. dengan alat ini maka anda tidak perlu repot-repot lagi mengulur kabel listrik ke atas tower. perhatikan panjang maksimal yang diperlukan hanya 1 meter. pilihlah kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.

dimana pada perangkat tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan USB Wifi. Akses poin merk Edimax/Minitar/Linksys. .Jarak 1-2 KM.Jarak 10 KM lebih.Jarak 2-3 KM. jadi langsung anda bisa menancapkannya ke komputer. antena Grid 24db . Akses poin merk Senao SL2611/Mikrotik. lebih ekonomis jika menggunakan wajan bolic. anda membutuhkan 2 perangkat. pertama. antenanya anda bisa pakai Yagi atau Backfire . Akses poin merk Edimax/Minitar/Linksys.8. Apabila jarak client lebih dari 1 KM. anda perlu menaikkan antena omni eksternal ke tempat yang tinggi agar client WLAN anda bisa menangkap sinyal radio anda dengan baik.Jarak 0-1 KM. Untuk Client yang jaraknya dari tempat pemancar kurang dari 1 KM. access point dan kedua antena ekste rnal pengarah atau type grid untuk menangkap sinyal dari pemancar anda. ## PERANGKAT CLIENT WLAN ## Pada sisi client. untuk menangkap sinyal dari ³antena omni´ anda maka perangkat client sbb : 1. Tower Guna mendapatkan jangkauan area coverage yang maksimal.Jarak 3-10 KM. Berikut rekomendasinya : . antena Grid 24db . Akses poin merk Senao ECCB3220/Mikrotik. antena Grid 24db. yang disambungkan dengan kabel UTP plus kabel extended USB. pakailah wajan bolic lebih ekonomis .2.

. smart DHCP bagi client network dan hardware standard monitor serta Firewall dan sebagainya. Bila anda . cable modem atau alat lainnya untuk menghubungkan computer dengan WIFI kedalam sebuah network lain. Tetapi pada perangkat USB WIFI Adapter memiliki batasan. Model PCMCIA juga tersedia dengan tipe G atau double transmit.0 karena kemampuan sistem WIFI mampu mencapai data rate 54Mbps. Access Point dapat berupa perangkat access point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal router. Alat ini mengambil power 5V dari USB port. USB Wireless Adaptor Termasuk perangkat baru dan praktis pada teknologi WIFI. Bahkan pada model terbaru sudah ditambahkan teknologi Super G dengan kemampuan double transmisi. Sebaiknya mengunakan USB port 2.Hardware Access Point + plus Perangkat dibawah ini adalah perangkat standard yang digunakan untuk access point. PCMCIA Adapter Alat ini dapat ditambahkan pada notebook dengan pada PCMCIA slot. Alat Access point dapat dipasangkan pada sebuah hub. Untuk kemudahan USB WIFI adapter dengan fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC.

penambahan perangkat Wireless USB adaptor adalah pilihan yang tepat. Sama kemampuannya dengan PCI card wireless network tetapi mengunakan jack USB internal pada mainboard termasuk pemakaian power diambil dari cable tersebut.memerlukan kepraktisan. dan memiliki jangkauan sama seperti PCI Wireless adaptor. . Perangkat pada gambar dibawah ini juga dapat diaktifkan sebagai Access Point melalui software driver. selain bentuk antenna yang ditanam didalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangak ini. Tetapi perlu diingatkan bahwa dengan supply power kecil dari USB port alat juga memilki jangkauan lebih rendah. USB Add-on PCI slot Perangkat ini umumnya diberikan bersama paket mainboard untuk melengkapi perangkat WIFI pada sebuah computer. karena bentuknya yang praktis dan dapat dilepas. Kekuatan alat ini terletak pada antenna.

Umumnya perangkat hardware dengan miniPCI bus tidak dijual secara umum. Berbeda dengan card yang digunakan pada computer dengan PCI interface. tetapi model terbaru seperti pada Gigabyte GN-WIAG01 dengan kemampuan WIFI Super G sudah dijual bebas untuk upgrade Wireless adaptor bagi sebuah notebook. PCImini bus adalah slot PCI yang disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan perangkat seperti WIFI adaptor didalam sebuah notebook. Perangkat mini PCI untuk wireless nantinya diberikan 2 buah socket antena dan terhubung dengan antena di sisi layar sebuah notebook. Untuk keterangan dimana perangkat ini dipasang. .Mini PCI bus adapter Perangkat miniPCI bus untuk WIFI notebook berbentuk card yang ditanamkan didalam case notebook. dapat dilihat pada gambar menginstall Mini PCI bus.

Perangkat Wireless network dapat juga diaktifkan menjadi Access point. sudah disediakan 2 kabel antenna yang menghubungkan PCIbus card ke external antenna. . PCI card wireless network PCIcard Wireless network dapat juga berupa sebuah card WIFI yang ditancapkan pada slot computer atau dengan mengambil power dari USB tetapi dipasangkan pada PCI slot. Perangkat jenis PCI card dipasangkan permanen pada sebuah desktop PC.Install Mini PCI bus Wireless Adaptor ± Click picture for detail Adalah contoh sebuah notebook Bila sebuah notebook sudah Adalah penempatan jack antenna dengan interface PCIbus yang masih mendukung teknologi WIFI. biasanya untuk PCImini card WIFI kosong.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful