GLOBALISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAHANAN NASIONAL INDONESIA Indonesia memiliki letak geografis yang berada pada posisi

silang dunia yang tentunya akan sangat menguntungkan dalam menjalin hubungan kerjasama maupun menyampaikan pandanganya di kancah internasional. Namun tentunya terdapat sebuah konsekuensi lain yang harus diterima Indonesia sebagai Negara yang letaknya berada pada posisi silang dunia. Dengan berada pada posisi tersebut Indonesia akan banyak mendapatkan pengaruh-pengaruh asing, sehingga akan sangat mempengaruhi pola pikir dan pola perilaku masyarakatnya. Termasuk di dalamnya terdapat pengaruh globalisasi yang dipercepat dengan kemajuan teknologi. Sehingga tiada satu masyarakatpun yang dapat menutup dirinya dari globalisasi. Jika menutup diri berarti akan ketinggalan dalam gerak perubahan dunia dan tersingkir dari pergaulan internasional. Namun jika menerima seluruh pengaruh globalisasi maka dapat menciptakan suatu ancaman bagi ketahan nasional, karena memeng tidak semua pengaruh yang datang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat dan belum tentu juga akan berdampak positif bagi masyarakat. Munculnya arus globalisasi jelas mempunyai dampak terhadap eksistensi kebudayaan bangsa sebagai kelanjutan meningkatnya pertemuan antar budaya. Terkadang pertemuan antar budaya terjadi tidak secara timbal-balik, justru berlangsung dengan kecenderungan satu arah. Bahkan dapat dikatakan pula Negara-negara berkembang seperti Indonesia akan cenderung lebih bersifat terbuka terhadap pengaruh globalisasi daripada Negara-negara industri maju. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan negara-negara industri maju telah lebih dahulu menguasai teknologi. Dengan penguasaan teknologi itulah Negara-negara maju dapat memperkenalkan berbagai macam gagasanya serta memperkenalkan gaya hidup global yang tersaji dalam media masa sehingga dapat menjangkau masyarakat luas. Selain itu adanya ketergantungan dari negara-negara berkembang kepada negara-negara

Sedangakn untuk meminimalisir dampak negatif dari globalisasi sebaiknya pada masing-masing warga Negara ditanamkan sikap selektif dan berusaha untuk menyaringsetiap nilai kebudayaan asing. Sedangkan bagi pihak yang terbelakang atau tertinggal dalam penguasaan teknologi cenderung akan menjadi penerima. Pengertian ketahanan nasional Ketahanan nasional Indonesia adalah kondisi dinamik bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi. ekonomi. Karena jika ketahanan budaya kuat maka dampak negative dari globalisasi dapat diminimalisir dan dampak dari arus globalisasi dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat demi kemajuan sosial.maju yang memiliki kemampuan ekonomi. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut bisa jadi akan mengakibatkan kepunahan terhadap suatu kebudayaan. Dalam pertemuan antar budaya global tampak bahwa pihak yang didukung dengan teknologi canggih akan lebih berfungsi sebagai pengalih nilai-nilai kebudayaan dan norma-norma kemasyarkatan. Tannas berisiketangguhan dan keuletanyang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasionaldalam menghadapi dan mengatasi . Globalisasi telah menjadi media bagi penyebaran nilai-nilai budaya asing ke dalam wilayah Indonesia yang harus kita waspadai. Untuk itulah dibutuhkan suatu ketahanan sosial budaya yang kuat dalam menghadapi tekanan kebudayaan asing. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kerjasama dengan negara-negara industri maju dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. akibatnya dalam proses pertemuan antar budaya mudah menyerah pad dominasi kebudayaan asing. politik dan budaya bangsa. Kepunahan ini dapat terjadi ketika ketahanan budaya suatu masyarakat mengalami kerapuhan. teknologi dan tersedianya sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang tinggi.

dan wawasan nusantara hakikat 1. dan tantangan baik yang datang dari dalam maupun dari luar negeri dan untuk menjamin identitas integritas. serasi. global 3. 2. gotong royong. nasional. Kekeluargaan (arif. kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasional. gangguan. hambatan. tenggang rasa. dan seimbang dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh menyeluruh dan terpadu berlandaskan Pancasila. sifat 1. Dinamis: sesuai dengan perkembangan lingkungan strategi lokal. Kesejahteraan dan keamanan 2. Wibawa: daya tangkal bangsa 4.Pengaturandan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara selaras. Wawas ke dalam (integrasi) dan wawas ke luar (inrerelasi) 4. Konsultasi dan kerja sama: bukan konfrontasi + antagonistis azaz 1. dan seimbang dalam seluruh AKN.segala ancaman. UUD 1945. serasi. Konsepsi ketahanan nsional Konsepsi pengembangan kekuatan nasional melaluipengaturan dan penyelenggaraankesejahteraan dan keamanan yang selaras. bersama. Mandiri: Idependency + interdepency 2. tanggung jawab dalam ber-M-B-N) .Keuletandan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional. Konprehensif integral 3.

Struktur/komposisi: susunan berdasarkan umur. mengendalikan. jumlah penduduk. memanfaatkan. iklim. suku bangsa. tata wilayah ke luar situasi dan kondisi hubungan antarnegara mempengaruhi kehidupan bangsa Kondisi Geografi Indonesia: Negara Kepulauan Khatulistiwa. tingkat pendidikan. gunung. hewan Luas wilayah: tidak terkontrol: klaim terhadap pulai pingiran (Sipadan dan Ligitan) Konstelasi geografi dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat: geopolitik Pembinaan dan penyebaran penduduk Kependudukan berarti mengatur. kualitas penduduk agar dapat berperan dalam pembangunan nasional. . sungai. kelamin. struktur. daerah subur dan tidak subur. tropis (kesuburan) Wujud: perairan dan darat (3:2): fisiografi lengkap: potensi Lembah. wujud. isi. agama.PENGARUH ASPEK GEOGRAFI Letak geografi: ke dalam: corak. vegetasi. persebaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful