TUGAS 2

IDENTIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK

KS091206

REKAYASA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK (KELAS A)

Kelompok 13: 1. Maya Sagita 2. Yuniar Ainun Fithri 5208100106 5208100144

Tahun Ajaran 2009/2010 Jurusan Sistem Informasi

Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | DAFTAR ISI 1

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI ................................ ................................ ................................ ................................ ......... 2 LATAR BELAKANG ................................ ................................ ................................ .............................. 3 PERUMUSAN MASALAH ................................ ................................ ................................ ..................... 4 TUJUAN ................................ ................................ ................................ ................................ ............. 4 SPESIFIKASI KEBUTUHAN ................................ ................................ ................................ ................... 4 Spesifikasi Sistem:................................ ................................ ................................ .......................... 4 ANALISIS KEBUTUHAN ................................ ................................ ................................ ....................... 6 A. B. C. D. MENENTUKAN REQUIREMENT ENGINEERING AND DEVELOPMENT LIFE CYCLE ....................... 6 PROSES IDENTIFIKASI KEBUTUHAN ................................ ................................ ......................... 8 REQUIREMENT ENVIRONTMENT ................................ ................................ .......................... 14 SYSTEM ENGINEERING PROCESS ................................ ................................ .......................... 16

INISIASI PROYEK................................ ................................ ................................ ............................... 19 LAMPIRAN ................................ ................................ ................................ ................................ ....... 22 ALUR INFORMASI ................................ ................................ ................................ ......................... 26

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | DAFTAR ISI 2

Hal ini menyebabkan resiko kehilangan data lebih tinggi daripada menyimpan data pada database. Namun. Untuk itu. masih banyak juga yang melakukan pengelolaan data secara tradisional. sebab Data yang telah ditulis dibuku catatan diserahkan pada tingkat RT kemudian RW dan Lurah dalam bentuk buku catatan. Juga nantinya pencarian informasi yang diperlukan terasa kurang efisien dan bermanfaat.LATAR BELAKANG Dewasa ini sudah banyak instansi-instansi perusahaan. Sistem yang diperlukan adalah kemampuan untuk melakukan analisa statistika atas data penduduk tersebut dan mampu melakukan pencarian informasi tertentu dengan mudah dan cepat terkait dengan data-data penduduk tersebut secara efektif dan efisien serta kemampuan pengaksesan yang mudah dilakukan oleh seluruh anggota pengurus. organisasi memang memiliki data pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) namun data yang ada ini tidak memiliki data terorganisir dan sistematis sehingga diperlukan waktu yang lama untuk menganalisa dan mencari informasi dari data-data tersebut. dibutuhkannya sistem baru yang mampu memecahkan permasalahan diatas. Sebagai contohnya adalah pengelolaan data secara manual pada buku laporan. hal ini terasa sangat tidak efektif sehingga dibutuhkan suatu rekayasa kebutuhan perangkat lunak untuk merancang sistem yang baru berdasarkan kebutuhan yang belum terpenuhi dari sistem lama yang akan dievaluasi dan akan dikembangkan. buku kegiatan kerja dan lain sejenisnya. Gambaran umum pada sistem yang lama. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | LATAR BELAKANG 3 . organisasi profit maupun non-profit yang menggunakan sarana tertentu untuk mengelola data-data mereka misalnya perangkat lunak tertentu untuk pengelolaan data (aplikasi database). Selain itu sistem yang sudah lama diterapkan pada organisasi terkadang dirasa kurang mendukung secara optimal kegiatan-kegiataan organisasi.

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | PERUMUSAN MASALAH 4 .6 atau lebih. Permasalahan lainnya adalah bagaimana mengidentifkasi Requirement Model (RQM). y membuat sebuah dokumentasi identifikasi kebutuhan dalam rangka untuk membangun sebuah sistem informasi pada organisasi PKK dengan menggunakan model RQM. kebutuhan sistem informasi dengan menggunakan TUJUAN Adapun tujuan dilakukannya survey untuk pengembangan perangkat lunak yaitu : y Melakukan pengumpulan dan analisa kebutuhan-kebutuhan pengguna terhadap suatu software aplikasi. kemampuan program/sistem dari application database and software spesification untuk organisasi PKK. yang selanjutnya akan menjadi tolak ukur dari keberlangsungan PKK ini. PERUMUSAN MASALAH Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat identifikasi kebutuhan sistem informasi aplikasi database dan spesifikasi kebutuhan software dalam organisasi PKK (Program Kesejahteraan Keluarga). SPESIFIKASI KEBUTUHAN Dalam sub-bab ini akan dijelaskan secara umum kebutuhan software/hardware. Spesifikasi Sistem: sistem informasi yang dibangun memiliki spesifikasi: a.Dan kemampuan-kemampuan tersebut dibuat dengan tujuan untuk menganalisa keberhasilan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Perangkat Lunak y y Bahasa pemrograman: java Tools: jdk 1.

y Sistem pada aplikasi harus terhubung dengan database yang sama sebagai tempat penyimpanan data. Excel untuk mempermudah melakukan pengolahan data statistic y Fungsi verifikasi data memudahkan pengguna yang mempunyai hak akses untuk melihat data secara tetap karena data telah dicek pada tingkat verifikasi yang dilakukan oleh RT dan RW.5 atau lebih. building tool java Sistem operasi: minimum windows xp professional atau lebih Sebagai sistem database: PostgreSQL Server : Tomcat sebagai Java server page engine Apache server Tomcat b. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | SPESIFIKASI KEBUTUHAN 5 . sun s j2ee dan sdk. y Adanya integrasi dengan aplikasi sejenis Ms. Perangkat Keras y y y y y Kapasitas memori (hardisk) 20 GB Ram minimal 500 mb Processor minimum pentium intel centrino Monitor 12 inch atau lebih VGA min 512 mb c. y Fungsi-fungsi dan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi juga disesuaikan dengan hak yang diberikan. ant. Spesifikasi Aplikasi (Sistem Informasi) y y y y Mampu menyajikan laporan statistik jumlah penduduk Mampu menyajikan laporan statistik kelahiran dan kematian penduduk Menyajikan fasilitas pencarian informasi penduduk Memiliki sistem keamanan yang baik dalam penyimpanan data.y y y net beans IDE 6. y Setiap pengguna diberi hak akses sesuai dengan kedudukan dalam organisasi yang bersangkutan.

BASELINE MANAGEMENT Model ini bisa diterapkan untuk software aplikasi system informasi PKK karena tingkat pembangunan software aplikasi yang tidak terlalu besar dan system yang ada tidak begitu kompleks. Berikut ini adalah penjelasan tentang kemungkinan penerapan kedua model di atas : 1. perubahan tersebut tidak sampai mengubah system dalam aplikasi. model yang bisa diterapkan dalam pengembangan suatu aplikasi atau software untuk system informasi PKK ada dua buah model yaitu Baseline Management dan model Prototyping. Excel yang sudah terintegrasi dengan aplikasi.y Data yang telah disimpan dan diolah bisa dicetak. Gambar di bawah ini menggambarkan alur dari model Baseline Management. ANALISIS KEBUTUHAN A. Jika ada perubahan. bisa dalam ektensi file yang sesuai dengan Ms. MENENTUKAN REQUIREMENT ENGINEERING AND DEVELOPMENT LIFE CYCL E Berdasarkan banyaknya model dan siklus kehidupan suatu system atau software. Model 1 . Oleh karena itu kebutuhan pengguna bisa dimatangkan. Gambar 1 Baseline Management Model IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 6 . kebanyakan perubahan yang dilakukan tidak besar dan cenderung tetap. Perubahan mungkin terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Jika didasarkan pada aspek pengolahan data.

menggunakan sistem operasional untuk membantu menetapkan kebutuhan -kebutuhan. Setelah kebutuhan-kebutuhan tersedia. pengembangannya bisa dilakukan seperti pada Baseline management model. Apabila rekomendasi ini diikuti. porsi dari prototipe dalam suatu siklus kehidupan dapta d ipertimbangkan sebagai suatu alat atau metode untuk mendukung analisi kebutuhan dalam Model Manajemen Baseline. beberapa kapabilitas sistem dibangun dengan sedikit formalitas dan untuk memperoleh pengontrolan oleh user sehingga kebutuhan dapat ditetapkan secara akurat. Gambar 2 Prototyping Model IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 7 . Berbeda dengan Baseline Management model. prototyping adalah salah satu alternatif model atau siklus kehidupan suatu system.2. Gambar di bawah ini merupakan siklus dari Prototyping model. Pada model ini. pada prototyping model dibangun prototype prototype untuk menyesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan pengguna. Pada Prototyping model ini juga tersedia tool dan metode untuk mendukung prototype. Dalam model prototyping. Model 2 PROTOTYPING Sedikit berbeda konsep dengan Baseline Management model.

karena aplikasi ini terintegrasi dengan satu database yang sama maka data yang diakses sama. sehingga fitur-fiturnya bisa berbeda. bisa digambarkan sebuah system hirarki seperti gambar di atas dimana sistem hirarki di atas didasarkan pada kemampuan pengguna. dibagi menjadi beberapa subsistem yang tergantung pada jenis penggunanya. Namun walaupun fitur yang diberikan mungkin berbeda. PROSES IDENTIFIKASI KEBUTUHAN Sistem Hirarki Untuk system hirarki sebuah system aplikasi untuk sistem informasi PKK.B. system yang digambarkan pada system hirarki di atas merupakan system informasi PKK dimana di dalamnya menampung informasi tentang kegiatan warga seputar PKK. digambarkan oleh gambar dibawah ini : Gambar 3 Sistem Hirarki pada aplikasi PKK Dari pendefinisian kebutuhan pengguna terhadap suatu aplikasi. Pada system informasi PKK. Dalam system informasi PKK ini terdapat lima subsistem. Secara garis besar. Seperti yang telah dijelask an di atas bahwa subsistem-subsistem tersebut didasarkan pada kemampuan pengguna atau IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 8 .

Namun pengguna hanya bisa melihat data-data yang disajikan saja tanpa bisa merubahnya. Adanya integrasi dengan beberapa aplikasi dalam memudahkan perhitungan statistic seperti Ms. terdapat beberapa fungsi yang memudahkan pengguna untuk memasukkan data. y Entry data kegiatan PKK Sama halnya dengan entry data warga. Field-field yang disediakan didasarkan pada jenis data yang diolah pada kelompok dasawisma. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 9 . terdiri dari beberapa program yang antara lain : y Entry data warga Pada program ini. y Melihat data warga Program ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses data yang telah disimpan dan diolah. berisi fitur-fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan pengolahan statistic data yang telah dimasukkan dan disimpan.tingkat jabatan pengguna dalam organisasi. pada program entry data kegatan PKK ini juga diberikan beberapa fungsi yang memudahkan pengguna memasukkan data pada field-field yang didasarkan pada jenis data untuk pengolahan data kegiatan PKK yang secara khusus bisa dilakukan oleh kader pada kelompok kerja. y Olah data statistic Dalam program ini. Excel. diharapkan bisa membantu pengguna melakukan perhitungan statistic terhadap data yang telah disimpan. Berikut ini subsistem-subsistem ynag ada dalam system informasi PKK : y y y y y Menu untuk Pengurus Dasawisma Menu untuk Kader Kelompok K erja Menu untuk RT dan RW Menu untuk Ketua PKK Menu untuk Lurah Dalam setiap subsistem yang ada.

y Verifikasi data warga Pada program verifikasi ini. Selain dari program di atas ada beberapa program yang unit-unitnya dijadikan menjadi satu yang antara lain : y Melihat data warga dan kegiatan PKK Program ini sebenarnya hampir sama dengan program melihat data warga namun ada satu fungsi tambahan yaitu bisa melihat data kegiatan PKK. y Verifikasi data warga dan kegiatan PKK Program ini juga merupakan program gabungan antara program verifikasi data warga dan verifikasi data kegiatan PKK. Program ini dikhususkan untuk subsistem tertentu. Untuk program verifikasi data warga ini dilakukan oleh tingkat RT dan RW. Program ini hanya untuk subsistem tingkat Lurah dimana data warga dan data kegiatan PKK yang telah disimpan dan diolah diverifikasi. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 10 . pada pengolahan data pada setiap dasawisma perlu dilakukan verifikasi terlebih dahulu. Dengan program ini. program verifikasi data kegiatan PKK ini berfungsi untuk pengecekan dini terhadap pendataan data kegiatan PKK sebelum diverifikasi pada tingkat kelurahan. y Verifikasi data kegiatan PKK Sama halnya dengan program verifikasi data warga. bisa dilakukan pengecekan dini sebelum nantinya data diverifikasi sampai tingkat kelurahan.

SYSTEM REQUIREMENT Alokasi System requirement yang didasarkan pada system hirarki di atas dalam aplikasi system informasi PKK dirincikan oleh tabel dibawah ini: Table 1. kematian bayi dan ibu Olah data statistik kegiata warga Olah data statistik catatan keluarga Olah data statistik kelahiran. kematian bayi dan ibu Melihat data program kelompok kerja Entry data program untuk kelompok kerja I X X X X X X X X X X X X X X X X X X X X X IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 11 . kematian bayi dan ibu Melihat data statistik kegiatan warga Melihat data statistik catatan keluarga Melihat data statistik kelahiran. Alokasi System Requirement untuk Sistem Informasi PKK SYSTEM REQUIREMENT Pengurus Dasawisma Kader kelompok kerja RT dan RW Ketua PKK Lurah Entry data kegiatan warga Entry data catatan keluarga Entry data kelahiran.

kematian bayi dan ibu Pengurus Dasawisma Pengurus Dasawisma Pengurus Dasawisma IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 12 . kematian bayi dan ibu Verifikasi data program kelompok kerja X X X X X X X X X X X Table 2. Flowdown Diagram Aplikasi Sistem Informasi PKK System Requirement Pengorganisasian Data Warga dalam kelompok dasawisma Pengorganisas ian Data Kegiatan PKK dan Akses Data warga Akses dan Pemverifika sian data warga Pemverifikasi an Data kegiatan PKK dan akses data keseluruhan Pemverifikas ian Data keseluruhan dan akses data keseluruhan Entry data kegiatan warga Entry data catatan keluarga Entry data kelahiran.Entry data program untuk kelompok kerja II Entry data program untuk kelompok kerja III Entry data program untuk kelompok kerja IV Verifikasi data kegiatan warga Verifikasi data catatan keluarga Verifikasi data kelahiran.

Olah data statistik kegiatan warga Olah data statistik catatan keluarga Olah data statistik kelahiran. kematian bayi dan ibu Melihat data program kelompok kerja Entry data program untuk kelompok kerja I Entry data program untuk kelompok kerja II Entry data program untuk kelompok kerja III Pengurus Dasawisma Pengurus Dasawisma Pengurus Dasawisma Kader Kelompok Kerja Kader Kelompok Kerja Kader Kelompok Kerja RT dan RW Ketua PKK Lurah RT dan RW Ketua PKK Lurah RT dan RW Ketua PKK Lurah Ketua PKK Lurah Kader Kelompok Kerja Kader Kelompok Kerja Kader Kelompok Kerja IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 13 . kematian bayi dan ibu Melihat data statistik kegiatan warga Melihat data statistik catatan keluarga Melihat data statistik kelahiran.

REQUIREMENT ENVIRONTMENT Mengidentifikasi karakteristik yang jelas dari suatu kebutuhan yang nantinya dapat digunakan oleh tim analis dan desain kebutuhan.Entry data program untuk kelompok kerja IV Verifikasi data kegiatan warga Verifikasi data catatan keluarga Verifikasi data kelahiran. Termasuk mereview hal yang tertulis tentang sistem yang diusulkan. Dalam proyek kami. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 14 . mempelajari perundang-undangan yang relevan. jika belum dan bila diperlukan maka akan dilakukan analisis lebih lanjut. Karakteristik ini dapat membantu untuk mengerti sifat-sifat program yang dibentuk. kematian bayi dan ibu Verifikasi data program kelompok kerja Kader Kelompok Kerja RT dan RW Lurah RT dan RW Lurah RT dan RW Lurah Ketua PKK Lurah C. dan sebagainya. Analisis karakteristik yang dikerjakan dapat membantu tim desain mengidentifikasi apakah kebutuhan tertentu telah mencapai batas ukur. kegiatan yang terlibat dalam melaksanakan proyek ini meliputi berikut: y Mengidentifikasi Kebutuhan Pelanggan dan Pengguna Proses dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan pengguna. atau mengerti fungsi software yang diinginkan. mewawancarai pelanggan dan pengguna. performance serta interface terhadap elemen lainnya.

Mengurangi adanya resiko kehilangan data. Tujuan dari proyek ini adalah: Mengefisensikan pencatatan harian yang ada untuk meningkatkan kinerja dan performance organisasi. diriview dan dibahas secara bersama-sama serta meninjau analisis iniatau dengan lingkungan-lingkungan lain yang terlibat dengan pengurus PKK untuk bisa lebih mudah menganalisis persyaratan yang ditetapkan. Berkolaborasi dengan customer atau pengguna Dalam hal ini. juga mengembangkan persyaratan yang lebih baik. Membuat iterasi draft atau persyaratan yang diusulkan Misalnya sistem harus mampu mengakomodasi perubahan kebutuhan bisnis. Mempercepat proses pengolahan data. Mempermudah pengaksesan informasi sebab pengurus lain tidak perlu meminta langsung pada pengurus yang saat itu sedang memegangnya melainkan dapat mengakses aplikasi ini dengan mudah melalui website. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 15 . kebutuhan yang diusulkan oleh pengurus PKK didokumentasikan. atau system yang disampaikan tidak akan segera ketinggalan jaman. Arsitektur harus dirancang dan dikembangkan sesuai kebutuhan yang diusulkan.Sistem yang ingin diusulkan oleh pengguna adalah sistem yang bisa melakukan pencatatan data tentang Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) secara efektif dan efisien. Mempelajari tujuan dari kebutuhan yang diusulkan.

dimana diagram vee ini menggambarkan hubungan verifikasi untuk persyaratan perencanaan pembangunan yang mendekomposisikan persyaratan kebutuhan sistem yang akan dibangun.D. berikut ini Gambar 4 BAGAN VEE CHART ASPEK TEKNIS dari SIKLUS PROYEK Dari diagram diatas. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 16 . diketahui bahwa untuk sisi sebelah kiri menggambarkan diagram vee dalam menentukan spesifikasi kebutuhan dari sistem evolusi kebutuhan pengguna ke dalam potongan bagian dan baris proses dekomposisi. Untuk keterangan lebih jelasnya. penggambaran diagram Vee-nya. maka kami bisa menggambarkan siklus proyek kami dengan menggunakan diagram Vee. SYSTEM ENGINEERING PROCES S Berdasarkan survei yang telah kami laksanakan.

Kami dapat mendefinisikan: Konsep sistem yang dibutuhkan pelanggan adalah bahwa pelanggan membutuhkan suatu sistem baru yang dapat meningkatkan kinerja operasional dan bisa mengintegrasikan keseluruhan data. konsep sistem yang akan dibangun serta validasi perencanaannya. Sehingga pada tahap ini telah terjadi kesepakatan bahwa validasi perencanaan pembangunan sistem ini dibutuh kan dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan dan harus memenuhi kebut uhan-kebutuhan operasional organisasi. Spesifikasi system yang akan dibangun yaitu berupa website yang terdiri dari dua komponen utama yaitu front end dan ba ck end dimana: Front end akan menampilkan berbagai informasi umum tentang kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK). ingin melihat data-data mengenai pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK). aplikasi ini menggunakan konsep bahasa pemrograman Java yang dapat mendata jumlah pendudukdan mampu menjamin keamanan dan mengurangi resiko kehilangan data serta bisa mempermudah pengaksesan data oleh siapapun yang membutuhkannya. Konsep sistem yang akan dibangun yaitu berupa aplikasi software database yang berada pada suatu website. terutama oleh beberapa pengurus yang selalu berganti pada periode waktu tertentu. Selain itu juga. 2. Pada tahap kedua. kelompok-kelompok kerja hingga . Front end dapat diakses semua IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 17 . Sehingga bisa dengan mudah dan cepat dalam memproses data-data tersebut dengan menggunakan beberapa fungsi statistik yang berada di dalam software. akan dibangun spesifikasi system serta rencana verifikasi sistem. pengetahuan tentang gerakan PKK. mulai dari prestasi yang pernah diraih. kita mengerti hal-hal apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. menggunakan aplikasi statistik untuk memproses data. Pada tahap pertama.Berikut ini dekomposisi dari persyaratan kebutuhan sistem yang akan kami bangun: 1. pengorganisasian. latar belakang.

serta fasilitas pengaturan front end. Pengaturan front end ini dis ediakan pada fasilitas back end. Fungsi ini hanya dapat diakses oleh administrator. 3. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | ANALISIS KEBUTUHAN 18 . akan ditemukan Rencana verifikasi sistem ini dimana pembangunan sistem ini membutuhkan selama kurun waktu 3 bulan. 5. menguji ke-valid-an data dan lainnya sesuai kebutuhan yang diusulkan pengguna.kalangan umum melalui internet. data-data tiap anggota keluarga. dimana disini adalah penentuan waktu pengerjaan spesifikasi sistem yang dibutuhkan. Pada tahap dekomposisi yang kelima ini dilakukan pedokumentasian kode yang dibangun. dimana setiap suatu tahap selesai dilaksanakan. dan selanjutnya dilakukan pembangunan secara bertahap. Jadi pelanggan terlibat secara langsung dalam proses pembuatan software. Dengan hal ini akan mengurangi resiko ketidaksesuai software yang dibangun dengan kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Fungsi Back end akan berisi tentang informasi mengenai kegiatankegiatan yang dilakukan oleh PKK. Disini verifikasi dilakukan dengan cara melakukan verifikasi secara bertahap. Yang selanjutnya akan diteruskan pada tahap integrasi dan verifikasi sistem. maka akan langsung dikonsultasikan dengan pelanggan. developer menspesifikasi kebutuhan ke dalam bentuk suatu dokumen dan prosedur verifikasi. Pada tahap keempat. Dan pada tahap ketiga ini perlu dilakukan pendefinisian spesifikasi sistem ke dalam verification plan. yang dimulai dengan tahap awal yaitu pendefinisian kebutuhan sistem. 4. catatan kepengurusan. Dan terdapat aplikasi software yang mengelola data-data penduduk yaitu aplikasi statistik dimana: Beberapa fungsi-fungsi statistik untuk melakukan perhitungan kependudukan. Mampu menampilkan dalam bentuk diagram data-data penduduk Maka dalam tahap ini.

Proses ini digunakan berdasarkan kebutuhan seorang engineer yang harus dapat bekerja sama dengan bagian lainnya (customer. Ide tersebut nantinya akan mendefinisikan kebutuhan user. dan kompetitor) guna melakukan inisiasi terhadap eksplorasi kebutuhan sistem yang telah dilakukan menjadi sebuah ide dalam pengembangan software. informasi penggantian pengurus. developer. pencatatan data mengenai jumlah penduduk tiap anggota keluarga. Stimulus  Need Menggambarkan kebutuhan dari sistem operasional organisasi. maintenance website untuk melakukan promosi dan lain sebagainya. organisasi membutuhkan suatu sistem baru yang dapat meningkatkan kinerja operasional organisasidan bisa mengintegrasikan keseluruhan data. 1. Kebutuhan juga merupakan keperluan user atau pendefinisian sebuah kesempatan baru untuk dapat diterapkan pada tahap selanjuntnya.INISIASI PROYEK Gambar 5 Inisiasi Proyek Gambar diatas merupakan proses inisiasi proyek yang dibangun. Dimana pada survei yang telah kami lakukan. user. Dimana kinerja operasional ini meliputi pencatatan kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh tiap anggota warga. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | INISIASI PROYEK 19 .

yaitu kecepatan pengaksesan data. dan hasil olahan data yang dapat memberikan informasi yang sangat berguna. terkait dengan penggantian pengurus PKK dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. dapat kami simpulkan bahwa spesifikasi yang dibutuhkan untuk membangun sistem ini yaitu suatu aplikasi yang dapat diakses secara cepat dan memiliki fungsi keamanan data bagi organisasi. Dari hasil survei. Requirement Menggambarkan spesifikasi apa saja yang diperlukan untuk membangun sistem ini. Selain itu diharapkan mampu untuk melakukan perhitungan analisa data pada bidang statistik yang digunakan untuk menentukan seberapa banyak jumlah penduduk yang ada disuatu kelurahan. keamanan data.  Opportunity Kesempatan apa saja yang dapat diperoleh dengan pembangunan sistem ini.  Question M : Sistem apa yang sesuai untuk diterapkan dengan kondisi kebutuhan organisasi? N : Sistem yang cocok untuk kebutuhan organisasi adalah sistem aplikasi software dengan pendataan yang cepat dan terintegrasi dengan baik antara satu data dengan data lainnya.  Problem Masalah yang mendasari pembangunan sistem ini adalah masih manualnya sistem pencatatan data yang digunakan oleh organisasiserta masalah terjadinya kehilangan dan kurang amannya data yang dimiliki oleh organisasi. kemampuan penyajian data dalam bentuk statistik. sehingga organisasimemilih untuk beralih ke sistem yang lebih aman dan memiliki akses yang cukup cepat. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | INISIASI PROYEK 20 . Untuk keterangan lebih jelas ada pada bab diatas.

3. Dari stimulus yang ada. jumlah kelahiran dan kematian. mencakup banyak fitur. maka kami menyarankan agar organisasi membuat aplikasi database yang bisa menghasilkan analisa statistik yang nantinya juga diletakkan dalam suatu website tersebut agar bisa diakses oleh beberapa pengurus. Pengujian sistem ini didasarkan pada apakah sistem yang dibangun telah sesuai dan dapat mengatasi masalah kebutuhan organisasidan konsep bisnis yang dijalankan oleh organisasitersebut. Kesempatan organisasi di masa depan adalah aplikasi software ini yang bisa diakses melalui website yang dibangun yang terdiri atas dua fitur utama diharapkan nantinya akan memperkenalkan lebih jauh tentang organisasi. meminimalisir kehilangan data. mampu melaksanakan analisa statistika tentang jumlah penduduk. Selain itu diharapkan sistem ini mampu meningkatkan relationship antara pengurus dengan anggotanya juga dengan masyarakat sekitarnya.M : Berapa lama sistem ini perlu dibangun? N : Sistem aplikasi software untuk organisasi Pengembangan dan Kesejahteraan Penduduk (PKK) ini. dengan keamanan yang tepat. 5. agar organisasi memiliki akses data-data operasional organisasi (data tiap anggota keluarga. data pergantian pengurus serta data kelahiran dan kematian penduduk) dengan cepat. Selain itu dengan adanya database yang terintegrasi dengan baik yang terletak disuatu website. kegiatankegiatan yang dilakukan oleh organisasi PKK ini akan bisa termonitoring sehingga IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | INISIASI PROYEK 21 . diantaranya. pencatatan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga kelurahan. Sisem ini akan diterapkan pada suatu organisasi dimana organisasi ini bergerak pada bidang pelayanan kesejahteraan penduduk suatu kelurahan. Tujuan yang ingin dicapai dalam pembangunan sistem ini yaitu. penggantian rutin pengurus dan satu lagi adalah pencatatan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara rutin oleh organisasi. 4. 2. Serta sejauh mana sistem yang akan dibangun ini membawa nilai tambah atau keuntungan bagi organisasi untuk melakukan proses operasionalnya.

Dasawisma. Untuk desa Tulangan RW 04 RT 04 ada 6 dasawisma. setiap dasawisma dipegang IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | LAMPIRAN 22 . kelompok kerja (pokja) antara lain pokja 1. Untuk pengurus terletak pada tingkat dasawisma. pokja 4. Selanjutnya kegitankegiatan tersebut akan merambah ke beberapa kota lainnya. Pengurus biasanya bertugas untuk melakukan pencatatan data untuk setiap dasawisma sedangkan untuk kader lebih pada kepengurusan kelompok kerja. pokja 3. tingkat RT. Masing -masing pos atau posyandu yang ada di setiap RW terdapat 7 kader dimana pada desa Tulangan ada 4 RW jadi ada 28 kader. tapi untuk pengurus berbeda dengan kader. pokja 2. bendahara. tingkat RW. Keseluruhan dasawisma dikelurahan ada 65. Ibu Lilik Kiswati : Kader PKK pada Kelompok Kerja IV dan Pengurus Dasawisma 10 Desa Tulangan Keterangan: M: Surveyor N: Ibu Wiwik L : Ibu Lilik Kiswati M N : Bagaimana susunan kepengurusan dari gerakan PKK? : Susunan kepengurusan PKK antara lain : ketua penggerak pkk. berapa jumlah pengurus atau kader yang ada? : Untuk gerakan PKK yang ada di desa Tulangan.bisa dievaluasi untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi. Ibu Wiwik : Ketua Kelompok Kerja IV desa Tulangan 2. M N : Dari kepengurusan tersebut. LAMPIRAN Survei Lapangan Teknik Pengumpulan Data : Wawancara pada pen gurus dan kader di desa Tulangan Narasumber : 1. sekretaris. wakil ketua.

data tersebut dicatat di buku catatan kegiatan warga. pengurus dasawisma menyerahkan data tersebut ke tingkat RT. data yang dikumpulkan adalah data penduduk yang termasuk ke dalam kawasan dasawisma 10. yang bertanggung jawab itu adalah pengurus tiap dasawisma yang bersangkutan tapi pengolahan data secara keseluruhan harus ada komunikasi antar pengurus jadi setiap pengurus bisa mengakses data yang telah dicatat. Jadi misalnya dasawisma 10. M N : Fungsi dilakukan pencatatan data oleh gerakan PKK ini? : Data yang dikumpulkan itu sebenarnya dibedakan berdasarkan kelompok kerja yang ada dalam gerakan PKK ini. Di desa Tulangan ini. M : Bagaimana metode pengumpulan data serta system pengolahan data di PKK desa Tulangan ? N : Data diambil langsung dari penduduk dengan melakukan pendataan keliling data tersebut adalah data peduduk dari setiap dasawisma. kemudian data diserahkan ke tingkat RW dimana data tersebut diserahkan sampai pada Lurah. terdapat 65 dasawisma jadi ada 65 pengurus pkk. terdapat suatu aliran informasi. Di gerakan PKK ini bagaimana alur aliran informasinya ? N : Alurnya. M N : Berapa lama periode pengumpulan data? : Data diambil setiap 3 bulan sekali tapi biasanya pengurus melakukan pencatatan data maksimalnya 6 bulan. M : Dalam setiap manajemen data.oleh satu pengurus. setelah data yang dikumpulkan dicatat. Data yang sudah diambil sebelumnya dicatat ke dalam sebuah buku sesuai dengan data yang diambil misal data yang diambil itu data kegiatan warga. yang antara lain : IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | LAMPIRAN 23 . M N : Lalu bagaimana akses pengolahan datanya? : Jika ditanya tentang pengumpulan dan pencatatan data.

bergerak dalam bidang atau Program Pangan Program Sandang Program Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga.Untuk program yang ada dalam pokja III. mungkin karena terbiasa menggunakan media kertas IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | LAMPIRAN 24 . dan kegiatan-kegiatan sejenis yang mencerminkan pengamalan Pancasila yang diikuti oleh warga. . M : Kembali ke system pengolahan data yang ada dalam gerakan PKK desa Tulangan ini. jika dibilang tidak ada ya tidak mungkin karena system yang digunakan sendiri masih sangat tradisional. kelestarian lingkungan hidup. Rincian data yang diambil sebagai berikut : .y Kelompok kerja I. data-data yang diambil kegiatan warga yang berkenaan dengan usaha rumah tangga atau kegiatan sejenis. y Kelompok kerja II. Kekurangannya sebenarnya terletak pada media penyimpanan datanya. . bergerak dalam bidang atau Program Kesehatan Program Kelestarian Lingkungan Hidup Program Perencanaan Sehat L : Jadi. data-data yang diambil itu misalnya Penghayatan dan Pengalaman Pancasila penduduk melalui kegiatan keagamaan. data-data yang diambil berdasarkan program dari kelompok kerja di atas namun tidak dispesifikkan.Untuk program yang ada dalam pokja I. bergerak dalam bidang atau Program Pendidikan dan Keterampilan Program Pengembangan Kehidupan Berkoperasi Program Pendidikan dan Ketrampilan y Kelompok kerja III. data-data yang diambil lebih pada kesehatan warga. apa terdapat kekurangannya? Dan apa saja kekurangankekurangan tersebut? N : Masalah kekurangan system pengolahan data pada PKK desa Tulangan ini. data-data yang diambil tentang program pendidikan warga .Untuk program yang ada dalam pokja IV. bergerak dalam bidang atau Program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila Program Gotong Royong.Untuk program yang ada dalam pokja II. kegiatan-kegiatan warga berkenaan dengan hal tersebut. y Kelompok kerja IV.

Masih banya sebenarnya kekurangan dari system yang masih tradisional ini.atau buku catatan sebagai media penyimpanan sepertinya tidak ada masalah dengan itu namun jika dilakukan pengukuran statistik misalnya tentang kegiatan warga untuk lima tahun sering terjadi masalah. M : Jadi system yang digunakan oleh organisasi PKK di sini masih belum terkomputerisasi dan terotomatisasi? N : Untuk tingkat bawah seperti pengolahan data warga tingkat dasawisma dan kelompok kerja masih belum terkomputerisasi. M : Apakah pencatatan data kembali itu semua data yang diproses dengan menggunakan computer? N : Biasanya data yang dicatat ulang adalah jumlah keseluruhan dari data yang masuk. Lalu terkadang para pengurus susah mengakses buku catatan yang ada karena berbagai alasan misalnya pengurus yang sedang memegang buku catatan tidak ada di rumah sehingga belum bisa mengakses buku catatan tersebut. Namun data-data yang telah diolah yang telah diserahkan pada lurah nantinya dilakukan pencatatan data kembali menggunakan computer. namun bentuknya seperti tabeltabel M : (Bisa disimpulkan jika program yang digunakan adalah Microsoft Excel). Alasannya bisa karena buku catatan tahun-tahun sebelumnya rusak karena sobek. M N : Karena diolah dengan computer biasanya program apa yang dipakai ? : Jika programnya saya kurang tahu namanya. tulisannya susah dibaca karena luntur terkena hujan atau terkadang ketelisut atau tidak ditemukan. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | LAMPIRAN 25 . masih manual. Tapi jika jenis datanya. jadi tidak dirinci satu-satu. iya.

ALUR INFORMASI APLIKASI DATABASE and STATISTIC SOFTWARE Untuk PKK tingkat KELURAHAN (ADS-PKK) Gambar 6 Alur Informasi ADS PKK IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | LAMPIRAN 26 .